PDA

View Full Version : Hari Sumpah Pemuda - 28 Oktober



GiKu
28-10-2011, 11:56 AM
Sumpah Pemuda


Dari Wikipedia bahasa Indonesia (http://id.wikipedia.org/wiki/Sumpah_Pemuda)

Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia, proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.

Rumusan Sumpah Pemuda ditulis Moehammad Yamin pada sebuah kertas ketika Mr. Sunario, sebagai utusan kepanduan tengah berpidato pada sesi terakhir kongres. Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Yamin.

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/7/7a/Kongrespemuda2.jpg/300px-Kongrespemuda2.jpg



Sumpah Pemuda versi orisinal:

Pertama
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.


Sumpah Pemuda versi Ejaan Yang Disempurnakan:

Pertama
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.


---------------------------------------------------------

Bagaimana dengan pemuda sekarang ?
Apa yang diperjuangkan ?
Dan untuk siapa hasil perjuangannya ?

deddy
28-10-2011, 02:35 PM
gak ada apa2nya neh ....sepi sepi saja .....

GiKu
28-10-2011, 02:55 PM
gak ada upacara bendera
sibuk naikin antena baru untuk persiapan nonton seagames

komporminyak
28-10-2011, 03:02 PM
pegimane Indonesia bisa maju,
kalau pemuda n pemudinya bangun siang melulu,
onlen melulu, dugem melulu, nuntun tipi melulu!

bcanda dink %heh


----------------------

Pertama
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
gimana kalau diadain Wamil? Wajib militer? ;D

Kedua
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Heh? yang boneng aja?!! di mana-mana tawuran melulu, dari anak sekolah, tetanggan, ampe DPR-nya. ::doh::

Ketiga
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Wah, sudah dikalahkan oleh bahasa prokem, bahasa gauull, bahasa banci salon, sampe bahasa alay :lololol:

spears
28-10-2011, 03:06 PM
sekarang adanya Sumpah Serapah Para Pemuda %heh

---------- Post added at 01:06 PM ---------- Previous post was at 01:06 PM ----------


gak ada upacara bendera
sibuk naikin antena baru untuk persiapan nonton seagames

gw tadi pagi upacara kok. ;D

surjadi05
28-10-2011, 03:44 PM
sedikit serius : tadi gw tanya ama staff gw : berapa banyak yg mau mati demi negara nya jawabannya 0 %, tapi begitu gw tanya berapa banyak yg mau mati demi agamanya : diatas 75% nah, gw tanya juga berapa orang yg bersedia mati demi orang yg disayanginya :100% (setidaknya kata mereka ya?)::hihi::::hihi::
ada apa dgn pemuda/i sekarang?
jawab simpelnya berarti mereka tidak sayang ama Negara ini::arg!::::arg!::

GiKu
28-10-2011, 04:03 PM
yg mau mati demi negaranya 0%

masuk akal, melihat kondisi manajemen negara ini

boro2 mau mati demi negara, diajak memperbaiki kotanya sendiri aja belum tentu mau

E = mc˛
28-10-2011, 04:33 PM
buat apa repot2 bersumpah jika para pejabatnya sendiri menyalahi sumpah jabatannya? -_-

itsreza
28-10-2011, 04:45 PM
perjuangan rakyat Indonesia saat ini masih bertahan untuk hidup, belum siap mati untuk negara

nerissa
28-10-2011, 04:56 PM
*terpukul oleh postingan ceu kokom...::arg!::
eke sering pake bahasa banci, dugme, onlen
wkakakaka

;D
*untung udah bukan pemuda lagi...jadi..boyeh donk? gondek cyiin ;D

deddy
28-10-2011, 05:04 PM
yang sering didengar malah sumpah serapah yak ...

bradon heat
28-10-2011, 05:11 PM
kondisi dulu ama sekarang sangat jaaauuuuhhhhh berbeda,

dulu, lagi semangat2nya perjuangan kemerdekaan semangat bersatu ....

lah?
sekarang?

gogon
28-10-2011, 05:14 PM
'ngeh kalo skrg sumpah pemuda pas nonton tivi tadi ;D
(maap udah bukan pemuda lagi hahahaha)

porcupine
28-10-2011, 05:44 PM
'ngeh kalo skrg sumpah pemuda pas nonton tivi tadi ;D
(maap udah bukan pemuda lagi hahahaha)

udah pemudi ya Gon?? ::hihi::

heihachiro
28-10-2011, 05:49 PM
sumpah pemuda, sumpah, saya masih muda :ninja:

gogon
28-10-2011, 05:49 PM
@pine
;D
udah bukan pemuda tapi bisa bikin pemuda ::hohoho::

PERMANDYAN
28-10-2011, 07:56 PM
mmm....
taraf mempertahankan adalah memang paling soesah dibandingkan dengan berdjoeang.....

ancuur
28-10-2011, 09:24 PM
Sumpah Pemuda


Dari Wikipedia bahasa Indonesia (http://id.wikipedia.org/wiki/Sumpah_Pemuda)


Sumpah Pemuda versi orisinal:

Pertama
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.


Sumpah Pemuda versi Ejaan Yang Disempurnakan:

Pertama
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.


---------------------------------------------------------

Bagaimana dengan pemuda sekarang ?
Apa yang diperjuangkan ?
Dan untuk siapa hasil perjuangannya ?

Sumpah Pemuda versi terbaru 2011 Disempurnakan:

Pertama
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku sering hubungan intim diluar nikah X_X

Kedua
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bosan dengan para pejabat negara yang koruptor

Ketiga
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi dan membantingnya jika sudah bosan X_X

nerissa
28-10-2011, 10:06 PM
Versi tergres 2011 :

Loeh, guweh? satu bangsa gitu deh!
Loeh, guweh, satu bahasa...yah bahasa gawull gtooh!
Loeh, guweh, satu tanah air, Endonesah ciiiinnn...

Sumpeeeeee loeee!

Ronggolawe
28-10-2011, 11:17 PM
sedikit serius : tadi gw tanya ama staff gw : berapa banyak yg mau mati demi negara nya jawabannya 0 %, tapi begitu gw tanya berapa banyak yg mau mati demi agamanya : diatas 75% nah, gw tanya juga berapa orang yg bersedia mati demi orang yg disayanginya :100% (setidaknya kata mereka ya?)::hihi::::hihi::
ada apa dgn pemuda/i sekarang?
jawab simpelnya berarti mereka tidak sayang ama Negara ini::arg!::::arg!::
Cinta dan kasih sayang itu hubungan timbal balik.
Untuk apa mati demi Negara yang sama sekali tidak
mencintai rakyatnya.

"Hate it? I'd die for it. I want what every citizens
want which is our country must loves us as much
as we love it."

dari John Rambo, First Blood II

Urzu 7
29-10-2011, 01:23 AM
sebenernya ngapain pake sumpah sumpahan;D seh

ancuur
29-10-2011, 02:03 AM
sebenernya ngapain pake sumpah sumpahan;D seh

makanya jaman dulu itu jadi manusia susah banget ::doh::

BundaNa
29-10-2011, 11:13 AM
pegimane Indonesia bisa maju,
kalau pemuda n pemudinya bangun siang melulu,
onlen melulu, dugem melulu, nuntun tipi melulu!

bcanda dink %heh


----------------------

Pertama
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
gimana kalau diadain Wamil? Wajib militer? ;D

Kedua
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Heh? yang boneng aja?!! di mana-mana tawuran melulu, dari anak sekolah, tetanggan, ampe DPR-nya. ::doh::

Ketiga
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Wah, sudah dikalahkan oleh bahasa prokem, bahasa gauull, bahasa banci salon, sampe bahasa alay :lololol:

1. wamil boleh tuh, daripada pembengkakak personel TNI gak penting

2. Yah gimane lagi, gak ada kerjaan lain selain tawuran::nangis::

3. Yang penting kan bahasanya mempersatukan bangsa, pake bahasa planet juga gpp kalau pada ngerti::doh::

ul.malik
29-10-2011, 11:24 PM
Ask, range umur pemuda itu berapa sih.?

Om" di KNPI itu banyak yang udah 28++, masih di bilang pemuda yah.

Ronggolawe
30-10-2011, 12:14 AM
Ask, range umur pemuda itu berapa sih.?

Om" di KNPI itu banyak yang udah 28++, masih di bilang pemuda yah.
setidaknya ulahnya ngga kalah dibanding Pemuda :)

spears
30-10-2011, 04:36 PM
Segala2 musti disumpah biar sah. Lulus kuliah bersumpah. Mau nikah bersumpah, naik jabatan bersumpah,pindah agama juga bersumpah. So, ga da yg salah dgn sumpah pemuda. Ibaratnya, formalitas atas apa yg sudah mereka perjuangkan pada jamannya. Kalo mereka waktu itu ga brsumpah, blm tentu skrg kita bisa ber-KM- ria. Hargailah jasa para pahlawan.
Ga usah mengkritik klo kita blm ngasih sesuatu buat kebaikan negara ini :P angaplah ini emang perjalanan kita sbg suatu bangsa. Bagian dr sejarah, bagian dr jati diri kita sbg bangsa Indonesia yg merdeka bersatu berdaulat, adil dan makmur.Sekian, tengkyu dan terima kasih.

kandalf
30-10-2011, 10:25 PM
setidaknya ulahnya ngga kalah dibanding Pemuda :)

Ulah kalau ngejar2 cewek yah? Gak kalah ama yang muda? :D

Jadi ingat postingan di milis Budaya_Tionghua


Teks Soempah Pemoeda dibacakan pada waktu Kongres Pemoeda yang
diadakan di-Batavia (sekarang Jakarta) pada tanggal 27 - 28 Oktober
1928.

Panitia Kongres Pemoeda terdiri dari :

Ketua ............................: Soegondo Djojopoespito (PPPI)
Wakil Ketua .................: R.M. Djoko Marsaid (Jong Java)
Sekretaris ....................: Mohammad Jamin (Jong Sumateranen
Bond)
Bendahara ...................: Amir Sjarifuddin (Jong Bataks Bond)
Pembantu I ...................: Djohan Mohammad Tjai (Jong
Islamieten Bond)
Pembantu II ..................: R. Katja Soengkana (Pemoeda
Indonesia)
Pembantu III .................: Senduk (Jong Celebes)
Pembantu IV ................: Johanes Leimena (Jong Ambon)
Pembantu V .................: Rochjani Soe'oed (Pemoeda Kaoem Betawi)

Peserta :
1. Abdul Muthalib Sangadji
2. Abdul Rachman
3. Abu Hanifah
4. Adnan Kapau Gani
5. Amir (Dienaren van Indie)
6. Anta Permana
7. Anwari
8. Arnold Manonutu
9. Assaat
10. Bahder Djohan
11. Dali
12. Darsa (Indonesische Studieclub)
13. Dien Pantouw
14. Djuanda
15. Dr.Pijper
16. Emma Puradiredja
17. Halim
18. Hamami
19. Jo Tumbuhan
20. Joesoepadi
21. Jos Masdani
22. Kadir
23. Karto Menggolo
24. Kasman Singodimedjo
25. Koentjoro Poerbopranoto
26. Martakusuma
27. Masmoen Rasid
28. Mohammad Ali Hanafiah
29. Mohammad Nazif
30. Mohammad Roem
31. Mohammad Tabrani
32. Mohammad Tamzil
33. Muhidin (Pasundan)
34. Mukarno
35. Muwardi
36. Nona Tumbel
37. Purnama Wulan
38. Raden Soeharto
39. Raden Soekamso
40. Ramelan
41. Saerun (Keng Po)
42. Sahardjo
43. Sarbini
44. Sarmidi Mangunsarkoro
45. Sartono
46. S.M. Kartosoewirjo
47. Setiawan
48. Sigit
49. Siti Sundari
50. Sjahpuddin Latif
51. Sjahrial (Adviseur voor inlandsch Zaken)
52. Soejono Djoenoed Poeponegoro
53. R.M. Djoko Marsaid
54. Soekamto
55. Soekmono
56. Soekowati (Volksraad)
57. Soemanang
58. Soemarto
59. Soenario (PAPI & INPO)
60. Soerjadi
61. Soewadji Prawirohardjo
62. Soewirjo
63. Soeworo
64. Suhara
65. Sujono (Volksraad)
66. Sulaeman
67. Suwarni
68. Tjahija
69. Van der Plaas (Pemerintah Belanda)
70. Wilopo
71. Wage Rudolf Soepratman

Catatan :
Sebelum pembacaan teks Soempah Pemoeda diperdengarkan
lagu "Indonesia Raya"
gubahan W.R. Soepratman dengan gesekan biolanya.

Catatan :

01. Teks Sumpah Pemuda dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928
bertempat di Jalan Kramat Raya nomor 106 Jakarta Pusat sekarang
menjadi Museum Sumpah Pemuda, pada waktu itu adalah milik dari
seorang Tionghoa yang bernama Sie Kong Liong.

02. Golongan Timur Asing Tionghoa yang turut hadir sebagai peninjau
Kongres Pemuda pada waktu pembacaan teks Sumpah Pemuda ada 4 (empat)
orang yaitu :

02.01. Kwee Thiam Hong
02.02. Oey Kay Siang
02.03. John Lauw Tjoan Hok
02.04. Tjio Djien kwie

03.Pemerintah Nederlandse Indie, diwakili oleh:

03.01. Sjahrial (Adviseur voor inlandsch Zaken) [# 51 diatas]
03.02. Van der Plaas (Pemerintah Belanda) [#69 diatas]

04. Volksraad, yaitu semacam DPR, buatan Pemerintah Nederlandse
Indie, yang merupakan Anggota Tweede Kamer di Negeri Belanda,
diwakili oleh:

04.01. Soekowati (Volksraad) [#56 diatas]
04.02. Sujono (Volksraad) [#65 diatas]

SM Kartosoewirjo (no 46) yang kemudian membrontak dan memimpin
gerakan DI/TII

Salam

Danardono