PDA

View Full Version : Bukti Baru Pendaratan Manusia di Bulan



E = mc²
08-09-2011, 01:44 PM
KOMPAS.com - Siapa bilang pendaratan misi Apollo di Bulan cuma hoax seperti digembar-gemborkan para penyebar teori konspirasi? Citra terbaru yang ditangkap wahana antariksa Lunar Reconaissance Orbiter baru-baru ini menjadi salah satu pendukung untuk menolak dugaan hoax tersebut.

Citra yang dirilis Selasa (6/9/2011) menyuguhkan gambaran 3 wilayah yang pernah menjadi lokasi pendaratan misi Apollo di Bulan. Tak cuma itu, citra pun menunjukkan jalur yang dilalui oleh astronot ketika menjelajah Bulan.

"Citra tampak spektakuler seperti yang bisa Anda lihat sendiri," kata Mark Robinson dari Arizona State University, kepala investigasi Lunar Reconaissance Orbiter, seperti dikutip Space.com.

Citra ditangkap oleh narrow angle camera pada wahana Lunar Reconaissance Orbiter. Citra ini baru merupakan yang ketiga, yang bisa menyuguhkan secara close up, tempat yang pernah menjadi lokasi pendaratan manusia di Bulan.

Salah satu gambar yang dirilis kali ini adalah jejak misi Apollo 17. Rute yang ditinggalkan astronot Eugene Cerman dan Harrison Schmitt terlihat jelas. Ada jejak kaki yang bisa dilihat serta dibedakan dengan jelas dari jejak rute. Karena mengenal kendaraan yang dipakai dalam misi ke Bulan, astronot Mark Robinson mengatakan bisa terlihat dengan jelas bahwa roda yang digunakan sedikit berbelok ke kiri.

Selain jejak misi Apollo 17, citra yang dirilis kali ini juga menyuguhkan jejak misi Apollo 12 dan Apollo 14. Bisa dilihat jejak yang ditinggalkan oleh astronot Edgar Mitchell, Alan Shepard, Pete Conrad, dan Alan Bean.

"Dari kacamata sains, citra ini penting dalam dua hal. Ini menunjukkan ciri fotometri Bulan, mengapa lebih gelap. Dalam hal yang lebih praktikal, menunjukkan tempat yang tepat di mana sampel dikoleksi," ujarnya.

Robinson menguraikan, citra juga bisa menunjukkan objek dan sisa-sisa misi yang tertinggal di Bulan, seperti sisa eksperimen, selimut suhu dan backpack yang dipakai oleh astronot dalam moonwalk. Robinson menambahkan, lokasi tempat bendera Amerika Serikan dikibarkan juga terlihat.

"Saya sudah melihat area sekeliling dan benar-benar bisa melihat tempat di mana bendera itu dikibarkan," katanya.

Namun, menurut Robinson, sulit untuk melihat jelas benderanya sendiri. Suhu ekstrim Bulan dan radiasi pasti akan merusak bendera. "Jika masih ada, pasti bendera itu sudah dalam bentuk yang kasar," cetus Robinson.

Citra yang dirilis ini diambil saat Lunar Reconaissance Orbiter mengorbit Bulan dengan ketinggian rendah, sekitar 22 km dari permukaan Bulan. Biasanya, wahana antariksa ini mengorbit pada ketinggian 31 km. Saat ini, Lunar Reconaissance Orbiter memasuki orbit sirkuler. Pertengahan Desember nanti, wahana antariksa ini akan memasuki orbit eliptikal dengan ketinggian terendah 30 km di kutub selatan dan tertinggi 124 km di kutub utara Bulan.

Misi Lunar Reconaissance Orbiter berbiaya 504 juta dollar. Menjalankan misi sejak 2009, wahana antariksa ini berhasil mengirimkan citra detail jejak misi Apollo pada tahun yang sama. Ke depan, kerjanya akan dibantu oleh GRAIL A dan B yang akan diluncurkan Kamis (8/9/2011) nanti.

http://assets.kompas.com/data/photo/2011/09/07/1104097620X310.JPG


http://www.space.com/12837-apollo-landing-sites-spotted-sharp-detail.html

GiKu
08-09-2011, 01:50 PM
masih bisa ditemukan jejak kaki dan roda, tapi Robinson bilang di bulan suhunya extrim dan radiasi juga mempengaruhi benda2 di permukaan bulan

kayaknya hoax juga

E = mc²
08-09-2011, 01:53 PM
di permukaan bulan, tingkat erosinya kecil banget GiKu... jejak yg tertinggal bisa bertahan ampe ribuan tahun

Urzu 7
08-09-2011, 02:37 PM
Bendera mana aja yg ditancepin disana?

E = mc²
08-09-2011, 03:09 PM
maksudnya, ini Ju? Benderanya cuma satu, tapi...

http://us.fun.marinov.net/store/Moon%20-%20Made%20In%20China.jpg

spears
09-09-2011, 02:01 PM
terus, knp smpe skrg blm ada misi ke bulan lagi ya???

beastmen85
09-09-2011, 02:11 PM
bknnya krn biaya? selain itu pesawat utk angkut org tidak murah & lebih rumit, blom lagi pelatihan, biaya kesehatan, asuransi, dan lain2 itu, prosesnya jg jauh lebih lama

krn itu pke robot
aman
murah
dan mudah

dan utk jarak jauh macam mars ato project juno itu kan ga mungkin pake manusia :))

bisa gila duluan manusianya :D

GiKu
09-09-2011, 02:18 PM
astronot sekarang ud pada FB-an
gak onlen sehari aja tangan ud gatel
apalagi sampe berbulan-bulan
::hihi::

spears
09-09-2011, 02:45 PM
klo soal biaya jd kendala, gw masih blm teryakinkan. masa yg taun segitu bs, yg skrg ga bs?::hohoho::

GiKu
09-09-2011, 02:49 PM
kan mereka lagi krisis

btw, ini mengarah ke negara mana nih ?

spears
09-09-2011, 03:00 PM
yg pertama ke Bulan negara mana ya?

E = mc²
09-09-2011, 03:08 PM
terus, knp smpe skrg blm ada misi ke bulan lagi ya???

sekarang lagi krisis. boro2 ngirim manusia ke bulan, biaya asuransi kesehatan ajah jeblok. dulu pas misi apolo sebelas, amrik jorjoran abis2an, ampe hampir ngejual segalanya dmei proyek itu (takut kesalip soviet), utangnya masih nyisa ampe puluhan tahun sesudahnya

sekarang yg mau ke bulan lagi malah China

GiKu
09-09-2011, 03:10 PM
Soviet Buw

spears
09-09-2011, 03:26 PM
sekarang lagi krisis. boro2 ngirim manusia ke bulan, biaya asuransi kesehatan ajah jeblok. dulu pas misi apolo sebelas, amrik jorjoran abis2an, ampe hampir ngejual segalanya dmei proyek itu (takut kesalip soviet), utangnya masih nyisa ampe puluhan tahun sesudahnya

sekarang yg mau ke bulan lagi malah China

klo gitu gw nungguin China aja ke Bulan. sampe bener2 terbukti ada MANUSIA (bukan robot) yg ke bulan.. baru gw anggap tuh misi ke bulan bener2 terjadi dan valid 100%. klo skrg yahh..percaya2 bgitu aja..tp gak diimani....qeqeqe ... percaya 45% aja deh::bye::

beastmen85
09-09-2011, 03:52 PM
mslh pendaratan manusia ke bulan itu hoax ato bukan udh jd perdebatan sejak dulu :D

sebenarnya loh ya.
kalo perusahaan2 besar mau mendanai (dan mau rugi tentunya) pasti misi ke bulan dgn awak manusia udah berkali2 terwujud, masalahnya ya duit.

kecuali bahan2 bikin pesawat, ilmuwan, dan segala research serta ***** bengeknya itu gratis, eike yakin skrg pasti manusia sdh jd makhluk antarplanet tahap awal, pantes ga maju2 :D

duit oh duit :D