PDA

View Full Version : Bagaimana Sebaiknya Memahami Ketakutan seorang Yesus?



brudi
25-02-2011, 10:13 AM
Saya mengecek disebuah situs, bahwa terjemahan markus 14:33 ini paling tepat soal menggambarkan rasa takut dan gentar seorang yesus:
Dan Ia membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes x serta-Nya. Ia sangat takut dan gentar

Rasa takut ini berasal dari kata EKTHAMBEOMAI, yang sebetulnya berarti ‘be greatly alarmed’ (= sangat takut).
http://www.golgothaministry.org/artikel/art_rasatakutyesus.htm

Bagaimana memahami sosok yesus yang diyakini 100% manusia dan 100% Allah disaat bersamaan bisa merasakan Takut dan Gentar ?
Bukankah roh kudus bersamanya bahkan diyakini sama dengan dirinya ?

Saya mencoba mengutip beberapa ayat berikut:

kolose 1:11
dan dikuatkan dengan segala kekuatan oleh kuasa kemuliaan-Nya untuk menanggung segala sesuatu dengan tekun dan sabar,

Filipi 4:13 Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

I Yohanes 4:18.
Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan;sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih.”

Ibrani13:6
"Tuhan adalah Penolongku. Aku tidak akan takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?"

2 Timotius 1:7
Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.”

Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita (Rom 8:31)?

Dan terakhir ini adalah kutipan dari salah satu situs:

Setiap anak anak Allah adalah pemenang-pemenang dalam kehidupan ini, karena Roh-Nya adalah Roh yang luar biasa dan berkuasa.

“… sebab Roh yang ADA DI DALAM KAMU, LEBIH BESAR dari pada roh yang ada di dalam dunia.” (1 Yoh 4:4)

sebab SEMUA yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita. (1 Yoh 5:5)

Sumber: http://gpdi-philly.org/article/roh-luar-biasa

JADI MENGAPA YESUS YANG 100% ALLAH DAN 100% MANUSIA MASIH BISA TAKUT DAN GENTAR ?
Terima kasih;)

pasingsingan
25-02-2011, 10:30 AM
hmm ....
ini biasanya agak alot neh
menyoal sisi kemanuasiaan sekaligus sisi ketuhanannya
yng bisa agak menjembatani adalah paham "inkarnasi" :)

lovedaa
06-03-2011, 08:07 PM
2 Timotius 1:7
Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.”

Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita (Rom 8:31)?

Apakah allah bapa memberikan roh ketakutan kepada allah anak yang berwujud manusia ?
Yesus tidak hanya disertai allah, melainkan diyakini sebagai allah, bahkan diyakini berasal dari roh allah, aneh bin ajaib kenapa beliau masih bisa takut ya ? Darimana roh ketakutanNya itu berasal ?

AsLan
07-03-2011, 12:10 AM
Yup betul sekali saat itu Yesus ketakutan.

Ini adalah sebuah pertanyaan sederhana yang jawabannya cukup rumit, saya akan coba menjawab tapi seperti biasa saya tidak akan melayani debat.

Bagus sekali telah dikutipkan ayat I Yohanes 4:18.
Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan;sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih.

Jadi Yesus merasa takut karena saat itu Ia akan menjalani HUKUMAN DOSA yaitu keterpisahan Allah-Manusia, itu sebabnya Yesus berteriak diatas kayu Salib "Allahku, Allahku mengapa Engkau meninggalkan aku"

Teriakan diatas adalah sebuah teriakan yang sudah dinubuatkan oleh DAUD di Mazmur 22 yaitu sebuah Teriakan dari MANUSIA kepada Allah yang meninggalkannya karena Dosa.

Yesus sebagai WAKIL Manusia, yang menerima hukuman Dosa, maka ia harus meneriakkan kalimat ini agar Nubuat DAUD dipenuhi.
Yesus sebagai WAKIL Manusia, yang menerima hukuman Dosa, ia harus merasakan dan mengalami semua aspek hukuman secara penuh, mulai dari rasa takut, rasa sakit, rasa putus asa, rasa ditinggalkan, rasa menyesal dan rasa apapun yg mungkin dirasakan oleh orang hukuman.

Terakhir, perhatikan semua kalimat2 yang diucapkan oleh Yesus diatas kayu salib.

Apabila Yesus memulai kalimatnya dengan kata "Bapa..." maka Ia sedang bicara mewakili Tuhan, Anak Allah.
Apabila Yesus memulai kalimatnya dengan kata "Allahku..." maka ia sedang bicara mewakili manusia, orang hukuman.

Salam.

brudi
08-03-2011, 11:32 PM
Jadi Yesus merasa takut karena saat itu Ia akan menjalani HUKUMAN DOSA yaitu keterpisahan Allah-Manusia
apa punya rujukan bung aslan, kapan allah menyatakan pada manusia bahwa suatu saat dia akan menggantikan posisi menjalani hukuman atas dosa yang dilakukan manusia terhadapnya ?
Apa ngak aneh, tuhan menebus kesalahan manusia yang dilakukan kepada tuhan sendiri...



Yesus sebagai WAKIL Manusia, yang menerima hukuman Dosa, ia harus merasakan dan mengalami semua aspek hukuman secara penuh, mulai dari rasa takut, rasa sakit, rasa putus asa, rasa ditinggalkan, rasa menyesal dan rasa apapun yg mungkin dirasakan oleh orang hukuman
Bagi seorang manusia biasa yang bukan siapa-2 sangat masuk akal perkataan anda bung aslan..
Namun dalam kaitannya dengan yesus, ini tentu menjadi tidak masuk diakal karena Beliau sendiri berbeda dari manusia biasa..
Dikisahkan Beliau lahir bukan dari persetubuhan, Beliau berasal dari roh kudus, logikanya manusia biasa bukan berasal dari roh kudus..jadi Beliau ini jelas bukan manusia biasa, bahkan mungkin tidak tepat dikatakan manusia biasa..entah kata apa yang tepat..buat menyebut diri Beliau ini..kalo boleh saya menyebutnya: Makhluk Luar biasa

Dan pernyataan anda menyatakan makhluk luar biasa seperti yesus harus menanggung dosa makhluk yang disebut manusia biasa...
Nah atas dasar dan dorongan apa makhluk luar biasa harus bersikap seperti manusia biasa ? Siapa yang menuntut beliau bersikap seperti ini ?
Dan selain sebagai wakil manusia, secara bersamaan Beliau diyakini saat itu ya sebagai 100% Allah yang hidup..
Logikanya apa yang dirasakan yesus sebagai wakil manusia berdosa, dirasakan juga oleh Allah..
Nah ini yang tidak dapat kumengerti..bagaimana yesus yang juga Allah bisa ikutan takut...???

sebab SEMUA yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita. (1 Yoh 5:5)---
Yesus disebutkan berasal dari roh kudus...tidak seperti manusia kebanyakan, nah mengapa beliau masih harus ketakutan kalo dunia ini tak akan bisa mengalahkan Beliau..

Dikatakan:
Setiap anak anak Allah adalah pemenang-pemenang dalam kehidupan ini, karena Roh-Nya adalah Roh yang luar biasa dan berkuasa---
Yesus menurut pengakuannya adalah anak allah dengan roh kudus didalamnya, roh yang luar biasa dan berkuasa...apa perlu sangat ketakutan kalo ada sesuatu yang luar biasa dan berkuasa ?

Terakhir:
Ayat yang kukutip, bahwa dalam kasih tak ada ketakutan..karena ketakutan mengandung hukuman..
Bahwa tidak ada roh ketakutan yang diberi Allah
Bahwa sebagai Makhluk luar biasa, Yesus jelas seorang yang penuh kasih..
Bagaimana mungkin yang penuh dengan kasih harus merasakan ketakutan yang sangat ?
Dari mana roh ketakutan bisa datang saat itu ?
Masa Bapa membekali anak dengan roh ketakutan ?

Anumodana bung Aslan...:)

sedgedjenar
06-12-2011, 09:35 PM
JADI MENGAPA YESUS YANG 100% ALLAH DAN 100% MANUSIA MASIH BISA TAKUT DAN GENTAR ?
Terima kasih;)

komposisinya koq jadi 200% ?
kalo Yesus sedang takut, berarti komposisinya : manusia 100%, Allah 0%
kalo Yesus sedang bersabda menebar kalimat suci, berarti komposisinya : manusia 0%, Allah 100%

terkadang dalam kebodohannya mereka tidak bisa menakar komposisinya seperti apa ?
ketika komposisinya adalah manusia 0%, eh diterjemahkannya adalah Allah 100%

jadinya jaka sembung bawa goblok, alias kaga nyambung jadi maen golok

jaga_manis
29-06-2012, 11:45 PM
terkadang dalam kebodohannya mereka tidak bisa menakar komposisinya seperti apa ?
ketika komposisinya adalah manusia 0%, eh diterjemahkannya adalah Allah 100%

Memahami Tuhan itu bukan dengan kecilnya matematika bro, gak usah jauh2 di Bible, mari liat Rujukan kita sendiri, ada cerita Allah Yg sakit,
“Wahai anak cucu Adam, Aku ini sakit, kenapa engkau tidak menjenguk Aku?” Anak Adam menjawab, “Bagaimana aku dapat menjenguk Engkau ya Allah, Engkau adalah Tuhan semesta alam (Rabbul ‘Alamin).” Allah berfirman lagi, “Tahukah kamu, bahwa hambaku yang bernama Fulan bin Fulan sedang sakit, jika kamu mau menjenguknya, kamu akan menjumpai Aku di sana”. (HR.Muslim)

---------- Post Merged at 10:45 PM ----------



Apa ngak aneh, tuhan menebus kesalahan manusia yang dilakukan kepada tuhan sendiri...

Gak aneh, suka suka Tuhan dooong..
Dalam islam juga kita diwajibkan percaya bhw Allah Menciptakan mahluks yg justru dikehendaki sebagai musuh Nya, logika yya, ngapain sihh Allah bikin musuh buat diri Nya sendiri?? , gak usah dipikirin, akal kita gak nyampe untuk menjawab nya.
::hihi::

ndableg
30-06-2012, 02:48 AM
Yesus takut gw rasa ulah media massa tuh..

sedgedjenar
03-07-2012, 08:06 AM
Memahami Tuhan itu bukan dengan kecilnya matematika bro, gak usah jauh2 di Bible, mari liat Rujukan kita sendiri, ada cerita Allah Yg sakit,
“Wahai anak cucu Adam, Aku ini sakit, kenapa engkau tidak menjenguk Aku?” Anak Adam menjawab, “Bagaimana aku dapat menjenguk Engkau ya Allah, Engkau adalah Tuhan semesta alam (Rabbul ‘Alamin).” Allah berfirman lagi, “Tahukah kamu, bahwa hambaku yang bernama Fulan bin Fulan sedang sakit, jika kamu mau menjenguknya, kamu akan menjumpai Aku di sana”. (HR.Muslim)


memahami tuhan itu bisa dari mana aja, mau matikmatik, mau fisika, mau kebatinan, mau atheist... setiap orang ada cara dan jalannya
kalo anda punya rujukan tersendiri, silakan aja dipake yg penting ada hasilnya



Gak aneh, suka suka Tuhan dooong..
Dalam islam juga kita diwajibkan percaya bhw Allah Menciptakan mahluks yg justru dikehendaki sebagai musuh Nya, logika yya, ngapain sihh Allah bikin musuh buat diri Nya sendiri?? , gak usah dipikirin, akal kita gak nyampe untuk menjawab nya.
::hihi::

kalo yang paham tuhan, artinya dia kenal tuhan, kalo kenal tuhan dia bisa bicara dan akan dijawab tuhan. Biasanya jawaban 'suka-suka tuhan' adalah jawaban dari ego
untuk mengobati frustasi akalnya yang tidak mencerna jadinya diciptakan anekdot 'suka-suka tuhan'
soalnya kalo dijawab gitu, setiap orang yang takut tuhan jelas gak berani membantah
frustasi akal anda pun terobati



Apa ngak aneh, tuhan menebus kesalahan manusia yang dilakukan kepada tuhan sendiri...


aneh atau gak aneh jadinya ntar relatif. bagi ente aneh, bagi ane nggak
tuhan menebus kesalahan itu diliat esensinya aja, itu ajaran cinta kasih
dikeseharian banyak orang yang menanggung resiko akibat perbuatan orang lain
menjadi terhukum oleh suatu kesalahan yang tidak dilakukannya

manusia-manusia tercerahkan bahkan menyongsong kejadian macam ini sebagai ajang menaikkan derajat diri
menjadikan sebuah ladang amal

ndableg
04-07-2012, 12:43 AM
Yup betul sekali saat itu Yesus ketakutan.

Ah.. yesus kok takut, apa yg ditakuti?
Ketakutan yesus itu paling takut khawatir seorang ayah akan anak2nya buandel2.
Yesus takut hukuman? That's totally non sense.


Apabila Yesus memulai kalimatnya dengan kata "Bapa..." maka Ia sedang bicara mewakili Tuhan, Anak Allah.

Lah..? berarti elu tuhan lan? Lu kan juga nyebut bapa... Bapa kami..

jaga_manis
04-07-2012, 10:10 PM
memahami tuhan itu bisa dari mana aja, mau matikmatik, mau fisika, mau kebatinan, mau atheist... setiap orang ada cara dan jalannya

kok hadits tentang Allah yg Sakit di lewatin aje ?
Klo Yesus yg takut di gugat, mengapa Allah Yg Sakit di amini?, kamu tahu gak siapa yg bikin Allah jadi sakit ?
::hihi::::hihi::::hihi::
baguslah kalau anda mengakui atheist dan kebatinan sebagai jalan memahami Tuhan hehehheeh...
::hihi::::hihi::::hihi::




kalo yang paham tuhan, artinya dia kenal tuhan, kalo kenal tuhan dia bisa bicara dan akan dijawab tuhan. Biasanya jawaban 'suka-suka tuhan' adalah jawaban dari ego
untuk mengobati frustasi akalnya yang tidak mencerna jadinya diciptakan anekdot 'suka-suka tuhan'
soalnya kalo dijawab gitu, setiap orang yang takut tuhan jelas gak berani membantah
frustasi akal anda pun terobati
Klo anda keberatan dgn Ke Maha Suka-Suka an Allah menciptakan anda ,silahkan saja
::ngakak2::::ngakak2::