PDA

View Full Version : Ibukota Berbagai Dinasti Di Cina



Parameswara Li
24-08-2011, 09:11 PM
Ibukota Berbagai Dinasti Di Cina

Berikut ini adalah ibukota dinasti di Cina mulai dari dinasti Xia sampai dengan dinasti Tang. Biasanya dinasti di Cina mempunyai pusat pemerintahan yang tetap, namun ada beberapa yang kadang-kadang memindahkan ibukotanya.

Dinasti Xia (sekitar 2070 SM - 1600 SM)
Ibukota : Yuncheng [運城], di Provinsi Shanxi

Dinasti Shang [商朝], kemudian berubah nama menjadi Dinasti Yin [殷代] (1600 SM - 1046 SM )
Ibukota :
- Erlitou [二里头], di Provinsi Henan
- Aodu [隞都], terletak di Zhengzhou, Provinsi Henan
- Yin [殷], dekat dengan Anyang, Provinsi Henan

Dinasti Zhou (Barat) [周朝] (1066 SM -- 771 SM)
Ibukota : Zongzhou [宗周], juga disebut Hao [镐] , terletak
dekat Xi'an, Provinsi Shaanxi

Dinasti Zhou (Timur) (770 SM -- 256 SM)
Ibukota : Chengzhou [成周], terletak di Luoyang, Provinsi Henan

Dinasti Qin [秦朝] (221 SM -- 206 SM)
Ibukota : Xianyang [咸陽], di Provinsi Shaanxi

Dinasti Han (Barat) [汉朝] (206 SM -- 9 Masehi)
Ibukota : Chang'an [長安], di Xi'an, Provinsi Shaanxi

Dinasti Xin [新朝] (9 -- 23 )
Ibukota : Chang'an [長安], di Xi'an, Provinsi Shaanxi

Dinasti Han (Timur) (23 -- 22)
Ibukota : Luoyang [洛陽], di Provinsi Henan

Dinasti Wei [曹魏] (220 -- 265)
Ibukota : Luoyang [洛陽], di Provinsi Henan

Kerajaan Shu [蜀漢] (221 -- 263)
Ibukota : Chengdu [成都], di Provinsi Sichuan

Kerajaan Wu [东吴] (229 -- 280)
Ibukota : Jianye [建業], di Nanjing, Provinsi Jiangsu

Dinasti Jin (Barat) [晉朝] (265-316)
Ibukota : Luoyang [洛陽], di Provinsi Henan
Chang'an [長安], di Xi'an, Provinsi Shaanxi

Dinasti Jin (Timur) [晉朝] (A.D. 317-420)
Ibukota : Jiankang [建康], di Nanjing, Provinsi Jiangsu

Masa Perpecahan (Dinasti Utara -- Selatan)

Dinasti Sui [隋朝] (581 -- 618)
Ibukota : Chang'an [長安], di Xi'an, Provinsi Shaanxi

Dinasti Tang [唐朝] (618 -- 907)
Ibukota : Chang'an [長安], di Xi'an, Propinsi Shaanxi

Kemudian pada masa 5 dinasti ibukota terletak di [開封], provinsi Henan

Dinasti Song (Utara) [宋朝] (960 -- 1127)
Ibukota : Bianjing (汴京), sekarang Kaifeng [開封], provinsi Henan

Kerajaan Song (Selatan) (1127 -- 1276)
Ibukota : Lin'an [臨安], sekarang Hangzhou [杭州], provinsi Zhejiang

Dinasti Liao (Khitan) [辽朝] (916 -- 1125)
Ibukota : Shangjing [上京], sekarang Linhuang [臨潢], di Provinsi Nei Menggu

Kerajaan Xi Xia [西夏] (1038 -- 1227)
Ibukota : Xingqing [興慶], sekarang Yinchuan, di Provinsi Ningxia

Dinasti Jin [金朝] (1115 -- 1234)
Ibukota : Daxing [大興], sekarang Beijing

Dinasti Yuan [元朝] (1271 -- 1368)
Ibukota : Dadu [大都], sekarang Beijing

Dinasti Ming [明朝] (1368 -- 1644)
Ibukota :
Nanjing [南京], di Provinsi Jiangsu
Beijing [北京]

Dinasti Qing [清朝] (1644 -- 1911)
Ibukota :
Shenyang [瀋陽] (Mukden), di Provinsi Liaoning
Beiping [北平], sekarang Beijing

Republic Cina (1911 -- sekarang)
Ibukota :
Beiping 北平, sekarang Beijing
Nanjing 南京, di Provinsi Jiangsu

Secara konstitusional Nanjing sampai saat ini masih menjadi ibukota Republik Cina. Namun
dalam masa perang ada beberapa kota yang pernah menjadi ibukota darurat seperti
Guangzhou [廣州], Chongqing 重慶, dan Chengdu [成都]. Setelah kekalahan dari komunis,
pemerintahan nasionalis mengungsi ke pulau Taiwan dan mendirikan ibukota administratif
di Taibei [台北].

Republik Rakyat Cina (1949 -- sekarang)
Ibukota : Beijing [北京]

Parameswara Li
24-08-2011, 09:14 PM
Perbandingan Wilayah Dinasti Shang dengan Dinasti Zhou Barat serta letak pusat pemerintahannya.

http://i877.photobucket.com/albums/ab331/JohnChenFuYuan/WilayahShangdanZhouBarat.jpg

Parameswara Li
24-08-2011, 09:17 PM
Wajah Xi'an, yang sekarang menjadi ibukota provinsi Shaanxi



http://pacifac.blog.lemonde.fr/files/2007/04/xian-avenue.1177038342.jpg

http://www.dazey.net/images/Downtown_Xian.jpg

http://i143.photobucket.com/albums/r147/Nitajk/xian_1_1.jpg

Parameswara Li
24-08-2011, 09:19 PM
Xi'An



http://www2.volstate.edu/kbell/Terra-cotta/Xian.gif

http://china-reis.nl/images/xian4.jpg

http://sanderenyvonne.tweakdsl.nl/imchina/chinareis%20230s.jpg

Parameswara Li
24-08-2011, 09:21 PM
Gambar salah satu sudut kota Nanjing. Sebuah kota kuno yang sering menjadi pusat pemerintahan



Sungai Yangzi (Chang Jiang) yang membelah Nanjing

http://0.tqn.com/d/cruises/1/0/o/M/nanjing004.JPG

http://www.absolutechinatours.com/UploadFiles/ImageBase/yangtze%20river%20bridge%20nanjing.jpg

Parameswara Li
24-08-2011, 09:24 PM
Walaupun sudah menjadi kota modern, namun bagunan-bangunan kuno tetap terpelihara dengan baik di Nanjing.



http://img.51766.com/yjljq/1126678130193.jpg

http://sphotos-h.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/185708_4316552107639_458863085_n.jpg

http://sphotos-b.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash3/541754_4316552027637_2116544545_n.jpg

Parameswara Li
24-08-2011, 09:27 PM
Ibukota Wei, Wu, & Shu pada masa tiga negara.



http://i175.photobucket.com/albums/w126/saracen06/map_rtk.jpg

AsLan
24-08-2011, 09:33 PM
Update terus dong... gw numpang baca aja ::hohoho::

Parameswara Li
08-02-2012, 10:19 PM
Letak Beberapa Ibukota Kuno di Cina



http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/4/4c/Historicalcapitalsofchina_ancient.png

ndableg
08-02-2012, 10:34 PM
Wah.. seru.. Bagus2 kotanya.. rapih..
Pak rameswara ini kalo liat peta cina ada dilokasi mana ya? tianjing itu dimana? Apa mempelajari budaya, sejarah cina atau?

Parameswara Li
08-02-2012, 11:30 PM
Wah.. seru.. Bagus2 kotanya.. rapih..


Sebetulnya itu juga cuma garis besar saja. Misalnya Dinasti Xia, secara ilmiah belum ditentukan secara pasti. Untuk Dinasti Shang malah mereka rajin berpindah-pindah ibukota sehingga banyak tempat-tempat yang tidak disebutkan.



Pak rameswara ini kalo liat peta cina ada dilokasi mana ya?


Ya googling aja pake Google Images. Atau kalau mau agak sedikit pusing pakai saja Google Maps.



tianjing itu dimana?


Maksudnya Tiānjīng [天京] atau Tiānjīn [天津] ?
Tiānjīng yang berarti Ibukota Surgawi adalah Ibukota dari Rejim Hong Xiuquan yang biasa disebut dengan Pemberontakan Taiping [1853-1864]. Lokasinya adalah Nanjing. Jadi Hong Xiuquan menyebut Nanjing dengan nama Tianjing.
Kalau Tiānjīn adalah kota besar di Cina Utara. Letaknya persis berbatasan dengan Beijing sehingga kadang-kadang dianggap menyambung dengan Beijing.



Apa mempelajari budaya, sejarah cina ?


Saya dari dulu memang berminat pada budaya dan sejarah Cina. Bukan hanya Cina saja sebetulnya, tapi juga budaya dan sejarah peradaban-peradaban yang lain.

ndableg
09-02-2012, 02:29 PM
Tapi situ kan di cina.. jadi ya lebih gampang belajar ttg cina.

Tanya lagi.. bangsa manchuria dgn china apa bedanya? Dimana mereka sekarang?

Parameswara Li
10-02-2012, 09:22 PM
Tanya lagi.. bangsa manchuria dgn china apa bedanya? Dimana mereka sekarang?

Yang disebut Manchuria itu adalah wilayah di Cina Timur Laut. Pernah jadi negara boneka Jepang antara tahun 1932-1945.



http://a8.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/421942_2708080776861_1102073174_32176717_189226049 8_n.jpg

Baik merah tua maupun merah muda sama-sama termasuk wilayah yang disebut Manchuria.





http://a2.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/398616_2708077896789_1102073174_32176716_682083003 _n.jpg

Wilayah negara Manchuria adalah yang berwarna hijau muda.



Kalau yang ditanyakan adalah bangsa yang mendiami Manchuria dan Cina secara keseluruhan tentu tidak sulit karena baik Manchuria dan Cina secara keseluruhan didiami oleh banyak etnis. Etnis yang mayoritas di Manchuria dan di Cina secara keseluruhan tentu adalah bangsa Han. Etnis (Manzu) memang banyak terdapat di Manchuria tetapi mereka bukan mayoritas. Kemudian ada juga Etnis Mongol dan etnis-etnis yang lain.

Kalau ditanya perbedaannya apa tentu agak sulit menjawabnya. Sekarang yang kita maksud dengan bangsa Manchuria itu etnis yang mana ? Etnis mayoritas di sana adalah Han, sama seperti daerah-daerah Cina yang lain. Kalau yang dimaksud adalah Man (Manzu) tentu ini bisa dijadikan tolok ukur. Kemudian mau dibandingkan dengan bangsa Cina yang lagi-lagi etnis mana yang dimaksudkan ? Seandainya yang dimaksud adalah Etnis Han, maka jawabannya bisa panjang sekali.

Yang disebut bangsa Han itu juga tidak satu asal. Memang mulanya mereka berasal dari bangsa Huaxia. Namun dalam perkembangannya banyak bangsa lain yang melebur kedalam bangsa Han tersebut. Oleh karena itu kita tidak bisa memberi patokan ciri-ciri Etnis Han dari penampilan fisiknya, karena sangat bervariasi. Di selatan ada yang mirip dengan orang Thai atau Melayu, Di timur laut banyak yang mirip orang Korea. Di Utara sekali tidak sedikit pula yang mirip orang Mongol. Bahkan di wilayah pesisir timur kadang-kadang kita kita jumpai orang-orang Han yang mirip orang Jepang.

Jadi yang disebut Bangsa Han itu lebih berpatokan pada budaya, bukan tampilan fisik. Ketika seseorang menyatakan diri sebagai orang Han, maka dia adalah orang Han. Tentu dengan segala konsekwensi yang harus diikuti seperti adat istiadat, dsb. Dalam sejarah banyak sekali orang-orang dari etnis minoritas atau yang campuran minoritas yang kemudian sepenuhnya menyatakan diri sebagai orang Han. Kaisar-kaisar dinasti Sui dan Tang bisa menjadi contohnya. Siapapun setuju bahwa mereka adalah orang Han, namun semua orang juga tidak mengingkari bahwa mereka campuran antara Han dengan Xianbei. Kemudian klan-klan besar seperti Murong, Toba, Tufa, Yuwen, Yuchi, Huyan, Dugu, Yelu, Yeli, Wanyan, Xiao, Weiming, dsb adalah orang Han walaupun leluhur mereka bukan orang Han.

Untuk orang Manzu sendiri juga tidak bisa diberi patokan. Menurut beberapa ahli mereka ini serumpun dengan bangsa Korea. Namun penampakan fisik Manzu modern berbeda jauh dengan Manzu zaman dahulu. Karena perkawinan campur dan asimilasi yang masif, saat ini sebagian besar Manzu sudah mirip sekali dengan orang Han. Bahkan banyak juga orang-orang Manzu yang kemudian menjadi orang Han. Jumlah orang Manzu sekarang sekitar 10-12 juta orang tersebar di seluruh Cina termasuk Taiwan. Kalau kita tidak lihat kartu identitasnya kita tidak akan tahu bahwa mereka Manzu karena baik bahasa dan budaya mereka sudah sama persis dengan orang Han. Di Cina ada kolom untuk etnis di KTP. Jumlah yang besar ini agak mngejutkan karena antara tahun 1982-1990 jumlah mereka melonjak dari 4 juta menjadi hampir 10 juta. Lonjakan ini bukan karena mereka berkembang biak dengan cepat tetapi karena banyak orang Han mengganti identitas mereka menjadi Man. Hal ini membuktikan bahwa di masa lalu banyak sekali orang Man yang karena takut terdiskriminasi maka menyatakan diri sebagai orang Han. Ketika keadaan sudah stabil barulah kemudian mereka berani menyatakan diri sebagai orang Man. Ini hanya fenomena gunung es saja karena lebih banyak lagi orang-orang Han eks Man yang keturunannya tetap memilih sebagai orang Han. Lonjakan ini juga terjadi pada etnis-etnis lain. Salah satu contoh ekstrim adalah orang Tujia yang dalam waktu singkat jumlahnya melonjak 4 kali lipat karena banyak orang Han yang kembali menyatakan diri sebagai orang Tujia.

Contoh orang Manzu adalah aktris Hong Kong Zhōu Hǎimi (Kathy Chow), Guān Zhīln (Rosamund Kwan), Aktor RRC H Jūn dan Tong Dawei, Penyanyi Taiwan Q Qn dan Q Y, dsb.

Parameswara Li
21-02-2012, 05:59 PM
Chongqing [重慶]

Ibukota Republik Cina (1937-1945)



http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/3/39/SkylineOfChongqing.jpg/1005px-SkylineOfChongqing.jpg

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/0/0a/The_Hongyadong_stilted_house_in_Chongqqing_city.jp g/450px-The_Hongyadong_stilted_house_in_Chongqqing_city.jp g

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/6/60/Chongqing_Night_Yuzhong.jpg/800px-Chongqing_Night_Yuzhong.jpg

Pada tahun 1949 populasinya hanya 1 juta orang. Mencapai puncaknya tahun 2010 dengan 32,8 juta orang.

Parameswara Li
22-02-2012, 08:10 PM
tianjing itu dimana?

Nanya soal Tianjing karena lihat di profile ya ? Baru ngeh nih ! Kalau itu sih not that 天京. Not even a real 京. Just code for someplace in somewhere.

Parameswara Li
23-02-2012, 08:34 PM
http://bhoffert.faculty.noctrl.edu/REL100/Map.SpringAutumn.png

http://www.chinaknowledge.de/History/Zhou/Maps/mapfeudallordsZhanguo.JPG

Parameswara Li
26-04-2012, 06:16 PM
Silk Road

http://www.taiwandna.com/SalarSilkRoadMap.png

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/7/74/Silk_route.jpg/400px-Silk_route.jpg

ga_genah
26-04-2012, 07:29 PM
^
maksudnya apa nieh um?
ceritain dunk

oh iya, kenapa ibu kota china pindah dari chongqing ke beijing?

Parameswara Li
26-04-2012, 08:24 PM
^
maksudnya apa nieh um?
ceritain dunk

oh iya, kenapa ibu kota china pindah dari chongqing ke beijing?

Pindah karena kontrakannya abis.

::hihi::

OK, di post #1 kan udah tertulis bahwa Chongqing itu cuma ibukota darurat. Lagian negaranya kan beda. Chongqing itu ibukota (darurat) Republik Cina. Sedangkan Beijing sekarang ini adalah ibukota Republik Rakyat Cina.

Parameswara Li
05-05-2012, 11:18 PM
Wilayah Cina


http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/5/54/Territories_of_Dynasties_in_China.gif

Parameswara Li
09-01-2013, 09:55 PM
Miniatur dari Istana Kerajaan Surgawi di Tiānjīng



http://a1.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc7/s720x720/407357_2696711612639_1102073174_32173785_126435563 0_n.jpg

Parameswara Li
10-01-2013, 03:24 PM
Xī'ān Zhōnglu [西安鐘樓]

Gedung Lonceng Xi'an adalah bangunan terkenal kota Xi'an. Didirikan tahun 1384 pada awal Dinasti Ming. Disitu ditempatkan beberapan lonceng besar yang dibuat pada masa Dinasti Tang.



http://sphotos-d.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc7/881_4316599908834_287023514_n.jpg

http://sphotos-f.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/735087_4316602668903_44334085_n.jpg

http://sphotos-f.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-prn1/66475_4316599428822_2032742142_n.jpg





http://sphotos-h.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/427673_4316599548825_1777326184_n.jpg





http://sphotos-e.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash3/580621_4316596868758_783162564_n.jpg

Parameswara Li
12-01-2013, 04:30 PM
Lngmn Shkū [龍門石窟]

Lngmn Shkū yang berarti Gua Gerbang Naga adalah sebuah karya seni bercorak Buddha. Terletak sekitar 12 km dari Luoyang, ibukota Cina pada masa lalu. Proyek ini dimulai pada masa Dinasti Wei Utara tahun 493. Kemudian terjadi penambahan besar pada masa Dinasti Tang dan akhirnya sedikit penambahan pada permulaan abad ke 10 saat awal Dinasti Song.

Terdapat sekitar 100000 patung dengan ukuran bervariasi antara 1 inci sampai dengan 17 meter yang tersebar dalam 1400 gua. Juga ada lebih dari 2500 tugu dan prasasti.



http://sphotos-b.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-prn1/602933_4327301056356_410765560_n.jpg

Pintu masuk Gua Gerbang Naga





http://sphotos-b.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/406093_4327302216385_1105332455_n.jpg

http://sphotos-g.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/2035_4327301696372_1497890726_n.jpg

http://sphotos-d.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/312322_4327302656396_1064121233_n.jpg

http://sphotos-b.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash3/63599_4327302736398_1493418563_n.jpg

http://sphotos-c.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc7/393148_4327301416365_45417702_n.jpg

http://sphotos-f.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/397748_4327300416340_1579979807_n.jpg

http://sphotos-h.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash3/406118_4327302416390_1799293941_n.jpg

http://sphotos-f.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-prn1/74329_4327302496392_1038384353_n.jpg

http://sphotos-g.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash3/543924_4327299856326_1864078858_n.jpg