PDA

View Full Version : Manfaat-manfaat Kopi



ga_genah
17-08-2011, 08:00 PM
kopiers...

berhubung ada banyak manfaat2 kopi dan klo di bikin thread sendiri2 jadinya ga bagus
maka saya buat satu thread aja untuk manfaat-manfaat kopi

contohnya yang satu ini

Kopi Kurangi Resiko Kanker Kulit
Antara – Sel, 16 Agu 2011


Ada berita gembira bagi para penggemar kopi. Berdasarkan sebuah penelitian di Amerika Serikat, kopi menunjukkan tanda dapat mengurangi resiko kanker kulit dengan membantu membunuh sel-sel yang rusak yang berpeluang dapat berubah menjadi tumor.

Temuan yang diterbitkan pada Senin itu, menunjukkan bahwa minum kafein secara wajar, atau bahkan menggunakan kopi di kulit, dapat berguna dalam menangkal kanker non-melanoma, diagnosis kanker kulit yang paling sering.

Dengan menggunakan tikus yang secara genetik telah dipengaruhi untuk menekan produksi enzim protein, ATR, dalam tubuhnya, para peneliti membuktikan bahwa tikus itu mampu menangkis kanker bahkan

bila terkena sinar ultraviolet.

Penelitian sebelumnya telah menyarankan bahwa minum sekitar satu cangkir kopi berkafein per hari memiliki efek menekan ATR dan memicu kematian sel yang rusak oleh sinar UV.

Tikus itu pada akhirnya menderita kanker, namun itu terjadi setelah tiga pekan, dibandingkan dengan tikus yang normal, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Laporan Akademi Ilmu Pengetahuan Nasional.

Setelah 19 pekan terpapar sinar ultraviolet, tikus yang direkayasa itu menunjukkan 69 persen lebih sedikit tumor dan empat kali lebih sedikit tumor invasif dibandingkan kelompok normal.

Namun, efek perlindungan hanya selama itu, setelah lebih dari 34 pekan terpapar sinar ultra violet, seluruh tikus menderita tumor.

"Akhirnya, jika anda memamar mereka dengan sinar ultra violet cukup lama, semua tikus akan menderita kanker sehingga hal itu tidak 100 persen memberikan perlindungan selamanya," kata Allan Conney, salah satu penulis, kepada AFP.

"Sungguh, dengan hampir semua jenis karsinogen, pada akhirnya semua hewan akan menderita tumor," kata Conney, yang merupakan direktur dari Laboratorium Penelitian Kanker Susan Lehman Cullman di Universitas Rutgers, New Jersey.

Conney dan timnya mampu mengkonfirmasi hipotesis mereka bahwa kafein -ketika dikonsumsi atau dioleskan pada kulit - bekerja dengan cara menghambat ATR. Sekarang mereka mengatakan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat bagaimana teori yang sama mungkin dapat juga bekerja pada manusia.

"Kami ingin melihat apakah kafein memiliki efek pada manusia bila diberikan secara berkala," katanya.

"Kafein mungkin menjadi senjata dalam pencegahan karena mampu menghambat ATR dan juga bertindak sebagai tabir surya serta langsung menyerap sinar UV yang merusak."

Kanker kulit adalah kanker paling umum di Amerika Serikat, dengan lebih dari satu juta kasus baru setiap tahun, menurut Institut Kanker Nasional.

Kanker kulit jenis non-melanoma, termasuk jenis sel basal dan sel skuamosa, adalah jenis kanker kulit yang paling sering didiagnosis dan sering dapat diobati jika terdeteksi di tahap awal.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan peminum kopi cenderung memiliki resiko lebih rendah menderita kanker payudara, rahim, prostat dan usus besar, namun efek yang bermanfaat tidak terlihat pada orang yang minum kopi tanpa kafein.

aya_muaya
17-08-2011, 08:34 PM
menjaga mata tetep melek dan menyegarkan badan...

AsLan
18-08-2011, 02:19 AM
Physicians Commitee For Responsible Medicine dalam Healthy Eating for Life to Prevent and Treat Cancer:
Walau kaitan antara kopi dan resiko terkena kanker belum jelas, beberapa studi memperkirakan kemungkinan kopi mempengaruhi DNA dan meningkatkan resiko terkena kanker kandung kemih dan ovarian.

Balch dan Stengler dalam Prescription for Natural Cures: Walau menyisakan tanda tanya ihwal kejadiannya, mereka menemukan, wanita yang mengonsumsi 5-7 gr kafein per bulan (setara dengan dua cangkir kopi per hari) memiliki kemungkinan dua kali lipat terkena endrometriosis daripada yang tidak mengonsumsi kafein.

Masalah dampak kopi kasar atau tidak disaring ini dipelajari oleh sejumlah peneliti di Belanda.
Mereka mengamati tingginya kadar homosistein dalam darah pecandu kopi.
Homosistein merupakan substansi yang terbentuk pada saat tubuh mengeluarkan protein.
Padahal peningkatan homosistein berhubungan erat dengan resiko penyakit jantung.
Meski belum jelas bagaimana persisnya asam amino esensial mengganggu jantung, sudah terbukti bahwa zazt tersebut acap kali menyebabkan timbulnya luka di berbagai lapisan dalam pembuluh darah arteri dan selanjutnya menjadi tempat menumpuknya asam lemak dan kalsium.
Timbunan ini bisa mengakibatkan pergeseran dinding pembuluh darah arteri (arterioklerosis).

Disisi lain menurut Dr. Elvina Karyadi, ahli gizi, homosistein dibutuhkan tubuh untuk berbagai reaksi biokimia, terutama dalam proses perubahan metionin menjadi sistationin dan berperan dalam membentuk propionilkoa (substansi yang berperan dalam metabolisme lemak dan karbbohidrat), asalkan kadarnya tidak tinggi. Kadar normalnya 7-22 ug mol/ L.Seorang peneliti Belanda menambahkan, dua minggu setelah setiap hari minum enam cangkir kopi, konsentrasi homosistein seseorang naik 10% dari angka normal. Begitu juga kadar kolesterol dan trigliserida. Namun, kenaikan ini tidak permanen. Bila kopi dihentikan dan keadaan tubuh sehat, kalebihan homosistein dapat secara alami normal kembali. Selain dengan mengurangi kafein, kenaikan kadar homosistein dapat pula dicegah dengan mengurangi konsumsi protein hewani yang banyak mengandung metionin.Bila dalam sehari minum 1,360 g kopi kasar (sekitar 6-7 cangkir), diperkirakan resiko untuk terkena serangan jantung atau stroke naik 10%. Selain itu kadar vitamin b6 bisa berkurang sampai 21%.

ga_genah
18-08-2011, 06:45 PM
punyanya um anchuur juga di gabung kesini juga



Kopi Membantu Penyembuhan Hepatitis C

http://images.detik.com/content/2011/06/10/763/kopi-dalam-ts.jpg

Jakarta, Kopi memang diketahui memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. Kini ada satu lagi manfaat dari kopi yaitu bisa membantu mengobati pasien hepatitis C lanjut dengan penyakit hati kronis.

Berdasarkan studi baru diketahui pasien yang menerima perawatan peginterferon plus ribavirin dan mengonsumsi 3 cangkir kopi dalam sehari memiliki kemungkinan 2 kali lebih tinggi dalam merespons pengobatan dibanding pasien yang tidak minum kopi.

"Asupan kopi telah dikaitkan dengan tingkat enzim hati yang rendah, mengurangi perkembangan dari penyakit hati kronis dan mengurangi insiden kanker hati," ujar Neal Freedman dari National Cancer Institute, seperti dikutip dari Indiavision, Jumat (10/6/2011).

Meski begitu hubungan antara respons terhadap pengobatan anti-HCV dengan konsumsi kopi belum sepenuhnya diketahui oleh para peneliti. Penelitian ini sendiri telah dilaporkan dalam jurnal Gastroenterology.

Diketahui sekitar 75 persen orang yang terinfeksi hepatitis C tidak memiliki gejala saat pertama kali didiagnosis, dan 25 persen sisanya mengeluh kelelahan, kehilangan nafsu makan, nyeri otot atau demam. Sedangkan kondisi kulit dan mata yang menguning jarang terjadi pada tahap awal infeksi.

Biasanya diagnosis awal dari hepatitis C diketahui melalui pemeriksaan darah yang menunjukkan adanya peningkatan kadar enzim di hati, tanda kerusakan hati yang menjadi petunjuk pertama kemungkinan adanya infeksi.

Di seluruh dunia diperkirakan ada sekitar 130-170 juta orang yang terkena hepatitis C, dan sekitar 70-80 persen menjadi infeksi kronis. Ketika infeksi sudah kronis mulai mengalami efek dari peradangan persisten yang disebabkan oleh reaksi kekebalan tubuh terhadap virus.

Virus hepatitis C adalah virus yang secara genetik amat variatif dan memiliki angka mutasi tinggi, sehingga memungkinkan generasi virus yang beraneka ragam. Akibatnya belum ada vaksin yang berhasil dibuat untuk mencegah infeksi virus hepatitis C.

Orang yang menderita Hepatitis C tidak menunjukkan gejala, walaupun infeksi telah terjadi bertahun-tahun lamanya. Gejala-gejala di bawah ini ada yang tidak dirasakan oleh penderitanya seperti:

Lelah
Hilang selera makan
Sakit perut
Urin menjadi gelap
Kulit atau mata menjadi kuning (jaundice) jarang terjadi.

Infeksi virus hepatitis C juga disebut sebagai infeksi terselubung (silent infection) karena pada infeksi dini seringkali tidak bergejala atau tidak ada gejala yang khas sehingga seringkali terlewatkan.

Virus ini menjadi salah satu penyebab penyakit hati kronik seperti sirosis dan kanker hati yang merupakan penyebab tersering transplantasi hati. Sirosis terjadi pada 10-20 persen penderita hepatitis C kronik, dan kanker hati terjadi pada 1-5 persen penderita hepatitis C kronik dalam waktu 20-30 tahun. Serta sekitar 80 persen orang yang baru terinfeksi penyakitnya akan terus berkembang menjadi infeksi kronik.

Virus hepatitis C ditularkan lewat darah yang jalan utama infeksinya berasal dari transfusi darah atau produk darah yang belum diskrining (pemeriksaan), saling tukar jarum suntik oleh pengguna narkoba suntik (injecting drug user/IDU) serta jarum atau alat tato dan tindik yang tidak steril. sumber (http://health.detik.com/read/2011/06/10/082436/1657263/763/kopi-membantu-penyembuhan-hepatitis-c)

deddy
19-08-2011, 09:27 AM
Diabetes. Dua puluh studi yang dilakukan di seluruh dunia menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 50%. Para peneliti menduga penyebabnya adalah asam klorogenik di dalam kopi berperan memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Asam klorogenik juga merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang meningkatkan insulin (hormon yang mengatur penyerapan gula ke dalam sel-sel). Zat lain dalam kopi yaitu trigonelin (pro vitamin B3) juga diduga membantu memperlambat penyerapan glukosa.

ini juga salah satu manfaat dari kopi ........

GiKu
19-08-2011, 11:15 AM
tuangkan sesendok kecil kopi ke tatakan/wadah kecil
simpan di dalam lemari atau ruangan yg tidak dipakai
aromanya akan mengusir bau apek

ga_genah
19-08-2011, 06:09 PM
tuangkan sesendok kecil kopi ke tatakan/wadah kecil
simpan di dalam lemari atau ruangan yg tidak dipakai
aromanya akan mengusir bau apek

manfaat kopi diluar tubuh manusia... :cengir:

DTR
20-08-2011, 02:10 AM
kopi memperlancar bab :cengir:

aya_muaya
21-08-2011, 11:52 AM
kemareen habis ngecat rumah juga pakai kopi ditaruh di sudut2 ruangan... Bisa menghilangkan bau cat dan juga membersihkan udara...

et dah
21-08-2011, 03:31 PM
buat ngilangin bau sepatu juga katenye

deddy
22-08-2011, 10:13 AM
buat ngilangin bau sepatu juga katenye

seduh air panas kemudian disiramkan ke sepatu yak ..... ekekekeke

aya_muaya
22-08-2011, 04:16 PM
::grrr::saran ngaco...

GiKu
22-08-2011, 04:18 PM
sepatunya eti pun butuh ngopi
::bwekk::

aya_muaya
22-08-2011, 04:38 PM
gemana makenya tuh kalau penuh kopi?

GiKu
22-08-2011, 04:42 PM
kalo kopinya ud mulei dingin trus diminum
kalau sudah habis, bolehlah dipakai sepatunya

et dah
22-08-2011, 06:09 PM
yeee di kasitau malah pada ngeyel :P

southpaw.iv
23-08-2011, 01:04 AM
buat ngilangin bau sepatu juga katenye

soalnya udah ganti ma bau kopi::ngakak2::

deddy
23-08-2011, 10:14 AM
yeee di kasitau malah pada ngeyel :P

bukan ngeyel.....cuma pingin ngerti gimana langkahnya ..... ::grrr::

GiKu
23-08-2011, 12:37 PM
si eti kalo minum kopi selalu ditemani sepatunya yg setia

http://3.bp.blogspot.com/-S91TZ3bi1NA/Ta6xoF0WugI/AAAAAAAAASQ/HHIJ0Ad2XUU/s1600/Sepatu+bau.jpeg




Pasti setiap kita pernah mengalami yang namanya sepatu yang bau. Saking baunya, sampa-sampai meresahkan orang-orang yang ada di sekitar kita. Apalagi klo kita dah kehujanan. Mau neduh sambil nunggu hujan reda, kelamaan. Mau buka sepatu, nyeker, susah. Takut nginjek ini, takut nginjek itu. Akhirnya kita paksain nerobos hujan dengan bersepatu. Jadinya basah dah sepatu kita.
Nah, jika kita biarinkan sampe kering. 99,99% sepatu kita akan mengeluarkan pafrum alaminy. Dan itu adalah senjata pemusnah massal yang paling ditakutin orang-orang yang ada di sekitar kita (halah..)

Sekarang sudah banyak parfum yang beredar khusus untuk menghilangkan aroma tak sedap dari sepatu. Tapi, ada cara yang mudah untuk ngilangin baunya. Yaitu dengan bubuk KOPI. Nah, diapain tuh kopinya..??



Berikut ini adalah caranya:

Siap kan alat dan bahan:

1. Kopi (terserah kopi apa aja, yang penting bukan kopi sachet siap saji)
http://kopigunungsumbingsindoro.files.wordpress.com/2011/06/home-bubuk-kopiluwak.jpg?w=300&h=225

2. Tissue
http://4.bp.blogspot.com/_PYUpmyLv7Wc/THlDsgG6tCI/AAAAAAAAARM/5RZk0ar0lvE/s200/Tissue-Box-1125.1.jpg

3. Sendok makan
http://2.imimg.com/data2/PT/OU/MY-2154583/bronze-spoon-250x250.jpg

4. Sepatu bau (jangan yang basah)
http://3.bp.blogspot.com/-S91TZ3bi1NA/Ta6xoF0WugI/AAAAAAAAASQ/HHIJ0Ad2XUU/s1600/Sepatu+bau.jpeg


Caranya :

Nah, caranya gini.. Pertama anda ambil kopi kira-kira sebanyak satu sendok makan. Kemudian, letakkan diatas tissue. Kemudian, bungkus kopi tersebut dengan tissue tadi. Lalu, letakkan tissue tersebut ke dalam sepatu yang bau tadi. Setelah itu diamkan sampai pagi. Dan pada pagi harinya, silahkan anda cek sepatu anda dan rasakan bagaimana baunya.

Cara yang praktis dan ekonomis bukan? Gak perlu mahal-mahal beli parfum sepatu. Hanya dengan kopi kita bisa menghilangkan bau sepatu.

Selamat Mencoba!

qzplx
23-08-2011, 01:37 PM
Bikin ***** jadi kecil ?

kimochi
23-08-2011, 04:15 PM
Manfaat kopi:

Bikin brewok-bewokan... ::hihi::

ga_genah
25-08-2011, 06:06 PM
si eti kalo minum kopi selalu ditemani sepatunya yg setia

http://3.bp.blogspot.com/-S91TZ3bi1NA/Ta6xoF0WugI/AAAAAAAAASQ/HHIJ0Ad2XUU/s1600/Sepatu+bau.jpeg




Pasti setiap kita pernah mengalami yang namanya sepatu yang bau. Saking baunya, sampa-sampai meresahkan orang-orang yang ada di sekitar kita. Apalagi klo kita dah kehujanan. Mau neduh sambil nunggu hujan reda, kelamaan. Mau buka sepatu, nyeker, susah. Takut nginjek ini, takut nginjek itu. Akhirnya kita paksain nerobos hujan dengan bersepatu. Jadinya basah dah sepatu kita.
Nah, jika kita biarinkan sampe kering. 99,99% sepatu kita akan mengeluarkan pafrum alaminy. Dan itu adalah senjata pemusnah massal yang paling ditakutin orang-orang yang ada di sekitar kita (halah..)

Sekarang sudah banyak parfum yang beredar khusus untuk menghilangkan aroma tak sedap dari sepatu. Tapi, ada cara yang mudah untuk ngilangin baunya. Yaitu dengan bubuk KOPI. Nah, diapain tuh kopinya..??



Berikut ini adalah caranya:

Siap kan alat dan bahan:

1. Kopi (terserah kopi apa aja, yang penting bukan kopi sachet siap saji)
http://kopigunungsumbingsindoro.files.wordpress.com/2011/06/home-bubuk-kopiluwak.jpg?w=300&h=225

2. Tissue
http://4.bp.blogspot.com/_PYUpmyLv7Wc/THlDsgG6tCI/AAAAAAAAARM/5RZk0ar0lvE/s200/Tissue-Box-1125.1.jpg

3. Sendok makan
http://2.imimg.com/data2/PT/OU/MY-2154583/bronze-spoon-250x250.jpg

4. Sepatu bau (jangan yang basah)
http://3.bp.blogspot.com/-S91TZ3bi1NA/Ta6xoF0WugI/AAAAAAAAASQ/HHIJ0Ad2XUU/s1600/Sepatu+bau.jpeg


Caranya :

Nah, caranya gini.. Pertama anda ambil kopi kira-kira sebanyak satu sendok makan. Kemudian, letakkan diatas tissue. Kemudian, bungkus kopi tersebut dengan tissue tadi. Lalu, letakkan tissue tersebut ke dalam sepatu yang bau tadi. Setelah itu diamkan sampai pagi. Dan pada pagi harinya, silahkan anda cek sepatu anda dan rasakan bagaimana baunya.

Cara yang praktis dan ekonomis bukan? Gak perlu mahal-mahal beli parfum sepatu. Hanya dengan kopi kita bisa menghilangkan bau sepatu.

Selamat Mencoba!



oooo... begono tha.... ;D

deddy
26-08-2011, 10:06 AM
Oh begitu tho prosesnya.....:D

ga_genah
11-09-2011, 12:01 AM
Manfaat Kopi

Menurut Harvard Women’s Health, konsumsi kopi beberapa cangkir sehari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, pembentukan batu ginjal, kanker usus besar, penyakit parkinson, kerusakan fungsi hati (sirosis), penyakit jantung serta menghambat penurunan daya kognitif otak.

* Diabetes. Dua puluh studi yang dilakukan di seluruh dunia menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 50%. Para peneliti menduga penyebabnya adalah asam klorogenik di dalam kopi berperan memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Asam klorogenik juga merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang meningkatkan insulin (hormon yang mengatur penyerapan gula ke dalam sel-sel). Zat lain dalam kopi yaitu trigonelin (pro vitamin B3) juga diduga membantu memperlambat penyerapan glukosa.
* Kanker. Riset secara konsisten menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko kanker hati, kanker payudara dan kanker usus besar.
* Sirosis. Kopi melindungi hati dari sirosis, terutama sirosis karena kecanduan alkohol.
* Penyakit Parkinson. Para peminum kopi memiliki risiko terkena Parkinson setengah lebih rendah dibanding mereka yang tidak minum kopi.
* Penyakit jantung dan stroke. Konsumsi kopi tidak meningkatkan risiko jantung dan stroke. Sebaliknya, kopi justru sedikit mengurangi risiko stoke. Sebuah studi atas lebih dari 83.000 wanita berusia lebih dari 24 tahun menunjukkan mereka yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko terkena stroke 19% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Studi terhadap sejumlah pria di Finlandia menunjukkan hasil yang sama.
* Fungsi kognitif. Studi atas 4.197 wanita dan 2.820 pria di Perancis menunjukkan bahwa meminum setidaknya tiga cangkir kopi sehari dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan hingga 33 persen pada wanita. Namun, manfaat yang sama tidak ditemukan pada pria. Hal ini mungkin karena wanita lebih peka terhadap kafein.

Efek Negatif Kopi

Namun demikian, kopi juga memiliki efek negatif. Kafein sebagai kandungan utama kopi bersifat stimulan yang mencandu. Kafein mempengaruhi sistem kardiovaskuler seperti peningkatan detak jantung dan tekanan darah. Dampak negatif itu muncul bila Anda mengkonsumsinya secara berlebihan.

Bagi kebanyakan orang, minum dua sampai tiga cangkir kopi tidak memberikan dampak negatif. Meminum kopi dengan frekuensi lebih dari itu bisa menimbulkan jantung berdebar-debar, sulit tidur, kepala pusing dan gangguan lainnya. Oleh karena itu, bagi mereka yang mengkonsumsi kopi agar tidak mengantuk–misalnya karena kekurangan tidur– disarankan agar konsumsinya disebar sepanjang hari.

Riset mengenai hubungan konsumsi kopi dengan keguguran kandungan tidak memberikan kesimpulan seragam. Tetapi, untuk amannya ibu hamil disarankan tidak minum lebih dari satu cangkir kopi sehari.

Manfaat Kopi bagi Sperma
Kopi, si hitam peredam kantuk kembali membuktikan sebagai minuman kaya khasiat, jika dalam penelitian sebelumnya dekafein, salah satu kandungan kopi, bisa mengurangi resiko diabetes, memperlancar peredaran darah dan menghilangkan pusing, ternyata kopi juga bisa membuat sperma bisa berenang lebih cepat dan merangsang kesuburan pria.

Sebuah studi yang dilakukan kelompok peneliti dari Universitas Sao Paulo, Brasil menyebutkan pria yang rutin minum secangkir kopi setiap paginya memiliki sperma yang mampu berenang lebih lincah dibanding pria yang tak pernah minum kopi di pagi hari.

Mereka meneliti 750 pria yang akan melakukan vasektomi dan membaginya dalam empat kelompok berdasarkan jumlah kopi yang mereka konsumsi, yakni: mereka yang tak minum kopi, peminum kopi ringan (antara satu sampai tiga cangkir kopi per hari), peminum kopi sedang (antara empat-enam cangkir per hari) dan peminum kopi berat (lebih dari enam cangkir per hari). Penelitian ini menggunakan ukuran skala cangkir 100ml.

Hasilnya, mereka yang mengkonsumsi kopi secara rutin setiap harinya memiliki kualitas sperma yang jauh lebih sehat dibanding yang tak mengkonsumsi kopi.

Kandungan kafein dalam kopi membantu sperma mampu berenang lebih cepat selain membantu memperbaiki sample sperma dalam proses IVF (in-vitro fertilisation), metode pembuahan di luar rahim.

Hasil penelitian tersebut diterbitkan dalam Jurnal hasil konferensi American Society for Reproductive Medicine, di San Antonio.

Sementara dalam penelitian terpisah yang dilakukan State University of New York, Buffalo menuebutkan kopi masih jauh lebih baik dari ganja yang terbukti memperpendek umur sperma, gangguan ereksi dan berpotensi mengurangi kesuburan secara signifikan.

Asep Saepurohman
16-09-2011, 03:44 PM
ngopi::bwekk::

Asep Saepurohman
16-09-2011, 03:58 PM
hm:nangislari::nangislari::nangislari::nangislari: :nangislari:

Asep Saepurohman
16-09-2011, 03:59 PM
wah kafein nya:apaa:

Asep Saepurohman
16-09-2011, 04:01 PM
wah pengen nyoba nih :mandi2: