PDA

View Full Version : Adakah agama yang memperbolehkan perdukunan?



Agitho_Ryuki
10-08-2011, 02:55 PM
Ada ndak?
Sebenarnya dalam Islam tidak boleh tapi banyak oknum *ustadz* dan *kyai* yang praktek perdukunan... bagaimana dengan agama lain??







(sebelum komment minta sumbangan ampas kopinya dunk... ;;) )

TheCursed
10-08-2011, 03:55 PM
Ada ndak?
Sebenarnya dalam Islam tidak boleh tapi banyak oknum *ustadz* dan *kyai* yang praktek perdukunan... bagaimana dengan agama lain??







(sebelum komment minta sumbangan ampas kopinya dunk... ;;) )

Ada. yang terlintas di kepala gue aja:
- Voodoo. Bukan boleh lagi, malah wajib.
- Wiccan. Penganutnya adalah witches, jadi, ya, gitu.

dan masih segambreng2 lagi sisanya...

opera
10-08-2011, 03:57 PM
ya yang jelas agamanya (bukan agama ktp) para dukun memperbolehkan perdukunan....

E = mc²
10-08-2011, 04:45 PM
kalau hindu, gmn sih? :ninja:

*gak ngerti ttg agama hindu

Alip
10-08-2011, 06:56 PM
Perlu definisi dulu deh keknya...

Kalau definisi yang saya tau:
Agama = (Sansekerta) kitab yang berisi tuntunan/tradisi dalam hidup berketuhanan. Misalnya Sutrapitaka, Shakta-Agama, Shaiva-agama dan sejenisnya. Namun dalam Bahasa Indonesia sudah mengalami perluasan arti dan mencakup segala kepercayaan dan tuntunan berketuhanan.

Perdukunan = Kegiatan yang berhubungan dengan komunikasi dan kerjasama dengan kekuatan yang dipercaya berada di luar alam yang wajar...

Kalau definisinya begitu... ya semua tradisi ketuhanan mengharuskan perdukunan... karena tuhan sendiri adalah konsep tentang sesuatu di luar dinamika alami yang bisa kita cerap.

:luck: hihihihi...

nick naylor
10-08-2011, 11:26 PM
Ada ndak?
Sebenarnya dalam Islam tidak boleh tapi banyak oknum *ustadz* dan *kyai* yang praktek perdukunan... bagaimana dengan agama lain??







(sebelum komment minta sumbangan ampas kopinya dunk... ;;) )

Perdukunan boleh, asal enggak merugikan orang lain. :mikir:

kandalf
11-08-2011, 12:23 AM
Agama Yunani Kuno memiliki praktek perdukunan. Dukunnya dijuluki... Oracle.

Sebenarnya, apa definisi dukun itu?

1. mengetahui hal-hal gaib (bisa meramal masa depan? bisa melihat jin?);
2. bisa menyembuhkan dengan metode gaib?

ndableg
11-08-2011, 01:23 AM
Emang apa bedanya dukun dgn penyihir? Bukankah yg dituduhkan itu lebih kepada ilmu2 sihir (ilmu hitam)?
Keknya dukun itu lebih ke arah dokter tanpa ijasah. Ato bahkan lebih dari itu. Istilahnya orang pintar lah.. macam penasehat2 raja.

AsLan
11-08-2011, 01:56 AM
Dalam Agama Kristen, perdukunan itu sangat dilarang.

Tapi di kitab Perjanjian lama ada kisah Saul yg menemui dukun.

Ceritanya saat itu nabi Samuel sudah wafat, namun raja Saul masih ingin meminta nasihat darinya, maka ia berusaha memanggil arwah Samuel...

(sebagai info, menurut ahli tafsir kitab, arwah yg dipanggil itu bukan benar2 arwah Samuel melainkan iblis yg menyamar)

1 Samuel 28:5 Ketika Saul melihat tentara Filistin itu, maka takutlah ia dan hatinya sangat gemetar.
28:6 Dan Saul bertanya kepada TUHAN, tetapi TUHAN tidak menjawab dia, baik dengan mimpi, baik dengan Urim, baik dengan perantaraan para nabi.
28:7 Lalu berkatalah Saul kepada para pegawainya: "Carilah bagiku seorang perempuan yang sanggup memanggil arwah; maka aku hendak pergi kepadanya dan meminta petunjuk kepadanya." Para pegawainya menjawab dia: "Di En-Dor ada seorang perempuan yang sanggup memanggil arwah."
28:8 Lalu menyamarlah Saul, ia mengenakan pakaian lain dan pergilah ia dengan dua orang. Ketika mereka pada waktu malam sampai kepada perempuan itu, berkatalah Saul: "Cobalah engkau menenung bagiku dengan perantaraan arwah, dan panggillah supaya muncul kepadaku orang yang akan kusebut kepadamu."
28:9 Tetapi perempuan itu menjawabnya: "Tentu engkau mengetahui apa yang diperbuat Saul, bahwa ia telah melenyapkan dari dalam negeri para pemanggil arwah dan roh peramal. Mengapa engkau memasang jerat terhadap nyawaku untuk membunuh aku?"
28:10 Lalu bersumpahlah Saul kepadanya demi TUHAN, katanya: "Demi TUHAN yang hidup, tidak akan ada kesalahan tertimpa kepadamu karena perkara ini."
28:11 Sesudah itu bertanyalah perempuan itu: "Siapakah yang harus kupanggil supaya muncul kepadamu?" Jawabnya: "Panggillah Samuel supaya muncul kepadaku."
28:12 Ketika perempuan itu melihat Samuel, berteriaklah ia dengan suara nyaring. Lalu perempuan itu berkata kepada Saul, demikian: "Mengapa engkau menipu aku? Engkau sendirilah Saul!"
28:13 Maka berbicaralah raja kepadanya: "Janganlah takut; tetapi apakah yang kaulihat?" Perempuan itu menjawab Saul: "Aku melihat sesuatu yang ilahi muncul dari dalam bumi."
28:14 Kemudian bertanyalah ia kepada perempuan itu: "Bagaimana rupanya?" Jawabnya: "Ada seorang tua muncul, berselubungkan jubah." Maka tahulah Saul, bahwa itulah Samuel, lalu berlututlah ia dengan mukanya sampai ke tanah dan sujud menyembah.
28:15 Sesudah itu berbicaralah Samuel kepada Saul: "Mengapa engkau mengganggu aku dengan memanggil aku muncul?" Kata Saul: "Aku sangat dalam keadaan terjepit: orang Filistin berperang melawan aku, dan Allah telah undur dari padaku. Ia tidak menjawab aku lagi, baik dengan perantaraan nabi maupun dengan mimpi. Sebab itu aku memanggil engkau, supaya engkau memberitahukan kepadaku, apa yang harus kuperbuat."
28:16 Lalu berbicaralah Samuel: "Mengapa engkau bertanya kepadaku, padahal TUHAN telah undur dari padamu dan telah menjadi musuhmu?
28:17 TUHAN telah melakukan kepadamu seperti yang difirmankan-Nya dengan perantaraanku, yakni TUHAN telah mengoyakkan kerajaan dari tanganmu dan telah memberikannya kepada orang lain, kepada Daud.
28:18 Karena engkau tidak mendengarkan suara TUHAN dan tidak melaksanakan murka-Nya yang bernyala-nyala itu atas Amalek, itulah sebabnya TUHAN melakukan hal itu kepadamu pada hari ini.
28:19 Juga orang Israel bersama-sama dengan engkau akan diserahkan TUHAN ke dalam tangan orang Filistin, dan besok engkau serta anak-anakmu sudah ada bersama-sama dengan daku. Juga tentara Israel akan diserahkan TUHAN ke dalam tangan orang Filistin."
28:20 Pada saat itu juga rebahlah Saul memanjang ke tanah sebab ia sangat ketakutan oleh karena perkataan Samuel itu. Juga tidak ada lagi kekuatannya, karena sehari semalam itu ia tidak makan apa-apa.

Alip
11-08-2011, 06:09 AM
Kenapa perlu dibahas definisinya dulu? Karena pertanyaan ini rentan untuk sampai pada : "agama-ku benar, agama-mu cuma sihir dan perdukunan"

Karena hampir semua agama berisi ramalan masa depan, keajaiban yang dilakukan para nabi-nya, dan hal-hal lain yang di luar nalar manusia.

Apa bedanya antara seorang yang datang pada seorang Sunan untuk minta didoakan peruntungannya dengan orang yang datang pada seorang Shaman untuk kepentingan yang sama?

Bedanya tergantung kita berpihak pada siapa

nick naylor
11-08-2011, 06:26 AM
Kenapa perlu dibahas definisinya dulu? Karena pertanyaan ini rentan untuk sampai pada : "agama-ku benar, agama-mu cuma sihir dan perdukunan"

Karena hampir semua agama berisi ramalan masa depan, keajaiban yang dilakukan para nabi-nya, dan hal-hal lain yang di luar nalar manusia.

Apa bedanya antara seorang yang datang pada seorang Sunan untuk minta didoakan peruntungannya dengan orang yang datang pada seorang Shaman untuk kepentingan yang sama?

Bedanya tergantung kita berpihak pada siapa

Bener gan, perdukunan itu wilayahnya masih terlalu luas. Apakah dukun yang dimaksud di sini adalah:
a. Dukun beranak, dukun sunat, dll.
b. Dukun ramal nasib.
c. Dukun teluh-meneluh, santet, dsb.
c. ...

Agitho_Ryuki
11-08-2011, 09:14 AM
wah-wah.. maksudku di agama yang diakui negara kita.. yaitu Islam, Katolik, Kristen, Hindu dan Budha... :D

Alip
11-08-2011, 10:26 AM
Sama saja... kita perlu jelas tentang praktek perdukunannya, misalnya:

Rukyah? Bekam? Katanya praktek Nabi dalam Islam...
Exorcism - ini ada dalam Rituale Romanum di Agama Katolik, dus praktek agama yang sah...
Mantra dalam tradisi Hindu Tantra?

Masuk dalam perdukunan-kah?

Atau dalam praktek agama-agama dari Tiongkok yang meskipun belum diakui secara legal, tapi secara de facto sudah diakui... ada misalnya Feng-Shui dan Hong-Shui...

AsLan
11-08-2011, 10:29 AM
Kalau pengobatan, ada istilahnya tersendiri yaitu tabib.

Matius 9:12 Yesus mendengarnya dan berkata: "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit.

Pengobatan dalam agama tidak bisa disebut perdukunan karena sumber kuasanya dari asal yg sah (dalam Islam dari Allah)
Yang disebut perdukunan itu kalau sumber kuasanya dari sumber yg tidak sah (Syaiton, ilah atau pura2 dari Allah namun bila diselidiki lebih jauh bukan dari Nya)

Agitho_Ryuki
11-08-2011, 10:47 AM
Sama saja... kita perlu jelas tentang praktek perdukunannya, misalnya:

Rukyah? Bekam? Katanya praktek Nabi dalam Islam...
Exorcism - ini ada dalam Rituale Romanum di Agama Katolik, dus praktek agama yang sah...
Mantra dalam tradisi Hindu Tantra?

Masuk dalam perdukunan-kah?

Atau dalam praktek agama-agama dari Tiongkok yang meskipun belum diakui secara legal, tapi secara de facto sudah diakui... ada misalnya Feng-Shui dan Hong-Shui...
dalam benakku perdukunan itu adalah...
1. Pelet...
2. Kekebalan tubuh...
3. Meramal (include: perhitungan weton, shio, zodiak, de el el...)
4. Lakon-lakon agar supaya dikabulkan keinginannya dalam hal ini semacam mandi bunga lah, atau nyebur diri ke kali lah de el el....
5. dan banyak lagi...

GiKu
11-08-2011, 10:58 AM
dari wikipedia (http://id.wikipedia.org/wiki/Dukun)



Dukun adalah orang yg mengobati, menolong orang sakit, memberi jampi-jampi seperti mantra, guna-guna, dan lain sebagainya[1] yang terdapat di Asia tenggara seperti di Indonesia, Malaysia[2], Brunei dan Singapura

Dukun sangat kental dengan tradisi kebudayaan Jawa sebagai penolong orang sakit atau tabib, perantara dunia nyata dengan dunia gaib, dan juga dipakai sebagai simbol adat pada setiap upacara tradisional[rujukan?]. Perdukunan sangat erat dengan kepercayaan akan para leluhur seperti animisme dan dinamisme di Indonesia, seperti dalam tradisi Jawa, Sunda, Madura dan Dayak.





dari wikipedia juga (http://id.wikipedia.org/wiki/Perdukunan)



Perdukunan adalah istilah menghina yang digunakan untuk menggambarkan promosi dari terbukti atau praktik medis penipuan. Random House Dictionary menjelaskan "dukun" sebagai pura-pura "curang atau bodoh keterampilan medis" atau "orang yang berpura-pura, profesional atau umum, untuk memiliki keterampilan, pengetahuan, atau kualifikasi, padahal dia tidak memiliki; seorang penipu."[



ada dukun urut, dukun beranak, dukun patah tulang, dll yg praktiknya dalam bidang medis dan tidak memakai jasa jin

ada juga dukun supranatural yg katanya bisa meneropong masa depan, bisa menjadi perantara antara manusia dan jin, memperbaiki aura, dll yang spesialisasinya bertema hal-hal ghaib

kita tahu bahwa yang ghaib itu hanya Allh SWT yang mengetahuinya


btw, sebenernya si TS mau ambil jurusan apa ?

Agitho_Ryuki
11-08-2011, 11:26 AM
aku juga malah jadi bingung...

GiKu
11-08-2011, 11:27 AM
mending jadi dukun sunat aja Kop
cuma modal silet doang

nerissa
11-08-2011, 11:36 AM
perdukunan adalah ilmu hitam
dan agama adalah ilmu putih

:cilukba:
masing masing saling bersebrangan
tidak ada yg memperbolehkan untuk di mix

dan manusia adalah si pendekar yang kdg kdg walau tanpa seijin gurunya, melakukan banyak penyelewengan atas dalil nafsu, kepentingan dan keserahakan

Agitho_Ryuki
11-08-2011, 11:50 AM
mending jadi dukun sunat aja Kop
cuma modal silet doang
kayaknya lebih enak dukun pijet mbah... sapa tahu ada cewek yang minta pijet...
:mimisan:

Alip
11-08-2011, 12:09 PM
Pengobatan dalam agama tidak bisa disebut perdukunan karena sumber kuasanya dari asal yg sah (dalam Islam dari Allah)
Yang disebut perdukunan itu kalau sumber kuasanya dari sumber yg tidak sah (Syaiton, ilah atau pura2 dari Allah namun bila diselidiki lebih jauh bukan dari Nya)
Katanya yang punya kuasa menyembuhkan hanya Allah?:luck:

Maksudnya gini, kalau kita bicara lintas agama, jatuhnya nanti dibatasi oleh kepercayaan masing-masing ... apakah misalnya, Agama Islam menganggap praktek penyembuhan invokasi (melalui do'a) yang dilakukan oleh Kristen sah? Atau praktek penyembuhan Prana yang dilakukan para Sadhu Hindu sah? Kedua praktek itu toh didukung oleh kitab suci atau otoritas agama masing-masing...
Bisa jadi apa yang dianggap ritual sah oleh suatu agama dianggap perdukunan oleh agama lain?



4. Lakon-lakon agar supaya dikabulkan keinginannya dalam hal ini semacam mandi bunga lah, atau nyebur diri ke kali lah de el el....

Ini salah satu contoh...
Mandi kembang, Kungkum ditempuran, pati geni, tapa brata, dan sejenisnya adalah ritual puja di beberapa aliran Agama Hindu yang pernah ada di Indonesia. Kalau tidak salah di dalamnya termasuk juga sebagai tatacara permohonan. Ini dilarang oleh banyak ulama Islam di Indonesia untuk dilakukan oleh umat muslim, tapi bagi sebagian sekte Hindu ini merupakan ritual ibadah, CMIIW.


perdukunan adalah ilmu hitam
dan agama adalah ilmu putih
Sama seperti di atas, siapa yang menghitamkan dan memutihkan?

Berbeda kalau pertanyaannya dibatasi, misalnya, menurut Islam, yang dianggap perdukunan itu apa? Bagaimana menurut Kristen? Katolik? Hindu? Budha?

Kalau begini, parameternya jelas.

Alip
11-08-2011, 12:12 PM
kayaknya lebih enak dukun pijet mbah... sapa tahu ada cewek yang minta pijet...
:mimisan:

Percaya deh... sangat tergantung pada penampakan cewek yang dipijet... :lololol:

ndableg
12-08-2011, 01:49 AM
Kenapa perdukunan harus dipandang dari segi agama ya? Bukankah perdukunan adalah bagian dari kebudayaan? Memang ada praktek2 perdukunan jaman dulu yg bentrok dgn ajaran2 agama, karena dipake buat kebatilan. Akan tetapi, menurut saya, bukan berarti dukun itu buruk/jelek.

Jaman dulu di indonesia, ga ada dokter, ga ada ilmuwan, ga ada pengacara, ga ada professor, yg ada orang pinter. Nah itu di indonesia disebut dukun. Dukun pun bidang dan kemampuannya macem2, ada urusan kesehatan, urusan bumbu2, ato urusan bicara. Dalam sebuah kerajaan pun mereka punya dukun2 andalan sbg penasihat ataupun juru bicara. Yah, macam gandalf, atau rasputin, socrates ataupun empu sendok, atau bahkan osama mereka semua dukun kelas tinggi udah, bejenggot putih. SEkarang aja ada ijasah, jadi ada dokter resmi.

Karena ilmu itu bisa dibagi dua, yg berguna bagi manusia dan yg tidak berguna/mencelakakan manusia. Jaman dulu istilahnya ilmu baik (putih) atau ilmu sihir (hitam), seperti lambang bidak catur.

AsLan
12-08-2011, 02:04 AM
Harus dibedakan mana perdukunan dengan mana pertabiban.

Dukun itu menggunakan kekuatan roh (supra alamiah), tabib menggunakan prinsip2 alamiah.

Yang dibilang boleh oleh Yesus adalah Tabib (yg dalam dunia modern disebut dokter atau tenaga medis)

Sedangkan dukun, karena menggunakan kekuatan setan maka tidak akan membawa kebaikan bagi manusia karena pada dasarnya setan membenci manusia.
Jadi kalau ada setan yg menyembuhkan manusia, pasti dia punya rencana lain dibalik "kebaikannya" misalnya membuat orang tersebut percaya kepada si dukun untuk kemudian disesatkan dan dijauhkan dari kebenaran.

nerissa
12-08-2011, 10:56 AM
hitam : jahat : bikin celaka, benci dendam, iri dendam yah..yg item2 lah masa itu gj msh ditanya
putih : yg baik2 aja

kalau masih nanya lagi..siap yg memutihkan? menghitamkan? well. use your common sense:luck:

kandalf
12-08-2011, 11:11 AM
Begini aja, deh,
contoh riskannya dialog seperti ini menyerempet-nyerempet.

Kalau di Kristen kan ada gereja-gereja yang melakukan penyembuhan dengan mu'jizat menyebutkan nama Yesus.

Buat orang Kristen = itu kuasa Yesus
buat orang Atheis/non-Kristen (termasuk muslim) rasionalis = berbagai penjelasan mulai dari menuduh tipu2 sampai teori sugesti.
Buat orang Islam yang kolot = itu perbuatan Jin buat menyesatkan umat Kristen

Nah,
akhirnya jadi subyektif, kan?

nerissa
12-08-2011, 11:24 AM
dan hubungannya dengan judul?

kalau yg disebutin ke atas malah bandingin antar agama
sedangkan judul threadnya adakah agama yg .......

kyuman
12-08-2011, 11:28 AM
^ Hahay.. maunya klo itu om..:luck:

kandalf
12-08-2011, 11:29 AM
Hubungannya dengan judul?
Jadi apakah Kristen memperbolehkan perdukunan?

Kan aku dan grandpa alip nanya dari awal, definisi agama itu apa, definisi perdukunan itu apa.
Apa yang dilakukan oleh para pendeta gereja itu, buat orang Islam yang kolot dan kaku, sama saja dengan yang dilakukan oleh dukun.

Soalnya dari tadi yang dicontohkan itu agama Hindu, agama orang Tionghoa..
nah sekarang kasih contoh lagi, praktik di agama Kristen.

Ngomong2, ini kayaknya topik ada hubungannya dengan http://www.kopimaya.com/forum/showthread.php?2183-Berdialog-dengan-arwah-orang-yang-sudah-mati.

http://www.kopimaya.com/forum/showthread.php?2183-Berdialog-dengan-arwah-orang-yang-sudah-mati.

nerissa
12-08-2011, 11:59 AM
di kristen tidka memperbolehkan perdukunan
kenapa?
karena sumbernya bykan dari Tuhan Yesus dan kedua, karena sifatnya jahat (hitam) ..dan karena Allah itu pencemburu, tidak suka disekutukan..mnrt Allah, kalau bisa minta tolong ke saya, kenapa harus minta tolong sama si item jelek? gt..:D

dan lagipula perdukunan (hitam) tdk pernah benar benar berniat ingin menolong Putih, tapi hanya menipu aja..
karena apa?

karena hitam dan putih adalah dua ajaran yg bersebrangan

kalau mau tanya mundur lagi ..apa itu agama? wah..susah ya
mbulet2 terus donk, kayak melon...hihiihihih

kandalf
12-08-2011, 12:21 PM
Oke lah
berarti Aslan dan Nerissa satu pendapat yah?
Boleh kuasumsikan mewakili pendapat Kristen?

Sekarang kalau menurut Islam nih, setidaknya yang kupahami:
Islam percaya tiada kekuatan kecuali dengan izin Allah. Nah, pengertiannya tuh luas.
Intinya sih, kalau kita datang ke dokter dan mempercayakan kemampuannya untuk menyembuhkan kita, maka dokter itu menyembuhkan kita atas izin Allah.

Tetapi argumen ini kadang juga dipakai oleh para dukun.

Yang jelas, kalau tujuannya gak benar misalnya menyihir untuk membuat pasangan suami isteri bercerai, maka hukumnya haram.

Di Islam sih, gak ada istilah 'kuasa setan' vs 'kuasa Tuhan'. Iblis itu memang dibiarkan menyesatkan manusia tetapi manusia itu diberi petunjuk. Jadi terserah manusia apakah dia mau memilih jalan iblis atau Tuhan.

Itu saja, definisi kata-kata seperti 'sihir', 'iblis', 'syaithan' itu masih bisa ditafsirkan macam-macam.

Kembali ke pertanyaan, apakah Islam memperbolehkan perdukunan?
Maka kujawab, dukun apa dulu neh? Kalau dukun beranak, dukun pijat, jelas boleeeeh.. =))

nerissa
12-08-2011, 12:31 PM
tanya TS nya ajah..definisi perdukunan yg doski kamsudkan apa

dukun kan hanya istilah...

perbuatan syirik nya itu yg harus di garis tebelin...jadi dulu mnrt seseorang, tanda tanda bahwa sesuatu itu datang dari tuhan atw tidak..(msialnya kita ga tau ini dari siapa sih, dukunnya, pendeta sesat dsb) barometernya adalah 'damai sejahtera'
kalau dihati rasa rasa ga enak, rasa berdosa..itu berati dari ajaran hitam

manusia sama Tuhan dikasih nurani kan buat bedain


yah..balik lagi lah..you your common sense...kalau apa yg didapat dari dukun beranak, yg emang kerjaanya nolong orang lahirna, ya bukan ilmu hitam
kalau dari dukun yg kasi mantar2 buat nyakitin / balas dendam..ya itu dari ajaran hitam

gampang sebenrnya
cuma orang orang aja suka sok heboh hihihihiih...

GiKu
12-08-2011, 02:23 PM
di page one, TS ud gw tanyakan
dia sendiri binoon

Agitho_Ryuki
12-08-2011, 03:07 PM
Lah aku posting pertama dalam keadaan bingung... mbalah ditanya macem-macem yang tadinya aku gak kepikiran tambah bingung lah saya...
:iamdead::iamdead::iamdead:

nerissa
12-08-2011, 03:07 PM
pertama doski sendiri binggung : arti agama itu apa
lalu dia dia binggung definisi perdukunan itu apa

lalu diantara kegalauan ganda itu dia lalu mengaduknya kedalam sebuah judul (yg dia juga masih ambigu dengan artinya) berjudul : Adakah agama (ini dua pertanyaan, "adakah agama" dan "agama") yang memperbolehkahkan (doski jg ga tau batasan boleh dan tidka boleh dan abu abu) perdukunan? (ini jg definisinya TS sendiri masih binggung)

jadi...mau dibawaaa kemanaaa *nyanyi lagu Armada

piss ya...:cilukba::luck:

Agitho_Ryuki
12-08-2011, 03:09 PM
:pinokio::pinokio::pinokio:
dibuat ngobrol ngalor ngidul gak penting sajalah....

:malumalu:

nick naylor
12-08-2011, 03:14 PM
Thread ngaco...
.
.
.
:kabur:

nerissa
12-08-2011, 03:15 PM
mmhhhhh....hihiihih

kalo kata om Sule sih..

OO..Tidak Bisa [-X

AYO! JELASKAN PADA KAMI, apa Arti AGAMA!
ayo
:piso::piso:

AsLan
12-08-2011, 06:28 PM
Oke lah
berarti Aslan dan Nerissa satu pendapat yah?
Boleh kuasumsikan mewakili pendapat Kristen?

Sekarang kalau menurut Islam nih, setidaknya yang kupahami:
Islam percaya tiada kekuatan kecuali dengan izin Allah. Nah, pengertiannya tuh luas.
Intinya sih, kalau kita datang ke dokter dan mempercayakan kemampuannya untuk menyembuhkan kita, maka dokter itu menyembuhkan kita atas izin Allah.

Tetapi argumen ini kadang juga dipakai oleh para dukun.

Yang jelas, kalau tujuannya gak benar misalnya menyihir untuk membuat pasangan suami isteri bercerai, maka hukumnya haram.

Di Islam sih, gak ada istilah 'kuasa setan' vs 'kuasa Tuhan'. Iblis itu memang dibiarkan menyesatkan manusia tetapi manusia itu diberi petunjuk. Jadi terserah manusia apakah dia mau memilih jalan iblis atau Tuhan.

Itu saja, definisi kata-kata seperti 'sihir', 'iblis', 'syaithan' itu masih bisa ditafsirkan macam-macam.

Kembali ke pertanyaan, apakah Islam memperbolehkan perdukunan?
Maka kujawab, dukun apa dulu neh? Kalau dukun beranak, dukun pijat, jelas boleeeeh.. =))


Note: Ijin Allah bukan berarti pasti dikehendaki oleh Allah.
Misalnya Allah mengijinkan kejahatan untuk terjadi dalam waktu tertentu, bukan berarti Allah menghendaki kejahatan tersebut.
Mungkin saja Allah sedang memberi kesempatan bagi si pelaku kejahatan untuk bertobat.

Memang segala kuasa asalnya dari Allah, tapi ingat, selain memberi kuasa, Allah juga memberi kebebasan.
Kebebasan adalah unsur utama dalam moral, tanpa kebebasan tak ada moral.

Jadi kesimpulannya, tidak semua penyembuhan itu pasti baik.

Alip
12-08-2011, 10:10 PM
Yang paling gampang, sebut aja praktek-prakteknya yang spesifik... baru dilihat dari pandangan lima agama yang disebut diakui di Indonesia itu...

Misalnya,
Kontak dengan arwah (mediumisme):
Islam - Nggak boleh, dan arwah itu tidak bisa komunikasi dengan manusia, ada juga kaum jin yang nyamar...
Kristen -
Katolik -
Budha -
Hindu -

Tenaga dalam:
Islam -
Kristen -
Katolik -
Budha -
Hindu -

Nah gitu lebih jelas... kalo ternyata ada agama yang ngelarang dan ada agama yang ngebolehin, lebih kelihatan dengan cara ginih....

AsLan
13-08-2011, 12:11 AM
Kristen ada macem2.

Kalo gw sih udah jelas, no dukun, no tenaga dalam.

Cuma yg tenaga dalam ini gw masih membuka wawasan kalau memang suatu hari ada bukti2 ilmiah memang hal tersebut 100% alami.

Kaine
13-08-2011, 02:13 AM
Ikutan ya mbah2.. :)
Yang paling gampang, sebut aja praktek-prakteknya yang spesifik... baru dilihat dari pandangan lima agama yang disebut diakui di Indonesia itu...Misalnya,Kontak dengan arwah (mediumisme)Kristen - ga boleh Tenaga dalam :Kristen - ini lifelong debate..ga bakal abis. Penyembuhan holistik kadang 'menyamakan' 'energi alam/universe' dengan Holy Spirit. Saya bukan ahli dlm soal'energi alam' in dan ga tau itu energi dateng dari mana, sumbernya apa, tp cuman bisa megang kata2 dari Bible. Semua yang datang dari Tuhan, ga bakal berakhir dengan sia-sia, tujuannya akan tercapai yakni demi kemuliaan Tuhan. Holy spirit yg turun pada disciples memang punya kuasa menyembuhkan / mengusir setan, tapi tujuan utamanya adalah memberitakan Tuhan dan memberi kekuatan secara rohani. Dan kadang, maaf saja, kesembuhan dari penyakit bukan selalu jadi jawaban Tuhan, kalau itu memang sesuai dengan rencanaNya. Sama kayak jawaban yg diterima Paulus..'dalam kelemahanlah kuasa-Ku sempurna'. Sorry kalo preachy :D

Agitho_Ryuki
14-08-2011, 10:09 AM
ha ha ha.. ni thread dapat bintang 5 ternyata...
:))

Kaine
14-08-2011, 10:31 AM
ha ha ha.. ni thread dapat bintang 5 ternyata...:)) http://media.tumblr.com/tumblr_lpulj6TNNA1qgid6k.gif

nick naylor
14-08-2011, 01:26 PM
ha ha ha.. ni thread dapat bintang 5 ternyata...
:))

Cara negliat bintang 5 apa enggak, gimana gan? :mikir:

hajime_saitoh
14-08-2011, 08:11 PM
Originally Posted by Alip
Katanya yang punya kuasa menyembuhkan hanya Allah?

jawabnya


Originally Posted by kandalf
Islam percaya tiada kekuatan kecuali dengan izin Allah. Nah, pengertiannya tuh luas.Di Islam sih, gak ada istilah 'kuasa setan' vs 'kuasa Tuhan'. Iblis itu memang dibiarkan menyesatkan manusia tetapi manusia itu diberi petunjuk. Jadi terserah manusia apakah dia mau memilih jalan iblis atau Tuhan.

jadi jelas khan dalam islam semua terjadi atas kehendak Allah Azza wa jalla......