PDA

View Full Version : Foie Gras de Canard Entier du Sud Ouest



etca
03-03-2016, 01:01 PM
http://www.roger-junca.com/produits-foie-gras/326-16146-foie-gras-label-rouge-180g-S.jpg

http://img4.portal.carrefour.fr/gg/foie-gras-reflets-de-france-de-canard-cuit-au-torchon_4584201_3245390048653.jpg

Ada yang pernah dengar? atau malah mencicipnya?
Konon ini termasuk mewah.
Tadinya saya ga tahu ini apaan, menilik pas terima packagingnya bagus.
Berupa buntalan kain, dan isinya kayak makanan dalam kaleng.

begitu gugling... duh... *speechless* ga tega makannya,
ga tega posting posting di sini gambarnya huhuhu... .

Kalaupun masak ga tahu dimasaknya apaan?
ada yang bisa bagibagi pengalaman? summon @mbokjamu

Sekedar share mengapa disebut salah satu makanan paling sadiz di dunia

Foie Gras

Hidangan mewah ini berasal dari Perancis. Ya, foie gras adalah hati angsa berlemak berukuran besar yang disebut-sebut memiliki rasa yang begitu lezat. Untuk mengembangkan lemak hatinya, angsa dipaksa makan secara terus menerus. Ini dilakukan hingga beratnya mencapai 700 hingga 900 gram dari berat normalnya yaitu 85-70 gram.

Caranya, dengan menaruh pipa logam yang mengalirkan makanan melewati tenggorokan ke perut angsa. Angsa yang dipelihara untuk menghasilkan foie gras menghabiskan dua minggu terakhir hidup mereka di kandang yang sempit.

Kondisi tersebut secara tidak langsung memaksa angsa-angsa itu untuk terus berdiri di satu posisi agar tidak mengeluarkan energi dan makanan yang diberikan secara berlebihan cepat menjadi lemak.

Banyaknya pihak yang mengecam hal tersebut membuat hidangan berbahan foie gras tidak bisa dinikmati di berbagai negara seperti Turki, Denmark, Israel dan sebagainya.


saus kecap (https://hermansuryantoadaapahariini.wordpress.com/2013/05/18/6-hidangan-sadistis-dunia-tuai-kecaman/)
sambal kecap (http://www.nyunyu.com/main-article/detail/foie-gras-makanan-mewah-hasil-penyiksaan#.VtfLWPl97IV)



Tadi juga bacabaca konon dibandingkan dengan cara alami, ternyata hasil hati angsanya dengan cara digelonggong,rasanya lebih lezatos yang cara disiksa. ::ungg::
Padahal kalau dipikir-pikir produk hewani yang lain juga teuteup aja sadis kalau ujung-ujungnya dibunuh juga.

Silvercheeks
03-03-2016, 01:32 PM
^ mati idup itu wajar ca, yg ga wajar ya caranya, dulu pernah baca jg ttg itu, lsg dendam ma foie grass ;D

nyiksa cm demi 1 organ, itu mah ga menghargai, plg ga kepake semuanya gt, apalagi ini kategorinya nyiksa ;D

GiKu
03-03-2016, 02:10 PM
http://www.roger-junca.com/produits-foie-gras/326-16146-foie-gras-label-rouge-180g-S.jpg

tahu, tempe sama jeruk ?

tsu
03-03-2016, 02:25 PM
etca , wat ! sadis amat..... ::arg!::

---------- Post Merged at 02:25 PM ----------

akhirnya gugling
dan yeah... cara force feed itu namanya gavage selain di Perancis, hal itu juga di praktekan di China untuk babi
memasukan pipa kedalam tenggorokan si angsa/ bebek sampai si korban gendut....

im definitly not eating this

lagian kaga ada yang kasih ;D;D;D;D;D;D;D

mbok jamu
03-03-2016, 04:29 PM
Mbok ndak makan jeroan jadi ndak bisa komen. Maap. ::maap::


Kalau ndak mau ribet, masak Foie Gras seperti bikin steak. Iris dengan ketebalan 1,5 cm. Pakai pisau yang tajam, angetin pakai air panas dulu sebelum setiap irisan. Masak sebentar saja, yang penting wajan-nya bener-bener panas. Taburi garam dan merica. Masak kira-kira 30 detik, balikkan, masak 30 detik.

Selamat mencoba! :luck:

Casanova Love
04-03-2016, 09:50 AM
Saya juga belum pernah dan ngga tau apakah mau makan ini apa ngga,
Karena.....


...mahal....

ndugu
04-03-2016, 10:43 AM
iya, saya juga ga makan jeroan ::elaugh::
di sini ada tempat2 produsen foie gras yang bermasalah persis gara2 kesadisan itu juga
yah, kasian emang

Yuki
05-03-2016, 09:03 AM
saya gak suka jeroan

saya sukanya daging has dalam

etca
05-03-2016, 08:54 PM
Lidah saya masih lidah lokal ;D

Seriusly, habis bikin thread ini ga bisa makan daging sampai sekarang... .
Bisa makan kalau dagingnya dipotong kecil2 dadu, itupun lama makannya.
Kalau lihat masih wujud potongan paha/dada ayam atau ikan ga ketelen...
*untungnya workdays akhirakhir ini dapat menu vegetarian*

soal jeroan sebenarnya juga udah sangat jarang banget makan sih.

Dan hari ini Foie Gras dimasak ama tante, sukses saya ga bisa makan.
Pas cicip inipun ga ketelen. Rasanya terlalu aneh. Terlalu gurih.

Yuki
05-03-2016, 10:37 PM
untuk daging saya tidak bisa makan kalo terasa liat atau masih ada gajihnya sedikitpun juga, dan daging ayam kalo masih ada kulitnya, kulitnya harus kering, basah sedikit sudah saya gak bisa makan

tapi ati ayam saya suka, atinya ya kalo ampelanya saya gak suka

---------- Post Merged at 10:37 PM ----------

ngomong-ngomong daging, etca suka makan gepuk nyonya ong?

etca
06-03-2016, 07:47 AM
ngomong-ngomong daging, etca suka makan gepuk nyonya ong?

belum pernah makan... kirim dong untuk validasi suka atau enggaknya...
dengan senang hati nih bakalan saya japri alamat kantor hahahahah ... .

barusan gugling, oh empal daging ya? bisa makan kok. daging manis mah saya suka.
btw saya sudah mengurangi konsumsi daging merah juga sih... .
Kayaknya terakhir makan banyak gara2 dapat pelimpahan daging sapi pas Idul Adha dari tetangga wkwkkwkw.

Yuki
06-03-2016, 08:01 AM
gepuk nyonya ong yg saya tahu baru ada di bandung, di pasteur dan buah batu

baik yg manis maupun yg pedas dua-duanya enak (banget), makan pake gepuk sama nasi putih doang aja udah enak, gak perlu pake sambel

tsu
06-03-2016, 08:33 PM
empal gepuk mah emang enak wkwkwkwk

klo beli pecel biasanya pake empal gepuk, enaaaaak

Yuki
06-03-2016, 09:08 PM
tapi tsu udah nyobain gepuk nyonya ong belum?

ini makanan bagaikan diturunkan langsung dari surga lho, serius

etca
06-03-2016, 10:10 PM
Yuki promosinya dasyat nian :lololol:

Porcelain Doll
06-03-2016, 10:24 PM
tapi itu gepuk emang enak banget, ca...
bahkan g yg milih2 makan daging juga suka :D
eh...ada yg mirip2 ya namanya...sampe waktu itu g mau beli juga salah tempat...gara2 namanya cuma beda 1 huruf aja

etca
06-03-2016, 10:48 PM
Ny Ong dan Ny Yong ya? *barusan gugling*, ternyata ada versi delivery ordernya..
ada di kelapagading juga sih.

kalau empal kebayang2nya nyokap dulu bikin empal digepuk2 pake ulekan biar empuk n menyerap bumbu2nya ada ketumbar dll..
*ingetan masa kecil cuma ulekan ama ketumbar bumbunya pdhl pasti ada bumbu2 yang lain ;D

mbok jamu
07-03-2016, 10:17 AM
Ehem.

Mbok J menerima kiriman gepuk setiap saat.

etca
07-03-2016, 12:29 PM
gepuk apa itu mbok? :mikir:

cherryerichan
07-03-2016, 01:02 PM
gepuk kalo disini.artinya digebuk..wkwk

itu hati gelonggongan bisa diungkep gak? kasih bumbu ungkep,makannya pake bubur ayam..cucok. eh kalo dijadiin sambel goreng ati enak juga loh.

etca
07-03-2016, 01:09 PM
walaahhh... . itu toh artinya digepuk ;D

Tekstur dan rasa dasarnya si Foie Gras ini udah aneh mpok
Kegurihan banget.. blahblahblah ga bisa dimakan deh.
Pas dicampur ama kentang kayaknya agak mendingan. tapi tetap aja saya ga makan.
yang makan sodara ;D

mbok jamu
07-03-2016, 05:01 PM
gepuk apa itu mbok? :mikir:


Ya gepuk empal lah, mosok gepuk bogem.

Porcelain Doll
07-03-2016, 06:39 PM
ini nasib lidah ndeso kali ya
dikasih makanan mahal kaya gini...malah ga kemakan

g yakin deh...kalo dikasih escargot dan caviar juga ga bakalan kemakan
bayanginnya aja udah geli duluan g ::hihi::

Yuki
07-03-2016, 07:19 PM
saya tidak memersoalkan mau makanan murah kek mau mahal kek asalkan sesuai selera ya saya santap

asal jangan bekicot-bekicot teuing atuh ;D maaf untuk yg ini.....gak bakalan

Porcelain Doll
07-03-2016, 11:22 PM
lah orang sunda bukannya ada ya makanan beginian..lupa namanya
termasuk jajanan malah...dijual pake gerobak
g dulu ditawarin ogah banget makannya....

Yuki
08-03-2016, 06:21 AM
gak ada deh kayanya ;D

dan walaupun orang sunda, justru saya paling anti dengan makanan sunda, prioritas terbawah deh

cherryerichan
08-03-2016, 07:57 AM
bekicot tutut yak? belum pernah makan. tapi kadang ngiler..kadang jijik.juga..wkwkw. sama kayak kerang gak sih rasanya?

Porcelain Doll
08-03-2016, 12:05 PM
iya..tutut itu...;D
ga tau rasanya, bun...g sih mending makan kerang sekalian dibanding ini ;D