PDA

View Full Version : Ramadhan Terbaik



aya_muaya
26-07-2011, 07:31 AM
sudah kah kita mempersiapkan ramadhan terbaik kita tahun ini?

apa saja persiapan kita? sharing yuks apa aja persiapan teman2 menyambut bulan suci ramadhan....

1. Persiapan secara fisik, karena saat Ramadhan nanti kita wajib berpuasa menahan lapar disiang hari. Dan pasti tidak ada yang berubah dari aktivitas harian kita, yang berbah hanya jadwal makan, yang biasanya makan siang hari, dipindah di malam hari. Kalo tidak kita persiapkan dari sekarang , pasti nanti ketika Ramadhan tiba akan banyak yang ketika siang harinya menjadi kurang produktif, dengan alasan “ibadah” lalu bermalas-malasan, mudah cape’. Tentunya bun ramadhan tidak disetting untuk menumbuhkan rasa malas dan ketidak produktifan kita. Nah , berarti mulai sekarang kita latih, fisik kita untuk tahan lapar dengan memperbanyak puasa sunnah dibulan sya’ban ini. Sehingga ketika nanti tiba bulan ramadhan, tubuh kita tidak kaget dengan perubahan pola makan dan bisa tetap untuk beraktivitas dengan produktif

2. Persiapan secara fikriyah, nah ini juga yang nggak kalah penting persiapan secara fikri atau mempersiapkan ilmunya. Dulu pernah ada yang bertanya gimana hukumnya ketika mimpi basah dibulan ramadhan , apakah puasanya batal ?? nah seharusnya pertanyaan seperti ini mulai kita cari jawabannya sebelum bulan ramadhan, sehingga saat memasuki bulan ramadhan kita tidak dipusingkan oleh hal-hal kecil seperti ini, seperti analogi seorang penyanyi ketika bernyanyi di dalam sebuah konser kemudian salah satu pemain musiknya ada yang tidak bisa hadir, jika dia penyanyi professional tetntunya sudah mempersiapkan pemain penganti additional player . Nah untuk memendapatk solusi yang cepat dan tepat inilah kita perlukan kesiapan secara fikriyah, mulai sekarang baca itu buku-buku fiqh tentang puasa ramadhan, silaturahim ke ustadz untuk mempertanyakan hal-hal yang madih ragu-ragu, sehingga saat ramadhan dating kita telah siap menghadapinya

3. Persiapan secara ruhiyah, Bulan ramadhan adalah bulan peningkatan keimanan bulan penghapus dosa, bulan penuh ampunan. Nah untuk menghadapi bulanini diperlukan kondisi ruhiyah yang mantabbbbb. Mulai sekarang dikondisikan ruhiyah kita untuk mengakrabi al-quran, mengakrabi amalan-a,malan sunnah, sehingga nantinta ramadhan kita menjadi berkah. Wallahu ‘alam bishawab

kalau kamu?apa saja yang kamu lakukan?

Agitho_Ryuki
26-07-2011, 09:31 AM
cukup makan, cukup tidur dan cukup olah raga... pastikan badan sehat secara fisik dan mental menghadapi tantangan dibulan puasa.. :D

hajime_saitoh
26-07-2011, 10:28 AM
yang pasti perbanyak ibadah. dan menjaga kondisi tubuh karena dipastikan jam tidur akan berkurang

AsLan
26-07-2011, 10:32 AM
Siap2 harga naik.
Lebaran adalah saat semua barang2 menjadi mahal, nanti setelah lebaran harga barang turun tapi tidak sampai semurah sebelumnya.

GiKu
26-07-2011, 10:44 AM
cukup makan, cukup tidur dan cukup olah raga... pastikan badan sehat secara fisik dan mental menghadapi tantangan dibulan puasa.. :D

mangstafff

perssiapkan ilmunya juga, biar gak cuma dapet lafar n hauus aja

heihachiro
26-07-2011, 12:15 PM
Siap2 harga naik.
Lebaran adalah saat semua barang2 menjadi mahal, nanti setelah lebaran harga barang turun tapi tidak sampai semurah sebelumnya.

word :jempol:
:mrgreen:
apa ini efek samping ada THR ya? :mikir:

et dah
26-07-2011, 12:17 PM
yg pasti bayar batal puasa taun kemaren :P

Agitho_Ryuki
26-07-2011, 12:32 PM
Siap2 harga naik.
Lebaran adalah saat semua barang2 menjadi mahal, nanti setelah lebaran harga barang turun tapi tidak sampai semurah sebelumnya.
Kalo yang ini aku selalu tidak siap...
:malumalu:

E = mc²
26-07-2011, 02:06 PM
Siap2 harga naik.
Lebaran adalah saat semua barang2 menjadi mahal, nanti setelah lebaran harga barang turun tapi tidak sampai semurah sebelumnya.

sekarang ajah udah naik Om. cek ajah di berita Kompas edisi kemarin. langsung jd hedlen--pemrintah gak becus cegah harga sembako yg udah naik pdhl Ramadhan lom mulai -_-

GiKu
26-07-2011, 02:14 PM
yup
harga2 bahan makanan ud nyolong start
harg telur, gula, daging ud naik

etca
26-07-2011, 02:15 PM
yah ga usah siapsiap emang harga2 ude pada naik kok :kesal:d
beberapa waktu lalu beli telur di warung 5000 masih dapat 5 butir,
sekarang 5000 dapat 4 butir, trus dapat kembalian 500 perak wkwkwwk.
ga tahu harga daging, ga pernah beli daging mentah.
wong ga pernah masak daging :D

opera
26-07-2011, 02:17 PM
ahhh jadi pengen kolak..... seger2 maniss...

di hyper,c4,giant udah pada nggelar sirup + roti kalengan....

pasingsingan
26-07-2011, 03:22 PM
perilaku masyarakat muslim indonesia emang aneh
konsumsi pangan justru melonjak drastis disaat jelang
ramadhan hingga lebaran.

spiritnya bertolak belakang dng tujuan puasa ramadhan itu sendiri :-?

GiKu
26-07-2011, 03:39 PM
bener mbah
ramadhan jadi bulan foya2

itsreza
26-07-2011, 03:50 PM
dampak psikologis... di saat lapar orang cenderung menginginkan banyak hal, mulai dari makanan, sampai ke pakaian.
makanya kalau mau belanja, usahakan dalam keadaan sudah makan

aya_muaya
26-07-2011, 05:33 PM
perilaku masyarakat muslim indonesia emang aneh
konsumsi pangan justru melonjak drastis disaat jelang
ramadhan hingga lebaran.

spiritnya bertolak belakang dng tujuan puasa ramadhan itu sendiri :-?

bener mbah... saya miris juga lihatnya. ram,adhan kemaren keanya saya rugi banyak... tahun ini pengen berusaha biar gak kea tahun kemaren.... makanya yuks sharing persiapan apa aja biar gak kecolongan lagi tahun ini...

aya_muaya
26-07-2011, 05:36 PM
target :

no gosip! gw larang diri gw eh aku maen di forum gosip
no marah2.... kudu jaga mulut biar gak marah2.... atau memaki
jaga hati - jaga mata - jaga mulut....

GiKu
26-07-2011, 06:11 PM
idealnya persiapan/pemanasan dilakukan sejak bulan rajab, nanti ramadhan tinggal gas poll
masih ada waktu di bulan sya'ban ini untuk bersiap2, boleh daipakai untuk refreshing lagi mengenai ilmu puasa atau nambah2 pengetahuan tentang ramadhan lewat buku2 baru

yg perlu dicermati adalah :
- apa saja yang dapat membatalkan puasa
- apa saja yang dapat membatalkan pahala pusa
- apa saja yang dapat mengurangi pahala puasa

Yuki
26-07-2011, 11:31 PM
jangan lupa, niat yg terpenting

jangan niat yg macam-macam, harus hanya satu: menjalankan puasa semata-mata kerena perintah-Nya, tidak lain dan tidak lebih

perhatikan hal-hal yg membatalkan puasa, karena bisa batal menggugurkan kewajiban
perhatikan hal-hal yg membatalkan pahala puasa, karena bisa menghapus pahala, hanya kewajiban saja yg gugur, puasa hanya mendapatkan lapar dan dahaga

perhatikan berbagai macam ibadah, murni semata-mata hanya pamrih kepada-Nya, mengharapkan pahala dan ridho-Nya