PDA

View Full Version : Teknik Membaca



cha_n
11-07-2011, 04:07 PM
Aku suka baca, tapiiii lemot banget bacanya, novel (>350 halaman) bisa 3-4 hari (kalau dibaca serius) kalo ngga serius pastinya lebih lama.
Ngelirik suamiku, sehari bisa 1-2 buku ringan (novel atau buku cerita), kalau buku2 berat (filsafat, sejarah, biografi) memang lebih lama, sih tapi tetep aja dibanding aku ya jauh lebih lama.

Ada ga sih teknik supaya bisa baca cepat, tapi tetap memahami?

share dong para pendekar...

E = mc˛
11-07-2011, 04:46 PM
lha? kenapa gak tanya sang misua? ::elaugh::

harus belajar yg namanya speed-reading kalo gituh. bukunya banyak beredar dg berbagai judul, ada yg speed-reading atau quantum-reading gituh, pokoknya sekitaran ituh lah judulnya :D

lagi males nulis tips2 panjang :ninja:

cha_n
11-07-2011, 05:03 PM
ahhh jangan gitu dong... ajarin dong ayo ayo...

suamiku pernah kutanya, tapi jawabannya "ya gitu aja, dibaca aja biasa"

E = mc˛
11-07-2011, 05:19 PM
Intinya sih Bu, niat. kalo niat baca gak kuat, dikasih buku jenis apapun, gak akan dibaca :D

udah ada niat, sediain waktu. biar disiplin, sediain waktu minimal setengah jam dalam sehari utk baca--kalo udah baca, yakin deh waktu segitu terasa sangat kurang. waktu yg setengah jam ini (sbg contoh) harus rutin dilakukan TIAP HARI. timingnya sendiri bisa ketat (misal setengah jam sebelum tidur atau sebelum sarapan) atau fleksibel kapan aja yg penting harus ada. kalo kita gak nyediain waktu buat baca, yakin deh waktu 24 jam itu bakal terasa sangat kurang dan ujung2nya ngeles dg alasan "gak ada waktu buat baca". yakin? masa ada waktu buat ngegosip bareng temen, waktu buat nonton, waktu buat ngenet, dll. knp gak mau sediain waktu buat baca?

bawa buku kemana aja. ini bagian dr "mengoptimalkan waktu". drpd bengong sambil ngantri ATM, ngayal jadi Miss Universe saat jongkok di toilet, ngeliatin orang ngupil di bis, dll mending gunain waktunya buat baca. buku2 yg ringan2 saja (novel/komik). lumayan juga sbg hiburan. budaya membaca harus dibiasakan. masa ngaku manusia intelek tp gak pernah baca buku? :D
udah ke Jepun kan? tau kan gmn org2 Jepun baca buku DIMANA saja? :D


sementara itu dulu, ttg teknik2nya, ntar gugling dulu, biar gampang ngeditnya :D

E = mc˛
11-07-2011, 05:22 PM
okay, drpd ngetik ttg teknin baca cepat yg ngasal --dah lupa juga :P--mending coba main2 ke sini:

teknik membaca cepat (http://www.muhammadnoer.com/2009/02/teknik-dasar-membaca-cepat-mengenali-kata-dan-gerakan-mata/)

ada berbagai artikel menarik disana. silakan ubek2 sendiri :)

etca
11-07-2011, 05:23 PM
daku baca buku pas di angkot cha_n, kalau posisi memungkinkan,
lumayan kan perjalanan 1,5 jam, 30 menit lebih buat baca buku
emang ga selalu sih, coz kadang juga buat bobo manis ;))
di rumah buat ngapa2-in sualnya.

daku juga ga bisa baca cepet,
apalagi kalau ada namanama tokoh, duh paling susah inget.
tapi sukurnya kelar kok :D

et dah
11-07-2011, 05:45 PM
(>350 halaman) bisa 3-4 hari mah lumayan
gua segitu bisa sebulan :))

cha_n
11-07-2011, 05:46 PM
kalau untuk tips membaca di waktu sengang, aku sudah lakukan.
tiap ke kantor-pulang kantor, aku pasti baca, di angkot (kalo ga pusing) dan yang pasti di kereta (sepanjang ga kedempet2 amat, aku pasti baca)
jadi minimal sehari aku baca 1-2jam

tapi itu ga membuatku bisa baca cepat.

cha_n
12-07-2011, 12:37 PM
Diskusi dengan ayahnya Hegel

Saya : "Ayah, gimana sih caranya bisa baca cepat

Ayah : "Ya biasa saja, dibaca"

Saya : "Tuh kan, pasti jawabannya begitu doang, tekniknya gimana?"

Ayah : "Kamu kelas berapa suka baca koran?"

Saya : "Lho kok jadi baca koran? Dari SMA"

Ayah : "Aku dari SD sudah diarahkan baca koran, suka ditanya juga sama ibu apa yang dibaca"

Saya : "Apa hubungannya sih? aku dari SD suka baca novel, bukan koran sih. Memang apa bedanya?" (dalam hati, trus hubungannya dengan baca cepat apa?)

Ayah : "Biasa baca koran melatih membaca cepat, juga belajar cepat menangkap inti dari bacaan, jadi itu dilatih dari kecil"

Saya : "Berarti aku udah ga ada harapan, gitu?"

Ayah : "Hahahaha" (cuman ketawa doang)

Saya : "Itu ada teknik speed reading dan quantum reading gimana?"

Ayah : "Quantum reading teknik membaca cepat, tujuannya untuk bisa tepat mendapatkan intisari dan kesimpulan dari bacaan, terutama bacaan yang tebal-tebal, semacam text book, kita belajar indexing, mencari bagian penting yang ingin kita ketahui atau kita dalami"

Saya : "Apa nikmatnya baca novel cuma tahu inti ceritanya doang?"

Ayah : "Ya berarti jangan pakai teknik itu untuk baca novel. Hal ini sama kasusnya dengan makan coklat. Kamu bisa menikmati makan coklat kalau makannya pelan-pelan. Saya sebaliknya, bisa menikmati makan coklat kalau makannya cepat. Kamu menikmati saat membaca tidak?"

Saya : "Iya dong"

Ayah : "Ya sudah, sama saja, kamu bisa menikmati membaca ketika membacanya secara lambat. Aku bisa menikmati membaca ketika membacanya secara cepat"

Saya : "Tapi kan aku maunya bisa tetap menikmati baca walau membacanya secara cepat"

Ayah : *sudah tidak mendengarkan, lalu mengganti topik pembicaraan ke hal yang tidak bisa saya tuliskan di sini :P*



Jadi kesimpulannya apa ya? *garuk2 kaki hegel*

*sambil baca2 link yang dikasih master rumus*

E = mc˛
12-07-2011, 01:58 PM
kalo masalah teknis mah sy juga dah lupa lagi, maklum udah otomatis dipraktekin :ninja: --buku2 oanduannya juga udah kemana

yg sy inget: baca itu jangan perkata. bayangin cerpen yg mayan panjang (katakanlah 15000 kata). setiap kata perlu 1/3 detik, maka waktu yg diperlukan

1/3 * 15rb = 5rb detik = 83 menit = 1.4 jam!!!

Baca itu harusnya perkalimat (ada yg nyaranin per paragraf atau utk tingkat skimming lebih sadis lagi, per bab). gak perlu baca perkata-perkata. toh kita bukan editor yg harus meriksa per huruf :D

AsLan
12-07-2011, 08:11 PM
Teknik membaca cepat itu sangat penting waktu kamu menyusup ke kantor musuh...
Saat para penjaga melangkah mendekat, kamu berusaha secepat mungkin membaca dan mengambil data2 penting sebelum dipergoki dan ditembaki oleh penjaga :P

etca
12-07-2011, 08:25 PM
Bisa baca cepat tapi tak sanggup mengingat ya sama aja bo'ong. ::elaugh::

et dah
12-07-2011, 08:56 PM
kalau lg ujian penting bgt nih quantum leap :P ( ngebaca inti dari contekan ) :D

Alip
12-07-2011, 09:51 PM
Saya sendiri adalah pembaca yang luar biasa cepat... sebuah buku tidak menarik setebal 400 halaman bisa saya baca dalam waktu lima belas menit... soalnya di menit keenambelas buku itu sudah mendarat di tempat sampah:luck:...

Entah gimana nyebutnya ya... saya nggak pernah membaca tulisan yang ada di halaman... bagi saya semuanya seperti gambar. Sekali buka halaman, langsung seperti difoto, cekrek, sudah ketahuan isinya apa... mungkin karena sudah baca novel lima sekawan waktu kelas dua SD...

Kecuali bahasanya betul-betul memikat dan layak direnungi berlama-lama, buku-buku terbitan belakangan ini tidak pernah bertahan lama di tangan saya... skip, skip, skip... selesai... akhirnya kok jadi kayak orang yang gak suka baca...:facepalm:

itsreza
12-07-2011, 09:58 PM
Membaca cepat itu harus dilatih dan kebiasaan. Alip metodenya seperti fotografi, merekam isi buku. Saya tidak terbiasa membaca secepat kilat, paling sering saya scanning buku dan mengambil poin-poin tertentu pada beberapa halaman kemudian dicatat setelah selesai membaca. Butuh waktu sekitar 3-5 jam untuk buku +-150 halaman, untuk novel tergantung cerita, kalau bagus dan ringan biasanya 1-2 jam saja. Untuk novel yang ceritanya kompleks dan tebal, biasanya dibaca sambil berkhayal, bisa 1 minggu.

et dah
13-07-2011, 12:12 AM
kalau udah baca pas bagian lumayan menarik / lumayan membingungkan :P
gua suka balikin lg beberapa halaman kebelakang
gimana mau cepet tamat coba ::elaugh::
*kejadian yg sering ni*

itsreza
13-07-2011, 01:35 AM
^^
sama, sering terjadi, karena saya sering memvisualkan apa yang saya baca,

Untuk text book teknis, biasanya saya membaca cepat dan hasilnya efektif, karena biasanya saya dapat paham dan menjelaskan isinya kembali, sering disertai juga catatan. Tapi metode itu tidak bisa saya lakukan ketika membaca buku-buku umum, apalagi novel. oia, diluar konteks nih... Ada yang punya kebiasaan mempercepat speed film ketika menonton DVD? saya punya kebiasaan menonton film dengan kecepatan 1.5-2.5x dari kecepatan normal.

E = mc˛
13-07-2011, 10:12 AM
^ utk teksbuk saya justru lama banget. soalnya suka sambil dikerjain ulang contoh soalnya ::elaugh::

teksbuk, buku puisi, termasuk yg lama utk dibaca. apalagi buku tabungan. suka merenung lama kok udah lama nabung jumlahnya gak pernah naik2 :P

etca
13-07-2011, 10:24 AM
aduhhh aduhh aduhhh malah melototin buku tabungan :lololol:

ok kalau novel atau buku cerita apapun bentuknya seringnya malah dibaca pelan2 sambil berimanjinasi seolah ada di sana.
*ngalamat lama kan?

tapi kalau buku yang ga gitu demen, langsung
sreet sreeett sreeett lihat dan baca sepintas

itsreza
13-07-2011, 10:52 AM
^ utk teksbuk saya justru lama banget. soalnya suka sambil dikerjain ulang contoh soalnya ::elaugh::
teksbuk, buku puisi, termasuk yg lama utk dibaca. apalagi buku tabungan. suka merenung lama kok udah lama nabung jumlahnya gak pernah naik2 :P

mengerjakan contoh soalnya sih pasti lama...
buku puisi, filsafat, pasti lama juga bacanya. buku tabungan direnungi juga ya? :lololol:
saya ga pernah dibuka, karena ga pernah print




tapi kalau buku yang ga gitu demen, langsung
sreet sreeett sreeett lihat dan baca sepintas

dibaca sret-sret itu biasanya antara tidak dibaca, benar dibaca atau dibaca sekedarnya mendapat intisari dari buku itu sendiri :D

cha_n
13-07-2011, 03:04 PM
^ utk teksbuk saya justru lama banget. soalnya suka sambil dikerjain ulang contoh soalnya ::elaugh::

teksbuk, buku puisi, termasuk yg lama utk dibaca. apalagi buku tabungan. suka merenung lama kok udah lama nabung jumlahnya gak pernah naik2 :P

ga cuman direnungi, bahkan ditangisi kali ya :lololol:

text book tergantung isinya, biasanya scanning aja, mana yang penting dibaca (wah ternyata aku bisa baca cepat ;)) )
kemaren coba baca 2 peraturan menteri, surat edaran, PP, bisa cepat juga (ga lebih dari 15 menit, dan bisa saya presentasikan isinya ke bos)

apakah tergantung objek bacaannya? kalau menarik bisa lamaaa banget bacanya...


tapi gimana pun, punya ilmu/teknik membaca cepat itu lebih baik dari pada ga punya :D

doraemon20
02-09-2011, 03:23 PM
Wah, kalau saya disuruh baca komik atau novel, cepat banget habis, bisa sehari saya habiskan 3 buku. Tapi kalau disuruh baca buku sejarah atau buku yang isinya tulisan ilmiah, hehe agak susah selesai bacanya xixixi::nangis::

nick naylor
02-09-2011, 07:53 PM
Numpang OT dikit ya gan. ::hihi::
Dulu teman ane nanya gini, lu ngapain baca-baca novel/komik gituan, bagusan nonton filmnya aja nanti kalo udah keluar.

*dalam ati mikir* iya juga ya... gimana tuh, puyeng jawabnya.
::hohoho::

doraemon20
02-09-2011, 11:09 PM
nick naylor : hm... kayaknya nggak buat gue puyeng tuh ::bwekk:: ::hihi::

Kaine
03-09-2011, 12:03 AM
Numpang OT dikit ya gan. ::hihi::Dulu teman ane nanya gini, lu ngapain baca-baca novel/komik gituan, bagusan nonton filmnya aja nanti kalo udah keluar.*dalam ati mikir* iya juga ya... gimana tuh, puyeng jawabnya.::hohoho:: .....Baca buku itu jauh lebih banyak manfaatnya dibanding nonton filmnya. Otak lu jalan, imajinasi lu bisa berkembang liar kalo baca buku. Nonton pelem mah lu didikte ama yang bikin pelem. bengong aja selesai.Dan lagi, lu udah tau endingnya duluan dibanding yg nunggu pelemnya.

Nharura
03-09-2011, 12:06 AM
Numpang OT dikit ya gan. ::hihi::
Dulu teman ane nanya gini, lu ngapain baca-baca novel/komik gituan, bagusan nonton filmnya aja nanti kalo udah keluar.

*dalam ati mikir* iya juga ya... gimana tuh, puyeng jawabnya.
::hohoho::

perasaan kalau baca buku Novel,, lebih dalam deskripsinya,, yang kadang gak bisa di jabarkan di TV,, apalagi film2 animasi yang di ambil dari buku.. sangat amat minim... paling tidak percampuran buku2 novel dengan film... jadi ngerti dan ngeh.. ohh.. githu ya...

biasanya kalau baca buku,, biar doyan.. kita harus suka dulu,, suka sama buku jenis apa? seperti saya,, suka jenis yang romantis komedi, detektif atau fantasi,, nah kalau sudah suka... udah deh... bakalan gak berenti bacanya,, jadi ingat baca buku ayat2 cinta hanya sehari,, dan harry potter 7 dalam waktu 2 hari ::hihi::

Nharura
03-09-2011, 12:12 AM
Wah, kalau saya disuruh baca komik atau novel, cepat banget habis, bisa sehari saya habiskan 3 buku. Tapi kalau disuruh baca buku sejarah atau buku yang isinya tulisan ilmiah, hehe agak susah selesai bacanya xixixi::nangis::

sangat suka buku sejarah... dan tulisan2 Ilmiah... apalagi kalau sudah kena penasarannya dora::hihi::,, bisa gak tidur semalaman, demi nyari dan menemukan jawabnnya::hihi::

musti penasaran dulu,, biar jadi suka::hihi::

tapi paling gak suka sama Buku yang akhirnya bersambung, dan tidak menemukan sambungannya.. jdi bete,, dan menyebalkan....::arg!:: jadi kalau beli buku,, musti nanya2 dulu.. ni novel bersambung kaga::hihi::

ndugu
24-09-2011, 08:57 AM
saya malah merasa semakin tua saya semakin lambat membacanya loh.. ntah kenapa juga :mikir:

padahal dulu kecil, saya cukup cepet kalo membaca. skarang, ntah kenapa lambat aja. tapi saya enjoy sih, dan sengaja santai2 aja bacanya karena pengen menikmati setiap kalimatnya. abis kadang saya malah mempelajari struktur kalimatnya :cengir: jadi kadang dibaca ulang2

kalo baca berita, bisa sedikit lebih cepet, karena saya biasa cuman scan kata2 penting di beberapa paragraf pertama, dari situ kan bisa kira2 isinya dengan merangkai makna kata2 itu, tanpa perlu membaca satu persatu hurufnya. dan format berita kan biasa yang penting2 / inti berada di bbrp paragraf pertama, detail2nya baru di paragraf bawah2nya..

red>,<hair
24-10-2011, 05:10 PM
idem bgt ama Nharura ::hihi::

emang klo pengen baca cepet kudu demen dulu ama yg d baca jd semangat bacanya, klo gw pertama baca sinopsisnya klo menarik pasti dah cepet bacanya, perna saking penasaran ama isinya gw baca ampe jam 4 pagi ::hihi::

hundreddaya
15-03-2013, 03:37 PM
kalo ane gini caranya ,, kepala jangan bergerak ,, yang bergerak mata aja (maksudnya lirik" gitu) satu garis

yahh lumayan 1 menit ada 500 kata gw baca ,, bisa gw inget sekitar 60 % yang seharusnya normalnya itu 75% ::hohoho::

Agitho_Ryuki
26-06-2013, 12:03 AM
kalo cara cepat baca buku kalkulus peubah kompleks ada ndak?? ::elaugh::

tuscany
01-07-2013, 01:52 AM
kalo cara cepat baca buku kalkulus peubah kompleks ada ndak?? ::elaugh::

apa yang mau dibaca? hurufnya simbol semua ::elaugh::