PDA

View Full Version : Pelajar Korea Segera Gunakan Tablet Sebagai Pengganti Buku



jaga_manis
05-07-2011, 12:16 PM
Dinegeri ini tablet msh jadi barang mewah,hampir 100% anak sekolah boro2 make,kenal aja kagak,bahkan ada yg bisa sekolah aja untung, tragisnya msh banyak yg putus sekolah krn ga sanggup beli buku ataupun seragam,tapi di korea selatan tablet bakal di miliki tiap siswa tanpa kecuali,sebuah gambaran betapa kerdilnya sdm kita dibanding korea selatan,bahkan di banding malaysia dan singapura aja kita ter engah2,biangnya:
BUDAYA KORUPSI,apapun teologi dan ideologi sebuah bangsa,susah maju klo korupsi jd budaya :(

_________________

Senin, 04/07/2011 19:45 WIB

Pelajar Korea Segera Gunakan Tablet Sebagai Pengganti Buku

Fajar Widiantoro : detikInet

?detikcom - Jakarta, Di 2015 mendatang, pelajar di Korea Selatan bakal 'membuang' buku-buku fisik mereka. Pasalnya, pemerintah Korea Selatan segera melakukan digitalisasi buku-buku pelajaran sekolah. Setiap siswa nanti cukup membawa sebuah tablet di sekolah.

Seperti dikutip detikINET dari Chosun, Senin (7/3/2011), Menteri Pendidikan Korea pada minggu lalu mengumumkan investasi lebih dari USD 2 Miliar hingga 2015, guna membuat versi digital dari teks buku-buku pelajaran. Tujuannya agar proses belajar mengajar sejalan dengan pertumbuhan teknologi digital.

Sejalan dengan itu, pemerintah pun sudah mempersiapkan server berbasis cloud computing bagi kebutuhan pendidikan negeri ginseng tersebut. Tiap pelajar nantinya bisa mengunduh konten yang mereka inginkan langsung dari tablet masing-masing secara gratis.

Lantas bagaimana dengan pelajar yang orangtuannya kurang mampu untuk membeli tablet? Jangan khawatir, pemerintah Korea Selatan akan memberikan tablet gratis bagi siswa kurang mampu. Jadi tak ada alasan sistem pendidikan yang terbentur teknologi.

Nantinya para pelajar pun bisa melakukan aktivitas belajar mengajar dari rumah masing-masing. Hal ini bisa menjadi solusi bagi siswa yang terpaksa tak bisa belajar karena di rawat di rumah sakit.

Saat ini Korea Selatan telah menjadi pemimpin dalam bidang layanan internet bagi warga. Pada tahun ini pemerintah mereka tengah menyiapkan program akses internet dengan kecepatan 1 Gbps hingga 2012, bagi setiap warga negara.

GiKu
05-07-2011, 12:22 PM
wow....

kalo gak ada manual bahasa indonesia, bisa ditangkep plokis tuh penjualnya

jaga_manis
05-07-2011, 12:22 PM
Benar kata imam Ali R.A :" pemimpin kafir yg adil lbh baik dari pada pemimpin muslim yg zalim"dan di negeri ini banyak pemimpin muslim yg zalim.:(

Urzu 7
05-07-2011, 12:23 PM
Korea semua muridnya mungkin dikasih tablet samsung gratis.. Wajar ajalah jgn dibandingin sama indo..negara tetangga sebelah aja belum dikasih tablet gratis kok

jaga_manis
05-07-2011, 12:25 PM
wow....

kalo gak ada manual bahasa indonesia, bisa ditangkep plokis tuh penjualnya

Mau niru maju nya korea selatan malah di tangkep plokis duluaan...nasiiiib nasiiiib nih bangsa :(
Klo kita kagak merubah diri sendiri,bisa2 kebawa arus kebobrokan dech

GiKu
05-07-2011, 12:30 PM
untuk jadi pemimpin harus adil, amanah

walalupun berada di bawah kepemimpinan yang dzalim tapi itu lebih baik daripada 1 hari tanpa pemimpin


btw, di negeri ini juga pernah dibuatkan proyek untuk buku2 digital - tujuannya selain untuk menghemat pengeluaran siswa, juga untuk mempermudah pendistribusiannya
tapi buku2 fisik memang lebih diminati karena ada nilainya (duitnya)
:ngopi:

jaga_manis
05-07-2011, 12:30 PM
Korea semua muridnya mungkin dikasih tablet samsung gratis.. Wajar ajalah jgn dibandingin sama indo..negara tetangga sebelah aja belum dikasih tablet gratis kok
Walau negara tetangga siswa nya blm di gratisin tablet,faktanya indeks sdm kita jauh di bawah mereka. :( ,korupsi memang menyebalkan :(

GiKu
05-07-2011, 12:31 PM
Mau niru maju nya korea selatan malah di tangkep plokis duluaan...nasiiiib nasiiiib nih bangsa :(
Klo kita kagak merubah diri sendiri,bisa2 kebawa arus kebobrokan dech


negeri kita lebih dulu memulai proyek buku2 digital

aya_muaya
05-07-2011, 12:31 PM
disisi lain, memang bagus, tapi kalau semua pakai tablet, gemana dengan kemanan kesehatan mata anak2? Apakah gak kena radiasi mereka?terus akhirnya pakai kacamata...

Terus kalau tiba2 tabletny kena virus gemana? Apa kita akan bergantung pada tablet? *gaptek.com, aku ga tahu tablet itu bisa kena virus atau gak, tapi bukankah itu semacam leppi, hape dsbgnya?

jaga_manis
05-07-2011, 12:33 PM
untuk jadi pemimpin harus adil, amanah

walalupun berada di bawah kepemimpinan yang dzalim tapi itu lebih baik daripada 1 hari tanpa pemimpin


btw, di negeri ini juga pernah dibuatkan proyek untuk buku2 digital - tujuannya selain untuk menghemat pengeluaran siswa, juga untuk mempermudah pendistribusiannya
tapi buku2 fisik memang lebih diminati karena ada nilainya (duitnya)
:ngopi:

Lagi2 masalahnya : korupsi khan? :(

GiKu
05-07-2011, 12:40 PM
disisi lain, memang bagus, tapi kalau semua pakai tablet, gemana dengan kemanan kesehatan mata anak2? Apakah gak kena radiasi mereka?terus akhirnya pakai kacamata...

Terus kalau tiba2 tabletny kena virus gemana? Apa kita akan bergantung pada tablet? *gaptek.com, aku ga tahu tablet itu bisa kena virus atau gak, tapi bukankah itu semacam leppi, hape dsbgnya?


kesehatan mata, radiasi, dll
emangnya CRT monitor jaman dulu gimana ?

yg namanya belajar selalu ada masa2 mencoba untuk pertama kalinya

terlalu banyak pertanyaan bertema ketakutan
cara berfikir seperti ini harusnya gak keluar dari orang2 yg pernah sekolah, karena sejak kecil kita diajarkan untuk mencoba hal2 baru

ingat tujuan mulia para pemimpin bangsa kita terdahulu " Masyarakat adil dan makmur "

GiKu
05-07-2011, 12:42 PM
Lagi2 masalahnya : korupsi khan? :(

kalo dibilang korupsi, saya gak tau juga

pokoknya kalo youli pake buku2 dari saya di sekolah youli, nanti saya kasih cipika cipiki
:D

jaga_manis
05-07-2011, 12:50 PM
disisi lain, memang bagus, tapi kalau semua pakai tablet, gemana dengan kemanan kesehatan mata anak2? Apakah gak kena radiasi mereka?terus akhirnya pakai kacamata...

Terus kalau tiba2 tabletny kena virus gemana? Apa kita akan bergantung pada tablet? *gaptek.com, aku ga tahu tablet itu bisa kena virus atau gak, tapi bukankah itu semacam leppi, hape dsbgnya?
Peribahasanya :"tak ada gading yg tak retak",tak ada kebijakan yg sempurna 100%,akan ada saja yg kontra,kekurangan akan diperbaiki sambil jalan. kalkulasinya: tabletisasi jauh lebih baik,apa lg itu merupakan indikasi kecanggihan/kemajuan sebuah bangsa

Urzu 7
05-07-2011, 12:50 PM
Pak: yak sudah selesai ulangannya harap tablet jawaban dikumpulkan dimeja bapak

pak guru meninggalkan kelas sambil memboyong tablet

E = mc˛
05-07-2011, 12:54 PM
Halah, kalo cuma tablet doang sing pemerintah juga bisa

dateng ajah ke puskesmas, bakal dikasih tuh gratis tablet obat panu :ninja:

*sebel, tadinya mu buka usaha potokopian di korea

Urzu 7
05-07-2011, 12:57 PM
Gw yakin kalo murid2 korea naik kelas semua soalnya jawabannya ujiannya identik semua tinggal copy paste::elaugh::

GiKu
05-07-2011, 12:59 PM
Halah, kalo cuma tablet doang sing pemerintah juga bisa

dateng ajah ke puskesmas, bakal dikasih tuh gratis tablet obat panu :ninja:

*sebel, tadinya mu buka usaha potokopian di korea


youli masih bisa buka usaha jasa pengetikan skripsi

jaga_manis
05-07-2011, 01:51 PM
Pak: yak sudah selesai ulangannya harap tablet jawaban dikumpulkan dimeja bapak

pak guru meninggalkan kelas sambil memboyong tablet
Ahhahhahhhahahhaaaah :):):)
Pak guru dibawah tumpukan tablet

E = mc˛
05-07-2011, 01:53 PM
lha, kan tinggal kirim tugasnya via email :D

gembel
05-07-2011, 02:51 PM
sesuai dengan majunya negara tersebut.

et dah
05-07-2011, 04:25 PM
Gw yakin kalo murid2 korea naik kelas semua soalnya jawabannya ujiannya identik semua tinggal copy paste::elaugh::

pikiran pertama gw :))
hidup google :senang: ::elaugh::

gogon
05-07-2011, 05:44 PM
keren lah ada sponsornya: SAMSUNG


Halah, kalo cuma tablet doang sing pemerintah juga bisa

dateng ajah ke puskesmas, bakal dikasih tuh gratis tablet obat panu :ninja:

*sebel, tadinya mu buka usaha potokopian di korea
obat panu bukannya sejenis salep/gel yang dioles? ::elaugh::

GiKu
05-07-2011, 05:45 PM
definisi panu versi rumus dan versi umum beda

AsLan
05-07-2011, 06:47 PM
Belajar pake peralatan canggih bukan berarti lebih pintar.
Buktinya juara2 olimpiade science banyak dari indonesia.

cha_n
06-07-2011, 12:35 AM
hm, pingin jawab panjang lebar, tapi ntar detilnya saya tulis di reportase aja deh.

berdasarkan hasil diskusi juga melihat langsung penyelenggaraan pendidikan di jepang, saya pribadi menyimpulkan, teknologi itu sangat membantu, tapi dia bukan satu2nya alasan suatu negeri bisa maju.
soal tablet sebagai pengganti kapsul eh maap ngawur ::elaugh:: maksud saya soal tablet sebagai pengganti buku, tidak menjadi alasan perubahan kualitas pendidikan menjadi lebih baik.
Bukan soal Tablet vs Buku Konvensional, tapi yang harus disorot adalah BUDAYA SUKA MEMBACA, entah itu melalui tablet, buku, komputer dlsb.

Jadi, negeri kita ga perlu plek plek ngikutin negara maju, nanti malah jadi kebablasan, sebaiknya yang diikuti adalah budaya suka membaca dulu, kalau baru bisa pakai buku konven, ga ada masalah, yang penting suka baca.

AsLan
06-07-2011, 01:37 AM
Ada beberapa hal yg membuat orang sukses, pengetahuan, skill, semangat perjuangan. dll
Pengetahuan bisa didapat di sekolah, tapi kemauan berjuang, kemampuan menghadapi kesusahan, keteguhan melawan godaan dan berbagai kekuatan mental lainnya tidak bisa didapat di sekolah.

Mengapa Jepang maju ?

Bukan hanya karena pengetahuan tapi mental dari para seniornya. Bisakah budaya tersebut diwariskan ke anak cucu mereka ?

Indonesia memang mengalami banyak kesulitan ekonomi, tapi banyak orang Indonesia yg sudah terlatih untuk mau dan mampu berjuang keras.
Saya sih cukup optimis melihat masa depan Indonesia, saat negara2 lain sedang santai menikmati kemakmuran yg dibangun oleh ayah atau kakek mereka, kita sedang kerja keras membangun untuk anak cucu kita.

ul.malik
06-07-2011, 08:34 PM
^
gw penasaran, gmana sh caranya membangun mental/perasaan kerja keras yang kuat.
Apa harus ditekan dalam kehimpitan dan kesengsaran sampai jadi kuat.
Atau dibekali pengetahuan" yang dapat membantu menjalani hidup.

AsLan
06-07-2011, 09:38 PM
Orang fitness untuk melatih otot tidak bisa hanya dengan membaca buku cara fitness yg baik dan benar, harus dilakukan.

Kekuatan jiwa seseorang juga hanya bisa didapat dari pengalaman melewati kesulitan.

Tapi latihan menghadapi kesulitan itu tidak harus berupa kecelakaan atau kemiskinan, bisa berupa disiplin belajar atau berlatih suatu keahlian.

jaga_manis
06-07-2011, 10:47 PM
Ada teori : sikap atau perbuatan yg dilakukan dengan sengaja tiap hari berturut turut selama 6 minggu akan menjadikan sikap & perbuatan tsb sbg kebiasaan,berikutnya tinggal bagaimana mmpertahankan kebiasaan tersebut.
Teori tsb bs diaplikasikan di sekolah2 untuk membentuk kebiasaan2 baik para pelajarnya.

jaga_manis
06-07-2011, 11:02 PM
Jadi, negeri kita ga perlu plek plek ngikutin negara maju, nanti malah jadi kebablasan, sebaiknya yang diikuti adalah budaya suka membaca dulu, kalau baru bisa pakai buku konven, ga ada masalah, yang penting suka baca.
Tablet dgn beragam fiturnya merangsang pelajar banyak membaca dan mencoba hal2 baru. Jadi kalkulasinya lagi2 tablet tetap jauh lebih baik di banding buku manual. Bukankah Banyak orang yg ga suka baca krn tak dirangsang untuk membaca sejak dini? Entah karena minimnya akses untuk membaca atau apapun alasanya? Tabletisasi pelajar bisa dijadikan sbg alat membiasakan membaca dan ber eksperiment sejak dini. Bayangkan efeknya yg luar biasa dikemudian hari...
Klo kita santai2 aja,Kayaknya kita bakal ketinggalan makin jauh di banding korea selatan

AsLan
07-07-2011, 11:13 AM
Tablet dgn beragam fiturnya merangsang pelajar banyak membaca dan mencoba hal2 baru. Jadi kalkulasinya lagi2 tablet tetap jauh lebih baik di banding buku manual. Bukankah Banyak orang yg ga suka baca krn tak dirangsang untuk membaca sejak dini? Entah karena minimnya akses untuk membaca atau apapun alasanya? Tabletisasi pelajar bisa dijadikan sbg alat membiasakan membaca dan ber eksperiment sejak dini. Bayangkan efeknya yg luar biasa dikemudian hari...
Klo kita santai2 aja,Kayaknya kita bakal ketinggalan makin jauh di banding korea selatan

Juga merangsang anak2 untuk main game dan browsing pornografi :))

GiKu
07-07-2011, 11:29 AM
jaman gw SMP dulu ada buku stensilan (bacaan dewasa yg isinya cerita fantasi tentang hubungan ....)
kertasnya jelek, tulisannya terlalu rapat

tapi buku tsb dibaca lebih banyak siswa daripada buku pelajaran yg kertasnya lebih bagus dan tulisannya lebih rapi :luck:

don't judge a book by the cover

jaga_manis
07-07-2011, 11:51 AM
Juga merangsang anak2 untuk main game dan browsing pornografi :))
Hahhahhaa...itu resiko dan smua dikembalikan ke kesadaran masing2. bila perlu negara membuat sistem yg dpt menangani efek samping tabletisasi. Tapi klo soal pikiran porno2 an mah bukanya ada sejak jaman batu ? :)

jaga_manis
07-07-2011, 11:52 AM
Juga merangsang anak2 untuk main game dan browsing pornografi :))
Hahhahhaa...itu resiko dan smua dikembalikan ke kesadaran masing2. bila perlu negara membuat sistem yg dpt menangani efek samping tabletisasi. Tapi klo soal pikiran porno2 an mah bukanya ada sejak jaman batu ? :)

jaga_manis
07-07-2011, 12:32 PM
jaman gw SMP dulu ada buku stensilan (bacaan dewasa yg isinya cerita fantasi tentang hubungan ....)
kertasnya jelek, tulisannya terlalu rapat

tapi buku tsb dibaca lebih banyak siswa daripada buku pelajaran yg kertasnya lebih bagus dan tulisannya lebih rapi :luck:

don't judge a book by the cover
Om giku ikut baca ga ? Wkekekekekekeee :D

GiKu
07-07-2011, 12:47 PM
Om giku ikut baca ga ? Wkekekekekekeee :D

:gebuk:

kan bukunya dibagi 2
setengahnya youli yg pegang

BundaNa
07-07-2011, 01:01 PM
bagus, bisa menginspirasi RSBI untuk mewajibkan muridnya pakai tablet setelah kemaren mewajibkan pake laptop

ndugu
07-07-2011, 01:57 PM
Kupikir intinya bukan bisa lebih maju/ pinter ato ngga kalo pake tablet. Biar mo canggih2 pake tablet buat buku teks tapi ga pernah dibaca dan dipelajari, sama aja boong ::elaugh::

Kupikir tablet itu kan cuman untuk kepraktisan. Daripada bawa buku tebel2 berat2, tablet jelas lebih praktis. Saya aja ada buku teks yang lagi saya baca yang tebelnya 1700an halaman, tapi ga kuat saya bawa kemana2 naek turun kereta dan tangga dan menuh2in tas saya. Dan dengan membacanya lewat tablet, jelas jauh lebih praktis. Dan itu cuman 1 buku teks, apalagi anak2 sekolah yang mempunyai banyak buku teks.

Tapi ujung2nya ya tetep, apakah digunakan ato ngga. ::elaugh::

cha_n
07-07-2011, 02:08 PM
Tablet dgn beragam fiturnya merangsang pelajar banyak membaca dan mencoba hal2 baru. Jadi kalkulasinya lagi2 tablet tetap jauh lebih baik di banding buku manual. Bukankah Banyak orang yg ga suka baca krn tak dirangsang untuk membaca sejak dini? Entah karena minimnya akses untuk membaca atau apapun alasanya? Tabletisasi pelajar bisa dijadikan sbg alat membiasakan membaca dan ber eksperiment sejak dini. Bayangkan efeknya yg luar biasa dikemudian hari...
Klo kita santai2 aja,Kayaknya kita bakal ketinggalan makin jauh di banding korea selatan

hahaha, sama kayak jawaban aslan, gegar teknologi bukan malah bawa dampak positif, sebaliknya malah bikin negatif.
kalau budaya baca tidak ada, mau teknologi secanggih apapun ga ada manfaatnya.
dan jangan ngomong soal "resiko dkembalikan ke ksadaran masing2"
Helloooo? kita lagi bahas anak2 di sini, bukan orang dewasa yang sudah diberikan kebebasan atas pilihan mereka.
apa yang diberikan anak2 itu tanggung jawab orang tuanya.

saya tidak tertarik menyandingkan tablet vs buku konven, karena intinya bukan medianya, tapi DIBACA ATAU TIDAKNYA.
buku (elektronik atau konven) bermanfaat kalau dibaca!

saya tidak melihat negara maju malah sok "hi tech" kayak orang indonesia yang apa2 mau sok ngikutin, padahal bukan itu esensinya.

kalau budaya baca belum ada, teknologi yang tadinya dimaksud untuk menunjang pembelajaran malah dipake untuk hal2 di luar itu.

Di jepang, internet di sekolah malah dilarang. hal yang sangat berkebalikan dengan di indonesia. sok2an hi tech, tapi akhirnya malah jadi kemunduran.
Sebagai gantinya, mereka memiliki jaringan intranet, isinya website2 berita sekolah, juga materi ajar untuk pembelajaran (diadaptasi di jogja saat ini sudah berjalan di 110sekolah, tahun ini insyaAllah 240 sekolah)

Di sekolah handphone DILARANG untuk dibawa. sistem jaringan ke luar pakai sitem whitelist, jadi lebih mudah mengontrol konten

cha_n
07-07-2011, 02:09 PM
bagus, bisa menginspirasi RSBI untuk mewajibkan muridnya pakai tablet setelah kemaren mewajibkan pake laptop

dan mewajibkan ortunya bayar lebih mahal ;))

RSBI, SSN adalah sistem pendidikan yang aneh

cha_n
07-07-2011, 02:11 PM
Kupikir intinya bukan bisa lebih maju/ pinter ato ngga kalo pake tablet. Biar mo canggih2 pake tablet buat buku teks tapi ga pernah dibaca dan dipelajari, sama aja boong ::elaugh::

Kupikir tablet itu kan cuman untuk kepraktisan. Daripada bawa buku tebel2 berat2, tablet jelas lebih praktis. Saya aja ada buku teks yang lagi saya baca yang tebelnya 1700an halaman, tapi ga kuat saya bawa kemana2 naek turun kereta dan tangga dan menuh2in tas saya. Dan dengan membacanya lewat tablet, jelas jauh lebih praktis. Dan itu cuman 1 buku teks, apalagi anak2 sekolah yang mempunyai banyak buku teks.

Tapi ujung2nya ya tetep, apakah digunakan ato ngga. ::elaugh::

you got the point gu :)
*belom sempet nulis reportase ixixixixi, masih ngantuk*

ndugu
07-07-2011, 02:13 PM
Rsbi dan ssn itu apa sih,

Urzu 7
07-07-2011, 02:16 PM
Seragam aja bayar apalagi tablet

E = mc˛
07-07-2011, 02:23 PM
Rsbi dan ssn itu apa sih,

RSBI = Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional
SSN = Sekolah Standar Nasional

intinya, sekolah negeri pengen sok-sokan demi gengsi padahal secara kualitas sama aja dg sekolah biasa, cuma biar siswa yg masuk makin mahal bayarannya :ninja:

cha_n
07-07-2011, 02:32 PM
RSBI = Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional
SSN = Sekolah Standar Nasional

intinya, sekolah negeri pengen sok-sokan demi gengsi padahal secara kualitas sama aja dg sekolah biasa, cuma biar siswa yg masuk makin mahal bayarannya :ninja:

bener, itu konyol banget.
sekarang APBN untuk pendidikan udah 20% dari total, kok masih harus bayar masuk "wajib belajar 9 tahun" alias SD SMP? konyollllll

GiKu
07-07-2011, 02:58 PM
RSBI dan SSN sepertinya menarik untuk dibuat trit khusus

tema tentang tablet dan kapsul masih menarik nih

jaga_manis
07-07-2011, 04:31 PM
bener, itu konyol banget.
sekarang APBN untuk pendidikan udah 20% dari total, kok masih harus bayar masuk "wajib belajar 9 tahun" alias SD SMP? konyollllll
Berapapun jatah APBN nya klo di korupsi jd kurang.contoh korupsi gamblang yg merakyat: biaya pembuatan KTP yg resmi 10.000 tapi Prakteknya bisa Rp.400.000. Klo bayar 10.000 sesuai aturan, KTP nya baru jadi 2 tahun kemudian dgn alasan dlm antrian. Tapi klo bayar 400.000 ktp selesai dlm 3 hari. Gokillll banget khann :(

BundaNa
18-07-2011, 09:51 AM
anda bisa bayangkan jika tablet wajib buar RSBI, wadugh...proyek neh :)) buat korsel mungkin tablet keniscayaan, walaupun buat saya merasa ada pertanyaan, yakin tablet itu gak disalahgunakan? ABG gitu loh

deddy
18-07-2011, 10:19 AM
kapan di kita bisa meniru cara praktis itu.... gak punya ide jadi ya meniru niru :D ...

beastmen85
18-07-2011, 11:18 AM
baguslah.
itung2 mengurangi penggunaan kertas.
itu berarti penyelamatan lingkungan.
*positive thinking gituloh

peduli amat dgn indon
#posting-ga-pake-mikir.com