PDA

View Full Version : sulitnya menikah di jaman sekarang



jaga_manis
29-06-2011, 02:25 PM
klo dalam islam,nikah sayaratnya mudah,cukup adanya mempelai,saksi,wali,syahadat,ijab kabul dan mahar ,biayanya bisa hampir nol rupiah, namun gaya hidup yg mendorong masyarakat saling pamer menyebabkan banyak kalangan muda sulit nikah dgn alasan ga ada biaya buat selametan,lamaran dlsb yg nilainya bisa puluhan juta bahkan milyaran.

dicari jalan keluar yuk? sebenere bisa saja mentradisikan nikah tanpa selamatan untuk mempermudah pelaksanaan ini,tapi apa mungkin ? :kabur::kabur::kabur::kabur:

aya_muaya
29-06-2011, 02:37 PM
mungkin! Gw nikah 3tahun yang lalu, hanya dengan modal 1jt, itupun biaya tiket balik gw ke padang. :p

aya_muaya
29-06-2011, 02:38 PM
apalagi ada fesbuk sebagai pengganti undangan dan selametan....

deddy
29-06-2011, 02:50 PM
Selamatan itu kan istilah orang jawa maksudnya untuk ikut menyaksikan bahwa si A itu sudah menikah cukup sediakan air putih sama kue aja beres...... Yang pentingkan ijabkobulnya sah..... Sangat sederhana bukan......

Urzu 7
29-06-2011, 03:06 PM
Ah gengsi aja lah pesta2 itu..yg penting sdh terdaftar dicatetan sipil aja sdh cukup..

Ariti
29-06-2011, 03:06 PM
air putih + kue beras?

u better not inviting anyone..:D

kalau buat nikah yg minim aja ga pny biaya, gmn buat kehidupan sehari hari setelah nikah?

kalau mau murah, nikah aja dgn pohon manggis, cuma perlu aer, disiram...berbuah deh..buahnya bisa di jual lagi ...hehehhehe

hajime_saitoh
29-06-2011, 05:05 PM
ya bener sekarang biaya pernikahan mahal banget uiy... dan biasanya semua biaya akan ditanggung pihak laki2 dan biasanya semakin tinggi status soaial si wanita maka akan semakin mahal biayanya

pasingsingan
29-06-2011, 05:14 PM
ah, gak juga jime

biasanya tatacara adatlah yng ngebuat jadi gak simpel n gak murah :D

et dah
29-06-2011, 05:24 PM
ini ngebahas nikah di sisi hukumnya, di sisi agamanya, apa disisi mertuanya dan keluarga besarnya .. hehehe

etca
29-06-2011, 05:33 PM
emang ga pake salam tempel ke penghulu kah?
kok bisa nol rupiah, trus mahar masak pake uang 1rupiah
trus pas di depan penghulu masak mantennya ga dandan, ga sewa baju?
buat ortu penganten masak bajunya ga kembaran?
trus abis itu ga ada futufutu pelaminan?
biaya bikin pelaminan kan duit juga,

trus bener kata mbah pasing,
upacara adat juga pake duit, apalagi adat jawa tengah.. duh..
siraman, jual dawet, pake injek telor temu manten, dsb dsb
belum resepsinya loh.. ::elaugh::

gembel
29-06-2011, 07:40 PM
mumet mbahhhhhhhhhh...

gak kuku nominalnya :kacamata:

Alip
29-06-2011, 09:05 PM
trik saya waktu itu adalah mencari calon mertua yang praktis dan nggak neko-neko...

"Lah kalian bakal butuh uangnya untuk membangun rumah tangga kok, nak... kalau perlu kita cuma ijab kabul aja, nggak usah ngerayain macem-macem..."

Jadi deh... nikahan modal 4 juta doang sepuluh tahun lalu... itupun lebih banyak buat ngongkosin orang tua saya ke Jawa Timur :luck:

jaga_manis
29-06-2011, 09:10 PM
emang ga pake salam tempel ke penghulu kah?
kok bisa nol rupiah, trus mahar masak pake uang 1rupiah
trus pas di depan penghulu masak mantennya ga dandan, ga sewa baju?
buat ortu penganten masak bajunya ga kembaran?
trus abis itu ga ada futufutu pelaminan?
biaya bikin pelaminan kan duit juga,

trus bener kata mbah pasing,
upacara adat juga pake duit, apalagi adat jawa tengah.. duh..
siraman, jual dawet, pake injek telor temu manten, dsb dsb
belum resepsinya loh.. ::elaugh::
ca,penghulu biasanya pegawai pemerintah yg diberi kuasa oleh wali untuk mewakili dirinya ,jd tanpa penghulu pun pernikahan bisa jalan krn pada dasarnya wali yg menikahkan,biayanya nol rupiah toh ? teman2 bisa jadi SAKSI yg gratis ,MAHAR bisa berbentuk ciuman khusus atau sebait puisi yg lagi2 GRATIS,SYAHADAT dan IJAB KABUL JUGA GRATIS,pokoknya nikah itu mudah,aturan pemerintah dan tradisi nenek moyang lah yg bikin ruwet,leluhur dan pemerintah awalnya berniat baik bikin aturan ini itu namun kemudia aturan2 tersebut cenderung meminggirkan hal2 prinsip menuju pernikahan sehingga yg mudah menjadi sulit.

aya_muaya
29-06-2011, 09:50 PM
tiga tahun lalu, hanya ijab kabul saja, suami modal 5 juta, 1,5 buat cincin, sisanya buat seserahan (kain, mukena, selop, kue2, buah2, jarik, make up lengkap, dll).
Aku hanya modal tiket ke padang, 1jt gak ada, buat ngurus ijin ke kua, beli kebaya dan rok.
Gak pakai rias pengantin, dirias ama temen.
Sodara2 makan2nya nebeng ama syukurannya kakak yang lagi nikah juga... *nikah kok nebeng... :p hehe..

Alhamdulillah, dengan segala keminiman, gak ada penyesalan.. Maksudnya, gak pakai resepsi juga gakpapa kok...

indraprime
29-06-2011, 10:00 PM
ini yg nikah orang biasa apa artis ::elaugh::

suka sama suka, saling cinta, saling pengertian...... udah nikah aja gak usah ikut adat istiadat,

gitu aja kok repot ::elaugh::

hajime_saitoh
30-06-2011, 09:13 AM
ah, gak juga jime

biasanya tatacara adatlah yng ngebuat jadi gak simpel n gak murah

yup bener banget belon didaerah gw ada adat yang namnya nyongkolan, jadi pengantin wanita dan pria di arak lengkap dengn pakaian adat dan pasukan kalo bangsawan besar ini iring2an bisa nutup jalan en panjang bgt.. rutenya dari rumah mempelai pria ke rumah mempelai wanita.. mahal bgt untuk menyewa pasukan musikan dan lain2

opera
30-06-2011, 10:14 AM
ada peluang usaha baru nih...
kredit untuk biaya nikah... dengan angsuran 12 X dengan bunga rendah...

indraprime
30-06-2011, 10:21 AM
yup bener banget belon didaerah gw ada adat yang namnya nyongkolan, jadi pengantin wanita dan pria di arak lengkap dengn pakaian adat dan pasukan kalo bangsawan besar ini iring2an bisa nutup jalan en panjang bgt.. rutenya dari rumah mempelai pria ke rumah mempelai wanita.. mahal bgt untuk menyewa pasukan musikan dan lain2

klo di tempatku (makassar/bugis) ada yang namanya uang " panai' ", dimana uang tersebut digunakan untuk menebus/beli sang wanita. semakin tinggi jenjang pendidikan dan status sosialnya maka semakin tinggi pula nilai uang " panai' " nya. dan sekarang setahu saya minimal uang tersebut sebesar 30jt klo ceweknya S1

dan uang panai itu diluar dari biaya pesta, mahar (emas dan tanah), transportasi, gedung, makanan, undangan, dan segala jenis ***** bengek pernikahan ::elaugh::

in salah satu contoh yg terjadi di tempatku (maaf beberapa kalimat menggunakan penulisan dan dialek disana)
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1168702

ini juga copas dari komen orang,
waduh adat kena tega bnget tuh...
makassar ada lgi tuh cwek yg harus nikah sm2 adatx(sayye')...
pdhl nikah tuh buat mnghalalkan yg haram
tp kok susah bnget yah
klo wa sih lgi kumpul uang gan
tuh ortu pcar wa minta 100jt,blom lgi emas ma tanah kapling

pasingsingan
30-06-2011, 10:32 AM
ini ngebahas nikah di sisi hukumnya, di sisi agamanya, apa disisi mertuanya dan keluarga besarnya .. hehehe
iya yak?
ente bener juga neh dah
sptnya topik ini lebih pas klo ditaroh diPOLEKSOSBUD
krn yng diributin lebih keunsur adat (tatacara)


yup
dah ditempatkan semestinya :)

Ronggolawe
30-06-2011, 10:57 AM
kalau bingung biaya nikah, coba laporan ama orang tua kalau
calon istri sudah hamil 4 bulan, kira-kira masih mikirin biaya
ngga tuh orang tua dan keluarga besarnya?

Urzu 7
30-06-2011, 10:59 AM
Monica aja ribet...

pasingsingan
30-06-2011, 11:06 AM
ritual nikahnya mah sebenarnya gak ribet zu
yng ribet menurut TS-nya tuh barangkali rangkaian adatnya
dan itu tentunya butuh fulus ... fulus n fulus :))

Ariti
30-06-2011, 11:09 AM
minimal 5 juta kali ya

itu udah minimal banget

kalau 0 rupiah mah....ga usah nikah dah...kumpul di bawah selimut aja

:D

GiKu
30-06-2011, 11:10 AM
kalao urusan adat sih bisa di abaikan
menurut gw yg bikin ribet itu tetangga dan keluarga

harusnya ada ini, harusnya ada itu, masa cuma ini aja, si Anu aja pake ini itu

pasingsingan
30-06-2011, 11:13 AM
@Ariti:

mingkun yng dikamsud TS biaya nikah Rp.0,- tuh biaya administrasi KUA-nya kale
ya gak mungkinlah, secara Administrasi KTP aja minim Rp 15ribu (ukuran dianggap wajar)
masa administrasi KUA minta gretong?
kebangetan abis seh lo jd orang?? :))

GiKu
30-06-2011, 11:15 AM
bukan administrasi mbah, tapi syarat sah nikahnya secara Islam yg mudah, sederhana dan murah (yg maharnya pun bisa berupa mengajarkan beberapa ayat Al Quran, sehingga sangat mendekati nol rupiah)

Ariti
30-06-2011, 11:21 AM
yah, secara agama mmg ga perlu, tapi secara kemaluan eh rasa malu..moso sih mau gretong? hehehhehe

ah Giku, ga jadi ah kita melid..batal!

*mojok di poon duren nyok :D:manis:

pasingsingan
30-06-2011, 12:16 PM
bukan administrasi mbah, tapi syarat sah nikahnya secara Islam yg mudah, sederhana dan murah (yg maharnya pun bisa berupa mengajarkan beberapa ayat Al Quran, sehingga sangat mendekati nol rupiah)
iya
itu klo ente ukur pake nilai rupiah, seolah hampir gak ada harganya (baca gak perlu bayar)
pdhl filosofi mahar itu sendiri adalah bentuk penghargaan, ingat!, bkn harga lho yak
jd pengertian gampang/sederhana disitu adalah apa yng ente sanggup adakan dan
menurut ente berharga sbg tebusan/jaminan tuk menunjukkan kesungguhan kepada
pihak keluarga peremp hingga mereka yakin n bersedia menerima ente.

Makanya, mahar tuh klo dlm islam bentuk ungkapannya fleksibel
dapat berwujud cash flow, barang modal, investasi . boleh kontan bahkan kredit
boleh juga dlm bentuk bekerja pada calon mertua tanpa upah dlm kurun waktu tertentu.
Apapun bentuknya sbg mahar, asal disepakati oleh kedua belah pihak, itu sah adanya.


Jadi, intinya adalah kesungguhan, kesanggupan n kesepakatan
bukan besaran dlm arti nilai nominal uang semata.

Ariti
30-06-2011, 12:27 PM
bukannya jaman dulu malah yg ribet banget?
klo dia adat orangtuaku, harus ngasih songket2 gitu deh, terus makanan apa gitu sebagai seserhan

dan walaupun ga mesti tukeran cincin, tapi kan beli/sewa baju meritnya jg perlu duit

kalau mau gratisan mah..ikut kawin massal aja

imho ya, kalau terlalu nge gampangin merid, kesannya pelit..ga siap...ga nge hargain keluarga besar atw

memang ga punya uang sama sekali tapi png enaknya aja a.k.a mokondo

et dah
30-06-2011, 12:51 PM
mangkenye ngundangnya orang-orang yang berduid dan bergengsi tinggi
biar uang amplopnya bisa bikin balik modal :D


hukum ekonomi berlaku di segala bidang *getoksss*

opera
30-06-2011, 12:53 PM
ngundang orang berduid juga keluar modal banyak... katering paling gak yang udah jutaan... sama aja hasilnya

et dah
30-06-2011, 01:04 PM
kateringnya ada itungan juga dong, jangan yg mahils kalau mau balik modal gede
merekakan ngga akan tau sebelum dateng ke nikahan itu sendiri :D

pokoke target bulan madu ke hawaii :))

Urzu 7
30-06-2011, 01:13 PM
Menurut kalian modal minim buat nikah itu berapa secara agama atau adat

ancuur
30-06-2011, 01:24 PM
klo dalam islam,nikah sayaratnya mudah,cukup adanya mempelai,saksi,wali,syahadat,ijab kabul dan mahar ,biayanya bisa hampir nol rupiah, namun gaya hidup yg mendorong masyarakat saling pamer menyebabkan banyak kalangan muda sulit nikah dgn alasan ga ada biaya buat selametan,lamaran dlsb yg nilainya bisa puluhan juta bahkan milyaran.

dicari jalan keluar yuk? sebenere bisa saja mentradisikan nikah tanpa selamatan untuk mempermudah pelaksanaan ini,tapi apa mungkin ? :kabur::kabur::kabur::kabur:

gw jawab yg di bold.. nikah siri aja.. murah meriah :kabur: :kabur: :kabur:

et dah
30-06-2011, 01:26 PM
pengalaman ni yee :P

kidding pakde

ancuur
30-06-2011, 01:37 PM
pengalaman ni yee :P

kidding pakde

gak lah yauwwww... :P
klo yg OK kan eikeu kan nikahin resmi :jempol:

pasingsingan
30-06-2011, 02:44 PM
kalau mau gratisan mah..ikut kawin massal aja

yep
ini termasup solusi cerdas tuk penghematan yng signifikan
tapi jgn lg di-kait2kan dng masalah prestise yak :))

GiKu
30-06-2011, 02:50 PM
urusan prestise2an itu kan hanya terlihat sesaat aja, pada waktu berlangsung acara pernikahan

btw, apa kawin masal beneran khratis ?

Ariti
30-06-2011, 02:58 PM
gretong Ku,

biasanya di peruntukkan bagi warga yg kurang mampu....




*bukan buat keturunan Paman Gober

:D

ancuur
30-06-2011, 03:02 PM
gretong Ku,

biasanya di peruntukkan bagi warga yg kurang mampu....




*bukan buat keturunan Paman Gober

:D

klo Kawin Massal jgn undang gw yah :kabur: :kabur: :kabur:
Kawin Paksa oleh RT/RW setempat jga jgn undang gw :piso:

Ariti
30-06-2011, 03:06 PM
oalaaah..si o'om...giiku mikirnya kelamaan nih om

keburu layu deh eke


:kabur:

GiKu
30-06-2011, 03:11 PM
gw gak kelamaan mikirnya

tapi layu-nya yg kelamaan

ancuur
30-06-2011, 04:33 PM
gw gak kelamaan mikirnya

tapi layu-nya yg kelamaan

semangat "berakit-rakit kehulu, berenang ketepian"
bersakit-sakit dahulu enaknya kemudian :kabur: :kabur: :kabur:

itsreza
30-06-2011, 07:03 PM
gw gak kelamaan mikirnya

tapi layu-nya yg kelamaan

coba minta digosokin om ancuur... selama 3x24 jam ga akan kenal namanya layu :jempol:

Ariti
30-06-2011, 07:04 PM
di gocok ama om ancuuur layunya ilang....berganti kemayu :lololol:

aya_muaya
30-06-2011, 09:39 PM
melambai dunk...

Urzu 7
01-07-2011, 12:24 AM
semangat "berakit-rakit kehulu, berenang ketepian"
bersakit-sakit dahulu enaknya kemudian :kabur: :kabur: :kabur:

saya tidak setuju dengan pernyataan anda
menurut saya "enaknya itu cuma 10-30 menit, susahnya seumur hidup"

aya_muaya
01-07-2011, 12:44 AM
wakakkaak.... Belum tahu si urzu enaknya nikah....

ancuur
01-07-2011, 02:52 AM
coba minta digosokin om ancuur... selama 3x24 jam ga akan kenal namanya layu :jempol:

gosok pake balsem :joget:


di gocok ama om ancuuur layunya ilang....berganti kemayu :lololol:

emang dikira voucer apa di gocok :gebuk:


saya tidak setuju dengan pernyataan anda
menurut saya "enaknya itu cuma 10-30 menit, susahnya seumur hidup"

lain lubuk lain ikannya.. lain orang lain menunya :P

ancuur
01-07-2011, 02:54 AM
wakakkaak.... Belum tahu si urzu enaknya nikah....

gimana mau tahu... pipis aja masih di pegangin :cilukba:

pasingsingan
01-07-2011, 09:49 AM
kembali ke leepp ......?

jadi
hare gene berharap pernikahan dng biaya seminim mungkin
bahkan klo perlu tanpa kluar kocek sepeserpun
kira2 masup akal gak yak? :-?

et dah
01-07-2011, 10:18 AM
di emol pipis aja bayar
masa kawin mau haratis

Ariti
01-07-2011, 10:23 AM
kadang2 orang suka ga pake common sense kalau ngomong .apalagi pake bawa bawa agama, like : dia agama kan boleh..di agama kan begini..begitu..bisa nol rupiah..bisa pake puisi maharnya..bla bal bal...

dasar keturunan paman gober!!!

ya elaaaaaahhhh

pasingsingan
01-07-2011, 10:28 AM
jadi emang sulit dijaman sekarang mencari yng murah meriah
versi TS yak :))

Ariti
01-07-2011, 10:32 AM
murah meriah? dipikir makan gado gado??

jajan aja yg sekali maen, bayar

masa kawinin anak perempuan orang, mau pake air putih dan kue beras???? (pake alasan 'agama memperbolehkan' lagi...eneg banget gw..hypocrite!)

klo ada laki yg lamar anak gw suatu hari nanti, dan ngomong kek beginian..lsg gw bakar hidup2....


kutu di otaknya

Urzu 7
01-07-2011, 10:35 AM
gimana mau tahu... pipis aja masih di pegangin :cilukba:

Iya donk.. Masa om ancuur pipis ga pegangin ntar muncrat kemana2-_-

Urzu 7
01-07-2011, 10:37 AM
murah meriah? dipikir makan gado gado??

jajan aja yg sekali maen, bayar

masa kawinin anak perempuan orang, mau pake air putih dan kue beras???? (pake alasan 'agama memperbolehkan' lagi...eneg banget gw..hypocrite!)

klo ada laki yg lamar anak gw suatu hari nanti, dan ngomong kek beginian..lsg gw bakar hidup2....


kutu di otaknya
Wkwkwk..jgn sadis2 begitu..hemat pangkal kaya=))

pasingsingan
01-07-2011, 10:42 AM
weeh ....
eni anak demen banget ama bahasan onderdil euy :D




urzuuu ..... sini lu :gebuk: (jgn di-terus2in OOT-nya yak)

GiKu
01-07-2011, 11:09 AM
urju abis dibeliin perabotan lenong ama bapaknya
jadi dia seneng banget kalo ngomong yg bunder2 gede dan penthungan

heihachiro
01-07-2011, 11:23 AM
murah meriah? dipikir makan gado gado??

jajan aja yg sekali maen, bayar

masa kawinin anak perempuan orang, mau pake air putih dan kue beras???? (pake alasan 'agama memperbolehkan' lagi...eneg banget gw..hypocrite!)

klo ada laki yg lamar anak gw suatu hari nanti, dan ngomong kek beginian..lsg gw bakar hidup2....


kutu di otaknya
=))
:))
::elaugh::
mbaca postingan ini, semakin meyakinkan saya buat nyari calon istri (dan mertua) yang ga suka ribet, sederhana, dan ga perlu dirayain besar2an :D

Ariti
01-07-2011, 11:32 AM
besar2an sih ga perlu kali ya

harus ukur kemampuan..tapi kalau nol rupaih? itu ther la luuuu

aya_muaya
01-07-2011, 11:41 AM
murah meriah? dipikir makan gado gado??

jajan aja yg sekali maen, bayar

masa kawinin anak perempuan orang, mau pake air putih dan kue beras???? (pake alasan 'agama memperbolehkan' lagi...eneg banget gw..hypocrite!)

klo ada laki yg lamar anak gw suatu hari nanti, dan ngomong kek beginian..lsg gw bakar hidup2....


kutu di otaknya

setuju ariti! enak aja ngawinin anak orang mau maen gratisan.. :D

setidaknya harus ada biayanya..tapi ya gak usah mewah2.. disesuaikan...

sebenarnya kalau mau itung2an... gak masalah mau dirayain, dan diperkirakan, angpaonya bisa nutup biaya resepsi, kan biayanya jadi 0 rupiah...

pasingsingan
01-07-2011, 11:43 AM
hmm ...
pertama gw mencermati postingan TS
agak2 gemanak gitu nangkep esensinya
mentak disederhanakan/dimurahkan, klo perlu khratis
itu disisi mananya yak?

beaya sisi administratif KUA-nya?
ataw beaya resepsi (ngundang 5 orang duang)? :-?

gembel
01-07-2011, 11:54 AM
murah meriah? dipikir makan gado gado??

jajan aja yg sekali maen, bayar

masa kawinin anak perempuan orang, mau pake air putih dan kue beras???? (pake alasan 'agama memperbolehkan' lagi...eneg banget gw..hypocrite!)

klo ada laki yg lamar anak gw suatu hari nanti, dan ngomong kek beginian..lsg gw bakar hidup2....


kutu di otaknya

punya anak cewe toh mbah :matabesar:

pasingsingan
01-07-2011, 11:59 AM
ente OOT menjurus kepersonal mbel

jgn diulang lagi yak :gebuk:

gembel
01-07-2011, 12:10 PM
maaf mbah :nangis4:

====================

Biaya KUA sekarang berapaan mbah?

pasingsingan
01-07-2011, 12:17 PM
jaman gw dulu tahun jebot (sekitar 90an)
klo datang urus sendiri, trus nikahnya dikantor KUA pulak
sekitar Rp 15rebu dah beres.

klo urus surat2 suruh orang, dan petugas KUA-nya diundang
tuk melaksanakan pernikahan kesuatu tempat (sesuai keinginan mempelai)
berkisar antara 30 - 50rebu.

entahlah klo sekarang ini mbel
coba nanya Giku yng gres kinyis2 (baru nikahan kemaren) :))

ancuur
01-07-2011, 12:18 PM
jaman gw dulu tahun jebot (sekitar 90an)
klo datang urus sendiri, trus nikahnya dikantor KUA pulak
sekitar Rp 15rebu dah beres.

klo urus surat2 suruh orang, dan petugas KUA-nya diundang
tuk melaksanakan pernikahan kesuatu tempat (sesuai keinginan mempelai)
berkisar antara 30 - 50rebu :D

kirain ikutan Nikah Massal :kabur:

gembel
01-07-2011, 12:27 PM
Nah Klo undangan bagemana ya enaknya?

Apakah dibuat 2 macam: 1 untuk boss, 1 untuk teman biasa :tanya:

aya_muaya
01-07-2011, 12:41 PM
keanya lebih enak dibikin 2 um mbel...

pasingsingan
01-07-2011, 01:59 PM
kirain ikutan Nikah Massal :kabur:
ya gaklah kop
kita orang mang dah niat n bener2 siap (termasup anggarannya)

bagi yng pengen ngikuti rekomendasi kopling Ariti ... ya silakan aja
(ikut program nikah masal, dijamin mumer n heboh)

:))

GiKu
01-07-2011, 02:30 PM
(ikut program nikah masal, dijamin mumer n heboh)

:))


kenapa bisa heboh ?

bagi yg ingin nikah masal, langsung saja ndaftar walaupun belum ada pasangan
jika youli beruntung, youli akan mendapatkan pasangan yg ganteng/cantik
tapi kalo lagi apes, pas dikocok yg keluar bukan nama orang
:luck:


o iya, kemaren dalam urusan dg KUA dibantu orang lain, biaya sekitar 600rb
ud termasuk biaya transport petugas berangkat/pulang

kalau memang ud kebelet banget dan ud ada tandingannya sebaiknya segera nikah
urusan resepsi bisa ngunduh mantu tahun depan

Ariti
01-07-2011, 02:50 PM
wah, kalau di bali, ga bisa cuman di KUA

ada upacaranya soalnya (udah ga pake gedung, tapi dirumah doank plus sewa bangku untuk sekitar 20 org -keluarga dekat aja, dan untuk bantennya, minus biaya pendeta/pemangku misalnya pake anggota keluarga yg emang seorang pemangku) itu se irit iritnya dedemit..3-4 jutaan

kalau di kristen/islam, even cuman di rumh, duduk ngampar alias pake tiker, sekitar 20org aja, makan dan dll nya juga segituan

ga ada tuh yg nol rupiah
mimpi di siang bolong banget!

condom aja harganya 5rban
*kecuali biar irit, ga usah pake
tapi
HEY
ngelahirin anak kan mahal!! wkkkwkwkw

gembel
01-07-2011, 02:56 PM
ada upacaranya soalnya (udah ga pake gedung, tapi dirumah doank plus sewa bangku untuk sekitar 20 org -keluarga dekat aja, dan untuk bantennya, minus biaya pendeta/pemangku misalnya pake anggota keluarga yg emang seorang pemangku) itu se irit iritnya dedemit..3-4 jutaan

kalau di kristen/islam, even cuman di rumh, duduk ngampar alias pake tiker, sekitar 20org aja, makan dan dll nya juga segituan


info bagus mbah

Urzu 7
01-07-2011, 03:42 PM
Kalo nikah di KUA pwnghulunya dari petugas KUA juga yah..lol

pasingsingan
01-07-2011, 05:23 PM
o iya, kemaren dalam urusan dg KUA dibantu orang lain, biaya sekitar 600rb
ud termasuk biaya transport petugas berangkat/pulang
hmm ....
dah sekitaran itu sekarang yak
btw ya logis ajalah, dah brp tahun tuh hitungan faktor inflasinya



Kalo nikah di KUA pwnghulunya dari petugas KUA juga yah..lol
yep, bentul urzu
petugas KUA yng punya sertifikat tuk menikahkan kan gak cumen seorang :D

Bagindo
21-08-2013, 02:53 PM
Sbnarnya scra Al qur aan, firman Allah, tata cara pernikahan kan sudah diatur.
1. Menikahi perempuan harus memakai Mahar n apa aj yg mau di mahar musti dibikin perjanjian.
2. Di Al qur aan juga sudah sudah dikasih tau, jika sudah ijab kabul ternyata blm campur tpi laki2 mnceraikn, laki2 hanya blh mengambil maharnya max 1/2 dri keseluruhan.
3. Brdasar dari hadist, resepsi pernikahan seharusnya yg menghadiri yg mmbawa makanan, uang & prlengkapan krna agar tdk mmbratkan mmpelai.

Islam memang ringan.

ancuur
21-08-2013, 03:01 PM
Bagindo sampiyan mau nikah tak yeeee...
ngngkat-ngangkat trit yg sudah pensiun lama..
komentarornya jga sudah pada menghilang tak yeee.... ::doh::

Bagindo
21-08-2013, 08:28 PM
Hunyuuh... Biseee aje ach mas ancur... hahay...
Habis topiknya tentang pernikahan menarik jadi ikutan ngisi ajeee, soalnya da keingat ma teman dlu yg mereka udh cocok tpi biaya prnikahan ga da... gtu :)

ancuur
21-08-2013, 08:33 PM
trs dia sekarang udah nikah?

TheCursed
21-08-2013, 09:58 PM
air putih + kue beras?

u better not inviting anyone..:D

kalau buat nikah yg minim aja ga pny biaya, gmn buat kehidupan sehari hari setelah nikah?

kalau mau murah, nikah aja dgn pohon manggis, cuma perlu aer, disiram...berbuah deh..buahnya bisa di jual lagi ...hehehhehe

Ya know yang paling bikin gue pengen nangis tiap menghadiri orang nikahan adalah saat gue liat makanan, seringkali dalam kategori mewah untuk ukuran rakyat Indonesia, yang di sediakan di sana di ambil tamu2, di tumpuk di piring mereka, di unyeng2 sebentar sambil ngobrol, ... terus nggak habis dan di taroh di bawah korsi....

S***W YOU PEOPLE !
Sekian banyak manusia di negara ini yang bahkan makannya masih dari ngubek tempat sampah, dan kalian ngebuang makanan yang, gratisan pula, lebih dari 'layak' gitu.... ?!
Gue nggak punya kata2 cukup buat mengekspresikan kemarahan.

So, no, daripada acara pesta nikah dengan hura2 uang keluar nggak jelas gitu, kalo ada duit, mendingan taroh cash di panti asuhan, panti jompo, rumah sakit jiwa atau yang sejenisnya, dan mohon do'a selamat dari orang2 ini. :P

Porcelain Doll
21-08-2013, 11:49 PM
di indo, apalagi yg pesta nikahannya dibiayain ortu, ngomong begituan butuh keberanian super besar
bisa2 digetok sama keluarga sekampung...kecuali emang ga punya biaya lebih

kebanyakan sih, pengennya yg sederhana aja
tapi kalo udah menyangkut ortu dan keluarga besar...kecil kemungkinan dikabulkan
kecuali ortu punya pemikiran serupa

soal makanan, apa boleh buat sih
g kalopun dateng selalu ambil secukupnya dan berusaha ga ngebuang makanan sedikipun
itu namanya rakus bin maruk

ancuur
22-08-2013, 12:11 AM
klo di indonesia ke acara nikahan, yg dateng orang sekampung..
padahal yg diundang cuma ortu.. kadang bawa anak + temen anaknya ::doh::
salaman langsung makan.... klo mejanya ada disana sini, pasti muter deh pingin
cobain yg belom dimakan, nanti klo gak suka.. belom habis udah di tarok di bwh
kursi... ambil lagi piring, jalan lagi muter..... panitia sambil keringet dingin ngatur
acara dgn semua kemampuannya, tapi para tamu mana mau peduli... "egp"

tamu2 yg entah norak, entah perbaikan gizi masih ngejar2 makanan yg sekiranya
masih masuk ke perutnya, yg sebenernya sang perut sudah gak mampu nerima..

yah begitulah secuil report acara nikahan, yg pernah gue lihat di TMI bersama istri
ngelus dada liat mereka2 yg memburu makanan dengan tidak puas2nya.. :ngopi:

note: yg gawat lagi yg bawa bayi or anak kecil yg gak mau diem, lari sana-sini ::doh::

second_life
22-08-2013, 10:33 AM
berdasar pengalaman sih, semakin 'berkelas' pestanya, semakin ga tau aturan tamuny ::doh::
kalo pesta yg 'standar2' aja, biasanya tamunya ngambil makanan ngantri dan secukupnya (walau kadang nemu juga tumpukan makanan di kolong korsi / di tempat piring). tp begitu undanganny kelas 'mewah', biasany tamu2 pada ga sopan. maen serobot makanan (kek ud seminggu ga makan), dan numpuk makanan di piring (kebiasaan nyetok barang kali ya), yg akhir2ny ud jelas ga kemakan sama dia ::grrr::

ancuur
22-08-2013, 01:33 PM
pengalaman di jepang....

undangan walau ortu gue kenal sama temen yg mau nikah, tapi dia gak dapat undangan,
dan yg dapet undangan hanya gue.. maka gue sendiri yg harus pergi tidak bersama ortu
gue tentunya.. alias sendirian ke acara nikah...

biasanya mereka mengadakan acara di sebuah ruangan hotel yg sudah di seting untuk..
acara pernikahan, begitu kita masuk ruangan.. yg tersedia mungkin sekitar 20 s/d 30
meja makan yg bundar, dengan masing2 tempat duduk sudah tertera nama kita...

jadi begitu masuk, gue langsung cari tempat duduk dimana? setelah tempat duduk
ketemu gue duduk disitu, gak lama berdatangan yg punya tempat duduk, dan memang
sudah di seting dari awal.. sama pengantin (swami + istri) maka yg duduk sesama meja
kyknya yg gue kenal semua (temen2 penganten pria, karna gue temennya dia)

di sebelah meja gue, ternyata temen2nya si penganten perempuan, dan sebrang sana
kliatan kyknya temen2 kantor bos laki, dan perempuan.. jauh disana lagi ternyata keluarga
mereka...

pertama yg keluar makanan dan minuman ringan, setelah jam waktunya tiba maka pembawa
acara membeberkan acaranya, acara pertama adalah acara ceritera bagaimana para penganten
laki dan perempuan itu bertemu... dari mulai yg lucu2 sampai yg serius pembawa acara sebut..

tiba2 ada rombongan cewek, cowok masuk panggung.. membuat suatu acara yg menarik bagi
kita semua, ternyata rombongan tersebut adalah teman2 cowok/cewek untuk memberikan
sebuah drama yg lucu buat kita2.. isi drama jga tidak lebih dari pragaan pertemuan antara mrk
atau pengantin tersebut... tapi di kemas sedemikian rupa sehingga merupakan short drama..
ada sisi sedihnya dan pasti ada sisi senangnya mendengar jalan ceritera drama tsb.

setelah itu, jam hampir menunjukan jam 12:30, karna panjangnya drama, maka pembawa acara
memberikan aba2 untuk kita makan bersama... makanan sebelumnya sudah di seting oleh para
pelayan hotel didepan kita, jadi kita tinggal makan saja.. tidak perlu berdiri kesana-kemari..

pendek cerita kita sudah waktunya pulang, nanti di depan pintu keluar kita akan mendapatkan
tas besar, yang isinya macam2 itu adalah hadiah kenang2an dari kedua mempelai... :ngopi:

Bagindo
22-08-2013, 03:33 PM
trs dia sekarang udah nikah?

Sdah bang, walau dlu agak sdkit dipaksa utk nerima bantuan...
Syukur stlah prnikahan ekonomi mrka meningkat drastis... :)

ancuur
22-08-2013, 03:38 PM
bagus dong... selamat duweeeh :jempol:
"berakitrakit ke hulu berenang-renang ketepian, bersakit-sakit dahulu enaknya kemudian" awww... ::cabul::

porcupine
22-08-2013, 06:05 PM
Gw habis nikah malah ngutang 30 Juta :lololol:

anyway, gw biaya nikah dari kita berdua ama istri jadi memang sebelum nikah kita nabung dulu.
Sesuai adat Bali kan kalo nikah open house. Yang salah nya sih gw bikin open invitation di facebook::doh::

alhasil di hari H, setelah dihitung yang datang ke nikahan gw ada sekitar 1,100 orang. itu open house dari jam 9 pagi sampai 9 malam.

which is membuat gw terharu banget...
nikahan di Bali kan pake hitungan hari baik, jadi kalo lagi hari nikahan gitu orang orang bisa dapetin sampe 10 undangan pernikahan dalam 1 hari
so you have to choose datang kemana aja, karena ngga mungkin datengin semua nya

so kalo sampe ternyata ada 1000 an orang datang ke pernikahan gw, gw merasa beruntung banget..
mereka datang ke acara gw daripada ke acara nikahan yang lain ::nangis::::nangis::

so konklusinya, ngutang 30 juta ngga apa deh, karena gw tau yang datang itu bener bener mau ngucapin selamat ke gw ::ungg::

ancuur
22-08-2013, 06:26 PM
cupin mantab banget :jempol:
memang sih klo swami istri kompak gak ada yg perlu ditakutin :ngopi:

nih ikutin strategy gue:

btw jaman gue nikah, gue undang yg bakal kasih duit gede sebanyak mungkin..
nikahan kita bakal mendapat keuntungan yg lumayan besar ::itrocks::::chearleader::

caranya, jauh2 hari sebelom hari H
kunjungi bos2 yg kita kenal, kalo jauh telponin terus aja biar dia bingung.. tapi hrs
udah kenal sebelomnya sih.. di telpon ngomongin yg dulu2 dia suka, pasti KONEK ::hihi::
klo gue sih kerja travel sih.. jadi banyak banget temen boss... maklum lah marketeng
sambil sales marketing, ngemarket juga acara pernikahan ::hihi::

ditanggung hasilnya sangat membahagiakan semua, padahal waktu itu gue sudah gak
punya ortu, so.. jangan malu2 tapi jangan memalukan pulak, bergeraklah secara lincah
dan sopan... biar orang2 pada suka dgn diri anda... :ngopi:

lily
22-08-2013, 07:11 PM
Bucet om ancuur wuakakakakaka ::ngakak2::

Ada juga sodara saya nikah bayar pake CC. Trus sampe anaknya umur 4 taon , utangnya belom lunas.

Btw om ancuur , itu pesta Japanese siang ato malam ? Kalo malam , telat banget ya makannya.

Disini juga sama kok om pestanya. Sampe yang pembawa acara itu.

Kalo pengisi acara , biasanya pake artis + dancer bawaan artis , ato kalo yang biasa , pake dancer biasa.

Disini juga ada yang pake hari baik. Saya pernah terima wedding invitation dalam sehari 3 wedding.

Jadi saya dateng kasi angpao + absen di buku tamu , trus dateng ke satunya lagi kasi angpao + absen di buku tamu , yang terakhir ini saya kasi angpao dan makan hahahaha... Biasanya yang saya sampe makan berarti emang dekat hubungannya , misal loyal customer ato best friend ato sodara :)

Biaya wedding disini kalo sampe pesta bisa beli 1 rumah ato 1 mobil :D

Kalo biasa , ya di gereja aja , pemberkatan :) Simple dan berkesan.

Ntar uang sumbangan ato emas dari orang - orang disimpan buat tabungan masa depan :D

---------- Post Merged at 06:11 PM ----------

Kalo di Surabaya , ada cara buffet , tapi biasanya itu pesta biasa.

Kalo pesta mewah di Surabaya pasti pake table.

Dan biasanya kalo di Surabaya - orang Chinese , ogah cara buffet , ga tau sih alasan pastinya. Mungkin alasan kenyamanan kali ya.

Saya kalo ambil makanan pasti saya abisin , wlaopun ga enak setengah mampus.

Kapan hari ambil strawberry mousse , ga enak banget. Tetep saya abisin.

tuscany
22-08-2013, 08:20 PM
ada temen waktu nikah juga biayanya ngutang di bank. kadang orang tua gengsian kalo nggak ngundang orang rame.
tambah lagi sifat orang indonesia, kalo nggak diundang berasa nggak dianggap, kalo diundang ngeluh amplopnya.

yang pusing ujung2nya mempelai, abis kawinan bukannya honeymoon tapi banting tulang buat bayar utang.

tsu
22-08-2013, 09:01 PM
saya dulu pas mau nikah maunya malah cuman di KUA, nggak undang sapa2 ;D

tapi ya jelas dimarahin kiri-kanan wkwkwkwk ;D

anw, kita dulu pesta nikah 2 kali, satu di Jakarta buat kerabat dan keluarga istri, satu lagi di Surabaya, buat keluarga saya
yang di Jakarta ya std sih, gedung dll
pas nikah di Surabaya, nikah di rumah, ngirit ;D

anw, nikah memang nggak usah maksain, biasa aja, gw yakin seyakin2nya banyak pasangan2 muda sekarang yang lebih pingin nikah sederhana, karena duit nya nanti bakalan di pakai buat mengarungi rumah tangga
tapi.... buat mereka yang hidup di keluarga besar.... itu merupakan tantangan besar ;D

bakalan diceramahin sama pakde, bude, tante, om, eyang, dll ;D

lily
22-08-2013, 10:03 PM
Saya kalo nikah cuma mo di chapel aja , pemberkatan pake wedding gown bawa bunga lily beberapa tangkai.

Selesai ya selesai :D

Yang datang ga usah bawa angpao , cukup bawa emas sebatang aja , minim 10 gram :D

ancuur
22-08-2013, 10:14 PM
Bucet om ancuur wuakakakakaka ::ngakak2::

Ada juga sodara saya nikah bayar pake CC. Trus sampe anaknya umur 4 taon , utangnya belom lunas.

Btw om ancuur , itu pesta Japanese siang ato malam ? Kalo malam , telat banget ya makannya.

Disini juga sama kok om pestanya. Sampe yang pembawa acara itu.

Kalo pengisi acara , biasanya pake artis + dancer bawaan artis , ato kalo yang biasa , pake dancer biasa.



jepang sih jarang pesta pake dancer segala..
apa mungkin aku blom pernah hadirin yg heboh bgt kali ya...
kyknya acara pernikahan itu sakral bagi org jepang, jadi jarang aku liat
yg pakai acara heboh seperti di indonesia :ngopi:

note: kebanyakan artis2 di kita heboh2 bikin pesta, dua bulan kemudian cerai ::arg!::::arg!::

lily
22-08-2013, 10:24 PM
Ga usah artis , yang kagak artis ngadain wedding party milyaran juga bisa cerai kok , kurang dari setaon.

ancuur
22-08-2013, 10:35 PM
setubuh ly :jempol:

second_life
23-08-2013, 10:14 AM
...

yang pusing ujung2nya mempelai, abis kawinan bukannya honeymoon tapi banting tulang buat bayar utang.

kejadian niy ama sodara g, sampe dia diomel2in ortu dan kerabat deket nya. ngapain sih 'show off' pesta di tempat mahal, dll. mendingan juga ditabung buat beli rumah..
yg g heran, kok pas di belakang baru pada ngomel? kekny ini pasangan pas rencanain acara + budget kagak pake cerita2 ama keluarga dah. jd pas hari H baru pada tau.


kejadian kedua menimpa temen kantor. adany selama pesta muka nya ditekuk. bingung mikirin gimana / pake apa lunasin utang kali ::doh::

Porcelain Doll
23-08-2013, 11:45 AM
mestinya kalo ga mampu ga boleh ngutang loh ;D
mahar aja ga boleh dihutangin, kalo ga belom boleh nyentuh istri...soalnya belum lunas maharnya ::ngakak2::

lagian apa enaknya memulai hidup baru dengan hutang ::ungg::

serendipity
23-08-2013, 11:53 AM
^ itu kan idealnya porcel, kenyataan gak sebagus idealisme kita. Iya kita ;D
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

menurut gw nikah itu bukan masalah mewah apa enggak ya, tapi dibuat acara adat yg memang agak costly supaya orang bisa menghargai pernikahan.
Pas lagi nikah, bisa ngerasain bahwa mendapatkan suami atau istri butuh proses. Jadi gak gampang cerai.
Kalo gampang didapet'kan, umumnya gampang dilepas juga.

Gw sendiri ngerti kenapa orang tua mewajibkan minimal ada acara resepsi atau adat, bukan maksud sepenuhnya buat pamer. Tapi untuk memberitahukan pada org bahwa orang tua, bisa melaksanakan tugasnya, yaitu menikahkan anak.
Selain itu supaya si anak diketahui orang udah nikah, jadi org lain yg udah tau minimal respect gak ganggu rumah tangga.

ndugu
23-08-2013, 12:04 PM
undangan walau ortu gue kenal sama temen yg mau nikah, tapi dia gak dapat undangan,
dan yg dapet undangan hanya gue.. maka gue sendiri yg harus pergi tidak bersama ortu
gue tentunya.. alias sendirian ke acara nikah...

biasanya mereka mengadakan acara di sebuah ruangan hotel yg sudah di seting untuk..
acara pernikahan, begitu kita masuk ruangan.. yg tersedia mungkin sekitar 20 s/d 30
meja makan yg bundar, dengan masing2 tempat duduk sudah tertera nama kita...

jadi begitu masuk, gue langsung cari tempat duduk dimana? setelah tempat duduk
ketemu gue duduk disitu, gak lama berdatangan yg punya tempat duduk, dan memang
sudah di seting dari awal.. sama pengantin (swami + istri) maka yg duduk sesama meja
kyknya yg gue kenal semua (temen2 penganten pria, karna gue temennya dia)

ini mirip dengan di amrik
hanya orang yang diundang yang dateng, alias yang namanya tertera di surat undangan. jadi tamu ga sampe bawa sanak sodara ato warga sekampung :cengir: palingan pasangan kalo ada. kalo pasangan ga bisa dateng pun biasa kasi tau dulu ke mempelai. soalnya wedding di amrik biasa biayanya diitung tergantung brapa per head (tamu). dan seating arrangement juga udah di-set oleh mempelai. dan biasa dikelompokin berdasarkan tamu yang sudah saling kenel, ato yang mungkin klop ato se-frekuensi :cengir:

sedangkan di indo weddingnya biasanya berlebihan, siapa aja juga dateng, tamu yang diundang bawa orang sekampung :cengir: kayanya india kan begitu juga ya, bisa sampe berhari2 :cengir: baru2 ini juga baca berita mengenai pernikahan di ukraine yang menyebabkan banyak tamu (termasuk pengantin) yang sakit karena food poisoning, sampe harus masuk RS, gara2 acara masaknya porsi gede dan dimasak berhari2 karena untuk meladenin acara pernikahan yang juga berlangsung selama bbrp hari :cengir:

http://www.huffingtonpost.com/2013/08/19/ukraine-weddings-can-brin_0_n_3780546.html

ancuur
23-08-2013, 12:34 PM
ini mirip dengan di amrik
hanya orang yang diundang yang dateng, alias yang namanya tertera di surat undangan. jadi tamu ga sampe bawa sanak sodara ato warga sekampung :cengir: palingan pasangan kalo ada. kalo pasangan ga bisa dateng pun biasa kasi tau dulu ke mempelai. soalnya wedding di amrik biasa biayanya diitung tergantung brapa per head (tamu). dan seating arrangement juga udah di-set oleh mempelai. dan biasa dikelompokin berdasarkan tamu yang sudah saling kenel, ato yang mungkin klop ato se-frekuensi :cengir:


amerika memang kiblatnya jepang..
pejabat2 jepang study tournya ke amrik sama eropa.. :ngopi: