PDA

View Full Version : Tradisi Cowok ketemu Cewek



kandalf
22-02-2011, 12:23 PM
Ini tradisi suku Using/Osing di Banyuwangi.

Ada beberapa cara agar cowok2 bisa kenalan cewek:

1. Gredhoan
Di bulan maulid, cowok-cowok ngintip cewek yang lagi masak untuk selametan di dapur lewat sela-sela lubang gedheg (dinding dari anyaman bambu). Kalau ada tanggapan, si cowok boleh masuk ke dapur, ngobrol-ngobrol dan kalau suka, keesokannya si pemuda datang ke rumah si cewek;

2. Bathokan
Tradisi ini katanya sudah direlakan mati. Tradisi ini menggunakan warung sebagai media. Cowok-cowok datang dan melihat kecantikan yang jaga warung. Kalau cocok, nanti biasanya berlanjut ke pacaran.

3. Mlayokaken / Colongan
Si cowok langsung melarikan si cewek untuk dinikahi. Kemudian pihak cowok mengirim utusan ke pihak cewek.

BundaNa
22-02-2011, 01:57 PM
udah gak berlaku kali ya sekarang hehehehe

kandalf
22-02-2011, 02:19 PM
Tradisi Gredoan masih ada, mBak.

http://oase.kompas.com/read/2011/02/20/11511527/Jodoh.dari.Dapur.ke.Dangdut

BundaNa
22-02-2011, 02:25 PM
masak sih? blum ke osing nih

Agitho_Ryuki
22-02-2011, 02:58 PM
Ini tradisi suku Using/Osing di Banyuwangi.

Ada beberapa cara agar cowok2 bisa kenalan cewek:

1. Gredhoan
Di bulan maulid, cowok-cowok ngintip cewek yang lagi masak untuk selametan di dapur lewat sela-sela lubang gedheg (dinding dari anyaman bambu). Kalau ada tanggapan, si cowok boleh masuk ke dapur, ngobrol-ngobrol dan kalau suka, keesokannya si pemuda datang ke rumah si cewek;

Sekarang dah gak mungkin Um... Dapurnya pake beton semua...



2. Bathokan
Tradisi ini katanya sudah direlakan mati. Tradisi ini menggunakan warung sebagai media. Cowok-cowok datang dan melihat kecantikan yang jaga warung. Kalau cocok, nanti biasanya berlanjut ke pacaran.

Kalo warung yang jaga budhe-budhe sekarang... :malas:



3. Mlayokaken / Colongan
Si cowok langsung melarikan si cewek untuk dinikahi. Kemudian pihak cowok mengirim utusan ke pihak cewek.
wah kalo sekarang malah di sekolahkan dipenjara um...
http://emo.s2u.vn/PaoPaoBing/pp059.gif

kandalf
23-02-2011, 12:37 PM
Nah, yang dibahas di Kompas tuh, gimana caranya?
Apa pakai dinding bohongan?

Yitzhak Avram
18-09-2011, 02:37 PM
menarik juga tradisinya.

EndlessDeath
21-09-2011, 03:02 PM
Kawin lari jadi tradisi??
Mantab!!

nodivine
27-09-2011, 09:21 PM
jadi pengen pindah ke Banyuwangi... ::cabul::

ga_genah
27-09-2011, 10:55 PM
3. Mlayokaken / Colongan
Si cowok langsung melarikan si cewek untuk dinikahi. Kemudian pihak cowok mengirim utusan ke pihak cewek.

di bali dan lombok masih ada tradisi ini

klo di bali khususnya perkawinan antar kasta
klo yg cewek punya kasta tinggi dan nikah sama cowok dengan kasta yg lebih rendah itu harus dilariin
cuman adatnya aja yg spt itu
walaupun pelaksanaannya baik2

noeheedayat
30-11-2011, 02:58 PM
1. Gredhoan
Di bulan maulid, cowok-cowok ngintip cewek yang lagi masak untuk selametan di dapur lewat sela-sela lubang gedheg (dinding dari anyaman bambu). Kalau ada tanggapan, si cowok boleh masuk ke dapur, ngobrol-ngobrol dan kalau suka, keesokannya si pemuda datang ke rumah si cewek;

cewek sekarang gak semuanya bisa masak, beberapa malah nganggap pengen hidup mandiri tapi gak bisa masak. maklum jaman instan(mengalaman pribadi dari beberapa teman dan mantan)



2. Bathokan
Tradisi ini katanya sudah direlakan mati. Tradisi ini menggunakan warung sebagai media. Cowok-cowok datang dan melihat kecantikan yang jaga warung. Kalau cocok, nanti biasanya berlanjut ke pacaran.
sekarang yang ada warung remang2, jadi dilihat dulu, trus ditawar, kalau cocok boleh dicicip...
::cabul::::cabul::



3. Mlayokaken / Colongan
Si cowok langsung melarikan si cewek untuk dinikahi. Kemudian pihak cowok mengirim utusan ke pihak cewek.
kalau ini bisa kena ciduk polisi dan masuk media, apalagi kalau kenalannya dari FB dan ceweknya masih SMP(pas lagi kalau cowoknya namanya Arie)
::doh::::doh::::doh::

ancuur
30-11-2011, 03:16 PM
2. Bathokan
Tradisi ini katanya sudah direlakan mati. Tradisi ini menggunakan warung sebagai media. Cowok-cowok datang dan melihat kecantikan yang jaga warung. Kalau cocok, nanti biasanya berlanjut ke pacaran.


sesuatu banget yah klo jaman dulu...
jaman sekarang sih .. sudah 'gak pacaran lagi X_X

Kilat
01-12-2011, 02:27 AM
romantis banget ya tradisi gredhoan itu :)

AsLan
02-12-2011, 05:03 PM
denger2... disuatu daerah di indonesia... ::grrr::
budayanya adalah: para cewek dan cowok kenalan di forum ngobrol trus berlanjut ke pernikahan... ;D

komporminyak
02-12-2011, 06:46 PM
denger2... disuatu daerah di indonesia... ::grrr::
budayanya adalah: para cewek dan cowok kenalan di forum ngobrol trus berlanjut ke pernikahan... ;D

kawanmu sudah 6 orang dengan budaya seperti itu ::hihi::

ancuur
02-12-2011, 06:52 PM
gw dulu waktu masih di jepang.. pernah bikin beberapa tour yg kita namakan "tour cari jodoh" jadi para peserta itu ada yg bujangan ada yg duda.. yg berhasil cuma beberapa.. krna ribed banget ngurusnya.. yg jadian kebanyakan yg duda.. klo yg bujangan kebanyakan berlanjut ke pacaran... btw yg penting gw sukses nerbangin org2 itu dgn even yg menarik :-bd

note: sampe sekarang kyknya tour semacam ini masih berlanjut...

AsLan
02-12-2011, 06:57 PM
bikin tour perjodohan trus pesertanya dilempar ke pulau terpencil selama2nya, pasti berhasil 100% ;D

ancuur
02-12-2011, 07:04 PM
awal sih kita yg ngatur.. klo udah ketemuan terserah mereka kaleeeeeeeeee :P
cuma yg gw sebel.. banyak pertanyaan masalah klo nikah trs ganti kewarganegaraan.. ::doh::

BundaNa
03-12-2011, 08:46 AM
denger2... disuatu daerah di indonesia... ::grrr::
budayanya adalah: para cewek dan cowok kenalan di forum ngobrol trus berlanjut ke pernikahan... ;D

sayangnya dikau tidak ikut2an sih...jadinya kalau ikutan kan ponakan gue banyak :P

itsreza
03-12-2011, 09:26 AM
menunggu aslan dan ancuur berlanjut ke pernikahan lewat KM...
nicknya sama-sama dari huruf A, ada tanda kecocokan diantara keduanya ;D

Urzu 7
03-12-2011, 10:54 AM
Tuh yg no 2 bathokan gw kira badhogan(makan2/bancakan);D

AsLan
04-12-2011, 06:28 PM
menunggu aslan dan ancuur berlanjut ke pernikahan lewat KM...
nicknya sama-sama dari huruf A, ada tanda kecocokan diantara keduanya ;D

oom Ancur sudah ngelamar saya berkali2 tuh, tapi belom diterima karena mas kawinnya cuma mampu Rp 50rb ::grrr::
coba kayak om aciok...

nodivine
06-12-2011, 01:17 AM
ada liputannya ga seh??? penasaran aja ama tampang cewe cewenya ::cabul::::cabul::::cabul::