PDA

View Full Version : Iran - Batasi Tata cara Berpakaian, Aksesoris, dan Potongan Rambut



etca
16-06-2011, 05:52 PM
Bagaimana menurut pendapat kalian buat temanteman muslim?
Tidakkah itu terlalu berlebihan?

------------------------------------------------------------


http://internasional.kompas.com/read/2011/06/15/1054197/70.000.Polisi.Merazia.Kalung
70.000 Polisi Merazia Kalung

Razia itu ditingkatkan menjelang musim panas karena biasanya pada musim itu banyak orang, terutama kaum muda, lebih berani menantang risiko didenda ataupun ditahan karena alasan pakaian.

TEHERAN, KOMPAS.com — Iran mengerahkan lebih dari 70.000 aparat keamanan ke jalan-jalan. Bukan karena ada demonstrasi besar-besaran menentang Presiden Mahmoud Ahmadinejad, melainkan untuk merazia "korban invasi budaya Barat".
Razia itu ditingkatkan menjelang musim panas karena biasanya pada musim itu, banyak orang terutama kaum muda lebih berani menantang risiko didenda ataupun ditahan karena alasan pakaian.

Pemerintah Iran secara resmi melarang kaum lelaki mengenakan busana yang tidak islami, termasuk mengenakan kalung.

Ribuan aparat itu merupakan bagian dari program "rencana keamanan moral". Pada perempuan mereka merazia kerudung yang tidak rapi, jaket ketat, dan celana panjang yang memperlihatkan kulit. Sementara kaum lelaki dilarang memiliki potongan rambut yang aneh-aneh dan mengenakan kalung.

Program ini dilaksanakan setelah parlemen mengajukan rancangan undang-undang untuk mengkriminalisasi kepemilikan ******, dengan alasan "memicu masalah budaya dan imitasi buta budaya Barat yang vulgar".

Kantor berita Irna mengatakan, program itu bertujuan memerangi "invasi budaya Barat" dengan bantuan ribuan aparat terlatih yang biasa disebut "polisi moral".

Tekanan untuk kaum perempuan jauh lebih besar karena busana mereka harus tertutup dari ujung kepala sampai ujung kaki. Sementara kaum pria boleh mengenakan kemeja berlengan pendek asal bukan celana pendek.

"Penegakan rencana keamanan moral ini menjadi tuntutan bangsa dan akan berlanjut sampai rakyat benar-benar patuh untuk berbusana secara pantas," kata Ahmadreza Radan, Deputi Komandan Kepolisian Iran.

Polisi moral Iran bertanggung jawab pada sebuah badan yang dipilih langsung oleh pemimpin tertinggi, Ayatollah Ali Khamenei. Dalam program tayangan langsung televisi, Presiden Ahmadinejad mengatakan dirinya tidak menyetujui razia semacam itu.

Seorang warga Teheran yang menolak namanya disebut mengatakan, program ini bukan sekadar razia pakaian. "Mereka menyebarkan rasa panik dan ketakutan dengan menyebar begitu banyak polisi ke jalan-jalan atas nama program itu agar bisa mengontrol masyarakat. Saya heran melihat rezim yang tidak hanya memikirkan kelangsungan kekuasaannya, tetapi juga mengintervensi kehidupan pribadi Anda," katanya.

Pada musim panas tahun lalu, pemerintah merilis daftar gaya rambut yang boleh digunakan kaum lelaki Iran. Gaya itu untuk mengganti model rambut ala Barat seperti gondrong atau berjambul.

etca
16-06-2011, 05:57 PM
Sekarang mengenai potongan rambut yang sudah dikeluarkan aturannya tahun lalu oleh pemerintah :

http://dunia.vivanews.com/news/read/162732-gaya-rambut-warga-iran-diatur-pemerintah

Gaya Rambut Warga Iran Diatur Pemerintah
Peluncuran model rambut itu guna menghapus potongan rambut gaya Barat.

http://media.vivanews.com/thumbs2/2010/07/06/92527_model-rambut-yang-diperbolehkan-di-iran_300_225.jpg

VIVAnews - Iran meluncurkan katalog model rambut pria yang disebut sebagai gaya potongan Islami. Potongan rambut yang rata-rata berpotongan pendek tersebut telah mendapat pengesahan dari Kementerian Kebudayaan dan Ajaran Islam Iran.

Peluncuran model rambut pria tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menghapuskan potongan rambut gaya Barat.

Seperti dikutip dari laman The Australian, buku panduan model gaya rambut Islami tersebut dirilis di Teheran pada Senin, 5 Juli 2010. Tujuannya, untuk membantu kaum lelaki Iran memilih potongan rambut yang tepat sesuai dengan ajaran Islam.

Gaya rambut yang disahkan antara lain model belah samping atau gaya jambul ala Elvis Presley. Pemakaian gel tidak dilarang. Sedangkan model potongan rambut yang dilarang antara lain model spike, mullet (pendek di depan dan samping tetapi panjang di belakang), serta model gondrong yang diikat ekor kuda dan Fauxhawk atau Mohawk palsu.

Sebagian besar model wajah pria yang tampil di katalog bersih dari jenggot, meski seorang model memelihara jenggot. "Model rambut ini terinspirasi oleh kompleksitas masyarakat, budaya, dan agama di Iran, serta ajaran Islam," kata Jaleh Khodayar, penanggung jawab festival Modesty and Veil Festival yang akan digelar akhir bulan ini di mana katalog model rambut tersebut akan mulai dipromosikan.

"Kami senang pemerintah mendukung kami dalam merancang gaya rambut ini dengan tujuan untuk menghindari gaya rambut yang tidak sesuai dan mendorong perkembangan budaya Islam," lanjut Khodayar. (sj)

----------------------------

jadi penasaran ama katalog rambutnya,
ga kebayang kalau saudara ada 5 orang, dengan tubuh gempal yang hampir sama,
trus rambut yang hampir sama
lalu berada di keramaian, bweehh bakalan susah identifikasinya kalau pas lagi jalanjalan,
apalagi se negara rambutnya sama semua,

lalu bagaimana dengan pendatang ya?
maksudnya utusan yang mungkin datang dalam rangka tugas kerja.
dia potongan rambutnya ala spike, apa musti dipermak dulu ya?

Lalu bagaimanakah yang tersurat dalam kajian di dalam agama islam sendiri?

etca
16-06-2011, 05:59 PM
tambahan gambar ::elaugh::

http://i.telegraph.co.uk/multimedia/archive/01673/hair_1673210c.jpg

E = mc˛
16-06-2011, 06:03 PM
wew... jd inget jaman orba yg dilarang gondrong :lololol:

Paranoid -_-

ndableg
16-06-2011, 06:04 PM
pelaksanaan sih ga semudah keinginan.. kebayang berapa juta penduduk iran? Lagipula model apa yg dilarang?
Jadi inget di sekolahan dulu ga boleh lebih dari kerah baju..

E = mc˛
16-06-2011, 06:04 PM
OOT, di Arab malah ada aturan: laki-laki gak boleh jualan celana dalam wanita ::elaugh::

http://www.tempointeraktif.com/hg/timteng/2011/06/15/brk,20110615-341021,id.html

ndableg
16-06-2011, 06:05 PM
wew... jd inget jaman orba yg dilarang gondrong :lololol:

Paranoid -_-

Lucunya kawan gw banyak yg gondrong.. paling pegawe negeri aje, ma sekolahan..

TheCursed
10-08-2011, 05:05 PM
wew... jd inget jaman orba yg dilarang gondrong :lololol:

Paranoid -_-

Dan seperti juga jamannya gondrong dilarang, besoknya gue masuk sekolah dengan cukuran plontos.

Ngelawan 'wajib putih', kadang nggak harus dengan make warna 'hitam'. Kadang2 pake putih-licin-disemir-mengkilat-sampe-bikin-silau-sampe-secara-umum-jadi-ancaman-pengendara-motor juga bisa. :luck:

itsreza
10-08-2011, 05:51 PM
unik juga... macam sosialis nih sekarang
kl gw berkunjung ke iran atau ke korea utara, rambut sih pasti lolos :luck:

ndableg
11-08-2011, 02:21 AM
Bukan berarti ga ada orang gondrong di iran.

TheCursed
15-08-2011, 05:35 PM
unik juga... macam sosialis nih sekarang
kl gw berkunjung ke iran atau ke korea utara, rambut sih pasti lolos :luck:

karena nggak punya rambut ? :D