PDA

View Full Version : sunnah2 yang terlupakan



hajime_saitoh
05-06-2011, 07:42 PM
ada beberapa sunnah rasul pada kehidupan sehri2 yang sekarang ini cenderung ditinggalkan oleh umat Islam diantaranya,

1. mencukur kumis
2. memanjangkan janggut
3. bersiwak (sikat gigi) setelah bangun tidur
4. berkumur
5. menghirup air dengan hidung kemudian mengeluarkanny
6. menggunakan parfum bagi pria
7. meninggikan celana diatas mata kaki

padahal ini adalah2 sunnah2 yang gampang dilakukan dan sarana dapat pahala yang mudah lho

Yuki
05-06-2011, 09:14 PM
1. mencukur kumis
menurut saya banyak kok yg melakukan ini
2. memanjangkan janggut
silahkan, tapi menurut saya bukan hanya asal memanjangkan janggut, perhatikan juga penampilannya, jangan hanya sekedar menjulur panjang ke bawah
3. bersiwak (sikat gigi) setelah bangun tidur
ini menurut saya sudah kebiasaan sehari-hari deh
4. berkumur
yg sering berwudhu otomatis kan?
5. menghirup air dengan hidung kemudian mengeluarkannya
mungkin alasannya, mayoritas bakal kebesekan istilah sundanya ::elaugh::
6. menggunakan parfum bagi pria
yg sering shalat jumat, masak gak pernah sih?
7. meninggikan celana diatas mata kaki
setahu saya ini hanya untuk shalat saja, digulung saja sudah cukup sebenarnya, soalnya di atas mata kaki itu ngatung namanya, penampilan jadi aneh, jika berpenampilan seperti itu sehari-hari, itu sama saja menzalimi diri sendiri, itu menurut saya lho

hajime_saitoh
06-06-2011, 09:06 AM
7. meninggikan celana diatas mata kaki
setahu saya ini hanya untuk shalat saja, digulung saja sudah cukup sebenarnya, soalnya di atas mata kaki itu ngatung namanya, penampilan jadi aneh, jika berpenampilan seperti itu sehari-hari, itu sama saja menzalimi diri sendiri, itu menurut saya lho

wah salah broo.. yang jadi masalah itu perintah.. dan ganjarannya keras lo... dikatakan disuatu hadits bahwa mereka yang memanjangkan pakainnya hingga menutupi mata kaki akan dimasukkan neraka.. sebenarnya gak perlu atas banget ampe di antara betis cukup sedikit diatas mata kaki aja kok biar gak aneh

hajime_saitoh
06-06-2011, 09:07 AM
6. menggunakan parfum bagi pria
yg sering shalat jumat, masak gak pernah sih?

ya kalo jumatan aja dah kayaknya... ckebanyakan cowok kan jarang pake farpum sehari2

bradon heat
06-06-2011, 10:03 AM
ya kalo jumatan aja dah kayaknya... ckebanyakan cowok kan jarang pake farpum sehari2

yups saya salah satu contohnya , jarang pake wangi2an ..

yg 7 di atas i.allah dilaksanakan...

ada lagi >??

ancuur
06-06-2011, 10:22 AM
1. mencukur kumis (hampir tiap hari kumis, janguut n jambang gw cukur.. klo gak gitu muka gak licin)
2. memanjangkan janggut (ini gw gak pernah !! takut dikira teroris)
3. bersiwak (sikat gigi) setelah bangun tidur (klo yg ini sehari hampir 3 s/d 4 kali)
4. berkumur (waduh yg ini sering banget... + waktu wudhu)
5. menghirup air dengan hidung kemudian mengeluarkanny (belom pernah dilakukan.. )
6. menggunakan parfum bagi pria (Bvulagari, kesukaanku.. )
7. meninggikan celana diatas mata kaki (klo di rimah selalu pake celana pendek, kadang ke mall jga pake celana pendek)

Serenade
06-06-2011, 12:46 PM
5. menghirup air dengan hidung kemudian mengeluarkanny


Ini beneran ada?
Kaget aja. Apa manfaatnya jg dpt dijelaskan?

BundaNa
06-06-2011, 02:05 PM
itu buat laki2 aja? soalnya gak mungkin banget buat perempuan menggulung celana gitu...pake minyak wangi buat perempuan bukannya mubah?

hajime_saitoh
06-06-2011, 07:02 PM
itu buat laki2 aja? soalnya gak mungkin banget buat perempuan menggulung celana gitu...pake minyak wangi buat perempuan bukannya mubah?
kalo di depan suami ya.. tapi kalo wanita menggunakn wangi2n dan lewat didepan pria bukan muhrim itu gak boleh lho

Porcelain Doll
07-06-2011, 05:26 AM
Ini beneran ada?
Kaget aja. Apa manfaatnya jg dpt dijelaskan?

ada, dilakukan pas berwudhu juga. gunanya ya buat membersihkan dalam hidung dengan cara memasukkan air ke dalamnya :)
dan kalau dilakukan dengan benar, bisa juga mengobati sinus dll...
cuma agak susah memang kalau belum terbiasa...adanya tersedak gara2 air masuk ke hidung :lololol:

hajime_saitoh
07-06-2011, 10:06 AM
Quote Originally Posted by Serenade View Post
Ini beneran ada?
Kaget aja. Apa manfaatnya jg dpt dijelaskan?

emank beneran ada kok..

"Artinya : ...Lalu Nabi membasuh kedua telapak tangan tiga kali kemudian berkumur-kumur dan istinsyaq, lalu istintsaar lalu membasuh muka tiga kali…"[Hadits Riwayat Al-Bukhari no. 159 dan Muslim no. 226]
Dan Istinsyaq (Memasukkan Air Ke Dalam Hidung Lalu Menghirupnya Dengan Sekali Nafas Sampai Ke dalam Hidung Yang Paling Ujung) Sebelum Membasuh Muka.
Setelah Istinsyaq Lalu Istintsaar (Mengeluarkan /Menyemburkan Air Dari Hidung Sesudah Menghirupnya Dengan Telapak Tangan Kiri).

hajime_saitoh
07-06-2011, 10:08 AM
dalam berpakaian....

memulai Dengan Yang Sebelah Kanan Ketika Akan Memakai Pakaian

Berdasarkan Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam

"Artinya : Apabila kalian memakai pakaian maka mulailah dengan yang sebelah kanan" [HR. At-Tirmidzi, Abu Dawud dan Ibnu Majjah. Dan hadits ini shahih

Melepaskan Pakaian Atau Sarung Dengan Mendahulukan Yang Sebelah Kiri Kemudian Sebelah Kanan.

hajime_saitoh
07-06-2011, 10:31 AM
sunnah fitrah

hadits Aisyah, yaitu dari jalan Zakariya bin Abu Zaidah dan Mush’ab bin Abu Syaibah dari Thalq bin Habib dari Abu Zubair dari Aisyah Radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

“Artinya : Sepuluh perkara yang termasuk fitrah, yaitu : memotong kumis, membiarkan jenggot, bersiwak (gosok gigi), memasukkan air ke dalam hidung (ketika berwudhu), memotong kuku, membasuh ruas jari, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan , beristinja’ (dengan menggunakan air)”

Zakaria berkata, “Mus’ab berkata, ‘Aku lupa perkara yang kesepuluh. Kalau tidak salah adalah berkumur” [Hadits Riwayat Ahmad VI/137. Muslim 261. Nasa’i 5040. dan Tirmidzi 2757]

hajime_saitoh
07-06-2011, 10:39 AM
Sunnahkah Memanjangkan Rambut ???
Kategori : Fiqih
----------------------------------------------------------------------------
----
Fatwa Syeikh Muhammad Nashiruddin Al Albani Rahimahullah
Alih bahasa : Muhammad Elvi Syam, Lc

Pendahuluan :

Makalah ini diambil dari rubrik tanya jawab Syeikh Muhammad Nasiruddin Al-Albani ?rahimahullah- dari Majalah As-Asholah, edisi ke-12, tgl, 15 ?Shofar- 1415H, hal : 54. Rubrik ini diawali dengan bahasan seorang penuntut ilmu tentang hukum botak, kemudian Syeikh Al-Albani menanggapi bahasan tersebut, dan menerangkan hukum memanjangkan rambut, adapun judul bukan dari judul asli tapi judul dari penerjemah - pent.

Isi dari Makalah :

Seorang dari kalangan penuntut ilmu bertanya :

"Kebanyakan dari para pelajar sekolah bertanya-tanya, tentang hukum meninggalkan (memanjangkan) rambut kepala dan hukum membotakannya. Permasalahan ini menjadi kabur bagi mereka ; antara apa yang diperintahkan dan ditekankan oleh (peraturan) sekolah kepada mereka, berupa kewajiban membotak rambut kepala atau mencukur terlalu pendek (cepak), dan antara apa yang mereka lihat dari sebagian guru-guru yang konsisten dalam beragama, - kita tidak mensucikan diri seseorang melebihi tazkiah Allah ? membiarkan rambut kepala mereka (hingga panjang), tanpa dipotong. Guru-guru tersebut selalu membersihkan dan menyisirnya. Mereka sudah terbiasa membiarkannya
(panjang)".

Maka saya mengatakan (penulis makalah), - dengan memohon pertolongan kepada Allah - : Sesungguhnya memanjangkan rambut adalah sunnah. Sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Ahmad ? rahimahullah taala - : " memanjangkan rambut itu adalah sunnah, seandainya kita mampu pasti kita sudah memanjangkannya. Akan tetapi hal ini butuh beban dan perhatian." Ibnu Qayim dalam kitabnya (Zadul Maad) berkata: "Rasulullah tidak diketahui membotak kepala , kecuali dalam ibadah (haji dan umrah)."

Sesungguhnya sudah datang hadits-hadits shohih yang menerangkan akan sifat (model) rambut Rasulullah ? Alaihi as-sholatu was-sallam - . Di dalam kitab (Al-Mughni), dikatakan; "Dan rambut manusia itu disukai seperti model rambut Nabi ?Sholallahu alaihi wa sallam - , apabila panjang sampai ke bahu, dan apabila pendek sampai ke cuping telinganya. Kalau dipanjangkan tidak apa-apa. Imam Ahmad telah menyatakan seperti itu."

jaga_manis
20-10-2011, 07:18 PM
hal2 sepele jadi ribet, agama diturunkan untuk kemasalahatn,bukan ribert2 an, capekk dehhhh