PDA

View Full Version : Orang Sunda vs orang Manado



milnalev
21-08-2014, 04:40 AM
Bandung disebut Paris of Java, Bukittinggi disebut Paris of Sumatera, Manado disebut Paris of Sulawesi. Orang2 sana kebanyakan bergaya hidup mewah dan kebarat-baratan seperti orang Paris Perancis.
Persamaan orang Sunda dan Manado:
1. Sepintas raut wajah mirip, hanya saja orang Sunda lebih mirip Melayu sedangkan orang Manado lebih mirip Cina/Indo-Eropa.
2. Kalau keluar uang umumnya royal asal punya uang banyak.
3. Suka makan yang enak-enak, makanan di Bandung dan Manado umumnya enak-enak.
4. Suka menari dan menyanyi
5. Tutur kata lemah lembut dan gerakannya lemah gemulai
6. Tinggal di alam yang dingin dan dataran tinggi, kota Tomohon dan Puncak sama dinginnya dan jalannya berliku-liku.
7. Kotanya sama-sama disebut kota bunga, Bandung dan sekitarnya terkenal banyak bunganya, saingannya Tomohon yang tempo-tempo diadakan parade bunga.
8. Suka berdandan dan bersenang-senang
9. Terkenal cantik jelita
10. Umumnya jaga badan dan kebersihan, kerapian, mereka suka sayur mayur dan lalapan agar badan mereka tidak bau
11. Ada kesamaan masakan yaitu pepes ikan mas dari Jawa Barat dan ikan mas woku dari Sulawesi Utara
12. Sama-sama punya musik bambu yaitu angklung dari Jawa Barat dan kolintang dari Sulawesi Utara, kalau dimainkan bersama bisa harmonis.
13. Bagian lirik lagu Sunda Manuk Dadali rukun sakabehna dan semboyan Manado torang samua basudara ada kemiripan yaitu untuk tetap rukun dan damai.
14. Tari Si Pisok dari Sulawesi Utara dan tari Merak dari Jawa Barat mempunyai kesamaan kostum.
15. Di Propinsi Banten dan Sulawesi Utara ada kota bernama Bitung.

Perbedaannya:
1. Orang Sunda mayoritas Islam, orang Manado Kristen.
2. Budaya Sunda lebih mirip Jawa, budaya Manadi lebih mirip barat
3. Orang Manado suka pedas, orang Sunda umumnya tidak makan pedas
4. Masakan Manado sebagian berkolesterol tinggi, masakan Sunda netral
5. Bahasa Manado mirip Tagalog, bahasa Sunda mirip Jawa Melayu
6. Orang Sunda umumnya makan makanan halal, orang Manadi makan semuanya termasuk yang tidak lazim seperti anjing, kelelawar, dll.
7. Nama Manado kebanyakan pakai nama barat atau Kristen, nama Sunda mirip Jawa Melayu atau Islam, kecuali minoritas Kristen.
8. Orang Sunda dan Manado sedikit membaur karena beda agama.
9. Orang Sunda kebanyakan kawin dengan Padang kecuali minoritas Kristen, orang Manado banyak yang kawin dengan Cina atau Ambon, Filipina, bule.
10. Kota Manado dari dulu aman-aman saja sedangkan Bandung tempo-tempo rusuh tapi konon penyebabnya orang luar Jawa Barat yang menyusup
11. Lagu Sunda iramanya mirip Jepang, lagu Manado mirip lagu rohani Kristen atau Filipina, sepintas mirip lagu NTT.
12. Dialek Sunda halus mirip dialek keraton, dialek Manado sepintas mirip Ambon, Flores, Timor, barat tapi dengan tutur kata yang lugas tapi lembut.
13. Orang Manado suka dansa sedangkan orang Sunda senang menari jaipongan atau dangdut
14. Orang Manado umumnya bandel dan suka hura-hura dan kalau bicara spontan sedangkan orang Sunda sangat santun kalau bicara dan tetap menjaga adab ketimuran
15. Pakaian daerah Sunda mirip Jawa sedangkan pakaian daerah Manado modifikasi antara kebaya encim dengan rok Filipina jadi modelnya seperti puteri duyung.

opera
21-08-2014, 10:05 AM
lebih bagus lagi klo dikasi foto orang sunda dan manado... agar bisa dicek lebih lanjut perbedaan dan persamaannya mereka

milnalev
21-08-2014, 11:20 PM
Dulu ada tabloid yang memuat berita bahwa Dian Piesesha dan Nola Tilaar itu mirip meskipun Dian orang Sunda dan Nola orang Manado. Lalu ada komentar tambahan bahwa mungkin ada jalur antara Manado dan Bandung. Dewi Sartika dan Maria Walanda Maramis kalau dilihat sepintas lalu agak-agak mirip juga. Maribeth D. Pascua, penyanyi Denpasar Moon asal Filipina ketika datang ke Indonesia dikomentari orang mirip orang Manado atau Sunda.

lily
22-08-2014, 11:44 AM
ini saya kasi gambarnya ya , supaya yang laen bisa liat juga.


http://4.bp.blogspot.com/-sk58XgsfpbA/UaKC3zCI_-I/AAAAAAAABLk/_1kgDky3koY/s1600/DIAN_PIESESHA.jpg

http://ahmaddhani.com/img/blog/nolatilaar/4.jpg

---------- Post Merged at 10:44 AM ----------


http://2.bp.blogspot.com/-4DiAE3l3JOA/UXtdeJ5Qe5I/AAAAAAAAATA/WJ-VkepxnXY/s1600/dewi-sartika.jpg


http://dc342.4shared.com/img/H8yO-yJh/s7/12ecd55fd00/1872-1924_maria_walanda_marami.jpg

kandalf
22-08-2014, 12:06 PM
Weits.. ada yang pasang fotonya Bu Maria Walanda Maramis

neofio
22-08-2014, 08:49 PM
Perbedaannya :
9. Orang Sunda kebanyakan kawin dengan Padang kecuali minoritas Kristen, orang Manado banyak yang kawin dengan Cina atau Ambon, Filipina, bule.


::hihi::

kakak gw (sunda) merid sama orang manado

et dah
22-08-2014, 11:09 PM
17. sama-sama orang

milnalev
22-08-2014, 11:20 PM
Saya punya kenalan orang Manado, mereka bilang orang Manado paling senang dengan orang Cina karena sebagian dari mereka mirip Cina dan kebanyakan mereka berkulit kuning mirip kulit orang Cina. Lalu waktu ada salah seorang dosenku dan kenalanku yang orang Manado masuk rumah sakit, mereka masuk kamar VIP meskipun mereka gak terlalu kaya. Ketika saya ikut Ladies Program di Bandung, saya perhatikan rata-rata mojang Bandung cantik-cantik, berkulit kuning langsat dan pintar dandan serta bolak-balik ganti baju sehingga banyak menghabiskan uang sponsor. Sedangkan orang Surabaya banyak yang pelit karena hemat uang, gak suka menghambur2kan uang.

Yuki
01-09-2014, 02:58 PM
dosen saya pernah berkelakar bahwa bahasa Jepang itu asalnya dari bahasa Sunda

itu dikarenakan kata 'ki' baik dalam bahasa Jepang maupun bahasa Sunda memiliki arti yg sama yaitu pohon

second_life
02-09-2014, 10:58 AM
6. Orang Sunda umumnya makan makanan halal, orang Manadi makan semuanya termasuk yang tidak lazim seperti anjing, kelelawar, dll.

kata temen kantor yg manado, "kita sih semua dimakan. setan aja kalo keliatan gue makan" ::ngakak2::

JOSERENTCAR
26-06-2016, 05:48 AM
Yang lebih seru kalau dibahas antara orang Sunda dengan Madura karena Bahasanya banyak yang sama

ClaraWinarko
05-02-2018, 06:08 PM
dosen saya pernah berkelakar bahwa bahasa Jepang itu asalnya dari bahasa Sunda

itu dikarenakan kata 'ki' baik dalam bahasa Jepang maupun bahasa Sunda memiliki arti yg sama yaitu pohon

dafuq wkwkwk

tokoandalan
14-02-2018, 04:43 PM
kata temen kantor yg manado, "kita sih semua dimakan. setan aja kalo keliatan gue makan" ::ngakak2::

Pertma kali dengar kalimat ini. Bikin ngakak aja. tapi yang sering bannget saya dengar ya pasar tak lazim itu, semua binatang ada disitu diperjualbelikan dagingnya. kelelawar, ular, dll