PDA

View Full Version : Diary of Anne Frank



etca
15-08-2014, 07:13 PM
http://artisanct.com/wp-content/uploads/2012/09/1208-diary-of-anne-frank-showpage.png

http://4.bp.blogspot.com/-mqiEvULre40/Um3Tgp4bEfI/AAAAAAAAVfY/UZMqLaYVPGg/s1600/the+diary+of+anne+frank.jpg

Ada yang sudah baca? Ini buku lama sebenarnya, dan sudah ada filmnya.

Bermula karena film The Fault in Our Stars yang ada di dalam cerita itu dikisahkan berkunjung ke tempat persembunyian Anne Frank.
Saya jadi tertarik untuk membaca bukunya, udah dapat. Sampe beli seken bukunya ;D

http://izquotes.com/quotes-pictures/quote-i-regard-our-hiding-as-a-dangerous-adventure-romantic-and-interesting-at-the-same-time-in-my-anne-frank-328207.jpg

ini diarynya - high res -. keren yak.
http://backtosaloland.files.wordpress.com/2012/04/the-diary.jpg

http://www.vhinkle.com/lit/anne.house.jpg
rumah persembunyian mereka


tentang anne frank

http://cdn4.belfasttelegraph.co.uk/migration_catalog/article25828121.ece/d9d2f/ALTERNATES/h342/Strange+But+True+5-1.jpg
anne frank

Sepenting apakah catatan harian seorang remaja putri berusia 13 tahun? Pernahkah kau membayangkan diary yang kau tulis pada usia belasan, tiba-tiba mendapatkan perhatian dari seluruh dunia, ironisnya saat dirimu sudah meninggal?

Anne Frank adalah remaja putri biasa berkebangsaan Belanda keturunan Yahudi. Ia mulai menulis diarynya pada ulang tahun ke-13, dan mengakhirinya pada usia 15 tahun. Diary yang disebutnya dengan “Kitty” ini adalah hadiah ulang tahun dari keluarganya saat itu, dan mulai diisinya dengan berbagai curahan hati yang dia rasakan. Mulai dari deskripsi tentang sahabat dan teman sekolahnya, hingga kegemaran, nilai yang diperoleh, situasi sekolah, hingga kecintaannya pada Belanda, negerinya. Anne adalah anak kedua dari 2 bersaudara, dengan Margot sebagai kakak yang berselang beberapa tahun darinya. Anne tumbuh dalam keluarga yang cukup secara finansial, ayah yang sangat memperhatikan, dan ibu yang terus berada di rumah namun tak pernah dekat dengan Anne. Untuk beberapa alasan, Anne tak pernah bisa dekat dengan ibu dan kakaknya, hanya ayahnya yang sangat dia kagumi dan bisa menjadi temannya di rumah.

Diary ini mungkin tak akan menjadi sesuatu yang spesial jikalau saat itu Nazi Jerman tak mulai menginvasi Belanda dan menyingkirkan orang keturunan Yahudi. Masa pelarian dan persembunyian keluarga Frank pun dimulai, di Secret Annex, bersama dengan 3 orang dari keluarga van Peels/van Daan, dan seorang yang dokter gigi bernama Albert Dussel.

Kisah dalam buku ini bukanlah fiksi, karena ini adalah tuangan isi hati seorang Anne yang harus menghabiskan 2 tahun masa remajanya di persembunyian berupa loteng sempit bersama 7 orang lainnya. Bayangkan bagaimana rasanya 2 tahun berada di tempat tertutup dengan fasilitas kebersihan ala kadarnya, dan makanan yang terbatas karena harus diselundupkan oleh Bep, Miep, Jan, Kugler dan Kleiman – orang-orang Belanda yang baik hati dan mendasarkan tindakan mereka pada rasa kemanusiaan dan kasih, bukan perbedaan ras.

Anne mengisahkan pergumulan hatinya dengan sang ibu yang tak pernah membanggakannya, perbedaannya dengan sang kakak yang begitu memisahkan mereka, serta rasa sayang dan hormatnya pada sang ayah meski disertai juga dengan sikap berontak seorang remaja. Di tempat pengasingan seperti itu, rasa cinta dan tertarik pun muncul dari Anne pada Peter van Daan, berawal dari terbiasanya hidup dan belajar bersama, hingga saling berbagi curahan hati. Intrik dan konflik pun tak hentinya terjadi, antara Nyonya Frank dan Nyonya van Daan, Tuan Frank dan Tuan van Daan, maupun Dussel dengan Anne, dan yang lainnya. Ada 8 kepala dengan 8 karakter yang berlainan, tinggal dalam tempat sempit bersama, tanpa pernah terpisah, dan keluar menikmati udara segar selama 2 tahun, pantas saja menimbulkan beragam konflik panas-dingin. Mulai dari masalah makanan (kentang) hingga masalah berita politik di radio, bisa berkepanjangan menjadi debat maupun perang dingin. Bukan hanya perihal tinggal bersama itu yang harus diatasi, rasa takut dan gentar kalau-kalau Nazi Jerman menemukan tempat persembunyiannya pun terus membuat mereka tegang. Dalam krisis itulah terlihat kepribadian asli masing-masing. Ada yang sanggup saling membantu, namun ada juga yang sibuk mengurus dirinya sendiri hingga tak memikirkan kebutuhan yang lain. Harapan mereka akan dapat keluar dengan selamat setelah perang berakhir, ternyata tak terkabul. Pihak Jerman mengetahui terlebih dahulu, sehingga semuanya ditangkap dan diasingkan ke tempat tahanan masing-masing, mulai dari Auswitch hingga tempat lainnya di penjuru Jerman, dan negara lain di sekitarnya.

saus (http://toko-bukubekas.blogspot.com/2013/10/jual-buku-diary-of-anne-frank.html)

salah satu opini dari goodreads

Anne Frank is a not so ordinary teenager. She has spunk, she has the power of words, she is insolent, she is stubborn, she speaks too much, she has depth, and she is strong.

Reading her diary reminds me of my own teenage years, the volumes of journals I kept when I was her age, and how similar we behaved. I feel that the entries grow more mature as she grew older, and she was very mature to the point of being able to be objective to the happenings around her. I like it that she is confident and has opinions, and her descriptions of what her family was going through during the war and the hiding was vivid. I wish I could have read more into her mind when she was in camp, and what Holocaust was really like.

Those who do not like this book might feel her diary is boring, and they might want to find out more about the war, Nazi, etc. But this is simply not a book about that. It's a book about a girl going through puberty, who, in her adolescence, found out more about herself and everyone around her through both good and bad times.

Don't judge. Just read.
saus (https://www.goodreads.com/review/show/45023285)

etca
15-08-2014, 07:25 PM
http://www.youtube.com/watch?v=c25oZQrnXwc
salah satu film ttg Anne Frank

ada animenya juga ya?

Porcelain Doll
16-08-2014, 12:31 AM
itu di gambar, loteng yg dihuni yg bagian mana?
kiri paling atas yg ada tangganya?

ndugu
16-08-2014, 02:58 AM
blom pernah baca full, cuman pernah liat sekilas2 aja di toko buku
ini buku klasik. ya ngga seklasik buku2 laennya sih, cuman kadang buku ini dipake sebagai bahan bacaan untuk sekolah2

film the fault in our stars bagus ca?
*oot* :cengir:

etca
16-08-2014, 07:54 AM
blom pernah baca full, cuman pernah liat sekilas2 aja di toko buku
ini buku klasik. ya ngga seklasik buku2 laennya sih, cuman kadang buku ini dipake sebagai bahan bacaan untuk sekolah2

film the fault in our stars bagus ca?
*oot* :cengir:
Gw lebih demen baca buku yang based on true story sih. ;D
makanya jadi tertarik pengen cari bukunya, n kesampaian.

TFIOS bagus kok. mayan lah. pemerannya ganteng #eh ikut OOT ::hihi::


itu di gambar, loteng yg dihuni yg bagian mana?
kiri paling atas yg ada tangganya?

Porcelain Doll
nah gw juga binun awalnya ;D

http://images.travelpod.com/tw_slides/ta00/ca2/3c8/location-of-the-anne-frank-house-amsterdam.jpg
ternyata rumahnya menyamping ya.

http://www.teachwithmovies.org/guides/anne-frank-files/anne-frank-house.jpg
lebih jelasnya.

http://www.iaminamsterdam.com/wp-content/uploads/2013/09/anne-frank-house-inside.jpg
pintu masuknya.



http://www.youtube.com/watch?v=GTpXf5Np3Pw
ini ada video touring ke rumahnya.




http://www.youtube.com/watch?v=AWRBinP7ans&list=UUlJAYpfNwjEXuhP3ssj71Ug&index=54
Otto Frank berbicara ttg Diary Anne.

etca
16-08-2014, 08:07 AM
http://www.youtube.com/watch?v=WoApCDhq2A0&list=UUlJAYpfNwjEXuhP3ssj71Ug
Miep Gies, orang yang menemukan diary Anne dan menyimpannya.
Lalu menyerahkannya pada Otto Frank (ayah dari Anne Frank)

Panjang umurnya, meninggal di usia 100 tahun.
Great lady. Good personality ::up::

In Memoriam Miep Gies, 1909 2010. Miep Gies, the last surviving and best-known helper of Anne Frank and the others in hiding, died at the age of 100 in Hoorn on 11 January 2010. Right until the end, Miep remained deeply involved with the remembrance of Anne Frank and with spreading her story. Please note: English subtitles for Miep will appear by clicking the arrow at the right bottom corner of the video and choosing Turn on captions.

Every day, Miep received letters from all over the world with questions about her relationship with Anne Frank and her role as a helper. "I'm not a hero', she once said, "It wasn't something I planned in advance, I simply did what I could to help." In this video Miep Gies tells how Otto Frank asked her to help him and his family during hiding.




http://www.youtube.com/watch?v=jybUICycSKY&index=49&list=UUlJAYpfNwjEXuhP3ssj71Ug
Wawancara dengan Miep Gies

dia bilang :
Those people were in danger and i was able to help them, so why would i refuse It felt like my duty, I thought it was very normal. Nothing special, i knew i could help them and so i did. And after the war i had more time to think about it, but Jan and me still had trouble with the fact that we lost 7 people. You can't forget that, it keeps coming up. And then i said to Jan, look, during that time of the war we didnt turn the other cheeck, but we offered our help to people...



http://www.youtube.com/watch?v=kTmJtKkyQtU&index=50&list=UUlJAYpfNwjEXuhP3ssj71Ug
Di gambar di atas ada Opekta Spice, ternyata ada di video ini.

Porcelain Doll
16-08-2014, 08:13 PM
hmm....kayanya kamarnya itu 3 tingkat teratas gedung yg di kanan ya...
berarti kalo liat di real gedungnya, letaknya di paling belakang

tadinya g kira, di loteng itu beneran tinggal dalam 1 ruangan kaya kamar studio ;D

etca
17-08-2014, 11:40 PM
^
kalau di Indonesia emang biasa tumplek blek dalam satu kotak ya ;D
Kalau di sana masih kebagusan dipilah2 ruangannya.

Iya kamar2nya di 3 tingkat teratas.
Yang artinya memang di gedung belakang.

marannu
18-10-2014, 01:08 PM
Masa2 yahudi mesti dikasihani ini .... hehehehe