PDA

View Full Version : Sistem Perwakilan Rakyat



ndableg
28-05-2011, 04:47 AM
Kenapa sih dewan perwakilan rakyat itu musti diisi dgn perwakilan2 dari partai? Memang partai itu mewakili suara rakyat? Rakyat yg mana?

Indonesia terdiri dari 33 propinsi di mana setiap daerah memiliki keistimewaan dan kekurangan masing2, kenapa gak rakyat2nya diwakili oleh wakil2nya dari daerahnya? Kenapa ga suara satu daerah dibikin satu saja? Dgn adanya partai2 jadinya suara satu daerah terpecah2. Bukankah jaman dulu kerajaan2 yg telah ditaklukan diwakili oleh perwakilannya dari daerah masing2?

Misalnya DPR-MPR, bukan didominasi oleh partai2 melainkan lebih ke perwakilan daerah dgn banyaknya persentasi dari jumah penduduk masing2 propinsi. Misalnya perwakilan jawa barat 20% atau perwakilan sumatra utara 12% karena jumlah penduduk jawabarat 20% dan sumut 12% di indonesia. Jadi setiap suara dalam Dewan Perwakilan Rakyat adalah suara dari masing2 daerah yg nanti dirembuk bersama. Bukan memperjuangkan suara partai... ga jelas..

Emang sih di MPR ada yg namanya perwakilan daerah, tapi ga kedengeran.. Yg reseh cuman partai2 dgn modalnya masing2.. Entah sapa yg sponsorin.. Gimana guys? No more partai?!!

gembel
28-05-2011, 06:02 AM
No more partai?!!

adakah negara* luar yg sudah menjalankan sistem non-partai?

*penduduk minimal 50% dari indonesia

ndableg
28-05-2011, 06:27 AM
List_of_countries_without_political_parties (http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_countries_without_political_parties)

danalingga
28-05-2011, 09:17 AM
List_of_countries_without_political_parties (http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_countries_without_political_parties)

Nggak ada negara besar tuh Bleg. Untuk menganut sistem itu, Indonesia harus bubar dulu, lalu ciptakan negara-negara kecil.

E = mc˛
30-05-2011, 10:14 AM
kalo ga ada parpol, ntar sebeye mau bikin dinasti. pemilu depan ajah sang nyonya mau daftar -_-

Urzu 7
30-05-2011, 02:58 PM
^ abis batasan shibuya maju lagi