PDA

View Full Version : Partai Berlabel Agama, Masih akan Laku ?



keremus
27-05-2011, 11:08 AM
Masihkah partai dengan basis ideologi keagamaan memikat pemilih ?
PKS adalah salah satu contoh partai semacam ini dan terhitung sukses
meraup suara.

Jika pada akhirnya ideologi semua partai adalah Pancasila (dengan muatan
pluralistiknya), bagian mana dari agama yang hendak diperjuangkan partai
semacam ini ?

Persoalan partai berlabel agama adalah harapan orang banyak akan
keunggulan moral-nya (sebenarnya aneh juga : seolah soal moral atau ahlak
semata berhubungan dengan agama).

Diharapkan orang2 yang berteduh di bawah pohon partai berlabel agama
berperilaku lebih baik, sesuai nilai-nilai kebaikan dalam agama, teguh dan
tegas melawan kemungkaran yang mencederai rakyat, memegang amanah.

Kenyataannya, secara umum sama saja : mau berlabel agama atau tidak,
partai kebanyakan berisi orang-orang yang cuma mencari kedudukan dengan
segala tingkah mereka yang merugikan negara.


Atau, sejatinya, semacam PKS, apalagi sekarang, sebetulnya bukan benar2
partai beragama ?

Masihkah rakyat berharap pada partai dengan basis agama tertentu ?

E = mcē
27-05-2011, 11:11 AM
sudah gak musim lihat labelnya. yg penting tuh trek rekor-nya -_-

AsLan
27-05-2011, 11:23 AM
Agama tetap merupakan barang dagangan yg laku, partai berbasis agama pasti akan tetap ada dan tetap memiliki pengikut setia.
Di Forum ini ada juga loh yg benar2 fanatik pada PKS.

Lucunya di gereja saya malah dianjurkan jangan memilih partai berbasis agama kristen,
karena kita tidak mendukung pencampur adukkan Agama-Politik.
Orang Kristen boleh menjadi politikus, tapi tidak boleh membawa2 bendera agama didalam politik... cukup bawa sikapnya, bawa kepribadiannya, bawa kebenarannya, jangan bawa benderanya.

keremus
27-05-2011, 11:24 AM
Tapi rasanya ada partai berbasil agama Nasrani kan ? Tapi tidak masuk parlemen karena gagal mencapai ketentuan
minimal suara ?

deddy
27-05-2011, 11:31 AM
lsekarang tuh yang perlu kita lihat adalah figurnya bukan liat partainya, tapi alhamdulillah angota DPRD dari PKS di wilayahku tergolong yang paling bagus dan dikenal masyarakat sehingga waktu beliau mencalonkan wakil walikota langsung mendapat sambuatan hangat dari masy. jika saja pemilu 2014 gak ada figur yang bagus ya mending golput aja ..... lagian kita gak perlu milih anggota dewan yang dari pusat, krn gak ada untungnya buat kita ....

GiKu
27-05-2011, 11:32 AM
figur sebagus apapun, kalo ud masuk partai harus tunduk pada partai

spears
27-05-2011, 12:34 PM
gw cuman percaya sama Amien Rais. masalahnya AMien Rais gak mencalonkan diri lagi. haruskah saya golput????
blm ada figur yg "nendang" lagi deh kepribadiannya.
semuanya cuman memikirkan kepentingan golongannya aja. rata2 alay. imo.

gw nggak menggeneralisir ya, tp ada tuh temen kost gw, orangnya emang baik budi pekerti..tp dikit2 klo ada berita apa2 pasti ngomongnya "itu orang PKS lho..." , "eh dia kan orang PKS", dll dsb yg semacam itu.
makanya puas banget kmren pas ada kasus nonton bokep tuh org PKS.langsung aja gw bilang "itu orang PKS lhoooooo....."
hahahahaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa....
dia langsung bilang "iya, itu pasti org partai bukan kader..."
halah bs aja ngelesnya...makanya dr awal2 gak usah lebay.
eh,kok malah jadi ngomongin tmn kost gw?
intinya sih partai berlabel agama belom teentu bisa "sebersih" yang kita sangka spt katanya TS
dan contoh ini cuman sbg contoh ya, ga usah di pake buat mendiskreditkan PKS atau apapun.
gw gak menggeneralisir. itu kan cuma "oknum tertentu" :P

lanjut.

AsLan
27-05-2011, 02:25 PM
Tapi rasanya ada partai berbasil agama Nasrani kan ? Tapi tidak masuk parlemen karena gagal mencapai ketentuan
minimal suara ?

Jelas ada partai Nasrani seperti Partai Damai Sejahtera.
Banyak gereja2 tidak mau mendukung partai semacam ini karena tidak sesuai dengan ajaran agama Kristen.

Tapi ada juga orang kristen dan gereja yg mendukung politisasi agama karena kurang paham ajaran kitab suci.

ndableg
27-05-2011, 05:10 PM
tidak sesuai ato tidak menguntungkan..? Kalo menguntungkan, gimana... Di belanda jelas partai kristen termasuk partai besar.. apa mereka melanggar ajaran agama kristen?

ndableg
27-05-2011, 05:18 PM
Tidak ada yg salah dgn partai agama selama itu negara demokrasi. Dalam sistem demokrasi jelas, menarik pengikut adalah tujuannya. Selama agama masih merupakan pandangan hidup orang banyak, maka kehadiran agama dalam pulitik diperlukan sbg penarik. Sama aja dgn bikin acara hiburan pada saat kampanye.. tujuannya menarik orang.

Kemunafikan terjadi ketika si pelaku/aktor politik tidak bisa mempertanggungjawabkan statement2nya, termasuk yg sesuai dgn ajaran agama. Agama menjadi tidak tepat utk diusung dalam sebuah partai ketika pelaku2/aktor2 politik dalam partai tsb TIDAK MAMPU mempertahankan statement2 agama yg diusungnya. So, drpd menjatuhkan nilai agama, mending ga usah ikutan.

AsLan
27-05-2011, 07:11 PM
Di negara2 Eropa memang banyak partai berbasis agama, dan itu tidak benar.

Sekarang begini, apa maksud para politisi membawa2 bendera agama ?

Padahal kalau semua petinggi partai orang beragama yg taat ajaran agama tentu tidak perlu bawa2 bendera agama juga partainya sudah bersih, adil dan jujur kan ?

Tapi kenapa masih harus bawa bendera Agama ?

Alasannya tidak lain karena ingin memanipulasi, atau menjual agama demi ambisi pribadi.

Saya anti dengan orang2 yg suka membawa2 bendera agama untuk urusan duniawi, bisnis pake bendera agama, meraup massa pake bendera agama, perang pake bendera agama, rebutan kekuasaan pake bendera agama.

Sama seperti orang2 yg pake kalung salib gede2...
itu kan karena dia tidak cukup mampu menunjukkan sikap Kristen yg baik makanya pakai kalung salib untuk menipu orang yg melihat.

Kalau orang tersebut benar2 taat beragama, pake kaos oblong pun orang2 sudah tahu bahwa dia orang yg saleh.

eve
27-05-2011, 08:52 PM
setahu gw, awal benih pks itu karena dijadikan sebagai alat untuk bagian dari dakwah tarbiyah. Tapi di kesininya, banyak yang menjadikan pks itu untuk kepentingan sendiri.

gembel
27-05-2011, 08:59 PM
sudah gak musim lihat labelnya. yg penting tuh trek rekor-nya -_-

sepertinya sudah tidak ada partai yang rekornya bagus mbah :mrgreen:

eve
27-05-2011, 09:49 PM
karena memang partai itu sudah gak bagus dari sononya

ndableg
27-05-2011, 10:13 PM
Di negara2 Eropa memang banyak partai berbasis agama, dan itu tidak benar.

Hehehe.. silakan berdebat dgn para anggota partai dan pendeta2nya...
Jelas2 elu belajar kristen dari orang barat..

ndableg
27-05-2011, 10:15 PM
karena memang partai itu sudah gak bagus dari sononya

Yup.. beserta demokrasi nya.. No demokrasi, no partai pulitik..

danalingga
27-05-2011, 10:27 PM
Di negara2 Eropa memang banyak partai berbasis agama, dan itu tidak benar.

Sekarang begini, apa maksud para politisi membawa2 bendera agama ?

Padahal kalau semua petinggi partai orang beragama yg taat ajaran agama tentu tidak perlu bawa2 bendera agama juga partainya sudah bersih, adil dan jujur kan ?

Tapi kenapa masih harus bawa bendera Agama ?

Alasannya tidak lain karena ingin memanipulasi, atau menjual agama demi ambisi pribadi.

Saya anti dengan orang2 yg suka membawa2 bendera agama untuk urusan duniawi, bisnis pake bendera agama, meraup massa pake bendera agama, perang pake bendera agama, rebutan kekuasaan pake bendera agama.

Sama seperti orang2 yg pake kalung salib gede2...
itu kan karena dia tidak cukup mampu menunjukkan sikap Kristen yg baik makanya pakai kalung salib untuk menipu orang yg melihat.

Kalau orang tersebut benar2 taat beragama, pake kaos oblong pun orang2 sudah tahu bahwa dia orang yg saleh.

Ada benarnya juga nih. Kalo dari pengalaman selama ini memang yang terjadi begitu, Agama pada akhrinya bukan menjadi landasan berpolitik melainkan cuma alat untuk meraih dukungan. Dalam kata lain Agama diperalat para politikus tersebut.

Ronggolawe
27-05-2011, 10:41 PM
Saya anti dengan orang2 yg suka membawa2 bendera agama untuk urusan duniawi, bisnis pake bendera agama, meraup massa pake bendera agama, perang pake bendera agama, rebutan kekuasaan pake bendera agama.
kalau loe (dan ajaran gereja yang loe ikuti) konsisten, maka
seharusnya loe ngga boleh bersikap anti dengan orang-orang
yang membawa ajaran agama dalam urusan duniawi (politik).

Itu artinya loe (dan ajaran gereja yang loe ikuti) telah ikut
campur menentukan mana yang boleh dan mana yang tidak
dalam berpolitik.

AsLan
27-05-2011, 11:42 PM
kalau loe (dan ajaran gereja yang loe ikuti) konsisten, maka
seharusnya loe ngga boleh bersikap anti dengan orang-orang
yang membawa ajaran agama dalam urusan duniawi (politik).

Itu artinya loe (dan ajaran gereja yang loe ikuti) telah ikut
campur menentukan mana yang boleh dan mana yang tidak
dalam berpolitik.


Yang ya katakan ya, yang tidak katakan tidak.
Kalo ada yg gak bener ya gw bilang gak bener, beres.

Sauron
27-05-2011, 11:55 PM
Soalnya, ada agama yang satu paket dengan politik, ada juga yang dijual terpisah.
Nah, repotnya kadang-kadang ga bisa dibedain, sikap seorang politikus itu berlandaskan agama atau politik?
Terus, yang dipakai hukum yang mana?

Gimanapun juga, sebuah ideologi (agamis/nasionalis/komunis) tetap ada aja penggemarnya. :)

ndableg
28-05-2011, 12:32 AM
Agama pada akhrinya bukan menjadi landasan berpolitik melainkan cuma alat untuk meraih dukungan. Dalam kata lain Agama diperalat para politikus tersebut.

Dalam demokrasi ya pasti begitu..

danalingga
28-05-2011, 09:15 AM
Dalam demokrasi ya pasti begitu..

Ya, ya... demokrasi itu memang sumber dosa. Ayo kita bante demokrasi. :lol:

XimenQing
16-06-2011, 12:18 PM
kalo berwacana dari survey suara merdeka yang dipublikasikan metroTV kemaren lusa, rasanya partai berbasis agama masih akan laku koq. toh menurut hasil survey generasi muda indonesia masih memiliki jiwa religius yang tinggi, kita tetap berketuhanan yang maha esa dan sudah jadi rahasia umum kalo menu pencitraan + character kharismatik yang biasa digunakan partai-partai berbasis agama dan nasionalis cenderung lebih laku di masyarakat

Yitzhak Avram
18-09-2011, 04:08 PM
ya pasti masih laku lah. tergantung gimana cara masarinnya aja.