PDA

View Full Version : Saldo Minimum Bank Mandiri



E = mc˛
26-05-2011, 06:15 PM
Sebagai bank pelat merah, Bank Mandiri seharusnya memberikan pelayanan maksimal kepada setiap nasabahnya. Namun sayang, nasabah Bank Mandiri justru merasakan sebaliknya. Kejadian ini menimpa seorang nasabah yang mengeluhkan rendahnya pelayanan Bank Mandiri, lewat supucuk surat kepada Monitor Indonesia, Rabu (18/5/2011).

DALAM surat itu, nasabah yang mengaku bernama Oci mengungkapkan Bank Mandiri menetapkan batas minimal saldo dari Rp50.000 menjadi Rp100.000 tanpa ada pemberitahuan terlebih dulu. Akibatnya, ketika ia akan menarik uang tunai, tercekal oleh mesin ATM.

Ini Dia Surat Lengkapnya:

Saya nasabah Bank Mandiri yang aktif sejak 2009. Alangkah terkejutnya saya ketika mau menarik uang tunai dari ATM di kawasan Tebet, Senin (9/5/2011) sore. Rencananya, saya ingin menarik uang sebesar Rp 1 juta, karena berpikir saldo saya masih mencukupi. Apa boleh buat, kalimat ‘saldo Anda tidak mencukupi’ muncul di layar ATM itu. Padahal, saldo saya saat itu masih di atas Rp 1.066.000

Saya lantas bingung, sebab sebelumnya saldo minimal di Bank Mandiri adalah Rp 50.000. Itu artinya, jika saya menarik uang Rp 1 juta, maka sisa saldo saya adalah Rp 66.000. Anehnya, niat itu ternyata tidak lagi bisa dipenuhi, karena sisa saldo minimal ternyata sudah berubah menjadi Rp 100.000. Mau tidak mau, saya menyerah dan pasrah menarik uang sebesar Rp 950.000. Maka saldo yang tersisa adalah Rp 116.000.

Kebetulan, seusai menarik uang itu, tiga orang petugas ATM yang mungkin ingin menambahkan pasokan uang ke dalam ATM itu, berpapasan dengan saya. Saya lantas bertanya kenapa saya tidak bisa mengambil uang sebesar Rp 1 juta. Petugas itu menjawab bahwa saldo minimal yang berlaku saat ini adalah Rp 100.000.

Kalau sudah begini, Bank Mandiri telah melakukan pembohongan sekaligus penipuan terhadap nasabahnya sendiri. Sebab setahu saya, tidak pernah ada pengumuman perubahan saldo minimal, baik lewat SMS, surat, atau iklan di media massa. Dengan demikian, masih layakkah Bank Mandiri dipercaya?

Apalagi, dengan naiknya jumlah saldo minimal, itu berarti Bank Mandiri dengan seenaknya bisa memanfaatkan uang tersebut untuk keperluannya sendiri. Selama saya tidak mampu menambah jumlah saldo minimal itu, maka selama itu pulalah Bank Mandiri bisa memanfaatkan dana itu. Jika nasabah seperti saya misalnya berjumlah satu juta orang, maka berapa banyak dana yang parkir di Bank Mandiri? Ke mana saja uang itu digunakan?

Semoga lewat surat ini, pihak Bank Mandiri bersedia memberikan penjelasan yang detail tentang masalah di atas.

■ Ishak H Pardosi

sumber: http://monitorindonesia.com/2011/05/...eenak-sendiri/

_____________________________________


Tanggapan dr Bank Mandiri:
akarta - Menanggapi pengaduan dari Bapak Erick di Situs Detik.Com tanggal 5 Mei 2011 mengenai "Saldo Minimal di Bank Mandiri", dengan ini kami sampaikan terima kasih atas masukan yang Bapak Erick berikan dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami.

Peningkatan saldo minimal Mandiri Tabungan merupakan penyesuaian dengan kondisi pasar saat ini dimana rata-rata saldo minimal perbankan berkisar antara Rp. 100 ribu s.d Rp. 1 Juta. Di samping itu penyesuaian saldo minimal Mandiri Tabungan sejalan dengan upaya peningkatan kualitas layanan untuk nasabah.

Bank Mandiri juga menyediakan jenis tabungan lain yang memiliki ketentuan saldo minimal lebih rendah yaitu Mandiri Tabungan Kapel dan TabunganKu, yang diperuntukan bagi karyawan dan pelajar.

Bank Mandiri telah dan akan terus melakukan perbaikan agar dapat memberikan layanan prima kepada seluruh nasabah Bank Mandiri.

Apabila masih terdapat pertanyaan ataupun saran yang ingin disampaikan, selain dapat menghubungi Customer Service kami yang akan membantu melalui Mandiri Call layanan 24 jam di nomor 14000, Bapak Erick juga dapat menghubungi kami melalui website www.bankmandiri.co.id dengan memilih menu contact us atau langsung melalui email customer.care@bankmandiri.co.id.

Demikian kami sampaikan, terima kasih atas perhatian Bapak.


Sukoriyanto Saputro
Corporate Secretary
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

apakah etis jika Bank tiba2 naikin saldo minimum 100rb tanpa pemberitahuan? terus artinya jika kita tutup rekening, 100rb itu milik bank? lha? berapa puluh ribu nasabah BM, dan berapa "keuntungan yang dikeruk"?

Terus, di surat tanggapan dr pihak Bank, kok di surat balasannya tidak menyampaikan permintaan maaf karena telah mengubah kebijakan sepihak tanpa pemberitahuan yang cukup terlebih dahulu. cuma ada permohonan maaf atas ketidaknyamanan. terlihat seakan mandiri sudah merasa benar dengan kebijakannya dan merasa itu bukan sebuah kesalahan. :mikir:

gogon
26-05-2011, 06:23 PM
Peningkatan saldo minimal Mandiri Tabungan merupakan penyesuaian dengan kondisi pasar saat ini dimana rata-rata saldo minimal perbankan berkisar antara Rp. 100 ribu s.d Rp. 1 Juta. Di samping itu penyesuaian saldo minimal Mandiri Tabungan sejalan dengan upaya peningkatan kualitas layanan untuk nasabah.
sumpe loh?
BCA masih ceban khan?
trus bank2 lain rata-rata masih 50rb?

bank mana yg saldo minimalnya di atas 100rb? bahkan sampe 1jt
coba sebutin
::elaugh::


temen2 kantor gw memang banyak yg menggerutu mengenai kenaikan saldo minimum ini
tapi rata2 cuma pasrah saja.

E = mc˛
26-05-2011, 06:29 PM
^ kalo buat mahasiswa kan berarti banget ::elaugh::

*ngelirik status FB temen yg misuh2 ampe nyoba ke-4 atm karena dikira error, coz saldonya yg tinggal 135rb ga bisa ditarik duidnya :cengir:

etca
26-05-2011, 06:47 PM
Weks gw baru tau.
Gw malah ada rencana nutup akun mandiri,
lalu buka baru gara2 buku tabungan ilang n males ngurus surat hilang k kepolisian.
Kalo kek gini ya eman juga.

Porcelain Doll
26-05-2011, 07:08 PM
sadis emang...dulu aja 50 rb berasa sakit hati banget kalo pas lagi butuh...
ini 100 rb pula....:kesal:

E = mc˛
26-05-2011, 07:11 PM
padahal udah ada biaya administrasi yg suka dipotong tiap bulan itu yah? -_-

eve
26-05-2011, 07:36 PM
temen kemaren juga mencak2 gara2 tiap sms dari mandiri dikenakan biaya langsung potong pulsa.

deddy
26-05-2011, 07:46 PM
Bank mandiri harus didemo nih sumpeh baru tahu gw kalo saldo minim 100rb tp ya gimana lg la wong salarynya lewat bank itu .....

ancuur
26-05-2011, 07:58 PM
kyknya sih.. kartu hrs sering di check.. krna klo sudah gak ada saldo bakal kena banned :D so hrs bikin kartu baru lagi.. makanya klo mau transaksi hrs chek kartu dulu.. jgn sampe uang di trf ke account.. gak taunya kartunya udah gak aktip...

kyknya ini berlaku bagi semua bank... :mikir:

nodivine
26-05-2011, 08:57 PM
yakin nih semua bank? wah musti tanya BCA dong..tapi kayaknya Danamon ga tuh?

gembel
27-05-2011, 06:18 AM
Bank mandiri harus didemo nih sumpeh baru tahu gw kalo saldo minim 100rb tp ya gimana lg la wong salarynya lewat bank itu .....

tunai aja mbah :mrgreen:

komporminyak
27-05-2011, 10:42 AM
bank mandiri di kota kabupaten luar jawa lebih gampang ditemui daripada BCA.
atm keknya juga banyakan yang cepek ya?
PNS yang gajinya ditransfer, banknya apaan? jangan2 mandiri juga.
makanya itu yang menjadikan dia PD saldo minim 100rebu.

E = mc˛
27-05-2011, 10:59 AM
kayaknya skrg banyak ATM yg nominalnya 100rb. duh, jadi boros gara2 atm segituh nominalnya -_- (apakah ini kesengajaan agar masyarakat konsumtif :-? ) :P

spears
27-05-2011, 11:23 AM
iya, pas masih di jkt banknya MANDIRI, pas pindah ke sby jadi BNI

spears
27-05-2011, 11:23 AM
ha?jawaban Bank Mandiri cuman segitu aja?????????????????????
trus ga da kelanjutannya nih?

komporminyak
27-05-2011, 12:29 PM
iya, pas masih di jkt banknya MANDIRI, pas pindah ke sby jadi BNI

pantesan. soalnya kawan gw yang PNS juga banknya mandiri,
kalau dijumlah aja, minimal PNS + beberapa kantoran yang gajiannya pake Mandiri,
bakalan terpaksa emang harus pake mandiri kan? ::elaugh::

btw BCA masih saldo minimalnya bisa nol ya?
::elaugh::

Urzu 7
27-05-2011, 02:15 PM
Awal buka min 500 rebu saldo minimal 50rb kalo sekarang 100 rebu yg pindah aja ke bank lain

BundaNa
27-05-2011, 04:24 PM
BCA masih minimal saldo 10ribu...dan BCA pun sudah masup sampe kota kabupateb...FYI

Di Mandiri Blora ada pengumuman yang ditempel tentang kenaikan saldo minimal, pas nutup tabungan bisa ditarik semua selama ada buku tabungan, udah nanya ke CSnya. Kalau minta programn tabungan bisa gak ya? terus terang saya gak begitu suka sama tabungan mandiri, terlalu besar biaya administrasinya. Kalau gak gara2 suami pake mandiri biar transfernya gampang, pengen deh tetep pake yang BCA. BRI juga saldo minimalnya 100rebu kog...perlu didemo neh

E = mc˛
27-05-2011, 04:27 PM
laporan temen, sy copas

sbnernya waktu hr selasa kmrn (24-05-11), awak pergi ke bank mandiri bwt transfer uang, eh di meja transaksi (meja teller) ada pngumuman (brosur berdiri, entah dinamain apa awak ndak tw) ada pngumuman (seinget awak kek gni):
"mulai tanggal 1 Mei 2011, saldo minimal ditetapkan Rp 100.000 & bla... blaa... bla..."
nah masalahnya itu, bgmn dgn nasabah lain yg jarang ato skali2 dtg k bank, yg artinya tdk tw akan peraturan baru tersebut?
aplgi pengumunan itu ada di lembaran yg seukuran A4?
nasabah yg sedang brtransaksi pun belum tentu menyadari akan peraturan itu (kcuali klo ngantri pjg, trus lirik2 kmn2 lalu mlihat pngumuman itu) + petugas bank (termasuk satpam pun ga ada yg ngasih tw apa2...

kesimpulan dr awak, yah wajar pelanggan mengeluh dan berkata macam2, toh sosialisasi pun "hanya" ada di meja teller...
pngumuman pun takada di mesin ATM yg umumnya nasabah mlakukan transaksi di mesin ATM

sy sebagai org yg tak pernah dtg ke masuk ke-bank (selalu ke ATM doang) kayaknya harus apdet jika suatu saat bank2 tempat rekening saya naikin saldo ngedadak -_-

indraprime
27-05-2011, 05:07 PM
saldo BCA saya saat ini sebesar Rp. 950,-. BCA masih bersahabat lah urusan saldo minimum ::elaugh::

(gak pernah percaya simpen uang di bank, mending di bawah kasur) ::elaugh::

spears
27-05-2011, 05:33 PM
Tp mau gmana lagi? Skrg Mandiri udah mulai menggeser BCA. Kantor2 swasta juga udah byk yg beralih dr BCA ke Mandiri.
Kalo kantor pemerintah rata2 malah Mandiri.
Krn Mandiri emg paling enak. Atm nya ada di mana2..gampang di tarik di atm mana aja..
Mau transfer ke rek lain yg bukan mandiri juga gampang.
Beda ama BCA.
Cuman satu kekurangannya, blm ada app buat blackberry :D
Klo BNI kan udah ada.jd lebih gampang mau ngapa2in.

Sbnrnya pengen pindah bank syariah,tp suka males ngurus2 ke Bank nya :D pake yg ada aja dululah

Ariti
27-05-2011, 05:46 PM
mininum saldo 100rb?

wah
jaman dulu gw pake bni, saldonya 20rb boleh kok, dan ada atm yg bisa narik 20rban

skrg sih dah ga pernah urusan sama atm2
pake buku aja
1 buku tabungan
1 buku trasnfer gaji

begitu gajian, lsg diambil semua

dprd kena biaya2 ga jelas, dan repot cari2 atm klo udha kepepet tengah2 malem

atm itu ga praktis, resiko patah lah, ga ketemu atm bank nya lah, ilanglah...apalagi 100rb buat mahasiswa itu kan lumayan banget

gogon
27-05-2011, 06:01 PM
..

atm itu ga praktis, resiko patah lah, ga ketemu atm bank nya lah, ilanglah...apalagi 100rb buat mahasiswa itu kan lumayan banget

trus yg praktis tu apa Mba,
bawa2 uang banyak ke mana-mana?

Ariti
27-05-2011, 06:12 PM
uang?
ah saya kemana kemana bawa cinta maz :D

ul.malik
27-05-2011, 06:50 PM
lho selama ini gw kira jumlah uang yang muncul di atm itu udah dipotong sama minimal saldo, soalnya waktu gw di suruh ambil duit pake atm bos ce ad selisih 2,5jt ama duit yang di buku tabungan karena emang saldo minimalnya 2,5jt.

BundaNa
28-05-2011, 10:46 AM
buat mandiri blum, tapi bca udah...gak tau bank lain...baru ada rekening dui dua bank itu aja...apa perlu beralih ke BRI ya? hmmmm

Kalem
28-05-2011, 11:39 PM
Bung Hatta, "koperasi adalah soko guru perekonomian Indon"

ancuur
29-05-2011, 03:38 AM
bank memang hanya buat orang yg punya duit banyak...

PERMANDYAN
29-05-2011, 04:30 AM
Akoe djoega tidak soeka sama taboengan di bank, tjoema kerana gadjian melaloei bank makanja terpaksa poenja nomor rekening, apalagi kalaoe menarik, djika tarik toenai tampa memakai atm, djika tarikan dibawah dari liama djoeta kena biaja,
bank mandiri oh bank mandiri.......

etca
03-06-2011, 01:07 PM
eh iya gitu? setiap narik dikenakan biaya?
baru tahu :D
ini maksudnya tarik via ATM kena biaya atau tarik tanpa ATM yang kena biaya?
yang kode 57, dipotong 1000 itu?
kalau kode 57, dipotong 9000 bukannya administrasi ya?

critanya buku tabungan gw ketemu,
trus gw tadi ke mandiri, memanfaatkan cuti bersama boww,
ngurus token internet banking, akhirnya dapat juga.
pas mau cetak buku sekalian, baru ngeh kalau terakhir ke bank mandiri tahun 2009 bulan sembilan

eh kok gw pake didenda 5000 segala?
apa karena gw blas ga ngeprint selama hampir 2 tahun?
padahal tetap dimasukin duit ama transaksi.
hiyaaaaaaaa tadi ga diteliti langsung main masukin aja ke tas,

halagh..

etca
03-06-2011, 01:18 PM
oh ya mau nambahin, BCA masih bisa kuras duit kok,
soalnya kemarin sempat diminta transfer 10rebu doank ke rekeningnya anak produksi,
buwat dia ambil 50rebu,
maklum pas tanggal tuwir..

Urzu 7
03-06-2011, 01:44 PM
Saldo minimum gitu kalo bln depannya masih ga diisi otomatis tutup rekening ga?

BundaNa
03-06-2011, 04:26 PM
maksimal sampe 6 bulan gak ada transaksi, rekening ditutup

Yoona
11-02-2014, 05:19 PM
kesal deh.. baru tau kalo ada peraturan saldo minimal 50 USD, mandiri lgsg nutup rekening nasabah ya..::grrr::
dan tanpa pemberitahuan.

Kayanya 50 USD bukan duit deh jadinya.

yanwok
12-02-2014, 08:24 AM
sumpe loh?
BCA masih ceban khan?
trus bank2 lain rata-rata masih 50rb?

bank mana yg saldo minimalnya di atas 100rb? bahkan sampe 1jt
coba sebutin
::elaugh::


temen2 kantor gw memang banyak yg menggerutu mengenai kenaikan saldo minimum ini
tapi rata2 cuma pasrah saja.

BCA klo cek saldo di ATM otomatis sudah dikurangi 10rb...

etca
12-02-2014, 10:05 AM
BCA klo cek saldo di ATM otomatis sudah dikurangi 10rb...
mosok ah..

setahu gw,
kalau cek saldo di atm bersama kena biaya adminsitrasi Rp. 3.000,-
Kalau transaksi di atm bersama kena biaya administrasi Rp. 5.000,-

Kalau cuma cek saldo dari atm BCA, m-banking ataupun internet banking ga dikenakan biaya.
Demikian informasinya, sekian.

-mantan CS BCA- ;D




kesal deh.. baru tau kalo ada peraturan saldo minimal 50 USD, mandiri lgsg nutup rekening nasabah ya..::grrr::
dan tanpa pemberitahuan.

Kayanya 50 USD bukan duit deh jadinya.

welkam Yoona, kok 50 USD yak, gede amat...
posting2 di tempat lain juga ya Yoona, salam kenal ::bye::

yanwok
12-02-2014, 02:36 PM
Maksudnya informasi saldo klo cek di web (www.klikbca.com) sama ATM selalu selisih 10rb. Dengan maksud kita tetep bisa ambil semua uang di ATM, karena memang saldo minimumnya udah di keep sama doi.

Porcelain Doll
12-02-2014, 08:56 PM
mosok ah..

setahu gw,
kalau cek saldo di atm bersama kena biaya adminsitrasi Rp. 3.000,-
Kalau transaksi di atm bersama kena biaya administrasi Rp. 5.000,-

Kalau cuma cek saldo dari atm BCA, m-banking ataupun internet banking ga dikenakan biaya.
Demikian informasinya, sekian.

-mantan CS BCA- ;D





welkam Yoona, kok 50 USD yak, gede amat...
posting2 di tempat lain juga ya Yoona, salam kenal ::bye::

cek saldo kalo m-banking kena 500 kok, ca
kalo transaksi kena 1000

etca
12-02-2014, 09:54 PM
m-banking kan kena biaya operator, kalau telkomsel emang Rp. 500,-
itu potong dari biaya pulsa atau saldo?
*ga pernah merhatiin sih