PDA

View Full Version : Kromoenglish



ndableg
23-06-2014, 08:27 PM
Dulu suka ngetawain kawan2 dari jawa yg bicara bahasa inggrisnya medok.
Eh.. ternyata punya idola ngomong bahasa inggrisnya medok juga (Jokowi).
Jadi ga tega. Malah justru berbalik, menurut gw, ini seharusnya jadi kebanggaan, spt layaknya orang afrika/jamaika bangga dgn pidgin englishnya, singapura dgn singlish, malaysia dgn manglish, dan india, jepang, dan chinese dgn logat khasnya. Dari cara ngomongnya, kebanyakan orang langsung tau dari mana mereka berasal.

Tapi kromoenglish kurang terkenal.. mungkin karena kita sbg orang indonesia atau orang jawa khususnya merasa malu sendiri mendengar logat itu, dan reaksinya malah mentertawakan sendiri. Dan indonesia pun kehilangan salah satu identitasnya di dunia.

SEmpet berdebat sama nyokap, nyokap justru pro yg harus berbahasa inggris dgn logat spt orang inggris/amerika.

Bagaimana dgn kalian? Suka ngetawain? Atau memaklumi?

neofio
23-06-2014, 09:08 PM
kalo dgn pengucapan bhs inggris digabungkan logat daerah tidak mengubah/merusak bhs inggris (seperti intonasi). oke2 aja tuh

dulu saya punya dosen berasal dari eropa timur, dia bisa 4 bahasa asing (rusia, rumania, perancis & inggris) plus bhs indonesia n bhs sunda, dia bisa menyesuaikan dialek/logat sesuai bhs yg diucapkan, misalnya bhs perancis dgn logat perancis atau bhs rusia dgn logat rusia (logat moskow atau st petersburg), termasuk juga dialek bhs sunda yg nyunda banget (suaminya dari Garut)

::hihi::

mbok jamu
23-06-2014, 09:08 PM
Maklum, soalnya sudah biasa, banyak temen orang Jawa di kampung sini. Justru kalau mbok dan hubby nongkrong dengan mereka, kita pakai kromoenglish, biar pak mbok juga ngerti.

Mbok justru ndak suka dengan aksen yang keinggris-inggrisan atau keamrik-amrikan, it just sounds weird kalau ndak keluar dari orang yang lahir dan besar di sana.

Betapa seksihnya aksen Antonio Banderas atau Ken Watanabe. ::cabul::

kupo
23-06-2014, 09:18 PM
logat medok, sepanjang tata bahasanya benar ... kalau buat saya malah bikin lebih gampang didengar daripada cara bicara orang amerika yang "nggerenyem" dan cenderung harus pakai konsentrasi penuh buat ngedengerinnya... ::oops:: ... tapi itu mungkin cuma kmasalah kebiasaan ya..

neofio
23-06-2014, 09:29 PM
seperti di film blood sport

" you are neks "

http://renegadecinema.com/wp-content/uploads/2013/06/boloyeung-bloodsport-650x400.jpg

::hihi::


aksen bhs inggris yg diucapkan oleh orang irlandia dan orang ingris pun beda atau bhs ingris yg diucapkan oleh orang india

Ronggolawe
23-06-2014, 09:45 PM
http://www.youtube.com/watch?v=hI2LF37PrqU

1:16 "Rahul Iyem going"

ndableg
23-06-2014, 10:10 PM
kalo dgn pengucapan bhs inggris digabungkan logat daerah tidak mengubah/merusak bhs inggris (seperti intonasi). oke2 aja tuh

dulu saya punya dosen berasal dari eropa timur, dia bisa 4 bahasa asing (rusia, rumania, perancis & inggris) plus bhs indonesia n bhs sunda, dia bisa menyesuaikan dialek/logat sesuai bhs yg diucapkan, misalnya bhs perancis dgn logat perancis atau bhs rusia dgn logat rusia (logat moskow atau st petersburg), termasuk juga dialek bhs sunda yg nyunda banget (suaminya dari Garut)

::hihi::

Oh ya dulu jg ada temen ngomong pake logat banten. Bukan one euro tapi erok.

neofio
26-06-2014, 09:27 PM
betul kata om kupo "kebiasaan"

apa lagi orang indonesia yg bisa/mahir bhs inggris di tempat kursus/sekolah pasti sudah mengalami "mendengar/mengucapkan di tempat pendidikan seperti di Lab bahasa

setelah lulus balik lagi ke ibu pertiwi

::ungg::

TheCursed
26-06-2014, 10:04 PM
Huh, Kromenglish ? No love for Nyablenglish(English-nyablak, AKA English logat Betawi) ?
Indonesia nggak cuma jawa, lho. Yang pernah gue denger aja, selain Kromenglish, ada Sundenglish, Bajrenglish dan, tentunya, Chinglish.
;D

kandalf
27-06-2014, 10:11 AM
Trus maksudnya apa? Buat membanggakan identitas?
Menurutku, bahasa itu yang penting untuk komunikasi.
Kalau pakai Bahasa Inggris tetapi pakai logat sehingga susah dipahami, lalu untuk apa?

Tetapi selama tidak merusak komunikasi sih tak apa-apa.

ndableg
27-06-2014, 09:39 PM
Biar yg ga bisa logat amerika/english ga malu dong.. biar pada percaya diri. Kalo ngomong inggris diketawain, jadi rendah diri.
Identitas bukan dibanggakan, tapi diperlukan.

cha_n
28-06-2014, 07:56 AM
kalo aku setuju kun, yang penting bisa komunikasi

ndableg
28-06-2014, 11:22 PM
Justru itu, biar ga bisa logat bule, yg penting bisa komunikasi.

jakhost
19-12-2015, 10:15 AM
komunikasi lancar dan ngerti, walaupun medok :D

JOSERENTCAR
25-06-2016, 10:28 PM
suka sih tapi di daerah kita juga banyak jawanya