PDA

View Full Version : Stephen Hawking: Surga Itu Hanya Cerita Bohong



E = mc²
17-05-2011, 04:06 PM
http://image.tempointeraktif.com/?id=32943&width=274

TEMPO Interaktif, London - Dalam wawancara eksklusif dengan harian The Guardian, kosmolog dan ahli fisika Stephen Hawking menepis anggapan adanya surga.

Hawking mengatakan kepercayaan mengenai surga atau kehidupan setelah mati adalah "cerita bohong" bagi orang-orang yang takut mati.

Sebagai penegasan penolakannya terhadap nilai keagamaan, ilmuwan paling terkenal asal Inggris ini mengatakan tidak ada masa setelah otak kita berhenti bekerja.

Hawking yang didiagnosis menderita penyakit motor neurone ketika usianya 21 tahun ini juga mengungkapkan pendapatnya mengenai kematian, tujuan hidup manusia, dan peluang keberlangsungan hidup manusia.

Penyakitnya yang tidak bisa disembuhkan diperkirakan bakal mencabut nyawa Hawking. Namun, masa depannya yang dianggap suram tersebut justru membuat Hawking lebih menikmati hidup.

"Saya telah hidup dengan ancaman mati lebih dini selama 49 tahun. Saya tidak takut mati. Tetapi, saya tidak buru-buru mau meninggal. Saya masih mau melakukan banyak hal," ujar Hawking.

"Saya mengibaratkan otak sebagai sebuah komputer yang akan berhenti ketika komponennya rusak. Tidak ada surga atau kehidupan setelah mati bagi komputer-komputer yang rusak. Itu hanya cerita bohong bagi orang yang takut kegelapan," tambahnya.

Komentar Hawking tersebut sejalan dengan pendapatnya pada bukunya yang terbit pada 2010, The Grand Design. Di buku itu, Hawking menegaskan tidak perlu Sang Pencipta untuk menjelaskan keberadaan alam semesta. Buku tersebut memicu kecaman dari para pemimpin agama termasuk Rabbi Lord Sack. Sack menuding Hawking memiliki logika mendasar yang keliru.

Hawking, 69 tahun, menderita sakit keras setelah ceramah keliling Amerika Serikat pada 2009. Ia pun dilarikan ke Rumah Sakit Addenbrookes sehingga memunculkan kekhawatiran akan kesehatannya. Sejak itu, ia kembali ke Cambridge sebagai direktur penelitian.

River
17-05-2011, 04:16 PM
yah, emang ga ada yang bisa buktiin sih kalu surga itu ada.. atau ga ada
percaya ga percaya aja deh.. :ngopi:

gembel
17-05-2011, 04:31 PM
hak dia untuk percaya/tidak. intinya dia sudah menggunakan otak untuk berpikir.

eve
17-05-2011, 05:46 PM
kasihan.. Semoga dia bisa disembuhkan...

Urzu 7
17-05-2011, 10:15 PM
semoga dia ketemu alien idolanya dulu sebelum pergi

ndugu
18-05-2011, 10:00 AM
salut dengan kejujuran pada dirinya sendiri :mrgreen:

AsLan
21-05-2011, 04:43 PM
Kali ini Hawking berdusta...

Hawking tidak tahu, tidak dapat membuktikan surga itu ada atau tidak ada.

Sama seperti kalau saya punya sebuah kotak dan saya katakan didalam kotak itu ada uang seribu rupiah, kalau ada orang yg berkata bahwa dia tahu didalam kotak itu pasti tidak ada uangnya, orang itu berbohong karena sebenarnya dia tidak tahu.

Yang benar adalah orang yang percaya didalamnya ada uangnya dan orang yg tidak percaya didalam ada uangnya, karena semua orang tidak bisa membuktikannya maka semua hanya terbatas pada kepercayaan.

Orang yg berkata bahwa ia tahu tapi sebenaranya tidak tahu, dia telah berbohong.

Sauron
22-05-2011, 09:44 AM
Mungkin ga, surga dan neraka itu cuman kiasan? Sebuah simbol? :mikir:

E = mc²
22-05-2011, 09:48 AM
kiasan apa Om? jadi pahala dan dosa juga kiasan dong? :cengir:

ndableg
22-05-2011, 04:20 PM
Mungkin maksudnya dia, surga itu ga usah dibesar2kan..

gogon
23-05-2011, 03:03 PM
Hawking benar..
Tidak ada surga atau kehidupan setelah mati ..



























... bagi komputer2 yang rusak ::elaugh::

Urzu 7
23-05-2011, 09:51 PM
hawking mungkin percaya kalo surga itu ada kalo diciptakan alien

hajime_saitoh
13-06-2011, 12:09 PM
ahh si hawking memang gitu orangnya.. wong dia cmn mengandalkan otaknya doank.. padahal otak itu sebagaimana mata memiliki batsan dan tak mampu mencerna hal2 tentang afterlife... besok aja kita buktikan setelah kita pada mati

AsLan
13-06-2011, 03:23 PM
Jangan terlalu keras men judge Hawking.
Kita lihat bagaimana kesehatan tubuhnya sangat buruk, pasti dia pernah berpikir kalau di dunia ini seandainya ada Tuhan yg katanya baik dan maha kuasa, masa ia hidup menderita seperti itu? Sehingga ia menjadi skeptis.

Sebetulnya yang lebih parah adalah orang2 yg sehat dan mendapat banyak berkat, tapi tetap durhaka kepada Tuhan, orang2 semacam itu akan mendapat penghakiman lebih besar daripada Hawking.


besok aja kita buktikan setelah kita pada mati

Bisa jadi Hawking malah mendapat pengampunan dan penghiburan dari Tuhan setelah dia mati, karena dia telah menanggung penderitaan berat selama dia hidup. siapa tahu...

gembel
13-06-2011, 04:41 PM
masa sih si Hawking kgk pernah ngerasain sorga dunia :kacamata:

MoodPecker
27-06-2011, 03:00 PM
Gw lebih menganut paham kelahiran kembali daripada surga/neraka. Memang kedua paham tersebut gak bisa gw buktikan, tapi dari hasil gw baca2, paham kelahiran kembali lebih bisa diterima daripada paham surga/neraka. Kelahiran kembali masih bisa dibuktikan dengan hipnosis regresi (walaupun gak yakin juga itu benar2 penglihatan regresif atau cuma khayalan) dan ada kasus2nya, sedangkan surga/neraka nyaris gak ada kasusnya, kalaupun ada itu ujung2nya kayak promosiin agama sendiri yang malah bikin gw makin skeptis.

Setuju dengan Sauron, ada kemungkinan surga neraka hanya simbol. Surga itu simbol dari kelahiran kembali dengan kondisi yang indah (lahir jadi anak cerdas, tajir, hidup nikmat, dsb.) dan neraka simbol dari kelahiran dengan kondisi yang tidak menyenangkan (lahir cacat, uda punya penyakit, atau sedih terus).

jaga_manis
29-06-2011, 10:38 AM
sufi termasyhur jalaluddin rumi mengakatan kita sdh mati berkali kali dan akan hidup berkali kali lagi hingga dalam bentuk yg tak bisa di bayangkan.

"Aku mati sebagai mineral dan menjelma sebagai tumbuhan, aku mati sebagai tumbuhan dan lahir kembali sebagai binatang. Aku mati sebagai binatang dan kini manusia. Kenapa aku harus takut? Maut tidak pernah mengurangi sesuatu dari diriku. Sekali lagi, aku masih harus mati sebagai manusia, dan lahir di alam para malaikat. Bahkan setelah menjelma sebagai malaikat, aku masih harus mati lagi; Karena, kecuali Tuhan, tidak ada sesuatu yang kekal abadi. Setelah kelahiranku sebagai malaikat, aku masih akan menjelma lagi dalam bentuk yang tak kupahami. Ah, biarkan diriku lenyap, memasuki kekosongan, kasunyataan Karena hanya dalam kasunyataan itu terdengar nyanyian mulia; “Kepada Nya, kita semua akan kembali” ***

gogon
30-06-2011, 12:20 PM
afaik sufi tidak pernah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.
gerakan sufi baru ada beberapa abad setelah Nabi wafat, tepatnya ketika islam mengalami masa kejayaan dan kemasyhuran
sufi diciptakan sebagai teguran/sindiran terhadap umat islam yang terlalu mengejar kejayaan duniawi.

jadi ya mungkin orang sufi yang sudah memiliki tingkat spiritualis tinggi, suka menghasilkan karya2 yg sulit dipahami.. dan harus ditafsirkan
mirip seperti ajaran syekh siti jenar (mati itu hidup, hidup itu mati)


dua baris karya di atas sepertinya mengisahkan jalan hidup jasad. Manusia sebagai jasad.
selebihnya, dunia ruh mungkin?
wallahu a'lam.

tsu
25-08-2011, 02:30 PM
IMO gak masalah om Hawking ngomong gitu, asal..... ada bukti nya, dia kan cendikia, harusnya klo ngomong pake bukti dong

klo nggak pake bukti, namanya curhat :D

E = mc²
25-08-2011, 03:36 PM
^ kan dia udah nulis dan nyusun teori sendiri. artinya dia gak curhat, coz dia punya "bukti" yg kemudian dia yakini :D

EndlessDeath
25-08-2011, 04:29 PM
Semoga hawking bisa menyelesaikan mesin waktu sebelum dia meninggal.

nick naylor
25-08-2011, 06:33 PM
Itu yang ngomong si Stephen Hawking apa "mesin-ngomong"nya itu?

Jangan-jangan ada yg ngehack kursi rodanya. ::oops::

feriferari
21-09-2011, 05:06 PM
ntu mukanya aja ga jelas.. kayak jurang antara neraka dan surga.. wwkwkwk.. ::hohoho::

ndugu
24-09-2011, 07:05 AM
Itu yang ngomong si Stephen Hawking apa "mesin-ngomong"nya itu?

Jangan-jangan ada yg ngehack kursi rodanya. ::oops::
:lololol: :lololol:

purba
24-09-2011, 10:50 PM
Kali ini Hawking berdusta...

Hawking tidak tahu, tidak dapat membuktikan surga itu ada atau tidak ada.

Sama seperti kalau saya punya sebuah kotak dan saya katakan didalam kotak itu ada uang seribu rupiah, kalau ada orang yg berkata bahwa dia tahu didalam kotak itu pasti tidak ada uangnya, orang itu berbohong karena sebenarnya dia tidak tahu.

Yang benar adalah orang yang percaya didalamnya ada uangnya dan orang yg tidak percaya didalam ada uangnya, karena semua orang tidak bisa membuktikannya maka semua hanya terbatas pada kepercayaan.

Orang yg berkata bahwa ia tahu tapi sebenaranya tidak tahu, dia telah berbohong.

Analogi yang serampangan. Oleh orang beriman, surga digambarkan begini begitu. (Seandainya) Hawking mengatakan surga tidak ada, tentunya dari telaah gambaran tsb. Sama saja dgn tuhan yg digambarkan begini dan begitu, tetapi sayangnya orang beriman tidak pernah memikirkan konsekuensi logis dari gambaran tsb. Ateis menolak tuhan karena gambaran tuhan yg penuh dengan masalah. Bagaimana mungkin sesuatu yg sempurna tetapi penuh dgn masalah. Kembali ke analogi uang di dalam kotak. Kalau gambarannya hanya itu, yg benar bukan yg percaya ataupun yg tidak, tetapi yg mengatakan tidak tahu. :))

Ronggolawe
24-09-2011, 11:47 PM
gw setuju ama Hawking dan Purba.
Surga orang-orang beriman bukanlah sesuatu yang
dapat dibuktikan secara empiris, maka bagi orang-
orang beriman, berhentilah berusaha untuk coba-
coba membuktikan eksistensi Surga.

Apakah tidak cukup Iman dan Keyakinan yang anda
miliki selaku orang yang mengaku berIman sebagai
"bukti eksistensi" Surga?

echo_velasco
24-09-2011, 11:59 PM
yakin bener hawking ya.. tapi gpp sih, namanya pendapat ya sah-sah aja.. ::hihi::
yg pasti, akal & pikiran manusia ngga akan ada yg bisa sampe kesana untuk membuktikan kebenarannya..
itu semua kembali ke kepercayaan masing2 manusianya...

hajime_saitoh
17-12-2011, 04:23 PM
yang jadi masalh dia beranalogi dengan benda mati yaitu komputer.. kok manusia mau dsamakan dengan komputer.. kan manusia ada ruhnya.. dan masalah ruh ini juga masih menjadi mistery hingga saat ini.. dan dalam teorynya dia tidak bisa menyampaikan satu bukti yang menguatkan tentang tidak adanya surga dan neraka..

ancuur
17-12-2011, 04:38 PM
yah, emang ga ada yang bisa buktiin sih kalu surga itu ada.. atau ga ada
percaya ga percaya aja deh.. :ngopi:

itu namanya kepercayaan diri masing2.. dan termasup resikonya.. jga di tanggung masing2 X_X

note: klo gw sih walo gak pernah liat tapi dlm diri gw yakin ada.. :-bd

TheCursed
01-01-2012, 08:37 PM
Apakah tidak cukup Iman dan Keyakinan yang anda
miliki selaku orang yang mengaku berIman sebagai
"bukti eksistensi" Surga?

HA ! Very good answer.
kalo masih sibuk mencari bukti keberadaan surga, berarti sama aja nggak yakin bahwa surga itu ada.

kayak kalo kita nggak yakin temen kita bakalan dateng tepat waktu, kita pasti bakalan sibuk telpon2. tapi kalo kita yakin haqqul yakin dia bakalan dateng tepat waktu, kita nggak bakalan sibuk telpon2 dia orang kan ? Terserah orang lain mau bilang apa. :)

meliakh
01-01-2012, 10:48 PM
pretty much sums it.. couldn't have said it any better


That which can be asserted without evidence, can be dismissed without evidence.

TheCursed
05-01-2012, 12:19 AM
pretty much sums it.. couldn't have said it any better

Itu namanya Iman, Sob. Bukan materi untuk di perdebatkan dan di bedah pake metode Ilmiah. :)

AsLan
19-01-2012, 05:53 PM
Stephen hawking emang pinter...

http://www.memecenter.com/uploaded/1Trisha-Takanawa-has-found-a-challenger_347299d8c6aa990a1434366037cbf5fc.jpg

doubtit
06-04-2012, 05:26 PM
Itu namanya Iman, Sob. Bukan materi untuk di perdebatkan dan di bedah pake metode Ilmiah. :)

Pengikut Ponari juga pake Iman buat menyakini kesembuhan dari air konokan Ponari. Masalahnya apakah iman mereka adalah benar?
Pengikut Shoko Asahara juga pake Iman saat mereka melaksanakan perintah Shoko Asahara untuk melepaskan gas sarin dalam stasiun bawah tanah tokyo. Masalahnya, apakah iman mereka adalah benar?

Iman saja tidak cukup dalam menyingkapi suatu dogma/kepercayaan. Dibutuhkan juga pikiran yg kritis, dan rasionalitas

Bi4rain
27-06-2012, 07:38 PM
Hawking bilang begitu karena ga percaya ada satu sosok Tuhan yg menciptakan dan menjadi sumber atau asal muasal kehidupan. Pan dia orang sains, yg percaya sama ilmu fisika en gravitasi dll
dia percaya asal muasal kehidupan bumi tercipta karena suatu kebetulan dan dai situ semuanya bergulir...terjadi sebagaimana mestinya hukum alam...
ga salah sih....wong hidupnya dia dedikasikan buat ilmu sains, dan kepercayaannya yah itu
kecuali dia maksain kita kudu percya bahwa ga ada surga

ada surga atau engga, juga ga ada orang yang bisa pastiin bener ada atau kagak.