PDA

View Full Version : Tes DNA untuk Menentukan Ajal: 6 Juta!



E = mc²
16-05-2011, 07:51 PM
TEMPO Interaktif, London - Islam mengajarkan maut dan jodoh di tangan Allah. Namun para ilmuwan berhasil menemukan sebuah teknologi lewat uji genetic (DNA) yang dapat mengetahui sampai berapa lama seseorang dapat hidup.

Menurut mereka, usia seseorang ditentukan oleh panjang struktur kromosomnya. Ini disebut telomeres. Makin pendek telemeres Anda, maka makin cepat Anda meninggal. Walau tidak bisa memastikan secara tepat, tapi rentang waktu ajal datang itu bisa diperkirakan 5-10 tahun.

Teknologi memperkirakan maut datang ini bakal dijual di pasar akhir tahun ini di Inggris. Harga uji DNA semacam ini 435 pound sterling atau sekitar Rp 6 juta. Beberapa ilmuwan medis mulai mempertanyakan kode etis jika teknologi itu jadi diluncurkan ke pasaran.

Tentu saja yang bakal mendapat keuntungan adalah perusahaan asuransi. Sebab mereka bisa mengetahui kapan pemohon aplikasi itu meninggal dengan mewajibkan mereka mengambil tes itu.

Menurut sang penemu, Dr Maria Blasco dari Pusat Riset Kanker Nasional Spanyol yang berkantor di Madrid, tes ini sangat tepat dan cepat. “Paling penting adalah kita dapat menentukan adanya telomeres berbahaya, yakni yang sangat pendek,” katanya.

Ia menyatakan orang dengan telomeres pendek berarti masa hidupnya juga sebentar. Namun ia mengaakui tidak dapat menjamin seseorang yang memiliki telomeres panjang bisa hidup lebih lama.

Siapa berani, silakan mencoba. Setidaknya, Anda bisa ancang-ancang dari sekarang kapan Anda mau lebih giat menabung pahala untuk bekal di akhirat.

DAILY MAIL/FAISAL ASSEGAF

http://www.tempointeraktif.com/hg/kesehatan/2011/05/16/brk,20110516-334820,id.html

cha_n
16-05-2011, 08:35 PM
ada yang udah coba? :mrgreen:

E = mc²
16-05-2011, 08:44 PM
Tapi kalo kematian lewat kecelakaan gmn tuh? atau kenap penyakit? digigit vampire pas pulang malam? :D

deddy
16-05-2011, 08:58 PM
kapan kira2 bisa di uji coba di indonesia yak .... Harganya relatif murah tuh .....

▲▼▲▼▲
16-05-2011, 09:02 PM
bagus

tapi tetap tidak memperhitungkan faktor diluar penuaan :ngopi:

komporminyak
17-05-2011, 12:18 AM
itu bukannya dilihat dari kondisi yang ada saat itu ya?
kalau tibatiba kejatuhan pesawatt gimana jal? ::elaugh::

Alip
17-05-2011, 07:51 AM
Makanya di Jepang dulu ada budaya harakiri. Fungsinya bukan sekedar bunuh diri karena gagal membela kehormatan, tapi supaya jangan mati tua
:ketok:.

Secara hitung-hitungan panjang kromosom manusia sebenarnya memiliki rentang hidup sampai 120 tahunan... jadi angka harapan hidup yang ada sekarang (berkisar 80-an) menunjukkan sudah ada interaksi dengan berbagai faktor (polusi, penyakit, kecelakaan dsb). Jadi tes kromosom yang 6 juta ini sudah meliput faktor lain blum ya?

Kemarin waktu medical check di kantor, kita lomba muda-mudaan, tes usia fisik...>:)
Saya yang umurnya menurut Malthus 'sudah waktunya menikah' ternyata usia fisiknya masih 26 ... huahahahahahaB-).... sedangkan staff IT yang tesnya bareng, usia fisiknya sudah 36, padahal umurnya baru 22...:P

Banyak jalan buat jalan-jalan ke Roma:joget:

AsLan
17-05-2011, 10:18 AM
Gak usah susah2 pake penelitian gen, cukup jumlahkan usia kedua orang tua anda dan 4 orang kakek nenek anda lalu dibagi 6, itulah usia harapan hidup anda.
(dengan catatan ke 6 orang itu semua sudah mati tua, bukan mati karena sebab lain)

Urzu 7
17-05-2011, 11:19 AM
When hummanity surpass the god.
What will the god do?

▲▼▲▼▲
17-05-2011, 11:24 AM
When hummanity surpass the god.
What will the god do?

pensiun :ngopi:

tuscany
18-05-2011, 09:39 AM
Seakurat apa? Apa sudah ada penelitian yang berkelanjutan?
Lagian kalo udah tau bakal mati tanggal sekian, apa nggak ngaruh ke psikologi orang tersebut?

ndugu
18-05-2011, 09:55 AM
wah.. saya ga keberatan ngambil testnya tuh, asalkan ada yang ngasi duit buat test-nya :lololol: mahal amat cuman buat test ginian :cengir:

saya sempat nonton cuplikan berita ini kemaren, katanya ini hanya berdasarkan faktor penuaan (tidak ngitung misalnya kecelakaan, dll), dan telemores ini bisa diperpanjang maupun diperpendek berdasarkan beberapa faktor luar, seperti merokok, ato olahraga..

Urzu 7
18-05-2011, 12:51 PM
Ada juga yg test sisa umur lewat jenis darah yg mana nih yg lebih akurat

AsLan
18-05-2011, 01:11 PM
God bekerja melalui banyak cara.
Sejak Ia menciptakan manusia Dia sudah menentukan bahwa sifat2 fisik akan diturunkan melalui gen orang tua kepada anak2nya.

Mengenai usia harapan hidup, seperti yg sudah saya katakan tak perlu test aneh2, cukup lihat riwayat leluhur saja rata2 usia berapa mereka meninggal (secara wajar), itulah genetik yg kita warisi.

gembel
18-05-2011, 02:03 PM
Gak usah susah2 pake penelitian gen, cukup jumlahkan usia kedua orang tua anda dan 4 orang kakek nenek anda lalu dibagi 6, itulah usia harapan hidup anda.
(dengan catatan ke 6 orang itu semua sudah mati tua, bukan mati karena sebab lain)

dasar ilmiahnya apa mbah?

E = mc²
18-05-2011, 02:11 PM
^ statistik ::elaugh::

gembel
19-05-2011, 02:10 PM
^ statistik ::elaugh::

heeee...

berapa populasi yang dijadikan percontohan?

hajime_saitoh
05-06-2011, 07:30 PM
valid gk tuh tes apa udah terbukti???

opi77
08-09-2011, 02:58 PM
mahal amat...keakuratannya berapa persen tuch?

Richard Evans
04-11-2011, 02:12 AM
Lucu yaaa jaman sekarang... makin sesuatu aja deh

AsLan
04-11-2011, 03:17 AM
Ada loh binatang yg bisa hidup abadi, yaitu ubur2.

Ubur2 juga punya Telomeres, tapi uniknya setelah telomerenya memendek sampai habis tubuhnya teregenerasi jadi muda kembali, telomeresnya memanjang lagi.
Jadi binatang ini tidak bisa mati tua, hanya bisa mati karena faktor luar, misalnya keracunan tempe ;D

nerissa
04-11-2011, 10:20 AM
kalau kesamber petir, di gigit lintah atau dicakar macan?
masuk faktor apa? bisa ga faktor kesialan seseorang diukur berdasarkan struktur epidemik wajahnya ..ahahahah

Kirie
04-11-2011, 05:06 PM
Mati tua itu biasanya karena gagal organ atau gimana sih ?
Kalau karena tua, gampang kena penyakit terus mati nggak termasuk mati tua kan ?

AsLan
05-11-2011, 02:49 AM
Mati tua itu gagal organ.

Misalnya pembuluh darah yg semakin getas, sedikit sumbatan atau tekanan tinggi bisa memecahkan pembuluh tersebut, kalau terjadi di otak bisa tewas.

Penyakit tua itu istilahnya: degeneratif.

Ada beberapa penelitian yg fokusnya menanggulangi proses penuaan,
Misalnya pemberian asam amino pada tikus tua ternyata sangat memperbaiki kondisi tubuhnya.

Lalu ada juga penelitian terbaru dimana sel2 tua bisa dibunuh dan disingkirkan sehingga tikus2 tua bisa terlihat lebih muda.

Untuk masalah penyakit degeneratif ini ada teknik pengobatan yg sangat potensial yaitu dengan stem cell, penelitian stem cell sangat pesat, mungkin dimasa kita tua nanti sudah banyak kemajuan.

nerissa
05-11-2011, 12:00 PM
lah, kalau sel sel yg tua diganti
kagak mokat2 doank

ogah ah

gw mau mokat sebelum keriput ;D

E = mc²
05-11-2011, 01:57 PM
dalam tubuh manusia, ada 50-70 trillion (1 trillion = 1000000000 buah). mau diganti semua? ;D

AsLan
05-11-2011, 11:14 PM
Mungkin pake teknik memodifikasi enzym ?
Kan ada tuh Enzym yg tugasnya membunuh dan membuang sel2 yg regenerasinya tidak sempurna (mutasi gen akan dilibas oleh enzym ini).

Atau pake cara lain, yah itu kerjaannya biology scientist deh, kita tinggal tunggu hasilnya aja ::bye::

hajime_saitoh
17-12-2011, 04:11 PM
jgn lupakan klan highlander, mereka abdi sampai kepalanya terpenggal... ::ngakak2::

AsLan
19-01-2012, 07:54 PM
Salah satu zat yang mengakibatkan percepatan penuaan adalah gula.
Gula menghambat sel2 tubuh dalam memperbaiki diri atau melakukan fungsi2 biologis lainnya.
(Gula akan bereaksi dengan protein, ikatan ini disebut crosslink, crosslink akan menghambat kerja sel2 tubuh dan berbagai fungsi protein didalam sell)

Penelitian menunjukkan bahwa binatang yg diberi asupan makanan minimal akan berusia lebih panjang daripada binatang yg memperoleh asupan kalori dalam jumlah besar.

Jadi puasa atau pembatasan makan bisa memperpanjang usia dan kesehatan, selalu jaga makanan anda tidak berlebihan plus jangan makan banyak karbohidrat atau yg manis2.