PDA

View Full Version : Paradise Lost? [Arabisasi di Indonesia]



cikosenzki
14-05-2011, 04:37 AM
Has anyone else noticed the number of people walking around dressed as if they were in the Middle East? The number of Joe Blows dressed in attire that is definitely not the norm for Indonesia? Have we not noticed the “mission creep” of the Middle Eastern-oriented religious “scholars” who are fast becoming mainstream in the country?


Is a lifestyle of strong conservatism, which flourishes in the Middle East, the type of future Indonesia wants? (AP Photo/Khalid Mohammed)

What has happened to Indonesia? The nation of 365 ethnic groups and the same number of languages, the nation with a sophisticated cultural heritage that has for centuries been a wondrous garden of paradise, nurtured and cared for by a host of cultural gardeners and caretakers. A country progressing at breakneck speed into... well, the past. And not just the immediate past, either.

All of a sudden, the people of Indonesia are being manipulated or coerced into the ancient Middle Eastern way of life.

It is a bit of a worry. The Sufis who established Islam in this country all those centuries ago understood that cultural adaptation was necessary and formed the unique basis for the largest and most tolerant Muslim-majority nation on the planet. Indonesia is a country with its own beautiful and graceful culture, with unique art, poetry, tales of heroes and heroines, flying magicians and scary ghosts. It is a nation of diversity and incredible sophistication that developed empires like the Sriwijaya, the Majapahit and many more. A culture that has written and carved history going back to the fourth century.

The sheer magnitude of the archipelago and the beauty of the islands is mind boggling. It is populated by people who have struggled to maintain it as best they could under difficult conditions. People who have, through major adversity and back-breaking poverty, still managed to come up with the concept of gotong-royong, where communities look after their members and their locales with little or no outside help.

The pressures of economic development and the tsunami of democracy has overwhelmed us. It has swept us away in a miasma of high-pressure financial demands. The population has almost doubled in 30 years, reducing the amount of land and resources available and increasing the burden of poverty.

The mega-companies and conglomerates established from the 1970s to 1990s have grown and swallowed up everything in sight in the name of economic development. Meanwhile, the economy remains controlled by just 2 percent of the population.

A new generation has been able to go overseas to study — something that was almost unheard of in the ’80s. Indonesia has suffered from a brain drain to a degree, but a huge number of educated people do return home and work hard to develop the country. However, a few — actually not just a few but a whole mass — attend Islamic universities in the Middle East and return home with vastly different ideas for their country. They neglect the work of the Sufis, the Walisongo, and the population of this wonderful land. They neglect the way communities have continued to exist in an environment of change — where the country has shifted from an agrarian society to one based on productivity and progress. They do not realize the people of Indonesia have aspirations of wealth and safety, and wish to live a peaceful life in tune with the paradise in which we live. They misunderstand their own people and history and defile centuries of culture and trade it in for a foreign ideal.

Imbued with the ideas about the “purity” of Islam, the Koran, hadith and Shariah law, they believe the religion of Islam can only be celebrated when one adheres entirely to these tenets. In return, they see the population of Indonesia, living as it has done for millennia, become angry and would destroy it all for the sake of so-called purity of the faith.

They have been doing this for many years – very quietly and very successfully. A mission to Middle Eastern-ize Indonesia, with or without consent. People are suddenly changing. We have traded the fear of repression and reprisals of the Suharto years for fear of repression and reprisals from the imams. We have become subservient to the will of those who would have us believe that they are the only people who know the true word of God.

This is despite the fact that there are many larger and more sophisticated organizations that praise and welcome the idea of a positive mix of the secular and theological — organizations that originate in the same lands our “educated” returnees come home from.

Conservative Islam is like a mouse nibbling at the corner of a rice sack. A mouse that has very quietly and very subtly grown and reproduced and infiltrated the houses of the population of this country, whether we like it or not. It is a mouse that has turned into a herd of elephants, with an insatiable appetite for control, total submission and expansion.

The normally passive Indonesian way of life is powerless to resist and we have drowned in a wave of invective and orthodoxy. The gentle and accommodating Indonesia, so used to being cared for and nurtured by community spirit, finds itself in the grip of highly trained and manipulative men that would destroy everything the country represents and has fought and died for. Lakes of blood, oceans of sweat and heavens of tears, all shed to achieve success and prominence in the global community. All about to be snatched away at the finishing line, condemning us to a life of pious slavery. A life where we cannot celebrate the spectacular achievements of this great nation.

Sadly the gardens are withering. The caretakers being swallowed up and digested by developments they do not understand. These changes are so pervasive they will eventually take all attention away from the garden until it withers away to nothing more than a distant memory in a dusty foreign museum.

We are a nation born of our history, trapped by the past and being robbed of our future.

http://www.thejakartaglobe.com/talkback/paradise-lost/440205

cikosenzki
14-05-2011, 04:40 AM
http://grafisosial.files.wordpress.com/2010/12/hidup-itu-indah.jpghttp://grafisosial.files.wordpress.com/2010/12/picture-001a1.jpg


globalized? Asian? this is not globalized. we are being dragged to the ancient world. Filled with Savages. We should be proud being Indonesian, with diverse culture. Remember Bhineka Tunggal Ika? Hopefully it will stay engraved under Pancasila.

Should we follow the Arabian culture, turning Indonesia into an Islamic Country, With no tolerance what-so-ever towards another religion or beliefs.

If we want to be an Arab-ish country, why dont you burn down all the forest, turning it into hot, sandy, deserts?

those who want Indonesia to be an Arab-ish country, you are all mad and crazy.

Ronggolawe
14-05-2011, 05:54 AM
Paradise Lost my ***!
Head hunter activities in Borneo, canibalism in Papua, power-struggle
with cool-blood killing among brothers, is that paradise?

pure nusantara culture my ***!
hello? this is what Samuel Huntingtong call clash of Civilization.
There are disputes between Islam and Western here. You
critized the "midle-eastern-ize movement", yet you close
your eyes to the fact that Indonesians have blindly become the
object of "western-ize systematic plan".

by the way, it's not in english forum.

Ronggolawe
14-05-2011, 06:02 AM
oh ya, Ronggolawe adalah salah satu korban pertama dari
budaya saling bunuh akibat sikap saling rebut kekuasaan
dimasa awal berdirinya Majapahit. Korbannya dari kalangan
kawulo sudah tidak terhitung banyaknya. inikah yang disebut
Surga yang hilang?

danalingga
14-05-2011, 08:48 AM
@Ronggolawe: Jika sudah sebegitu nerakanya nusantara, kenapa mesti ditambah lagi dengan neraka arabisasi?

cikosenzki
14-05-2011, 08:57 AM
Tujuan akhir kan negara islam indonesia
Liat karikaturnya


Selamat dunia dan akhirat

tezar
14-05-2011, 09:02 AM
saya pikir yang ada malah cuma ketakutan akan Islam itu sendiri
justru sekarang belum/tidak berlaku ko syariat Islam
yang ada, surganya sudah hilang
yang ngambil ya big bossnya negara sekuler
coba lihat berapa banyak kekayaan negara ngalirnya ke negara-negara asing
bukan ke rakyat Indonesia

cikosenzki
14-05-2011, 09:31 AM
Dikerjain barat yg sekuler dan pemerintah yang sekuler jauh lebih baik dibanding shariah islam nga jelas. Lahh yang d negara sekuler aja mereka garis kerasss sudah bisa begini

1.Suda terbukti di beberapa tempat anti kebudayaan (afganistan patung budha dibom, borobudur th 80 dibom),tidak bisa menerima perbedaan keyakinan(pembakaran gereja sudah ratusan jumlahnya), mengadakan gerakan mengacaukan negara demi tegaknya syarat islam baik NII , JAT, FUI.

Kalo ini berhasil bukan saja pemerintahan yg chaos tapi mundur beberapa generasi, anti kebudayaan , para barbar yg menguasai pemerintahan bisa kita bayangkan liputan dii TV grand ayotulah abubakar basyir dan anak emasnya rizieg teriak teriak, hancurkan AS, jihad k palestina bla bla :D!!

tezar
14-05-2011, 09:34 AM
Lo, syariah Islam pun tujuannya demi kemanusiaan juga
Asal nggak disalahwewenangkan lho
Misalkan setahu saya dala Islam dilarang merusak bagunan beribadah umat lain

ndugu
14-05-2011, 09:43 AM
*menunggu foto sby dengan tulisan "saya prihatin" *

:cengir:

cikosenzki
14-05-2011, 09:44 AM
Kamu bicara aturan yg bagus2 kita liat situasi di lapangan aja , jangan liat aturan 2yg bagus.

Ingat ini indo! Mahluk yang pendidikanya kurang tinggi , diprovokasi, diceramahi dikit langsung ho oh(mangknaya nga heran debger ada yg masuk nii kw 9 atao pengantin bom)

Sekali mereka yg berkuasa indo habis!

Tinggal pilih mau indonesia diperkosa bangsa asing atao diperkosa adik, sepupu sendiri(kita artikan masih sebangsa)

ndugu
14-05-2011, 09:49 AM
ah, lebih mikirin ngurusin negara sendiri dulu gitu loh daripada mikirin ngikutin gaya hidup orang laen ato jihad buat negara laen (misalnya palestina) :cengir:

lagipula.. "kekayaan yang ngalir ke negara asing", ngga relavan dengan mengarabisasi ato tidaknya negara indo.. ini lebih ke masalah kekorupan pemerintah, bukan mirip/tidaknya dengan timur tengah ::elaugh::

tezar
14-05-2011, 09:56 AM
nggak usah bicara arabisasi lah
contoh aja ambil kasus di aceh
sudah berlaku syariat Islam walau dalam bentuk perda
apa Indo habis?
apa Aceh merongrong Indonesia
malah perda syaraiah dalam tanda kutip yang mengembalikan gam ke pihak Indonesia

cikosenzki
14-05-2011, 10:02 AM
Rakyatnya habis silahkan baca tinjauan PBB untuk indonesia mengenai aceh, penindasan kaum minoritas. Pemaksaan pemakaian jilbab. Dan pelarangan umat kristiani bla bla ada d laporan PBB tahun 2010

tezar
14-05-2011, 10:03 AM
oh ya perlu dicatat saya nggak sepenuhnya setuju dengan pelaku-pelaku yang ada sekarang
tapi saya justru memimpikan saat seperti Umar bin Khataab membawakan sendiri makanan untuk rakyatnya yang miskin
Umar bin Abdul Aziz yang menanyakan kepada tamunya (bibinya) ketika bertamu, untuk kepetingan pribadi atau untuk kepentingan negara, dan dijawab untuk kepentingan pribadi, beliau mematikan lampu yang dibiayai oleh negara
Umar bin Khataab yanng berlari mengejar anak unta karena unta itu adala milik baitul mal/rakyat

kalau pemerintahan sekuler bisa mewujudkannya, apalah namanya, saya dukung deh

itsreza
14-05-2011, 10:09 AM
Lo, syariah Islam pun tujuannya demi kemanusiaan juga
Asal nggak disalahwewenangkan lho
Misalkan setahu saya dala Islam dilarang merusak bagunan beribadah umat lain
syariat: hukum berdasarkan quran dan hadis, cakupannya kehidupan secara menyeluruh, termasuk hubungan antar manusia.
IMHO, tujuan syariat untuk kebaikan, rahmatan lil alamin. Namun pelaksanaan syariat di negara yang memiliki dasar hukum sebaiknya untuk diri sendiri



Kamu bicara aturan yg bagus2 kita liat situasi di lapangan aja , jangan liat aturan 2yg bagus.
Ingat ini indo! Mahluk yang pendidikanya kurang tinggi , diprovokasi, diceramahi dikit langsung ho oh

IMHO, melihat perkembangan yang ada yang terjadi adalah arabisasi, mungkin mereka mengambil adalah langsung kata-kata tersebut dari kitab suci tanpa melihat tujuan utama, nilai maupun kondisi yang ada. Hal yang sebaiknya diambil adalah nilainya, karena dalam syariat ada Ijma, kesepakatan antar ulama dalam menetapkan suatu hal. Khusus di Indonesia, banyak sekali pengangguran, pendidikan masih relatif rendah, dan sekali pihak yang berkepentingan. Akibatnya banyak orang yang mengatasnamakan syariat untuk mencampuri orang lain, dan akhirnya melanggar hukum yang berlaku di Indonesia.

mencegah flame, bukannya sebaiknya topik ini masuk sini (http://www.kopimaya.com/forum/forumdisplay.php?61-Perilaku-Umat) ya?

keremus
14-05-2011, 10:10 AM
kawan, saya pindahkan ke forum agama saja, gimana ?
Karena pada akhirnya kalian bawa2 agama ok ?

itsreza
14-05-2011, 10:19 AM
kawan, saya pindahkan ke forum agama saja, gimana ?
Karena pada akhirnya kalian bawa2 agama ok ?
terima kasih sudah dipindahkan,
diawal pun sudah membawa suatu agama, jadi disini lebih tepat

saya pamit dulu, silahkan dilanjut diskusinya,

Ronggolawe
14-05-2011, 11:54 AM
@Ronggolawe: Jika sudah sebegitu nerakanya nusantara, kenapa mesti ditambah lagi dengan neraka arabisasi?
gw ngga bilang itu neraka, itu bagian dari dinamika peradaban,
bahwa tidak ada peradaban yang tidak mendapatkan pengaruh
dari peradaban lain. Dan dengan saling pengaruh itulah manusia
mengalami kemajuan peradaban.

Jadi ngga usah phobi-phobi amat sama pengaruh asing, apalagi
sampai memberikan stigma buruk, pada pengaruh asing tertentu.

ndableg
14-05-2011, 03:43 PM
mau westernisasi kek, arabisasi kek, cuman menunjukkan bhw kita tidak punya jati diri.

beastmen85
14-05-2011, 03:53 PM
sekarang islam tidak beda jauh dengan hitler ::elaugh::

*malesmikir.com

beastmen85
14-05-2011, 03:54 PM
mau westernisasi kek, arabisasi kek, cuman menunjukkan bhw kita tidak punya jati diri.

we're born this way :))

ndableg
14-05-2011, 03:57 PM
sekarang islam tidak beda jauh dengan hitler ::elaugh::

*malesmikir.com

Alasannya apa? Apa ngebom2 negara lain bukan kerjaan hitler? kok yg jadi korban malah dibilang hitler?

beastmen85
14-05-2011, 04:04 PM
Alasannya apa? Apa ngebom2 negara lain bukan kerjaan hitler? kok yg jadi korban malah dibilang hitler?

lho kok bisa hitler jadi korban? ::elaugh::

ndableg
14-05-2011, 04:11 PM
korban konspriayi..

gembel
14-05-2011, 07:33 PM
korban konspriayi..

konspirasi amrik ya mbah :run:

Dadap serep
15-05-2011, 07:48 AM
mau westernisasi kek, arabisasi kek, cuman menunjukkan bhw kita tidak punya jati diri.
Cocok dengan postingannya TS :"We are a nation born of our history, trapped by the past and being robbed of our future."

Pastnya terpatri sama jasnya Londo londo ndoro tuwan , roknya noni noni , kekep kekepannya dalam dangsah dangsah , future nya terobsesi ngeganyang , memberi gambaran suram , memberi gambaran yg menakutkan hanya karena pakaian ! wayaoooooooooo,....................!!!! :P
Jadi .bener kowe mbah Ndab , kita kehilangan jati diri !:((:((:((

Contoh teranyar , pabrik sendiri ditutup , beli pswt kayu china mahal lagi , bolak balik rusak terakir 25 putra Indonesia terkorban sia sia ! :((

Ronggolawe
15-05-2011, 08:26 AM
@ndableg n @dadap
Loe aja kali yang kehilangan jati diri :)
gw dan banyak teman yang gw kenal, ngga tuh :)

Dadap serep
15-05-2011, 08:52 AM
@ndableg n @dadap
Loe aja kali yang kehilangan jati diri :)
gw dan banyak teman yang gw kenal, ngga tuh :)

Iya kali , karena kalau yg kehilangan itu orang yg punya mas , kalau kagak punya ya apa yg hilang ! :D

cikosenzki
15-05-2011, 09:19 AM
Mana mungkin dia kehilangan jati diri

Wong dia mengarabisasi kok tujuan utama dia
Yahh jati diri dia yah itu dia

Kalian yg ilang jati diri kalian karena mau dirubah hahahaha


Senangnya punya teman muslim moderat/liberal... Masih isa ngomong2 tatap muka , apalagi muslim cewe kalo yg fanatik! Nyentuh tanganya nga bolehhhh ! Gua masih ok lah kalo nga isa liat rambut dia. Tapi kalo yg kterlaluan ihh gimana gitu rasanya

* masukin daftar untuk dicoret dari kenalan

Yuki
15-05-2011, 09:52 AM
memangnya jati diri itu apa sih? Apa yg namanya jati diri memang harus berbanding lurus dengan di mana seseorang dilahirkan? Aturan dari mana itu?

mau arabisasi kek, orientalisasi kek, eropaisasi kek, amerikanisasi kek, andromedaisasi kek, langit ketujuhisasi kek, jika seseorang sudah nyaman dengan pilihannya, so what? apa salahnya?

gak bisa megang tangan cewek tertentu? Ya cari cewek lain yg mau dipegang tangannya......apa susahnya? Hidup tidak usah dibuat rumit

pasingsingan
15-05-2011, 10:14 AM
Ini yng menjadi pokok permasalahannya apa yak?
Islam = arabisasi?
ini dulu mestinya yng diklirkan (diperdebatkan) #-o

Klo ngomongin perilaku komunitas dlm agama tertentu
yng demen niru budaya kearab-araban, lalu bagaimana dng
komunitas agama yng juga demen bergaya keamrik2an atau
kebarat2an misalnya . Klo mereka berkuasa kira2 akan
westernisasi Indonesai gak? (phobia abis = mode :ON)

Jati diri yng dimaksud founding father kita (Soekarno) apakah
yng Jawa kudu make blangkon, kebaya, sanggul?
yng Bugis make sarung, badik, baju bodo?
yng Papua make koteka, sumpit, kalung taring binatang?


lagipula.. "kekayaan yang ngalir ke negara asing", ngga relavan dengan mengarabisasi ato tidaknya negara indo.. ini lebih ke masalah kekorupan pemerintah, bukan mirip/tidaknya dengan timur tengah
Ini lebih masuk akal
Mao make sistem demokrasi kek, teokrasi kek, sosialis kek, liberalis kek.
Klo mental pemimpinnya, role modelnya, pemuka umatnya pada bobrok
dan demen korup, dijamin bangsa n negaranya pasti bobrok dah. :((

Jadi bukan persoalan arabisasi, westernisasi, africanisasi ataw soal ecek2 lainnya :D

Ronggolawe
15-05-2011, 10:34 AM
Mana mungkin dia kehilangan jati diri

Wong dia mengarabisasi kok tujuan utama dia
Yahh jati diri dia yah itu dia

Kalian yg ilang jati diri kalian karena mau dirubah hahahaha
arab gimana?
gw tiap hari kalau ngga ngantor nge-jins ria, dirumah bercelana
boxer doang, ngga berjenggot, ngga nyorban dimana arabisasinya?


Senangnya punya teman muslim moderat/liberal... Masih isa ngomong2 tatap muka , apalagi muslim cewe kalo yg fanatik! Nyentuh tanganya nga bolehhhh ! Gua masih ok lah kalo nga isa liat rambut dia. Tapi kalo yg kterlaluan ihh gimana gitu rasanya

* masukin daftar untuk dicoret dari kenalan
wah, loe benar-benar deh,
Arabisasi ngga mau, westernisasi ngga ngakuin
mau dibilang ber-jati diri nusantara yang kuat, ternyata melanggar
Pancasila dan UUD 1945 pasar 29 ayat 2 tentang kebebasan
menjalankan perintah agama.

jangan-jangan paradise yang loe maksud hedonis dan nudis :)

Ronggolawe
15-05-2011, 10:35 AM
memangnya jati diri itu apa sih? Apa yg namanya jati diri memang harus berbanding lurus dengan di mana seseorang dilahirkan? Aturan dari mana itu?

mau arabisasi kek, orientalisasi kek, eropaisasi kek, amerikanisasi kek, andromedaisasi kek, langit ketujuhisasi kek, jika seseorang sudah nyaman dengan pilihannya, so what? apa salahnya?

gak bisa megang tangan cewek tertentu? Ya cari cewek lain yg mau dipegang tangannya......apa susahnya? Hidup tidak usah dibuat rumit
Soalnya si chiko ngga nyaman kalau orang lain nyaman dengan
pilihan yang diambilnya :)

beastmen85
15-05-2011, 04:51 PM
emg budaya asli indon spt gmn?

jika tahu budaya asli indon maka itulah jati diri indon sebenarnya

dan pastinya ada yg mikir campuran

arab, tionghoa, pribumi

bukan hanya condong satu kutub saja, misal arab

jika udah condong satu kutub, jika budayanya campuran hasilnya yah.... kehilangan jatidiri

Ronggolawe
15-05-2011, 05:09 PM
jika tahu budaya asli indon maka itulah jati diri indon sebenarnya
jati diri yang mana? pra-Hindu Budha?
ada yang punya catatan historisnya bagaimana?

beastmen85
15-05-2011, 05:22 PM
^ saya sendiri juga tidak tahu ::elaugh::

hahahahah

cukup.

ndableg
15-05-2011, 06:03 PM
Ketika indonesia merdeka taun 45 dulu, itu jati diri indonesia. Indonesia kehilangan jati diri pada saat reformasi.
Bukan sesuatu yg jelek apabila kita mencari jati diri lagi yg cocok buat indo. Makanya ada yg ikut barat, ikut arab, ikut cina, korea, jepang, dlsbg.. Kayak orang bingung.. Saya merasa semata2 ini kesalahan para pemimpin yg kita miliki saat ini.
Yah.. berharap bisa menemukan yg terbaik.

Maju terus..

ndableg
15-05-2011, 06:15 PM
Jati diri yng dimaksud founding father kita (Soekarno) apakah
yng Jawa kudu make blangkon, kebaya, sanggul?
yng Bugis make sarung, badik, baju bodo?
yng Papua make koteka, sumpit, kalung taring binatang?

Tidak pak. Jelas menjadi bangsa yg PD dan mampu bersaing dgn bangsa lain. Ga jadi anak bawang. Paling tidak itu yg saya sukai dari 2 diktator besar pemimpin kita. Walaupun yg terakhir agak2 membawa kita jatoh, paling tidak indonesia lebih terarah.


Mao make sistem demokrasi kek, teokrasi kek, sosialis kek, liberalis kek.
Klo mental pemimpinnya, role modelnya, pemuka umatnya pada bobrok
dan demen korup, dijamin bangsa n negaranya pasti bobrok dah. :((

Hmm.. ga juga. Ada sistem yg bisa membuat yg ga bobrok dan ga demen korup jadi mati kutu. Masalah sistem jangan dianggap remeh.
Kalo system komputer gw dihack orang, komputer gw bisa kacobalo..

keremus
15-05-2011, 07:41 PM
Yang jelas Islam tidak mesti Arab dan Arab tidak mesti Islam

Peradaban itu hasil interaksi berbagai kebudayaan, tradisi, nilai, agama.

Jati diri Indonesia menurut saya sudah bagus dirumuskan dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
Atau kalau mau, kita mengadopsi semboyan Three Musketeers : One For All, All For One.

Islam juga bukan monolit. Ada banyak wajah Islam. Ada Islam berwajah Cina, Indonesia, Rusia, dsb.

Dulu Indonesia diagung-agungkan sebagai negara mayoritas Muslim yang moderat dan toleran.
Tapi entah mengapa wajah Islam kini radikal dan nge-Arabia.

Jika ada arabisasi, westernisasi atau sasi yang lainnya, pertanda memang kita kehilangan
jati diri.

sandroid
15-05-2011, 08:48 PM
mau westernisasi kek, arabisasi kek, cuman menunjukkan bhw kita tidak punya jati diri.

Betul, daripada sibuk mengadopsi gaya2 hidup bangsa laen, kenapa kita gak define our own aja.

Dadap serep
15-05-2011, 09:47 PM
Jati diri bangsa Indonesia jelas terumuskan dalam Pancasila ! Itu jati diri , jati diri bangsa ini ! Itu merupakan ringkasan dari bangsa Indonesia , diskripsa dari bangsa ini , yg relegius , berperikemanusiaan yg memandang sesama anak bangsa itu sama sederajat dan bermartabat , yg bersatu meskipun terdiri dari berbagai budaya dalam ikatan bangsa Indonesia , yg sepakat menata bangsa ini bersama sama melalui permusyawaratan dalam suatu pemerintahan yg berdaulat untuk mencapai keadilan sosial bersama seluruh bangsa. Itulah jati diri bangsa ini !

Kesadaran akan jati diri inilah yg memberikan dasar berdirinya NKRI melalui proklamasi !7 agustus 45. Sejak saat itu bangsa ini dikenal dan diakui sebagai bangsa yg bernegara , Indonesia !

Nah apakah kita masih punya jati diri sebagai bangsa Indonesia , kalau pekerja kita diperlakukan dengan biadab dinegeri orang , pelaut kita dirampok disandera oleh orang (bangsa lain) dan tunduk untuk membayar tebusan , kekayaan budaya kita diklaim sebagai milik orang lain , petugas resmi kita dalm menjalankan tugas ditangkao oleh negara lain , kekayaan alam kita dikeruk dengan semena mena oleh asing , wakil rakyat kita ternyata tidak bermusyawarah unruk kebaikan bangsa , pejabat pejabat berkolusi dan berkorupsi untuk diri sendiri dll dll dll
Apakah ini bukan suatu "kehilangan" , suatu kehilangan dari yg semula dimiliki bersama pada saat pendahulu pendahulu kita mendirikan negara ini ?

Kita boleh tidak mengalami/tidak ikut berjuang mendirikan bangsa ini , tetapi menghayati sejarah bangsanya sendiri rasanya sangat diperlukan demi kelangsungan bangsa ini !

ndableg
15-05-2011, 10:00 PM
Masalahnya pancasila itu patung.. coba pancasila idup.. ga bisa dipermainkan.. bisa marah dia.. tembak mati langsung.. lah ini.. patung..

Liat simbol eropa.. god bless the queen!!!

Urzu 7
16-05-2011, 06:00 PM
Masalahnya pancasila itu patung.. coba pancasila idup.. ga bisa dipermainkan.. bisa marah dia.. tembak mati langsung.. lah ini.. patung..

Liat simbol eropa.. god bless the queen!!!

god bless queen semacem simbol juga yah, herannya memang nyata umur panjang cuma ratunya rajanya modar duluan...LOL

Ronggolawe
16-05-2011, 07:25 PM
@Urzu
Loe bagaimana, kalau tahta lagi jadi jatah ratu, tentu saja
ngga ada raja, suami Ratu disebutnya Pangeran. Sebaliknya
kalau tahta lagi jatah Raja, istri Raja disebutnya Permaisuri

cikosenzki
17-05-2011, 02:55 AM
Ohhh realyyy ?????
Baru pernah demger gua inggris
Berdasarkan ratu...


Raja kali...... Si elizabeth karena keadaan .... Krn nga punya anak cowo d grs ktrunan dia

Alip
17-05-2011, 08:27 AM
OOT,
Cuma ngikut yang masalah monarki Inggris aja...

Inggris menganut cognatic primogeniture, artinya anak laki-laki yang paling tua dianggap sebagai pewaris, bahkan jika dia punya kakak perempuan. Seorang perempuan bisa jadi pewaris jika dia tidak punya saudara laki-laki, atau jika saudara laki-lakinya meninggal dan tidak punya anak laki-laki.

Tapi memang pada saat tahta sedang jadi jatah ratu, alias syarat di atas terpenuhi, maka sang suami hanya jadi pangeran.

Dan Inggris banyak mencatat sejarah ratu-ratu hebat.

Tapi saat ini sedang ada gerakan untuk mengganti proses pewarisan ke konsep yang lebih setara, hanya memang belum beres.

Yak... lanjut...

Alip
17-05-2011, 10:01 AM
Simbol adalah bagian dari kebudayaan, salah satu cara untuk mewariskan pikiran dan kebijaksanaan kolektif yang dihimpun oleh suatu masyarakat selama ratusan tahun ke generasi berikutnya. Yang memang, dampaknya adalah simbol menjadi identifikasi dari 'jati diri' suatu masyarakat.

Mengadopsi simbol dari suatu kebudayaan memang salah satu cara ampuh untuk bisa menyelami, memahami, dan menghayati budaya bersangkutan. Misalnya, latihan kenjutsu lebih asyik kalau mengenakan Gi dan Hakama, mirip samurai, ketimbang pakai baju pangsi.

Dalam kasus ini, ada kelompok masyarakat yang merasa lebih mudah menghayati agama Islam dengan cara mengenakan simbol-simbol yang dicirikan sebagai Islami, maka itu sah-sah saja. Memang ada tentangan, misalnya, bahwa gamis itu sesungguhnya adalah pakaian tradisional Yaman, bukan fashion dari Arab di abad kelima masehi. Tapi simbol memang tidak harus benar, karena yang penting adalah makna dari si simbol bagi pemakainya.


***

Memang ada masalah identitas... yaitu ketika seseorang mengenakan sesuatu yang berbeda dari lingkungan sekitarnya, dia dianggap mbalelo, meninggalkan jati dirinya sebagai anggota masyarakat tempat dia lahir dan tinggal.

Di sinilah perlunya kita memahami apa yang ada di balik semua simbol-simbol itu dan menemukan persamaan yang membuat kita bisa hidup bersama. Suka atau tidak, kita hidup di tengah banyak simbol dan jati diri, apalagi setelah budaya saling bertemu dan berbaur berkat makin canggihnya komunikasi dan transportasi.

Jadi inget main Sid Meier's civilization jaman SMA dulu:mikir:... sekarang udah jilid berapa ya?


***

Cuma dua perak... (terjemahan Indonesia, supaya kesannya menggunakan simbol ke-Indonesia-an:luck:)

kala
17-05-2011, 10:03 AM
Dikerjain barat yg sekuler dan pemerintah yang sekuler jauh lebih baik dibanding shariah islam nga jelas. Lahh yang d negara sekuler aja mereka garis kerasss sudah bisa begini
cuma ingat sama timtim ... uda dimanja ( duit+pasilitas) malah ngelunjak
....

Ronggolawe
17-05-2011, 10:30 AM
Cuma dua perak... (terjemahan Indonesia, supaya kesannya menggunakan simbol ke-Indonesia-an
setahu gw cents terjemahannya sen.

BundaNa
17-05-2011, 01:06 PM
apakah Islam=arab dan arab=islam?

Masalah berpakaian kalau sesuai aturan agama yang diakuinya apakah itu melanggar HAM? Padahal yang memakainya nyaman? Kenapa yang gak pake ribut? Terselipkah yang ribut itu sebenernya malu kepengen pake cuman gak punya keberanian?

Kenapa jadi phobia? Sedang minoritas minta diterima, dan mayoritas boleh galah sengalah2nya?

Alip
17-05-2011, 01:07 PM
setahu gw cents terjemahannya sen.

Soalnya di sini uang sen udah nggak dipake :luck:

E = mc²
17-05-2011, 02:37 PM
Soalnya di sini uang sen udah nggak dipake :luck:

perak boro-boro lagi. indonesia ngalami jaman duit terbuat dr perak mungkin cuma zaman sebelum kompeni :D

*dibahas :ninja:

Ronggolawe
17-05-2011, 03:26 PM
apakah Islam=arab dan arab=islam?

Masalah berpakaian kalau sesuai aturan agama yang diakuinya apakah itu melanggar HAM? Padahal yang memakainya nyaman? Kenapa yang gak pake ribut? Terselipkah yang ribut itu sebenernya malu kepengen pake cuman gak punya keberanian?

Kenapa jadi phobia? Sedang minoritas minta diterima, dan mayoritas boleh galah sengalah2nya?
barangkali paradise yang dimauin TS ya begitu.
mayoritas bak kebo dicucuk idung oleh minoritas.

danalingga
17-05-2011, 09:42 PM
Yakin mayoritas maunya gitu? janga-jangan klaim doank.

kala
17-05-2011, 09:56 PM
Paradise Lost? [Arabisasi di Indonesia]
====== langsung arabisasii ======================== vonisnya

ini paradais ... memang pernah ada ??
hilangnya kapan ??

mulai dari kerajaan hindu/budha ... apa masij ada ?
masuk islam .......... katanya TS ilangnya disini
datang kompeni ..... ngapain saaja
digaanti jepang .... haloo

orde lama orde baru repormasi .... paradisenya kemana sajaa


===== paradise apaan seeghh

eve
17-05-2011, 10:00 PM
iye.. Apaan seh?

Padahal apa salahnya sih beda2? Kan malah bagus warna warni..

Ronggolawe
17-05-2011, 10:44 PM
Yakin mayoritas maunya gitu? janga-jangan klaim doank.
kalau menurut statistik, wanita berjilbab dimasa ini jelas
lebih besar, malah berkali-kali lipat dibanding era 70-80an

kalau itu dipandang TS sebagai bentuk arabisasi yang harus
dicegah karena mengurangi/menghilangkan budaya asli
yang "paradise lost", apa bukan minoritas hendak mengatur-
atur mayoritas namanya?

ndableg
18-05-2011, 12:15 AM
kalau menurut statistik, wanita berjilbab dimasa ini jelas
lebih besar, malah berkali-kali lipat dibanding era 70-80an

Tapi apa jadi mayoritas?

Ronggolawe
18-05-2011, 06:44 AM
Tapi apa jadi mayoritas?
Trend nya gw pikir akan menuju kesana, dan TS takut :)

danalingga
18-05-2011, 07:42 AM
Berarti belum mayoritas. Soal keinginan mayoritas itu ternyata hanya masih klaim. :D

BundaNa
18-05-2011, 01:52 PM
halooooooooooooooo...mana TSnya? can u description about the lost paradise? pake pikiran lo yang orisinil dunk, biar gak keliatan nyontek pikiran bangsa lain! Katanya pengen punya jati diri sendiri :P

Dadap serep
18-05-2011, 02:52 PM
apakah Islam=arab dan arab=islam?

Masalah berpakaian kalau sesuai aturan agama yang diakuinya apakah itu melanggar HAM? Padahal yang memakainya nyaman? Kenapa yang gak pake ribut? Terselipkah yang ribut itu sebenernya malu kepengen pake cuman gak punya keberanian?

Kenapa jadi phobia? Sedang minoritas minta diterima, dan mayoritas boleh galah sengalah2nya?

Setuju , dalam Islam pakaian bukan hanya berfungsi sbg fashion saja --disamping fungsi pakaian pada umumnya-- , tetapi lebih dalam lagi adalah sebagai ekpresi ketundukan sipemakai thdp aturan agama didalam masalah berpakaian , umpamanya jilbab/kerudung.
Nah ada juga pakaian atau penampilan seseorang karena "memahami sebagai" meneladani sang nabi.
Tetapi mungkin ada saja yg berpakaian tidak seperti tsbt diatras tetapi ya hanya karena fashion atau seneng saja !

Menurut saya semua itu sih ok ok , karena baik itu sebagai ekpresi diri dalam segi fashion , apalagi dikaitkan dengan ibadah , sebagai salah satu unsur jati diri bangsa , relegius , adalah wajar saja seseorang memakai suatu model pakaian !
Peredais nya Indnesia itu kan bukan hanya di pakaiannya saja toh ? masak akan hilang karena pakaian ! :luck: Kalau pantai pantai tertutup tumpahan minyak atau sampah , hutan hutan pegunungan pada gundul , peninggalan kuno sudah dirubah jadi mall atau , situs situs kuno sdah berubah jadi sawah atau hancur tak terawat dll dll baru kita kudu prehatin :mikir:
Tidak akan ada lagi disekolah sekolah umum di jawa muridnya atau mahsiswanya pakai kain dan ikat kepala trad jawa , meski kita bisa lihat itu difoto foto kuno pendahulu kita , Juga sudah jarang atau hampir kagak ada pakaian adat betawi di mall atau dipasar , atau perempuan perempuan bali yg tidak berpenutup dada berseliweran dipasar lagi , toh tidak ada yg mendikler peredais nya Indnesia ilang karenanya ! :mikir:

hajime_saitoh
02-06-2011, 09:58 AM
padahal kebudayaan baratlah yang secara nyata lebih dominan di Indonesia, liat aja dari segi pakaian dan hobi orang indonesia jaman sekarang... kok bisa dibilang arabisasi... wah2 TSnya kok phobia kayaknya sama arab ya... wkwkwkwk

ndableg
02-06-2011, 05:52 PM
mgk karena paradisenya TS itu yg kebudayaan barat, takut tergerus dgn kebudayaan arab. Demokrasi ye..

tukangsomay
13-01-2012, 11:25 AM
nih coba baca, bagus deh..
http://www.slideshare.net/drmaman/9islam-adalah-pilihanku

red_pr!nce
19-08-2012, 02:08 PM
Ada 3 kekuatan utama di dunia ini:
1. Barat
2. China
3. Islam
Ketiga kekuatan itu saling beradu di manapun dan kapanpun, termasuk di Indonesia hingga sekarang ini.

Gaya hidup Barat memang kini menjadi dominan di Indonesia, sedangkan nilai-nilai China juga sudah meresap masuk ke jiwa bangsa kita. Nah sementara itu, agama Islam merupakan agama mayoritas yang dianut di Indonesia. Budaya asli nusantara sudah bercampur baru dengan ajaran-ajaran Islam yang masuk ke Indonesia dalam damai. Namun kini, ada sebagian kaum konservatif dan fundamentalis Islam yang ingin menanamkan budaya Arab di Indonesia melalui pemahaman-pemahaman ala aliran Wahabi, sehingga lambat laun, budaya asli nusantara akan tercerabut dari akarnya dan digantikan dengan budaya Arab.

Islam tidak sama dengan Arab.
Tapi ada sebagian orang Islam yang menyamakannya dengan Arab.
Celakanya, mereka yang jumlahnya minoritas itu kini berusaha mewujudkan utopia Arab mereka di Indonesia.

pasingsingan
21-08-2012, 09:38 AM
bukannya budaya cina & arab emang sudah sejak jaman baheula
berinteraksi dng bangsa ini (baca terjalin/terkelindan) hingga republik ini berdiri? :-?

BundaNa
21-08-2012, 09:48 AM
Budaya di indonesia sejatinya budaya asimilasi. Yg ngoming arabisasi sih ketauan ga pernah belajar sejarah indonesia. Mana TSnya? Udah KO ya? :lololol:

red_pr!nce
21-08-2012, 10:43 AM
Asimilasi?
Kalau asimilasi itu artinya ada pemaksaan oleh sebuah budaya yang dominan terhadap budaya yang lebih lemah, sehingga budaya yang lebih lemah akan hancur tak bersisa.
Arabisasi bisa dilakukan dengan pemaksaan terhadap budaya lain yang lebih lemah. Dan kita melihat ada sebagian orang yang berusaha melakukannya dengan paksaan.

Mungkin kata yang lebih tepat adalah akulturasi.
Kalau akulturasi itu artinya budaya-budaya yang ada bercampur baur, saling meminjam elemen, saling mendukung, dan saling menghidupkan satu sama lain.
Contohnya, budaya Arab berakulturasi dengan budaya China sejak zaman dahulu, sehingga dalam Islam dikenal alat musik bedug dan tradisi mudik (di mana keduanya adalah warisan budaya China), sementara di sisi lain, banyak orang China yang menganut Islam.

Budaya Indonesia adalah budaya akulturasi. Tidak ada budaya yang dominan di sini.
Budaya Nusantara merupakan akulturasi dari budaya-budaya asli Hindu, China, Arab, dan Eropa.
Tapi bukan berarti salah satu dari budaya itu bisa melakukan asimilasi seenaknya terhadap budaya-budaya lainnya, termasuk budaya Nusantara.

pasingsingan
21-08-2012, 10:50 AM
maka itu
gw jg binun dng maksud TS yng katanya
Indonesia kehilangan jati diri, dlm sub judul
"Paradise Lost? [Arabisasi di Indonesia]"

jati diri bangsa indonesia itu menurut dia orang spt apa?
eh, ngacir tuh TS ..... dasar troller :gebuk:

BundaNa
21-08-2012, 11:40 AM
Makasih pangeran merah atas koreksinya. Yak yak, jadi jatidiri mana yg mau diributkeun? Budaya judi sama minum2? Ato budaya ga pake baju? :lololol:

@mbah pasing: sudah KO mbah gegara postingannya suka menghina2 trus diamuk barista ::hihi::

red_pr!nce
21-08-2012, 11:51 AM
Budaya Nusantara adalah budaya campuran antara budaya Hindu, China, Arab, dan Eropa.

Mungkin maksud TS adalah budaya Hindu, China, dan Eropa - tanpa budaya Arab di dalamnya.

Seperti ini:
http://www.moreindonesia.com/wp-content/uploads/2010/02/indonesian-girl.jpg

Atau seperti ini:
http://zsulies.files.wordpress.com/2012/05/wayang-kulit241.jpg

Bukannya seperti ini:
http://static.guim.co.uk/sys-images/Guardian/About/General/2009/8/1/1249157752758/Women-in-Islamic-dress-we-001.jpg

pasingsingan
21-08-2012, 11:56 AM
waah ....
klo gitu mah, bisa tergelincir dlm dugaan sbg anti arab dong
mengapa sama cina n bangsa eropa tidak anti?
itu jg harusnya dijwb dng fair.

btw, red prince tdk bermaksud mewakili pemikiran TS kan? :D

BundaNa
21-08-2012, 12:05 PM
Itu busana tari bali nyang di atas sudah dimodifikasi lho. Aslinya ga pake baju daleman seperti itu. Artinya ada pergeseran juga kan?

Wayang ceritanya juga mengalami pergeseran, tidak persis sama plek spt cerita dari aslinya di india sono.

Cerita2 wayang dari budaya hindu indonesia lain dgn dari india. Btw, wayang itu budaya akulturasi juga, jadi ga murni dari hindu

Pakaian burqa itu juga sebenernya di arab kagak begitu, abaya di arab plus cadar ga serapet burqa di afghanistan. busana menutup aurat muslimah juga sudah jelas. Semua tertutup kecuali telapak tangan dan wajah, tidak ketat, tidak tipis dan kerudung menutupi dada. Modelnya?v bebas asal ga melanggar poin2 di atas.

Baju kurung kan manis tuh buat muslimah, asalnya baju kurung darimana?

Untuk semua yg diuraikan TS (yg udah gajebo) tidak melakukan studi budaya dan sejarah indonesia yg mendalam sehingga maen copas artikel orang yg mungkin punya kekurangan yg sama dgn TS