PDA

View Full Version : Air Zamzam Beracun (?)



E = mc²
09-05-2011, 06:28 PM
TEMPO Interaktif, London (http://www.tempointeraktif.com/hg/asia/2011/05/09/brk,20110509-333187,id.html) - Hasil penyelidikan BBC pekan lalu menyebutkan air zam-zam yang dijual tiga toko buku muslim di Inggris tercemar arsenik. Ketiga toko buku itu berlokasi di Wodsworth (barat daya London), Upton Park (timur London), dan Luton (Bedfordshire).

“Air itu beracun karena kadar arseniknya tinggi dan arsenik bisa menyebabkan kanker,” kata Dr. Duncan Campbell, Presiden Asosiasi Analisis Publik. Oleh karena itu, ia menyatakan minum air zam-zam tidak aman bagi kesehatan.

Kalangan muslim menganggap air zam-zam sebagai air suci dan bahkan bisa mengobati penyakit. Air yang sumurnya tidak pernah kering sejak zaman Nabi Ibrahim itu selalu menjadi oleh-oleh wajib bagi yang beribadah haji atau umrah ke Arab Saudi. Air zam-zam ini tidak diekspor untuk kepentingan bisnis.

Dalam investigasinya, BBC meminta seorang jemaah umrah mengambil air zam-zam dari keran yang terhubung dengan sumur zam-zam di Kota Makkah, Arab Saudi. Jemaah itu juga diperintahkan membeli air zam-zam botolan yang banyak dijual di kota suci bagi umat Islam itu.

Hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan kadar nitrat dan arseniknya tiga kali di atas ambang kesehatan. Bahkan, air itu juga berpotensi mengandung bakteri berbahaya.

Seorang ahli kesehatan lingkungan Dr Yunus Ramadan Teinaz pernah memperingatkan soal bahaya air zam-zam ini. “Mereka sulit menerima air zam-zam beracun,” ujarnya seraya menambahkan persoalan ini sangat sensitif.

Setelah laporan BBC muncul, ketiga toko buku muslim itu tidak lagi menjual air zam-zam.

Pemerintah Saudi telah membantah laporan BBC itu setelah menguji di laboratorium Maret lalu. “Tidak ada arsenik dalam air zam-zam asli,” kata Kedutaan Besar Saudi di Ibu Kota London, Inggris, kemarin.

BBC/FAISAL ASSEGAF

Ronggolawe
09-05-2011, 07:17 PM
Air zam-zam yang dijual tiga toko
Air zam-zam ini tidak diekspor untuk kepentingan bisnis.

menurut gw ini berita yang kontradiktif.

eve
09-05-2011, 07:45 PM
ya begitulah....

Sauron
09-05-2011, 07:59 PM
kesimpulan yg saya ambil:
1. Air zamzam yang dijual di inggris = beracun
2. Air zamzam yang tidak dijual di makkah = tidak beracun.

deddy
09-05-2011, 08:13 PM
Wah jangan2 ada konspirasi lagi neh .....

kandalf
09-05-2011, 08:19 PM
Udah berita lama nih..

Intinya, Air zamzam itu tidak dijual. Titik.
Nah, tapi di Inggris, tiba2 ada yang ngaku jual air zamzam. Sialnya pula, ternyata yang dijual itu beracun.

Rasanya pernah di Ajangkita lama (sebelum dihapus ama jonru) neh.

AsLan
09-05-2011, 11:43 PM
Tapi biasanya orang barat lebih jujur daripada orang Asia kalau menyangkut masalah penelitian ilmiah, biasanya...

Ronggolawe
09-05-2011, 11:52 PM
In response to the report a spokesman for the Saudi embassy said:
"Zamzam water from the Zamzam well in the Holy City of Makkah,
Saudi Arabia, is not contaminated and is fit for human consumption."

"The water was analysed and tested in March this year by the Group
Laboratories of CARSO-LSEHL in Lyon, which is licensed by the French
Ministry of Health for testing drinking water."

"The March report said: 'According to drinking water standards in France
and based on the analysis conducted on the samples of Zamzam water,
this water is fit for human consumption."'

spears
10-05-2011, 12:21 PM
dari artikel diatas, ada yg aneh klo ga mau dibilang goblog
pertama,


TEMPO Interaktif, London (http://www.tempointeraktif.com/hg/asia/2011/05/09/brk,20110509-333187,id.html) - Hasil penyelidikan BBC pekan lalu menyebutkan air zam-zam yang dijual tiga toko buku muslim di Inggris tercemar arsenik. Ketiga toko buku itu berlokasi di Wodsworth (barat daya London), Upton Park (timur London), dan Luton (Bedfordshire)



terus...ujug2...beritanya langsung loncat kesini



Dalam investigasinya, BBC meminta seorang jemaah umrah mengambil air zam-zam dari keran yang terhubung dengan sumur zam-zam di Kota Makkah, Arab Saudi. Jemaah itu juga diperintahkan membeli air zam-zam botolan yang banyak dijual di kota suci bagi umat Islam itu.


pertanyaannya :

hasil penelitian ini jawaban untuk penelitian yg mana? quote no 1 atau quote no 2???? ck ck ckkkkkk....



Hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan kadar nitrat dan arseniknya tiga kali di atas ambang kesehatan. Bahkan, air itu juga berpotensi mengandung bakteri berbahaya.



terus, kenapa balik ke sini??????



Setelah laporan BBC muncul, ketiga toko buku muslim itu tidak lagi menjual air zam-zam.



jadi, sbnrnya yg tdk Lagi menjual air zam2 itu toko yg mana? toko yg di quote no 1, atau di quote no 2?????

::palmface::


sedangkan yang ini :



Pemerintah Saudi telah membantah laporan BBC itu setelah menguji di laboratorium Maret lalu. “Tidak ada arsenik dalam air zam-zam asli,” kata Kedutaan Besar Saudi di Ibu Kota London, Inggris, kemarin.

BBC/FAISAL ASSEGAF


ya eyalah!!!!
secara yg beracun dlm artikel adalah air yg di jual toko yg di Inggrisnya, bukan yg asli fresh from the mata air.


huuuuuuuuuuuuuuuuuuuu...kalo begini siih gw juga bisa jadi wartawan!
tinggal gabungin 2 berita, bikin judul lebay bin alay.
gw minta mod forum fenomena sekitar utk mengedit judul nih thread!

menjadi : [artikel menyesatkan bagi yg ga baik2 baca] air zam2 yg di jual di toko Inggris beracun


http://i56.tinypic.com/2i26gbk.jpg

AsLan
10-05-2011, 01:18 PM
Benarkah air zam zam itu punya kesaktian ?
Apakah umat muslim diajar untuk mempercayai kesaktian benda mati ?

Apakah kesaktian air zam zam sudah dibuktikan secara ilmiah misalnya bisa dipakai untuk menyembuhkan orang sakit ?
Mengapa air zam zam tidak dipakai secara medis di rumah sakit islam untuk menyembuhkan pasien2 muslim ?


Sori saya sangat skeptis dengan berbagai benda2 "sakti" semacam air suci dari katolik, minyak urapan dari kristen karismatik, air sungai gangga dari hindu, batu ponari, jimat gunung kawi dll...

Porcelain Doll
10-05-2011, 01:36 PM
iya nih....g jadi pengen tau artikel ini ditulisnya gimana sih?
arsenik itu kan cukup berbahaya meskipun dalam jumlah kecil....masa iya orang ga mati karena minum air yg tercemar arsenik sih?
lagian dari dulu g dan orang2 yg menkonsumsi air zam2 ini ga pernah punya masalah sedikitpun
dan kalaupun airnya tercemar, berarti hebat dong karena yg minum pada kebal arsenik :P

Porcelain Doll
10-05-2011, 01:42 PM
Benarkah air zam zam itu punya kesaktian ?
Apakah umat muslim diajar untuk mempercayai kesaktian benda mati ?

Apakah kesaktian air zam zam sudah dibuktikan secara ilmiah misalnya bisa dipakai untuk menyembuhkan orang sakit ?
Mengapa air zam zam tidak dipakai secara medis di rumah sakit islam untuk menyembuhkan pasien2 muslim ?


Sori saya sangat skeptis dengan berbagai benda2 "sakti" semacam air suci dari katolik, minyak urapan dari kristen karismatik, air sungai gangga dari hindu, batu ponari, jimat gunung kawi dll...

bukan sakti karena punya mantra, Aslan...
g pernah baca entah dimana, zam2 itu berkhasiat karena kandungan mineral/oksigen di airnya itu jauh lebih banyak dari air biasa
kaya Aqua tapi versi yg lebih canggihnya gitu :D
jadi, kalo diminum sama orang2, secara ga langsung bisa jadi alat buat membersihkan tubuh
sama aja kaya orang2 sekarang promo air minum mineral macem2 yg katanya kandungannya bisa menyehatkan tubuh atau minimal ngasih daya tahan lebih
g sih bacanya, karena airnya sudah diproses sampai murni dari cemaran2 berbahaya
tau sendiri kan, air sekarang tuh banyak yg tercemar dan sebenarnya ga begitu layak dikonsumsi kalau tanpa diproses lebih dulu
beda kaya zaman dulu dimana air sungai aja bisa langsung diminum :)

jadi, kalo dibilang sakti yg aneh2, sebenernya kan sama sekali enggak ada yg begitu
g juga ga percaya

kala
10-05-2011, 01:50 PM
cobaaa dimariii

klikkkk (http://hidayatullah.com/read/16863/09/05/2011/inggris-)


Sebenarnya pihak Inggris sudah pernah "membidik" Zamzam sejak masa kekhalifahan Utsmaniyah. Pada tahun 1304 H, Konsulat Inggris yang berkududukan di Jeddah pernah mengeluarkan pernyataan bahwa air Zamzam mengandung berbagai jenis kuman berbahaya, yang juga terdapat kolera.


Bahkan menurut mereka, air Zamzam lebih kotor daripada comberan. Pernyataan ini disebarkan dalam sebuah tulisan yang berjudul, ”Hujjah Makkah wa Kolera wa Ma` Zamzam”.

gembel
10-05-2011, 01:53 PM
ngikut nimbrung mbah :mrgreen:

jojox
10-05-2011, 03:13 PM
ah, tetap aja, bukti-bukti pencemaran atau polusi di air zam zam itu bukan hal yang kemungkinan besar disebabkan oleh alam.
sudah pasti karena kegiatan manusia baik terencana (i.e sistem pembuangan wastewater, sampah industri, perang, terrorisme, uji coba alat perang biologis dan kimiawi) maupun yang incidental. Masalah lingkungan kek gini bnrnya cuman masalah water-sanitation management aja, gak perlu embel2 arab-agama-suci, dll. Lagipula, bukannya haram menjual air itu menurut aturan sononya?=))

spears
10-05-2011, 04:22 PM
iya nih..pasukan pengen nyari2 kesalahan agama orang dah mau mulai beraksi nih.

btw, bukannya tagline fenomena sekitar tuh "dilarang mmembicarakan agama"
tolong ya di catat...

btw lagi, sebentar ya...kalo mau ngomong or cari2 kejelekan agama org dengan cara halus (misalkan dengan sok pura2 nanya secara sopan)
kalo bisa baca dulu yang bener..jangan asal ngomong (drpada jadi malu sendiri kan situ sendiri yg ga enak)

emangnya pernah ya orang islam meng-klaim klo air zam2 tuh bs menyembuhkan segala macam penyakit??
ya ampun, dangkal, bodoh dan terburu2 sekali tuh statement...

Air zam2 tuh hanya suatu situs bersejarah bagi umat islam, karena ada hubungannya sama sejarah ritual ibadah haji. tidak lebih.

klopun ada org2 (yg mungkin sirik krn ga bs menguasai air yg dr sisi ekonomis amat sangat menguntungkan) yg bilang nih air beracun, gw balikin lagi pertanyaannya..."kenapa beratus2 taun dr abad ke abad org2 islam maupun non islam yg minum air ini gak ada yg modar? bahkan org yg mengkonsumsi tiap hari juga kagak ada yg mokat....di Arab sono?"

tunggu pembuktian valid aja dah, yg di publikasikan secara besar2an...
gak usah percaya ma artikel yg sumbernya ecek2

gimana sih?ktanya generasi internet?kok percayanya sama sumber ecek2?
apa krn niatnya mau jelek2in agama org ya, jadi apapun sumbernya langsung dilahap...yg penting bisa menghina kepercayaan orang

dah ga usah sok lugu deh

kandalf
10-05-2011, 05:14 PM
Air zamzam gak sakti kok.
Kalau kelak tercemar yah, tinggal cari mata air baru buat orang-orang yang haji.
gitu aja kok repot.

Aku tadi akhirnya lihat-lihat lagi beritanya.

Jadi nih berita sebenarnya udah lama. Tapi BBC trus mengirim koresponden untuk mengecek apakah di Arab Saudi tercemar dan ternyata tercemar.

Tapi ada tetapinya, dari pihak Arab Saudi sendiri bilang tidak tercemar, ada sertifikasinya.
Dan aku juga meramban-ramban, ternyata di Arab sendiri, sekarang banyak yang jualan air zamzam palsu. Bahkan dua hari lalu ada pabriknya digrebek ama aparat Saudi di Madinah.


Tahu sendiri lah,
biarpun itu cuma mata air biasa, tetapi karena ada kesejarahannya, beberapa menganggap air tersebut suci dan rela mengeluarkan uang untuk beli walaupun ditipu.

Gak perlu emosional menanggapi berita seperti ini.
Kalau ntar para haji tiba-tiba sakit perut, nah, baru kita protes.

AsLan
10-05-2011, 05:15 PM
sensi sekali... cuma urusan air...

seperti kasus air sungai gangga, dipercaya meskipun banyak mayat bertebaran disana tapi airnya hiegenis.
penelitian laboratorium menunjukkan hal sebaliknya.

air zam zam adalah air, kalau tak dijaga baik2 ya bisa tercemar oleh limbah,
justru kalau ada penelitian yg menunjukkan pencemaran jangan marah2 dulu, lihat dulu siapa tahu benar maka bisa dicari sumber pencemarannya dan diperbaiki.

tapi kalau sudah keburu sensi dan merasa agamanya jadi jelek oleh laporan tersebut ya susah

spears
10-05-2011, 05:33 PM
Sorry gw emang sensi.
Soalnya gw kesel dibilang org islam percaya klo air zam2 bisa menyembuhkan segala macam penyakit.
Klo gak tau, nanya dulu. Jgn langsung nge –judge.
Lagian, kok ada kayak gabaca artikel nya sih?
Bahas tuh artikelnya yg gak jelas susunan sebab-akibat dan asal muasalnya.

Beitanya aja udah failed.knp buang2 waktu membahas berita failed yg udah basi????
Tanya kenapa?

AsLan
10-05-2011, 07:31 PM
Dulu guru agama islam di SD gw mengagung2kan air zam2, udah lupa sih apa saja yg diomongin olehnya.
Yang pasti dulu gw sekolah di kampung kecil, jadi berita2 mengenai "benda2 sakti" memang sangat memukau.

Tapi bagi kita yg hidup didunia modern harusnya bisa memilah2 mana yg scientific mana yg mitos, apalagi urusan keagungan agama itu kan tidak tergantung oleh mitos2.

Masalah penelitian oleh Inggris, bisa dibilang orang barat itu memang usil, tapi memang sudah kebiasaan mereka untuk menyelidiki segala sesuatu, dari urusan bakteri sampai luar angkasa pun diselidiki oleh mereka.

kala
10-05-2011, 10:26 PM
air zamzam tidak pernah disertifikasi sebagai suatu yang suci ....
kaloo yang ini ada ijazanya #:-S==klikk Darah Mendiang Paus akan Dipajang (http://id.berita.yahoo.com/darah-mendiang-paus-akan-dipajang-022600933.html)

pertanyaannya sama ... apa istimewanya / kesaktiannyaa .... sammpe
=="Darah dan rambut ini berasal dari tubuh Paus, jadi merupakan bagian benda suci derajat tertinggi," kata Kardinal Dziwisz ==

Benarkah air zam zam itu punya kesaktian ?
Apakah umat muslim diajar untuk mempercayai kesaktian benda mati ?

Apakah kesaktian air zam zam sudah dibuktikan secara ilmiah misalnya bisa dipakai untuk menyembuhkan orang sakit ?
Mengapa air zam zam tidak dipakai secara medis di rumah sakit islam untuk menyembuhkan pasien2 muslim ?

Sori saya sangat skeptis dengan berbagai benda2 "sakti" semacam air suci dari katolik, minyak urapan dari kristen karismatik, air sungai gangga dari hindu, batu ponari, jimat gunung kawi dll...

===
mbell ... pakabarr :)

Sauron
10-05-2011, 11:13 PM
kayaknya ga ada hubungannya deh artikel ini dengan "kesaktian" air zamzam.

kalau pemerintah arab saudi sudah bilang ga beracun, ya mosok pemerintah mau nyelakain rakyatnya sendiri?

arab saudi juga bukan negara terbelakang, mereka pasti punya ilmuwan untuk meneliti hal-hal beginian. :)

AsLan
11-05-2011, 12:12 AM
air zamzam tidak pernah disertifikasi sebagai suatu yang suci ....
kaloo yang ini ada ijazanya #:-S==klikk Darah Mendiang Paus akan Dipajang (http://id.berita.yahoo.com/darah-mendiang-paus-akan-dipajang-022600933.html)

pertanyaannya sama ... apa istimewanya / kesaktiannyaa .... sammpe
=="Darah dan rambut ini berasal dari tubuh Paus, jadi merupakan bagian benda suci derajat tertinggi," kata Kardinal Dziwisz ==


===
mbell ... pakabarr :)

Makanya saya bukan katolik... dan bukan agama lainnya yg mengagung2kan benda mati...


Kalau ada sekelompok peneliti yg mengeluarkan peringatan bahwa gedung gereja saya goyah dan retak, beresiko roboh dan mencelakakan orang maka reaksi saya bisa :

1. Tersinggung dan menuduh mereka menjelek2an agama saya karena gedung gereja yg saya agung2kan di kritik.
2. Berterima kasih dan melakukan penelitian lebih lanjut, siapa tahu memang demikian.

beastmen85
11-05-2011, 12:21 AM
aer ya aer...

adakah yg punya foto sumber aer zamzam? LOL

emg kenapa juga dianggap suci?

*OT

Sauron
11-05-2011, 03:56 AM
Lha, kan udah dikonfirmasi balik sama pemerintah saudi kalau air zamzam tidak mengandung racun. Artinya apa, mereka juga sudah meneliti air ini langsung dari sumbernya (bukan dari sumber mana-mana, apalagi aer yang dijual di toko buku).

Kalau masalah sakti dan ga sakti itu udah masalah keyakinan. Ga nyambung dengan inti topik ini.

Pesan moral: ambillah air zamzam dari sumbernya, jangan beli di toko buku. Gratis kok.

keremus
11-05-2011, 08:00 AM
Betul, air ya air.
Soal khasiat atau keajaibannya, itu soal keyakinan.

Kurang kerjaan banget tuh Inggris meneliti air zam-zam.

Peduli banget. Mungkin Inggris perlu tender PAM di sana.

Kesannya, ngurus banget.

Saudi Arabia perlu meneliti kandungan sungai Thames agar sama
pedulinya.:D

kala
11-05-2011, 08:39 AM
dan donporget ...
Soal khasiat atau keajaibannya, itu soal keyakinan.

sertipikasi dari pejabat yangg berwenangg ....


pertanyaannya sama ... apa istimewanya / kesaktiannyaa .... sammpe
=="Darah dan rambut ini berasal dari tubuh Paus, jadi merupakan bagian benda suci derajat tertinggi," kata Kardinal Dziwisz ==
ayoooooo

Apakah kesaktian air zam zam == sam2 nda bersertipikat
mumpungg adu saktii .... sekaliann sajaa .... mari jangan malu22

E = mc²
11-05-2011, 09:00 AM
khasiat air zamzam bukannya ada di hadits Nabi ya?

http://thibbunnabawi.wordpress.com/2007/07/20/manfaat-air-zam-zam/

http://www.rumaysho.com/faedah-ilmu/15-faedah-ilmu/2740-khasiat-air-zam-zam.html

kala
11-05-2011, 10:29 AM
tidak penting berkhasiat atoo tidaakk --->
E = mc²
khasiat air zamzam bukannya ada di hadits Nabi ya?


kalo ada sertipikasi sertipikasii ....
harus ada sakti ...... dan terbuktii


.... ayoo mari adu saktii :P

kunderemp
11-05-2011, 11:39 AM
Berhubung sudah mulai nyerempet-nyerempet,
dengan kekuasaan semena-mena, kupindah ke Dialog Lintas Agama.

PS: Please, hanya berkaitan dengan air zamzam.

kala
11-05-2011, 11:50 AM
protess:P
PS: Please, hanya berkaitan dengan air zamzam.

Apakah kesaktian air zam zam
== ini thread uda bergeser kemasalah kesaktiann

dan

==emg kenapa juga dianggap suci?


------------------- jadi mari adu sakti, dan adu cucii :)

Porcelain Doll
11-05-2011, 12:02 PM
^ jangan ngompor2in gitu, dong...

kala
11-05-2011, 12:04 PM
Apakah kesaktian air zam zam

silahkan yang inii
pertanyaannya sama ... apa istimewanya / kesaktiannyaa .... sammpe
=="Darah dan rambut ini berasal dari tubuh Paus, jadi merupakan bagian benda suci derajat tertinggi," kata Kardinal Dziwisz ==

===
ndak pake mlengosss


^ jangan ngompor2in gitu, dong...
:) ada kopi ada gula ... ambil panci isi airr ... kita rebusss

hehheee

spears
11-05-2011, 01:48 PM
aer ya aer...

adakah yg punya foto sumber aer zamzam? LOL

emg kenapa juga dianggap suci?

*OT

sama aja kayak nanya emang kenapa darah ama rambut paus di anggap suci???yaiks.

dodol.
ini masalah keyakinan.

gw org islam...
gw anggap air zam2 itu suci.
suci disini bukan berarti gw sembah dan gw pajang2 atau gw dewa2in, atau gw kasih pigura.
ada masalah????

AsLan
11-05-2011, 04:10 PM
Seperti yang dikatakan kund, topik ini hanya membicarakan air zam zam, kalau merasa tersinggung dan ingin "menyerang balik" silahkan buka topik baru.

indraprime
11-05-2011, 04:21 PM
nggak ngerti ginian jadi nggak ikutan ::elaugh::

sekedar numpang lewat sembari mencari ilmu :D

Serenade
11-05-2011, 04:29 PM
Lho, kok jadi melebar nih.

Kan gampang aja ngliat masalahnya:
1. Air zamzam yg dijual di beberapa toko mengandung racun ----> jadi jangan beli di sono.
2. Air zamzam di Saudi nggak beracun. Dan lebih bagus lagi, kalo Arab Saudi menyertakan hasil pengujian laboratorium atas air zamzam.

@ Kala: jangan jadi kompor, dong.

kala
11-05-2011, 04:52 PM
jadi ngaku nyerangg neee ....
aorang yang dibicarakan masalah pencemaran - sampean malah keluarin kesaktiann
eakakakaka ........... geleng2=gelengg .....

Seperti yang dikatakan kund, topik ini hanya membicarakan air zam zam, kalau merasa tersinggung dan ingin "menyerang balik" silahkan buka topik baru.

#:-S
khan dah jelas itu ... pertanyaan saya sama dengan anda ia thooo ....
ngapain meliuk2 .............. ( tersungging ? ) yaa



:)) ............. pupita tuhh yang baea kompoorr

kandalf
11-05-2011, 05:41 PM
Kala,
kund bilang, kalau mau menanyakan darah Paus, silakan buka utas (thread) baru. Jangan di sini.
Yang di sini fokus ke air zamzam saja.


Oke, kembali ke topik. Jadi, di Arab Saudi pun, ternyata ada penjual air zamzam palsu. Tanggal 8 Mei kemarin baru digrebek ama polisi tuh.
http://www.saudigazette.com.sa/index.cfm?method=home.regcon&contentID=20110509100255

Jadi peringatan buat kalian yang mau pergi haji, jangan mudah teriming2 dengan 'air zamzam'.

Dalam sejarahnya, air zamzam pernah hilang sehingga yang haji pasti pakai mata air lain. Baru digali lagi oleh Abd Muththalib dan putra sulungnya, Harits (yup, Abdul Muthalib kakek Rasulullah).

Air zamzam ya.. mata air biasa. Gak ada khasiat apa-apa. Tapi ada yang percaya mata airnya berkhasiat, ya itu haknya.

Aku kutip dari Wikipedia berbahasa Inggris http://en.wikipedia.org/wiki/Zamzam .

The Saudi government has prohibited the commercial export of Zamzam from the kingdom.[2] However, there is a strong commercial demand for Zamzam which resulted in commercial distribution of fake Zamzam along with alleged Zamzam in many countries.

Pemerintah Saudi melarang ekspor air Zamzam dari kerajaannya. Namun, karena ada permintaan komersial untuk zamzam, timbul penyebaran zamzam palsu bersama air yang 'konon' zamzam di berbagai negara.


Uni Emirat Arab bahkan melarang perdagangan air zamzam dalam bentuk botol karena pemerintah Saudi melarang ekspor dan karena itu keaslian botol2 zamzam tersebut diragukan.
http://gulfnews.com/news/gulf/uae/general/uae-residents-told-to-avoid-buying-zam-zam-water-1.802850

kala
11-05-2011, 05:55 PM
cuma mau nanggapinn yang mera ..
= "Apakah kesaktian air zam zam" =


Kala,
kund bilang, kalau mau menanyakan darah Paus, silakan buka utas (thread) baru. Jangan di sini.
Yang di sini fokus ke air zamzam saja.

Seperti yang dikatakan kund, topik ini hanya membicarakan air zam zam, kalau merasa tersinggung dan ingin "menyerang balik" silahkan buka topik baru.

kalo mauu bahass soalan ke-sakti-Ann ... kenapa disinii ??

... nuka topik baruu #:-S

pasingsingan
11-05-2011, 11:19 PM
@kala:
jgn ngeyel soal kesaktian yak #-o


BTT:

sesuai sumber berita TS
aer zam-zam yng diberitakan mengandung zat berbahaya tuh
yng dijual ditoko inggris, sedangkan pemasok toko dimaksud
blom jelas (baca tdk tersurat). Kita fokus ke sumber berita itu saja
jgn melebar kemana-mana, oce? ;)

Ronggolawe
11-05-2011, 11:39 PM
gw bilang juga apa




Air zam-zam yang dijual tiga toko
Air zam-zam ini tidak diekspor untuk kepentingan bisnis.

menurut gw ini berita yang kontradiktif.

Kop Aslan gagal menjaga obyektivitas dalam menilai sebuah
berita. Ketika menyadari kesalahannya, mencoba ngeles ke
soal superioritas barat dalam hal obyektivitas penelitian.

Ketika ditunjukkan bukti adanya sertifikasi Perancis yang
mendukung pernyataan pemerintah Saudi, malah ngeles lagi
ke soal tuah dan kesaktian. Padahal air zam-zam cuma
oleh-oleh dari Mekkah.

Sumurnya pun eksis karena dijaga oleh orang-orang yang
memeliharanya. Dan kalau gw nggak salah, sumur zam-zam
pernah kering-kerontang sampai dilupakan dan tertimbun.

kala
12-05-2011, 12:14 AM
== begitulahh
Ketika ditunjukkan bukti adanya sertifikasi Perancis yang
mendukung pernyataan pemerintah Saudi, malah ngeles lagi
ke soal tuah dan kesaktian. Padahal air zam-zam cuma
oleh-oleh dari Mekkah.

ditemani aduu saktii ...ehh sembunyi di gereja

Kalau ada sekelompok peneliti yg mengeluarkan peringatan bahwa gedung gereja saya goyah dan retak, beresiko roboh dan mencelakakan orang maka reaksi saya bisa :


.... dahh akhh
out di-ini topikk ..................

AsLan
12-05-2011, 12:21 AM
gw bilang juga apa


Kop Aslan gagal menjaga obyektivitas dalam menilai sebuah
berita. Ketika menyadari kesalahannya, mencoba ngeles ke
soal superioritas barat dalam hal obyektivitas penelitian.

Ketika ditunjukkan bukti adanya sertifikasi Perancis yang
mendukung pernyataan pemerintah Saudi, malah ngeles lagi
ke soal tuah dan kesaktian. Padahal air zam-zam cuma
oleh-oleh dari Mekkah.

Sumurnya pun eksis karena dijaga oleh orang-orang yang
memeliharanya. Dan kalau gw nggak salah, sumur zam-zam
pernah kering-kerontang sampai dilupakan dan tertimbun.


Salah saya apa ya ?

Saya cuma nanya kenapa orang2 marah karena sebuah penelitian, kalo penelitian itu salah ya sudah toh berarti penelitian dijawab dengan penelitian, beres.
Karena ini topik mengenai air zam2 lalu saya tanya apa hebatnya air ini ?

cuma ditanya gitu marah lagi... capek dee

eve
12-05-2011, 12:50 AM
eike pernah minum nih air, dibawa ama temen pulang haji...

beastmen85
12-05-2011, 01:08 AM
dilarang melebar,

hanya membicarakan air zam-zam bukan hal2 yg berkaitan dengannya

jadi kesimpulannya air zam zam adalah salah satu air

*kala, jangan kompor, elpiji 3KG aja, efektif http://wap.indosat.com/images/default/jempol.gif

beastmen85
12-05-2011, 01:10 AM
Karena ini topik mengenai air zam2 lalu saya tanya apa hebatnya air ini ?

this http://wap.indosat.com/images/default/jempol.gif

menurut eike, pembicaraan ttg khasiat dan kehebatannya serta anggapan2 dan keyakinannya ttg itu air bukan "topik yg melebar"

jika ngikut berita doank ya air zam2 yg dijual disitu beracun, sudah, cuman itu, ga ada bahasan lain

http://iglo.us/forums/images/smilies/Cape%20deh.gif

eve
12-05-2011, 01:15 AM
siap bos,,,

Ronggolawe
12-05-2011, 07:02 AM
Salah saya apa ya ?

Saya cuma nanya kenapa orang2 marah karena sebuah penelitian, kalo penelitian itu salah ya sudah toh berarti penelitian dijawab dengan penelitian, beres.
Karena ini topik mengenai air zam2 lalu saya tanya apa hebatnya air ini ?

cuma ditanya gitu marah lagi... capek dee
Siapa yang marah Kop?
gw cuma lucu aja ama logika berpikir loe. Udah jelas air
zam-zam secara resmi tidak boleh di ekspor komersil, eh
ini malah ada yang ngejual di London. Beneran air zam-zam
ngga tuh? Jangan-jangan dicampur air sungai Thames :)

Pernyataan badan peneliti Inggris, sudah dibantah oleh
otoritas Saudi yang diback-up oleh badan berlisensi Perancis.
Menurut gw, Inggris vs Perancis saling mengimbangi lah,
secara sama-sama satu kali Juara Piala Dunia :)

spears
14-05-2011, 09:24 AM
@ aslan : lo blg org lain oot, nanya lo salah apa?

Lo yg oot.
Thread ini ga ngebahs kesaktian air zam2.

Tp soal air zam2 palsu yg dijual toko di inggris yg trnyata beracun.

Tp sayang, artikelnya failed.

Yasudah, sudah trjawab.

Gw simpulkan aja ya :

1. Air zam2 gak dijual.
Jadi klo nemu org jual air zam2, yakinlah itu pal-su

2. Air zam2 asli tdk trcemar, krn udah di konfirmasi ulang ama pemerintah saudi, plus sm lembaga peneliti Prancis.(Noh, prancis..lo nge dewa2in org barat kan di bdg penelitian. Prancis tuh..)

3. TS nya kompor

4. Yg pcy air zam2 sakti ya itu hak mereka. Tp Islam gak pernah meng-klaim klo Zam2 itu sakti (helooo..pakabar yg namanya dokter ya? Kata Tuhan)

opi77
23-05-2011, 07:08 PM
hanya ikut menyimak aja...lumayan buat nambah2pnegetahuan soal air zam-zam...

TheCursed
15-08-2011, 03:09 PM
kesimpulan yg saya ambil:
1. Air zamzam yang dijual di inggris = beracun
2. Air zamzam yang tidak dijual di makkah = tidak beracun.

di jual ?
Ngambil aja kali.... :mikir:

silverjade
23-12-2011, 03:24 PM
Sering minum air zamzam oleh-oleh yang naik haji...Alhamdulillah ga pernah kenapa-napa
Kalo emang mengandung arsenik, dari jutaan orang yang naik haji itu kenapa ga ada yang keracunan arsenik ya

ndableg
23-12-2011, 04:51 PM
Pengalaman gw minum aer jam jam... kagak enak! Yg jelas jadi sangat menolong ketika kita merasa kehausan dipadang pasir.. tapi diminum di dapur sendiri ya apa fungsinya??
Aer Jamjam dianggap berjasa, bukan suci, karena aer jamjam itu yg menyelamatkan hidup ismail, shg menurunkan bangsa2 arab. Ajaib, bukan suci. Orang pun pengen nyobain karena pengen tau rasanya aer yg menyelamatkan hidup manusia di padang pasir. Aer jamjam ya sama aja kayak aer oase2 di padang pasir.

Aer jamjam diperjualbelikan? Jangankan aer jamjam, biaya naek haji aja mahalnya minta ampun. Mending buat bantu orang susah, palestina kek, bantuin keluarga Saudi.. Bersahabat dgn amrik.. kasih utang ke amrik.. yaa.. duit haji buat perang ke irak, buat bunuh kadaffi, bunuh orang susah.

gogon
23-12-2011, 05:21 PM
enakan aer jas jus ya kop ;D

pasingsingan
24-12-2011, 12:29 AM
jadi
aer yng katanya aer zam-zam dari mekah
dan dijual di toko london mengandung racun = hoax yak? #-o