PDA

View Full Version : Lapar dan Kelaparan



E = mc˛
09-05-2011, 10:43 AM
Jadi gini, skrg kan sy lg di lapangan di luar kota. ketemuan ma anak dr kampus lain. dan ini anak punya "kebiasaan" spesial yg kadang bikin gak nyaman: dia mudah dibuat lapar.

misal, kita sama-sama sarapan pagi bareng anak2 lain juga. Tapi jam 10 siang (atau jam 11) dia udah merengek2 ngajak makan siang. Biasanya jam segitu, kalo lg ngerjain tugas, lagi hot-hotnya, males banget buat diganggu. dan si anak tadi merengek2 sedemikian rupa hingga bikin gak konsen.

kita suruh dia makan duluan, dianya gak mau--malu katanya kalo sendirian--. Kita suruh bawa cemilan gak mau--harus makan nasi/mie katanya.

puncaknya kemarin, pas lg jalan2, dia tiba-tiba merengek2 di kendaraan umum. padahal udah jelas, kita lg di perjalanan pulang. itu kendaraan terakhir kita gak bisa sembarang turun. dna yg jelas, jam 1 siang kita semua udah makan bareng, tapi jam 4 dia udah lemes gitu nyaris kayak org gak makan berhari2 ampe diliatin ma penumpang lain. saya ma temen yg lainnya lagi ampe sikut2an

pertama sih, sebel juga. tapi makin kesini makin kasian. oyah, fyi: dia kalau makan bareng kita-kita, tapi dia yg selalu lapar duluan. Meski jumlah makannya banyak, tapi badannya gak gemuk2 amat. dalam sehari, dia bisa makan ampe 5x dg porsi yg bikin kita begidik

pertanyaannya:
- apakah ini gejala cacingan? atau metabolsime yg gak "normal"?
- bagaimana cara memberi tahunya? kalau diomongin ke orangnya "eh, kamu cacingan tuh" kan gak enak :D. lagian kita lg di gunung. susah banget nyari apotek, ada saran pake obat apa? (jangan jawab baygon :ninja:)
- iseng sih nanya, apa di kampus dia sebelumnya suka gituh, dia jawab enggak. (entah jujur atau tdk). apa karena pengaruh udara dingin, hingga bikin cepet lapar? Toh, sy yg lain juga lapar, tapi kan maksudnya gak usah menunjukkan secara demonstratif seperti itu juga, ada kiat menunda lapar? (kecuali cemilan yg emang gak mempan. bahkan roti sekalipun)

etca
09-05-2011, 10:58 AM
tuw orang cowo atau cewe?

minta dia makan makanan yang berserat aja. lebih nampol.
makan roti tawar gandum, atau nasi merah.
lebih awet kenyangnya.. :)

gw pikir dia komplikasi metabolisme terlalu lancar plus ada naganya :))

E = mc˛
09-05-2011, 11:11 AM
^ cowok. kalo cewek kayaknya tengsin banget ::elaugh::--tp pernah nemu lho cewek yg kasusnya mirip, kita pd kaget liat cewek yg makannya dobel porsi baik makanan maupun minuman tapi badanya gak gemuk2, cewek kan biasanya jaim :D

oyah, coz kita lg di gunung, kita gak bisa seenaknya milih menu (misal roti tawar gandum, atau nasi merah). yg ada cuma roti biasa (yg murah sih, kayak di pasar2 tradisional gituh, lima bungkus gak mempan).

kemarin, pas dia lemes bgt di kendaraan umum itu, kita ampe terpaksa ngasih dia minuman gitu. dua botol abis--dan hasilnya, "cairan lambungnya gak terlalu encer" jadi dia gak terlalu merengek2 (meski lemes tetep). Tapi tadi malem dia ngeluh perutnya agak kembung (kita semua pura2 gak denger dan asyik nonton bola MU vs Chelsea :ninja:)

adinda
09-05-2011, 11:17 AM
beliin gorengan aja yg banyak di pasar

bungkus buat persediaan...ahaha kan itu bikin kenyang (eneg)

dan....


gw ga tau boleh disebut merk aja ngga
tapi,
Okky jelly drink, mungkin?

atw suruh bikin energen

pokoknya yang eneg eneg deh...biar lapernya lama

kalao roti2 di pasar sih emang ga ngenyain, kopos gitu...

E = mc˛
09-05-2011, 11:34 AM
errr... jarak dr pasar terdekat... 30km (?)

kalo dia sarapan sih, sama kayak kita, di warteg gitu. udah jelas posrinya plus-plus (plus gorengan, pisang, dan sejenisnya). ampe sringnya kita telat masuk coz nunggu "makanannya turun dulu".

kalau bawa makanan, kayaknya rada susah, hrs secara sembunyi2. dan ya itu, makanannya banyak yg gak mempan (udah dicoba biskuat yg bungkusnya gede itu--jelly drink kayaknya gak ada yg jual, ampe pernah beli buah rambutan banyak banget, gak mempan juga ::elaugh::)

maksudnya, perut kan ada kapasitasnya juga. dia hampir selalu ampe level maksi ngisinya. Tapi gak pernah bertahan lama. paling banter 2-4 jam saja (gak kebyang kalo lg puasa kayak gmn). dan karena gak mungkin makan setiap lapar, jd tampaknya perlu semacam "penunda lapar" (ah, andai kapsul penunda lapar itu dijual disini) :-/

gogon
09-05-2011, 12:09 PM
abis sarapan di warteg, sebelum pulang coba beli 1 lagi dibungkus untuk dia kalo kelaperan pada 2-3 jam ke depan.
ulangi pada makan siang dan makan malam

(lagi ngebayangin anak kuliahan yg merengek2 karena kelaperan....)

adinda
09-05-2011, 12:26 PM
betul, bungkus aja lah..pisahin lauk dan nasinya

kapanpun dia mau makan, lsg kasih ..ga usha pake jajan2an

GiKu
09-05-2011, 12:36 PM
makan banyak tapi gak gemuk2, kemungkinan dia adalah seseorang dengan tipe tubuh ectomorph

hal yg baik dilakukan adalah memberi saran ke dia untuk berkonsultasi dengan ahli gizi
biar dapet koreksi mengenai pola makan dan apa yg dimakan

adinda
09-05-2011, 12:41 PM
klo malem2 dia merengek minta makan, siapin batu bata

*bumbui garam dan lada secukupnya

rebus selama 20menit

:D

Yuki
09-05-2011, 03:14 PM
kasih obat bius?

pas siuman kasih lagi sebelum waktu jam makan tiba

::elaugh::

gogon
09-05-2011, 05:55 PM
::elaugh::

atau gini:
Pak Rumus: jam segini, masih laper?
Si Laper : iya mas.. aduh laper banget nih.. ayo donk kita cari makan
Pak Rumus : serius loe laper? mana coba liat perutnya
Si Laper : nih mas.. liat aja (sambil angkat baju sedikit untuk menunjukkan perut)
Pak Rumus : *kasih upper-cut* jebb..

adinda
09-05-2011, 06:15 PM
Si laper : duh, laper ni eke, mamam nyukkk
pak rumus : aje gile, ngondek belm dapet pelanggan, lo udah laper lg
si laper : abis dingin siichh,
pak rumus : mau kehangatan? sini.... gw beri!! (kasih ciuman maut) :cinta:

E = mc˛
09-05-2011, 06:58 PM
coba kalo dia cewek yah? suruh aja hamil :ninja:

kalo ngeluh lapar, bisa kita omelin, "perut udah buncit, masih minta makan" :run:

eve
09-05-2011, 11:22 PM
kasih makan nasi jagung, sudah terbukti efektif.., karena di dalam lambung ntu jagung bakal mengembang sempurna...

deddy
10-05-2011, 03:03 PM
kebanyakan jagung ntar malah k*****t mlulu ....... hahahha

eve
10-05-2011, 03:15 PM
gppp, daripada makan mlulu....

cha_n
10-05-2011, 03:35 PM
hihihihi...
kasih mie kali, biar ngembang di dalem

gogon
10-05-2011, 03:47 PM
- apakah ini gejala cacingan?
gejala cacingan adalah lesu dan lemas karena anemia (cacing tambang menghisap darah), berat badan rendah dan kurang gizi (gizinya disedot cacing), batuk ga sembuh-sembuh (cacingnya bersarang di paru-paru), dan sakit perut (cacing joget massal di perut). Kadang juga ada yg terasa gatal2 di -maaf- lubang anus (cacing kremi menggeliat2)

atau metabolsime yg gak "normal"?
sepertinya tidak. Saya cenderung kepada istilah "polyphagia" ..

- bagaimana cara memberi tahunya? kalau diomongin ke orangnya "eh, kamu cacingan tuh" kan gak enak . lagian kita lg di gunung. susah banget nyari apotek, ada saran pake obat apa? (jangan jawab baygon )
suruh dia buka link ini: http://www.kopimaya.com/forum/showthread.php?1312

- iseng sih nanya, apa di kampus dia sebelumnya suka gituh, dia jawab enggak. (entah jujur atau tdk). apa karena pengaruh udara dingin, hingga bikin cepet lapar?
memang udara dingin dapat memicu datangnya lapar lebih cepat, karena tubuh membutuhkan panas yang cukup untuk menjaga kondisi.

- Toh, sy yg lain juga lapar, tapi kan maksudnya gak usah menunjukkan secara demonstratif seperti itu juga
mungkin karena dia merasa dia adalah mahasiswa sehingga cenderung melakukan demonstrasi

, ada kiat menunda lapar?
ngemil, minum okky jelly drink pelepas dahaga penunda lapar, mengkonsumsi energen minum makanan bergizi, hipnotis diri sendiri dengan mengucap "aku tidak lapar... aku tidak lapar" berulang-ulang.