PDA

View Full Version : Asal Usul Kata



opera
11-11-2013, 12:06 PM
Kutang
Pada masa penjajahan Belanda dulu,pada waktu Daendels berkuasa pada pengerjaan proyek pembuatan jalan pos Anyer-Panarukan di kota Semarang (sekarang jl. Bodjong), banyak budak pribumi baik laki-laki maupun perempuan yang bekerja hanya mengenakan pakaian bawah saja. Sedangkan bagian atas tubuh, mulai dari pusar hingga ke leher, telanjang (jawa :ngligo). Dan ini adalah hal yang biasa pada waktu itu.
Mandor yang bertugas di tempat saat itu, Don Lopez comte de Paris -kaki tangan Daendels yang berkebangsaan Prancis- merasa risih melihat keadaan ini. Akhirnya, ia memotong-motong kain putih dan memberikannya kepada salah satu budak perempuan untuk menutup payudaranya. Sambil memberikan kain tersebut pada si budak, dia mengatakan,”Tutup bagian berharga itu”. Don Lopez berbicara dalam bahasa Prancis ketika mengatakan hal itu. Dalam bahasa Prancis, berharga adalah "coutant"
Ternyata budak perempuan itu bertanya-tanya untuk apa kain itu. Don Lopez terus menunjuk-nunjuk payudara permpuan itu dan berkata,” Coutant! Coutant”.
Budak itu tetap tak mengerti juga. Ia hanya melihat bagian payudaranya apakah ada yang salah.
Orang yang melihat adegan tersebut serta merta mengira bahwa kain putih yang ditunjuk-tunjuk ke payudara untuk dipakai sebagai penutup adalah namanya coutant. Salah seorang budak yang ada di dekat perempuan itu lantas berkata “ o, kuwi jenenge kutang”.
Sejak itu lahirlah istilah baru yang sebenarnya salah kaprah.

Kelontong
Adalagi sejarah yang menarik, pada jaman dahulu rata-rata orang tionghoa di Jawa berjualan keliling dari desa ke desa bahkan kota menggunakan gerobak yang ditarik oleh sapi. Jualannya pun tidak main-main, istilahnya toko serba ada, dari pakaian sampai sembako, dari kebutuhan sehari-hari sampai ayam hidup pun ada. Sebagai penanda di leher sapi tersebut diberi lonceng yang akan berbunyi apabila sapinya bergerak (berjalan). "klontong....klontong..." begitu bunyinya.
Itulah sebabnya sampai sekarang orang Jawa menyebut toko yang berjualan bahan2 kebutuhan sehari hari dengan "toko kelontong"

opera
11-11-2013, 12:44 PM
Gedang
kata gedang dalam bahasa jawa yg artine pisang berasal dr ucapan sekumpulan tentara londo..... alkisah sekempulan tentara londo yg terlibat pertempuran tersesat selama beberapa hari mereka tidak bisa menemukan makanan apapun,sampai akhirnya mereka menemukan pohon pisang dan mereka pun saling berucap "GOD DANK" atau terima kasih tuhan yg terdengar gedang oleh penduduk lokal

kupo
11-11-2013, 12:53 PM
Honeymoon
Di masa Babylon 4000 tahun lalu, selama sebulan setelah acara pernikahan, ayah dari mempelai putri biasanya akan menyediakan sejenis minuman yang terbuat dari madu lebah. Dan karena mereka menggunakan kalender lunar sebagai sistem penanggalan, maka tenggang masa selama sebulan itu mereka sebut sebagai "Honeymoon".

GiKu
11-11-2013, 12:58 PM
kalo kata "cantengan" itu asal mulanya gmanak ?

opera
11-11-2013, 01:05 PM
Ember
Alkisah tahun 1800-an sebuah kapal Jerman bongkar pasang di Jawa. Kapal tersebut bernama Emden. Ketika merapat, mereka mengeluarkan barang wadah air untuk menampung air. Ketika warga lokal yang mayoritas saat itu buta huruf atau ngerti separuh2 tulisan latin membaca tulisan di wadah air tersebut, mereka menyangka "d" sebagai "b" dan "n" sebagai "r"

Alip
11-11-2013, 04:55 PM
Dua pertanyaan...

Ketika Daendels berkuasa, Jawa sudah lama memeluk Islam dan kerajaan yang dominan adalah Banten, Yogyakarta, dan Surakarta. Pamanukan sendiri adalah bekas kesultanan Cirebon yang Islam. Bukannya di jaman itu pakaian perempuan Jawa sudah menutupi dada?

Apa nama pisang di Jawa sebelum masuknya penjajahan Belanda? ::hihi::

GiKu
11-11-2013, 05:39 PM
^
monkey fruit

purba
12-11-2013, 12:59 AM
Topik ini seharusnya masuk forum humor atau sebangsanya.

::ngakak2::

neofio
07-01-2014, 09:19 PM
kata dipan = ranjang

di bhs rusia juga ada = диван (dibaca "dipan") artinya pun sama dipan/ranjang ::ngakak2::


thread yg kaya gitu ada gak di forum bahasa,.. maaf gw taruh disini

yanwok
08-01-2014, 08:43 AM
Meja
Kursi

Dari mana ya kira-kira...
Dari dulu sering kepikiran, kenapa ga meja tuh dulu dinamain kursi, dan sebaliknya

:ngopi: