PDA

View Full Version : Sumpah pocong



ndableg
24-04-2011, 08:17 PM
Ini apaan seh? Maksudnya sumpah t'rus dipakein pocong? Kira2 bagaimana rangkaian upacaranya? Apa resikonya buat yg bersumpah, kok musti dipocongi segala? Apa ini bukan bid'ah? Dasarnya apa?

Belon pernah gw liat orang di sumpah pocong selain di pelem horor ape gitu..

Yuki
24-04-2011, 08:51 PM
dasarnya? Sugesti kali, biar yg ngeliat apalagi yg ngelakuin kebayang seremnya

saya juga baru sebatas ngeliat film-nya, si lari bukan mobil bukan itu kan yg maen

E = mc²
24-04-2011, 09:06 PM
klenik

tapi, kenapa gak ada sumpah kuntilanak, sumpah genderuwo, dll yak? ::elaugh::

Yuki
24-04-2011, 09:27 PM
karena pocong yg paling mendekati mayat?

*gak nyambung* ::elaugh::

indraprime
25-04-2011, 11:16 AM
dasarnya? Sugesti kali, biar yg ngeliat apalagi yg ngelakuin kebayang seremnya

saya juga baru sebatas ngeliat film-nya, si lari bukan mobil bukan itu kan yg maen

setelah sekian lama saya mengolah kata diatas akhirnya saya tau klo itu maskudnya Rano Karno ::elaugh::

keremus
25-04-2011, 07:31 PM
Sepengatahuan saya, inti sumpah ini = bersumpah atas nama Allah SWT dan Al Quran
dengan konsekuensi berat jika bersumpah palsu. Misalnya, jika bohong, ia akan meng-
alami kecelakaan.

Ada orang yang dikafani, tapi gak tau yang dikafani ini yang bersumpah apa orang
lain. Jadi kayak jenazah. Mungkin dari sini istilah pocong.

Rasanya ini tidak ada dalam ajaran agama Islam. Sekadar kebiasaan yang dilakukan
orang2 Islam, khususnya di Jawa, ketika institusi peradilan dianggap tidak dapat
diandalkan. Atau untuk hal2 yang sulit dibuktikan di pengadilan seperti kasus santet.

Denger2 seh, sumpah beginian nih berat dan akan benar2 dapat celaka jika orang
yang bersumpah berbohong.

beastmen85
25-04-2011, 08:57 PM
kirain malah org yg disumpah pocong itu kalo melanggar sumpah akan dihantui pocong

hajime_saitoh
26-04-2011, 09:53 AM
dalam islam gak adayang namanya sumpah pocong.. ini gak pernah dilakukan oleh nabi shallallohu alaihi wa salaam atau para shabat radiyallohu anh.. yang ada dalam islam adalah mubahalah (perang doa) jadi kedua belah pihak bersumpah dan berdoa kepada Allah subhanhu wa taala agar apabila mereka salah maka mereka siap untuk dilaknat oleh Allah subhana hu wa taala.. ini pernah hampir dipraktekkan oleh Nabi shallallohu alaihi wa salaam ketika beliau ditantang perang dioa oleh para kaum kristiani dari najran.. namun setelah melihat penampilan nabi beserta keluarga yaitu Ali bin abi thalib radiyallohu anh beserta istri dan anak3nya yang sangta sederhana mereka mengurungkan niatnya.. takut kalah kali...

ndableg
27-04-2011, 01:01 AM
Sepengatahuan saya, inti sumpah ini = bersumpah atas nama Allah SWT dan Al Quran
dengan konsekuensi berat jika bersumpah palsu. Misalnya, jika bohong, ia akan meng-
alami kecelakaan.

Ada orang yang dikafani, tapi gak tau yang dikafani ini yang bersumpah apa orang
lain. Jadi kayak jenazah. Mungkin dari sini istilah pocong.

Rasanya ini tidak ada dalam ajaran agama Islam. Sekadar kebiasaan yang dilakukan
orang2 Islam, khususnya di Jawa, ketika institusi peradilan dianggap tidak dapat
diandalkan. Atau untuk hal2 yang sulit dibuktikan di pengadilan seperti kasus santet.

Denger2 seh, sumpah beginian nih berat dan akan benar2 dapat celaka jika orang
yang bersumpah berbohong.

Celaka itu maksudnya gimana? Bukannya orang2 macam antasari (yg katanya diminta sumpah pocong) ud celaka? T'rus tambah celaka lagi? Malah dia dibunuh nanti ga ada yg dituduh karena disangka celaka gara2 sumpah pocong... KEnapa dipercaya kekuatan sumpah pocong ini? bukankah tidak ada dalam ajaran islam?

PERMANDYAN
27-04-2011, 01:23 AM
djika tidak ada, lantas oentoek apa dilaksanakan (djika memang masih didjalankan )

BundaNa
27-04-2011, 10:43 AM
itu tradisi umat islam di Jawa...mungkin berharap efeknya ke psikologis orang itu kuat...istilahnya, mensugesti