PDA

View Full Version : - Waspadai Gejala Muntaber -



lily
22-07-2013, 03:48 PM
Ada beragam gangguan pencernaan yang perlu kita ketahui supaya kita lebih waspada dan bisa melakukan usaha-usaha pencegahan. Salah satu gangguan pada pencernaan yang cukup berbahaya jika dibiarkan berlanjut adalah muntaber. Muntaber merupakan gangguan pencernaan yang menyebabkan seseorang mengalami muntah dan berak secara bersamaan atau terpisah. Jika gangguan pencernaan yang satu ini tidak segera diatasi maka bisa dengan cepat membawa seseorang pada kondisi yang membahayakan jiwanya.

Apa Penyebabnya?

Muntaber bisa disebabkan oleh kuman, bakteri, atau virus. Muntaber juga dapat disebabkan oleh adanya infeksi saluran nafas atau radang tenggorokan, infeksi saluran kemih (kencing) dan penyakit tifus. Akan tetapi, yang paling sering menyebabkan muntaber adalah bakteri Eschericia c o l i (E. c o l i) yang menyerang usus. Biasanya muntaber terjadi karena seseorang mengkonsumsi makanan yang sudah tercemar dengan bakteri E. c o l i dan saat itu daya tahan tubuhnya sedang turun (tidak fit).

Bagaimana Gejalanya?

Bakteri yang masuk ke dalam saluran cerna lewat makanan yang telah tercemar akan menimbulkan radang pada saluran cerna sehingga muncul gejala seperti sakit perut, kembung, mual dan muntah-muntah. Muntaber juga dapat disertai dengan gejala demam tinggi (mencapai 38°C atau lebih), kepala pusing, tidak nafsu makan, lemas, dan elastisitas kulit menurun. Beberapa anak bahkan mengalami halusinasi jika sudah mencapai taraf kekurangan cairan elektrolit dalam tubuh.

Mengapa Kita Perlu Mewaspadai Muntaber?

Bahaya utama dari penyakit muntaber adalah kehilangan cairan yang terlalu cepat, terutama pada anak-anak. Kehilangan cairan yeng berlebihan dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi (kekurangan cairan) dan bisa berakibat fatal jika tidak segera diatasi. Muntaber ini jauh lebih berbahaya dibanding jika seseorang hanya menderita diare (mencret) saja atau muntah saja. Apalagi jika muntah dan berak yang dialami lebih dari empat kali dalam sehari dan disertai dengan demam tinggi. Jika tidak segera ditangani, penderita muntaber dapat mengalami syok bahkan kematian.

Bagaimana Mengenali Tanda Dehidrasi?

Ada 3 jenis dehidrasi yang perlu kita ketahui supaya kita tahu sampai sejauh mana tingkat keparahan akibat kekurangan cairan dan supaya cepat mendapat penanganan. Penilaian derajat dehidrasi dilakukan sesuai dengan kriteria berikut ini :

Tidak dehidrasi : keadaan umum baik (masih bisa beraktifitas biasa), rasa hausnya masih normal, air kencing normal, ada air mata, mata tidak cekung, mulut/lidah basah, nafas normal, jika kulit dicubit akan kembali dengan cepat, denyut nadi normal, ubun-ubun normal/tidak cekung (pada anak).
Dehidrasi tidak berat : tampak sakit, mengantuk, lesu, gelisah, rasa hausnya berlebih, air kencing sedikit gelap (keruh), air mata kurang, mata cekung, mulut/lidah kering, nafas agak cepat, jika kulit dicubit akan kembali dengan lambat, denyut nadi agak cepat, ubun-ubun cekung (pada anak).
Dehidrasi berat : sangat mengantuk, tidak sadar, lemah, tidak dapat minum, tidak ada air kencing dalam waktu 6 jam, air mata tidak keluar, mata kering dan sangat cekung, mulut/lidah sangat kering, nafas cepat dan dalam, jika kulit dicubit akan kembali dengan sangat lambat (lebih dari dua detik), denyut nadi sangat cepat, lemah, dan tidak teraba, ubun-ubun sangat cekung (pada anak).

Bagaimana Cara Mengatasi Dehidrasi?

Usaha pertama untuk menolong penderita adalah dengan memberinya sebanyak mungkin cairan, sebelum dibawa berobat ke dokter atau Rumah Sakit. Selama penderita masih sadar dan dapat minum, berikanlah cairan melalui mulutnya. Selain air, perlu pula dikembalikan garam-garam mineral yang ikut hilang. Untuk itu, penderita sebaiknya juga diberi larutan oralit. Disamping pemberian oralit, makanan dan minuman lain (cairan rumah tangga) harus tetap diberikan. Jika yang terkena muntaber adalah bayi yang masih menyusu ibunya maka ASI (Air Susu Ibu) terus diberikan. Segera bawa ke tempat pelayanan kesehatan terdekat jika sudah muncul tanda-tanda dehidrasi.

Bagaimana Cara Memberikan Oralit?

Pilihlah oralit yang sudah dikemas dalam bungkus (sachet) yang dijual di apotik atau toko obat karena selain praktis, komposisinya sudah tepat dibanding jika Anda membuat sendiri larutan air garam dicampur gula.
Baca aturan pakai dan ikuti instruksi yang tertulis dalam kemasan supaya tidak terjadi kesalahan dalam mencampur serbuk oralit dengan air sehingga jumlahnya berlebihan atau justru kurang.
Konsultasikan dengan tenaga kesehatan jika Anda ragu-ragu dalam memberikan oralit.
Oralit diberikan sedikit-sedikit tapi sering supaya tidak semakin merangsang terjadinya muntah.
Jika Anda hendak memberikan oralit pada anak-anak sebaiknya menggunakan sendok dan jangan dengan botol.
Jika terjadi muntah saat pemberian oralit, tunggu dulu 10 menit kemudian lanjutkan pemberian oralit perlahan-lahan.

Bagaimana Cara Mencegah Muntaber?

Ada banyak cara untuk mencegah muntaber, antara lain:

Mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dan dalam jumlah yang cukup
Penggunaan air bersih untuk minum
Mencuci tangan sesudah buang air besar dan sebelum makan
Membuang tinja, termasuk tinja bayi pada tempatnya
Menjaga kebersihan jamban keluarga
Menjaga kebersihan rumah, terutama kamar mandi, WC dan dapur
Menjaga kebersihan peralatan makan
Mencuci sayuran, buah, dan bahan makanan sebelum dimasak
Memisahkan perangkat anggota keluarga yang terkena muntaber supaya tidak menular pada yang lain
Jika Anda mempunyai bayi maka berikan ASI eksklusif sampai dengan 6 bulan dan melanjutkan pemberian ASI sampai 2 tahun pertama kehidupan serta sebisa mungkin menghindari penggunaan susu botol.

Penutup

Muntaber merupakan salah satu penyakit yang perlu kita waspadai karena disamping bisa menyebabkan dehidrasi (kekurangan cairan) dengan cepat juga bisa sampai menimbulkan syok dan bahkan kematian jika tidak segera diatasi. Bersikaplah tenang ketika ada anggota keluarga yang mengalami muntaber. Tetap berpikir rasional dan serahkan semuanya pada Allah. Lakukan pertolongan pertama dengan memberikan oralit sebelum dibawa ke tempat pelayanan kesehatan terdekat. Upaya-upaya pencegahan sudah seyogyanya kita upayakan supaya keluarga kita terhindar dari bahaya muntaber dan yang tidak kalah penting, usahakan selalu ada persediaan oralit di kotak obat Anda.

Penulis: dr. Avie Andriyani (dimuat di majalah As Sunnah edisi 08/XII/1429H/2008M)

Sumber :

Komite Medik RSUP Dr. Sardjito, Standar Pelayanan Medis, Medika, FK UGM Yogyakarta
dr. Karel, SpA, Menjadi Dokter Anak di Rumah, Penerbit Puspa Sehat

http://ummushofiyya.wordpress.com/2010/06/21/waspadai-gejala-muntaber/

AsLan
22-07-2013, 04:45 PM
Muntaber sangat berbahaya Β*ƍĩ anak2, kalo gak salah ini penyebab terbesar kematian anak dan bayi di negara berkembang.

lily
22-07-2013, 04:51 PM
semisal anak masi bisa minum makan , apa harus dibawa ke RS ?

ga muntah karena dikasi anti muntah , tapi tetap diare.

cha_n
22-07-2013, 08:24 PM
lihat gejalanya ly. kalau sudah dehidrasi sedang atau berat harus bawa ke dokter.
lihat tanda kegawatdaruratan, misal anak tak sadarkan diri, halusinasi, kejang dll wajib segera dibawa ke rs

AsLan
22-07-2013, 09:13 PM
Banyak temen gw yg masukin anaknya ke asuransi kesehatan, jadi kalo diare langsung masuk RS, tar biar dokter yg nentuin apa perlu di infus apa nggak.
Kalo di infus sih aman dari dehidrasi.

Kalo gak di asuransi, ortu mikir2 masukin anak ke RS karena mahal.

lily
22-07-2013, 11:22 PM
anak saya juga ikut insurance om , tapi ga murni insurance , gabung invest. di cover cuma kamar doang.

kalo murni insurance , saya tanya ke bank M katanya sebulan bisa 13 juta nyetornya. itu dicover pengobatan , operasi , sampe rawat jalan aja dicover , ama kamar.

saya mikirnya kasian kalo anak saya diinfus , bisa nangis dia. kasian sakit banget kan pasti buat anak kecil.

bradon heat
22-07-2013, 11:28 PM
yup ....
masih nomor 1 nih si diare ini .....

pertolongan pertama tentunnya re-hidrasi cairan, atau penggantian cairan terlebih dahulu ....
diatas sudah jelas banget bagai mana cara pertolongan pertamanya,
kalau gk punya oralit bisa bikin sendiri kok, murah + mudah ....

nah disini seperti yg dikatakan bunda chan,
si ibu harus bisa melihat tanda2 klinis kalau sudah mulai kronis, supaya dapat di tolong cepat ...



lihat gejalanya ly. kalau sudah dehidrasi sedang atau berat harus bawa ke dokter.
lihat tanda kegawatdaruratan, misal anak tak sadarkan diri, halusinasi, kejang dll wajib segera dibawa ke rs

mungkin 'mengigau', kata halusinasi kayaknya belum tepat bun buat anak yg dehidrasi berat .... :)

lily
22-07-2013, 11:32 PM
lihat gejalanya ly. kalau sudah dehidrasi sedang atau berat harus bawa ke dokter.
lihat tanda kegawatdaruratan, misal anak tak sadarkan diri, halusinasi, kejang dll wajib segera dibawa ke rs

cha_n , so far sih...

untuk hari ini - day 2 , ga muntah sama sekali. tadi pagi minum obat anti muntah. terus minum air gula ama makan bubur polos semangkuk kecil.

sore , makan bubur polos kuah kaldu daging.

tapi diarenya tembus 10 kali , encer.

udah minum Diagit dari dokter , tapi ga mempan. diganti New Diatabs.

tadi juga panas. dikasi Sanmol ga mempan. diganti Panadol Suspension , baru turun panasnya.

sekarang udah bobo O nya.

kemaren - day 1 , parah banget. semua yang dimakan , setelah semangkok abis , langsung byor dikeluarin.

minum air , hitungan setengah jam , byor dikeluarin.

diare juga ga terkontrol.

muntah bisa 7 kali , termasuk makan dan air.

diare bisa 5 kali , mungkin udah muntah , jadi diare dikit kali ya...

hari ini - day 2 , ga muntah , tapi diare.

---------- Post Merged at 10:32 PM ----------


yup ....
masih nomor 1 nih si diare ini .....

pertolongan pertama tentunnya re-hidrasi cairan, atau penggantian cairan terlebih dahulu ....
diatas sudah jelas banget bagai mana cara pertolongan pertamanya,
kalau gk punya oralit bisa bikin sendiri kok, murah + mudah ....

nah disini seperti yg dikatakan bunda chan,
si ibu harus bisa melihat tanda2 klinis kalau sudah mulai kronis, supaya dapat di tolong cepat ...




mungkin 'mengigau', kata halusinasi kayaknya belum tepat bun buat anak yg dehidrasi berat .... :)

bradon , anak saya kalo bobo suka mengigau ama giginya gemeletekan bunyi , kenapa gitu ya ?

tapi mestinya saya yakin dia ga dehidrasi hari ini , soalnya banyak minum...

thanks.

bradon heat
23-07-2013, 10:01 AM
^ menggigil gk mbak ?
kalau iya itu efek menggigil, kalau ngigau mungkin dari panas nya,
btw udah ke dokter kan ? :tanya:

cha_n
23-07-2013, 10:29 AM
oh itu ya bahasanya hahaha... maaf cuma ngerti bahasa awam. saya baca2 sih gitu jadi sebagai ortu kita jangan terlalu panikan. lihat tanda2nya.

lily
sama banget sama saya kemaren, o moga cepet sembuh ya. hari ini juga masih tiduran aja saya nih.
saya aja udah dewasa berasa banget lho, kalau diare gini lemes, perut melilit pusing, eh ada demam juga...

kemaren dikasih resep metronidazole 3x1, loperamid 2x1, vit b comp.
saya pusing jadi minum parasetamol.
kalau ada eneg mual disuruh minum emeperazol sblm makan (untungnya saya tahanan supaya ga muntah bisa)

mulut rasanya pait banget males makan. tapi emang harus dipaksa porsi kecil tapi sering. oralit dan air juga sedikit2 tapi sering. kalau langsung banyak khawatir muntah

lily
23-07-2013, 10:46 AM
udah ke dokter , katanya gejala muntaber.

terus dikasi obat anti muntah , katanya kalo udah minum masi muntah baru dirawat inap.

tadi pagi sih mo hoek kayanya , trus saya kasi anti muntah. mempan. ga muntah.

trus obat diarenya saya kasi norit barusan. tadi pagi diare 2 kali.

badannya juga masi panas.

semalem ga menggigil sih harusnya , tapi tidurnya ga nyenyak banget. trus pas saya dengerin jantungnya berdetak cepat banget.

semalem tidurnya bolak balik kiri kanan , sampe pagi.

sekarang mau sih makan bubur , walopun rewel. minum air juga banyak.

---------- Post Merged at 09:41 AM ----------


oh itu ya bahasanya hahaha... maaf cuma ngerti bahasa awam. saya baca2 sih gitu jadi sebagai ortu kita jangan terlalu panikan. lihat tanda2nya.

lily
sama banget sama saya kemaren, o moga cepet sembuh ya. hari ini juga masih tiduran aja saya nih.
saya aja udah dewasa berasa banget lho, kalau diare gini lemes, perut melilit pusing, eh ada demam juga...

kemaren dikasih resep metronidazole 3x1, loperamid 2x1, vit b comp.
saya pusing jadi minum parasetamol.
kalau ada eneg mual disuruh minum emeperazol sblm makan (untungnya saya tahanan supaya ga muntah bisa)

mulut rasanya pait banget males makan. tapi emang harus dipaksa porsi kecil tapi sering. oralit dan air juga sedikit2 tapi sering. kalau langsung banyak khawatir muntah

ini resepnya O :

sanprima 1 tablet
equal 2/5 tablet

mf p dtd no x
s2 dd 1
det

itu antibiotiknya.

narfoz 4 2/5 tab
spasmium 2/5 tab
equal 2/5 tab

mf p dtd no V
s3 dd 1 , 1/2 ac

itu obat muntah ama sakit perutnya.

---------- Post Merged at 09:46 AM ----------

trus diagit tablet untuk diare , tapi ga mempan... udah dikasi 2 kali , masi diare.

makanya diganti new diatabs , eh tengah malem kemaren diare jam 2 pagi.

pagi ini diare 2 kali. kasi norit.

saya kayanya sreg ama norit , soalnya pernah terbukti ada yang diare minum norit mempan.

btw cha_n , kok bisa sampe muntaber juga , makan apa ?

btw kalo O ini rasanya karena saya kasi telur ayam kota beli di pasar , trus airnya kurang panas , jadi kurang matang kayanya telornya , jadi muntaber.

kata dokter , mungkin kualitas telor kurang bagus , jadi begini. biasa pake telor kampung arab ato telor organik juga gapapa.

saya tanya ke O , katanya dia ga pusing , cuma perutnya sakit.

help... ini gejala muntaber ato thypus ?

cha_n get well soon.

AsLan
25-07-2013, 01:21 AM
Tipus musti cek laboratorium kalo mau tau pasti... biasanya lidahnya bercak2 atau belang2.
Kalo gara2 telor gak bakal tipus, tipus itu karena kotoran manusia, misalnya makan di warung trus air cuciannya kotor atau air minumnya gak terlalu matang, atau sebab lain... kalau o gak makan yg jorok atau mencurigakan mungkin bukan tipus.

lily
25-07-2013, 12:39 PM
om AsLan , kemaren saya kan juga muntah diare , karena makan keju Pro****. biasanya saya makan Kraft gapapa om , palingan diare doang , ga sampe muntah dan lemas.

sebelomnya emang O ini makan keju ini juga.

mungkin ga sih karena kami berdua alergi susu sapi , efeknya begini ?

kayanya kok kebangetan ya , lha biasa makan Kraft juga fine aja kok.

apalagi O , makan Kraft bisa sampe beberapa slices , ga masalah.

kandalf
26-07-2013, 02:46 PM
Ly,
maaf, aku lupa bawa daftarnya.

Tapi kalau lagi diare,
kata dokterku dulu
tidak boleh makan produk-produk susu.

kupo
26-07-2013, 02:53 PM
susu = asam .. merangsang lambung

cha_n
26-07-2013, 06:00 PM
anakku juga ga kuat susu sapi. aku pun kalau lagi diare menghindari susu sapi. mending jangan kasih susu dan olahannya dulu sementara.

lily
29-07-2013, 11:27 AM
perhatian cemua !!!

muntaber sangat menular ya , jadi kalo bisa , yang kena muntaber beneran diisolasi :D

bucet dah , serumah saya kena muntaber semua :iamdead:

AsLan
29-07-2013, 12:28 PM
Musti di cek tuh air minumnya asli apa palsu, air ledengnya, makanan dirumah dll
Satu2nya jalan menuju muntaber itu lewat makan minum.

O ya, kalo abis gosok gigi jangan kumur pake air keran ya.

Produk2 daging Jųƍă sering mengandung bakteri berbahaya penyebab muntaber.

serendipity
29-07-2013, 12:35 PM
bisa aja air minumnya asli aqua, tapi dispensernya gak sering dibersihin. Kena bakteri batang. Gawat deh.

Mesti diobatin pake antibiotik suntik, biar tuntas mati bakterinya. Gitu standard operation procedure-nya
kejadian bokap ama adek gw juga kebetulan yg kena, kalo dispenser gak sering dikuras sekali sebulan minimal, bakalan banyak bakteri
Gw juga sempet kena sih, soalnya kampus gw ada air minum padahal brandnya aqua. :cengir:
ternyata emang gak mungkin OB bersihin tuh dispenser sebersih-bersihnya ::grrr::
apalagi yg digunain air dingin, bakterinya numpuk banget ;D
sekarang gw dah gak mau pake dispenser lagi, bodo deh dikatain udik. yg penting sehat :mrgreen:

lily
29-07-2013, 12:51 PM
trus pake aer apa sekarang seren ? kalo ga pake dispenser.

serendipity
29-07-2013, 12:54 PM
trus pake aer apa sekarang seren ? kalo ga pake dispenser.

airnya tetep aqua li, tp gak pake dispenser. Udah 2 kali ganti dispenser kasusnya sama aja. Bakterinya gak mati
Kalo di kantor airnya aqua juga, tp pake dispenser. agak Was-was juga soalnya sering liat agak dekil botolnya, tanda si OB gak lap bersih
ya udah gw pake air hangatnya aja buat antisipasi bakteri batang ;D
eh disini nulis bakteri itu pake bintang ya, padahal itu jenis bakteri loh :cengir:

IMO jangan dikasih obat anti mual, atau mampet'in diare, it doesnt work
langsung mati'in bakterinya aja.

lily
29-07-2013, 01:00 PM
padahal dispensernya sering dicuci ama dijemur lo , kok bisa ya.

kalo tuangin galon kan saya , saya selalu bersihin pake tissue basah lo.

pas itu O sakitnya muntaber di rumah lama , trus akhirnya pulang ke rumah baru , eh Koko sakit , Mama sakit , saya gejala doang.

O sih kayanya sakitnya karena telor , tapi ga tau juga deh.

serem ih , langsung menular semua. ::grrr::

AsLan
29-07-2013, 01:11 PM
Oow dispenser bisa didiami bakteri rupanya, selama ini memang gw perhatiin kalau dispenser atau teko air lama gak dibersihin nanti ada lapisan kuning kalo dilap pake tissu, biasanya kalo udah begini gw jadi sariawan dipinggir lidah atau di pipi dalam, gw kira semacam jamur.

lily
29-07-2013, 04:00 PM
kalo kata dokter sih , keluarga saya kena muntaber karena virus , bukan bakteri.

bingung saya virus ama bakteri , perasaan sama aja ::grrr::

serendipity
29-07-2013, 08:46 PM
Virus adalah parasit berukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Virus bersifat parasit obligat, hal tersebut disebabkan karena virus hanya dapat bereproduksi di dalam material hidup dengan menginvasi dan memanfaatkan sel makhluk hidup karena virus tidak memiliki perlengkapan selular untuk bereproduksi sendiri. Biasanya virus mengandung sejumlah kecil asam nukleat (DNA atau RNA, tetapi tidak kombinasi keduanya) yang diselubungi semacam bahan pelindung yang terdiri atas protein, lipid, glikoprotein, atau kombinasi ketiganya. Genom virus akan diekspresikan menjadi baik protein yang digunakan untuk memuat bahan genetik maupun protein yang dibutuhkan dalam daur hidupnya.

Istilah virus biasanya merujuk pada partikel-partikel yang menginfeksi sel-sel eukariota (organisme multisel dan banyak jenis organisme sel tunggal), sementara istilah bakteriofage atau fage digunakan untuk jenis yang menyerang jenis-jenis sel prokariota (bakteri dan organisme lain yang tidak berinti sel).

copas dr forum sebelah :D

saran gw, lily nanya apa yg harus dilakukan spt boleh makan apa atau pantangannya apa aja.
Kalo bisa jangan beli makanan di luar dulu, soalnya kalo gw perhatiin bisa kena sekeluarga gitu ya kalo gak makanan atau minuman sumber masalahnya

lily
30-07-2013, 04:13 PM
kemaren tuh kayanya ada pemicunya...

mungkin lo ya...

emang ada virus bawaan ketularan dari O.

terus Koko saya kenanya pas abis makan lontong balap.

Mama saya makan nasi bungkus dalam pasar.

kayanya sih pemicunya itu.

soalnya abis makan yang kurang bersih itu , mereka sakit.

kalo saya , drop nya pas abis makan keju di rumah :D