PDA

View Full Version : Perpustakaan Umum



tezar
21-04-2011, 06:36 PM
Sharing dong, bagaimana keadaan perpustakaan di tempat/kampus kalian. Atau jangan-jangan nggak pernah ke perpustakaan umum/daerah/kampus? Jangan dong :mrgreen:

Nharura
22-04-2011, 12:19 AM
perpustakaan daerah di Samarinda,, sudah lumyan baik, berapa kali rehap, dan hasilnya memuaskan,, bahwa sistem peminjaman pake kartu otomatis, dan wifi gratis, serta fasilitas2nya yang mendukung, bangunan yang sudah bagus, serta pelayanan hingga hari minggu dan sampai malam..

Letak perpustakaan daerah samarinda,, di Jalan Juanda, dekat simpang empat menuju gunung pembangunan...,,

yang paling saya suka di perpustakaan umum,, ada loker pribadinya,, buku2nya banyak yang dulu2 (sastra2),,klw saya di perpustakaan sedang disana karena sepi suasananya, konsen juga klw bikin tugas/makalah/skripsi/tesis... apalagi klw baca buku2 novelis kesukaan saya,, seperti karya2nya umar kayam, marah rusli,, agatha cristy dan hamka... suka bengets,, bisa berjam2 disana...^^

Nharura
22-04-2011, 12:20 AM
perpustakaan daerah di Samarinda,, sudah lumyan baik, berapa kali rehap, dan hasilnya memuaskan,, bahwa sistem peminjaman pake kartu otomatis, dan wifi gratis, serta fasilitas2nya yang mendukung, bangunan yang sudah bagus, serta pelayanan hingga hari minggu dan sampai malam..

Letak perpustakaan daerah samarinda,, di Jalan Juanda, dekat simpang empat menuju gunung pembangunan...,,

yang paling saya suka di perpustakaan umum,, ada loker pribadinya,, buku2nya banyak yang dulu2 (sastra2),,klw saya di perpustakaan sedang disana karena sepi suasananya, konsen juga klw bikin tugas/makalah/skripsi/tesis... apalagi klw baca buku2 novelis kesukaan saya,, seperti karya2nya umar kayam, marah rusli,, agatha cristy dan hamka... suka bengets,, bisa berjam2 disana...^^

DH1M4Z
23-04-2011, 03:45 PM
Yang diperlukan oleh perpustakkan umum adalah pustakawan yang melek pada trend buku sekarang. Saya pernah nyari buku / novel di salah satu perpustakaan provinsi di suatu daerah, novel nya Dan Brown aja tidak ada. Kalau koleksi perpustakaan itu-itu aja tidak ada yang ngetrend orang akan malas pergi ke perpustakaan.

waks!!
23-04-2011, 11:22 PM
Perpustakaan daerah bogor pertama dan terkhir kalinya gw kunjungi waktu tahun 2000, nyari buat tugas sejarah ttg Bogor. Koleksinya dikit trus sepi banget. GaAk tau kondisinya kalo sekarang.
Kalo perpus kampus sih sering banget, lagi bikin skripsi ::elaugh::
Perpus kampus okelah kondisinya. Koleksi buku lumayan lengkap walo jarang yang fiksi, ada wi-fi, tempat baca banyak dan adem

E = mc˛
24-04-2011, 07:36 PM
Sharing dong, bagaimana keadaan perpustakaan di tempat/kampus kalian. Atau jangan-jangan nggak pernah ke perpustakaan umum/daerah/kampus? Jangan dong :mrgreen:

favorit saya perpustakaan Salman-ITB. koleksi buku2 klasiknya mantap. juga buku terbarunya apdet.

kalo peprus kampus udah dua tahunan gak kesonoh.. males... bukunya jadul, mana buku jurusan letaknya di lantai 3 lagih. makin males ::elaugh::

red>,<hair
28-04-2011, 12:50 AM
perpusda jogja t4tnya standar kek perpus2 gitu :mikirgaruk: bukunya lama2 semua ... saking gemesnya gw perna nyumbang buku tp g perna nemu gw buku yg gw sumbangin
klo perpuskotnya kerennnn :cengir: suasanya nyaman kek d cafe gt n free wifi , koleksi buku g sebanyak perpusda :(

kunderemp
28-04-2011, 11:13 AM
Ironis, aku belum pernah ke perpustakaan umum / perpustakaan daerah di Indonesia.
Yang pernah kukunjungi justru yang di luar negeri.

Brisbane:
1. Toowong Village
http://www.toowongvillage.com.au/default.asp?PageID=114&n=Library
2. Indoorophily
http://www.libraries.slq.qld.gov.au/home/services/brisbane/indooroopilly_library

Ya, benar.
Di Brisbane, perpustakaan berada di mall. Yang di Indoorophily justru malah di samping bioskop. Jadi bisa jadi tempat anak-anak mengusir kebosanan.

Di Amerika, perpustakaan menjadi gedung sendiri.

Perpustakaan di Miami (Broward County):
1. Miramar
http://www.co.broward.fl.us/LIBRARY/LOCATIONSHOURS/BRANCHES/Pages/MI.aspx
2. Pembroke Pines
http://www.co.broward.fl.us/LIBRARY/LOCATIONSHOURS/BRANCHES/Pages/PE.aspx

Keduanya berada di samping sekolah. Ralat, yang di Miramar, bahkan menyediakan Community College yang memberikan gelar diploma.

Kalau yang di Chicago terletak di pusat kota dan dilewati oleh jalur kereta dalam kota The Loop
http://www.chipublib.org/


Semuanya menyediakan komik dan novel, jadi gak sekedar buku2 berat.
Mereka juga punya acara diskusi buku2 tertentu, seperti buku2 baru.
Selain itu, mereka juga menjual buku2 lama dengan harga sangat murah.


Tiba2 jadi kangen perpustakaan SMUN 6 Jakarta nih.

komporminyak
28-04-2011, 12:51 PM
kok ga ada yang posting futu perpusnya masing2 yang pernah dikunjungin yak ::elaugh::

ke perpus dah lama banget ga ke sana.
ke perpus umumnya kota sendiri ga pernah. pernah di kotanya nenek.
itupun cuman singgah demi mengusir kebosanan.

eh lupaaaaaa gw kemarin pas ngurus ISBN tahun lalu itu kan ke Perpustakaan Nasional yak :lololol:
cuman liatliat koran tuwirrr yang dipamerin doank.
tapi ga sempat mangsup, sualnya dah buruburu mau cabut ada keperluan lain :mrgreen:

kalau perpus kampus yang di pusat, mayan lah komplit,
gw emang lebih demen bukubuku lama..
sayangnya jauuhh dari kost-an. musti naik sekali angkot.
*males ceritanya ::elaugh::

gogon
28-04-2011, 03:55 PM
Perpustakaan Pemda Bogor, sepertinya kekurangan anggota
setiap hari Minggu, di pinggir alun-alun Pemda selalu ada mobil perpustakaan kelilingnya.
Setiap orang yang selesai pinjam baca buku selalu diminta untuk isi buku tamu, sambil menawarkan keanggotaan perpus.

Ah, kasihan sekali. padahal gratis
dan perpustakaan keliling itu juga tidak pernah terlalu rame, malah kalah dengan para penumpang kereta mini, odong-odong dan panjat tebing serta aneka makanan.

E = mc˛
28-04-2011, 03:59 PM
^ perpus Bandung juga gitu kok. kayaknya semua perpus daerah melakukan trik (kayak tipu2 MLM ajah ::elaugh::) serupa dengan alasan: "memasyarakatkan budaya baca" :D

etca
28-04-2011, 04:06 PM
eh bisnya perpustakaan keliling itu buanyakk loh terparkir rapi di Perpustakaan Nasional

*mantan tukang parkir perpus nas ::elaugh::

tezar
09-05-2011, 02:29 PM
Perpusda Provinsi
http://i1139.photobucket.com/albums/n552/satkerpnpmjateng/P1050994.jpg
letaknya di jalan Sriwijaya, samping Taman Budaya Raden Saleh dan Gedung TK PKK Prov
ni bangunannya
http://i1139.photobucket.com/albums/n552/satkerpnpmjateng/P1050992.jpg

isi di dalam
http://i1139.photobucket.com/albums/n552/satkerpnpmjateng/P1050977.jpg
ada fasilitas wifi
http://i1139.photobucket.com/albums/n552/satkerpnpmjateng/P1050980.jpg
katalog manual
http://i1139.photobucket.com/albums/n552/satkerpnpmjateng/P1050979.jpg
pengunjung
http://i1139.photobucket.com/albums/n552/satkerpnpmjateng/P1050984.jpg
sebagian koleksi
http://i1139.photobucket.com/albums/n552/satkerpnpmjateng/P1050978.jpg
sayangnya untuki masuk, harus muter dulu dari TBRS (samping)
http://i1139.photobucket.com/albums/n552/satkerpnpmjateng/P1050990.jpg
pesan dari duta baca Indonesia, setuju?
http://i1139.photobucket.com/albums/n552/satkerpnpmjateng/P1050993.jpg

E = mc˛
09-05-2011, 02:35 PM
ironis ya, perpustakaan daerah... tapi pegawai pemerintah daerahnya sendiri gak baca bukunya :run:

tezar
09-05-2011, 03:00 PM
nggak tahu juga sih
tapi kalo pegawai perpusnya termasuk yang paling rajin
wong, minggu aja masuk
tapi jadi inget
dulu pas masih nganggur
sering ke perpuskab
eh tuh pegawai ngajak untuk bikin kegiatan positif untuk ngembangin
tapi sehabis itu malah keterima kerja sehingga nggak bisa menindaklanjuti ajakannya

komporminyak
09-05-2011, 03:10 PM
http://taritere.files.wordpress.com/2008/05/perpus-usd.jpg

btw tadi gugling2 ternyata perpus juga ada standar ISO juga ya
We provide information to produce knowledge"

Itulah semboyan Perpustakaan. Semboyan itu bukan sekedar kata-kata, namun menjadi dasar berpijak bagi pelayanan perpustakaan itu.
Hasilnya, dinyatakan telah memenuhi persyaratan sistem manajemen mutu dan layak menerima sertifikat ISO 9001:2008.

http://www.library.usd.ac.id/web_usd/files/SGS.jpghttp://www.library.usd.ac.id/web_usd/files/UKAS%20tebelbaru.jpg

ndugu
11-05-2011, 02:06 PM
saya suka pergi ke perpus :cengir: ntah kenapa seneng aja, adem, peaceful :cengir: dan perpus di dekat rumahku skarang lumayan bagus, dan gede pula. sistemnya sangat bagus. banyak aktivitas2nya juga misalnya tiap hari2 apa ada kelas apa, misalnya kelas bahasa2 asing (kebetulan saya suka bahasa), ato kelas merajut, kelas komputer, kelas ini itu.. perpusnya selain jadi perpus, juga mempunyai peran menjadi ajang kumpul komunitas, dan ajar mengajar.. sayangnya karena masalah budget, banyak servis2 yang lagi dipotong..

kalo perpus di kampungku dulu, pernah kunjungi juga (tapi udah ntah brapa belas taon yang lalu), dan kondisinya cukup suram dan menyedihkan. komputer dari jaman dinosaurus. ntah bagaimana skarang kondisinya. semoga membaik.

kalo perpus saya waktu sd, sayang dibikin off-limit gitu. ga bisa browse2 buku, kalo mo pinjem buku musti liat katalog. mana asik.

trus perpus smp, tempat nongkrongku. koleksinya ga banyak, tapi lumayan menghibur lah.

perpus sma saya, cukup enak, soalnya ber-ac :lololol:

perpus kuliah di institusi pertama, juga not bad, relatif kecil, tapi saya demen meja2 cubicle buat tempat blajar..

perpus kuliah di institusi kedua, nah ini cukup gede, ada beberapa lantai, fasilitasnya lumayan, dan kadang suka ketiduran di sofa2nya ::elaugh::