PDA

View Full Version : Kamus Lengkap Bahasa Bencong - Banci Salon



komporminyak
10-01-2012, 12:49 PM
Gara-gara bahasa yang kadang dipake neng nerrisa pas baca diary dia banyak ngebingungin warga,
akhirnya gw posting dengan dicuplik dari berbagai sumber, silahkan ditambahin yah :luck:


EGPCC= emang gw pikirin cuih cuih...
SDMB=sori dori mori bow
Akikah lapangan bola = aku lapar bo'
LUPUS = Lupain Pacar Utamakan Selingkuh
panasonic = panas
pecongan = pacaran
Akika = Aku
Begindang = Begitu
Belalang = Beli
Berapose = Berapa
Belenjong = Belanja
Beranak Dalam Kubur = Berak
Cacamarica = Cari
Cucok = Cocok
Cumi = Cium
Capcus = Pergi
Diana = Dia
Endaaaaaaaaaang = Enak
Eike = Aku
Ember = Emang
Gilingan = G1la
Hamidah = Hamil
Hima Layang = Hilang
Jali-Jali = Jalan-Jalan
Jayus = joke-garing
Jijay Markijay = Jijik
Kanua = Kamu
Kawilarang = Kawin
Kesindaaaang = Kesini
Kemindang = Kemana
Kencana = Kencing
Kepelong = Kepala
Kesandro = Kesana
Krejong = Kerja
Lambreta = Lambat
Lapangan Bola = Lapar
Lekong = Laki-laki
Maharani = Mahal
Makarena = Makan
Maluku = Malu
Mandole = Mandi
Mataram = Mati
Mawar = Mau
Merekah = Marah
Metong = Mati
Minangan = Minum
Motorola = Motor
Mukadima = Muka
Mursida = Murah
Nanda = Nanti
Naspro = Nasi
Organ = Orang
Organ Tunggal = Orang Tua
Pere = Perempuan
Pertiwi = Perut
Piur = Pergi
Rambutan = Rambut
Sastra = Satu
Sekong = Sakit
Sepong = Siapa
Sirkuit = Sedikit
Soraya Perucha = Sakit Perut
Tinta = Tidak
Titi DJ = Hati-hati di jalan


Ngomomg2 tentang bahasa bencong. Kata BENCONG itu dibentuk dari kata BANCI yang disisipi bunyi dan ditambah akhiran ONG. Huruf vokal pada suku kata pertama diganti dengan huruf E. Huruf vokal pada suku kata kedua diganti dengan ONG.

MIsalnya:
Makan - mekong
Sakit - sekong
Laki - lekong
Lesbi - lesbong
Mana - menong

Ada juga waria/bences yang kemudian ngeganti tambahan ONG dengan ES sehingga bentuk katanya menjadi:

Banci - bences
Laki - lekes

dari berbagai sumber

porcupine
10-01-2012, 01:13 PM
^ hm...

berarti bahasa nya Neng Nissa itu fussion antara bahsa bencong dan bences...:ngopi:

nerissa
10-01-2012, 01:14 PM
wahaha..ngikik2 akika baca thread indang
ga kudu ngapalin kamus baku cin, yang pentinag itu kreatifitas
btw, bagus juga kamusnya..tambahin ah

Susurata: Surat
Ketemu : ketumbar
Lia Amalia : Liat
Macicha Muktar : macet
Lambat : Lambreta
Pusing : Puspa
mawar : mau
nepsong : nafsu


apalagi ya..lupita eke bow::ngakak2:: (lupita ; lupa)

ndugu
10-01-2012, 01:24 PM
btw, ucrut itu apa?
termasuk bahasa balon juga?

nerissa
10-01-2012, 01:28 PM
::ngakak2::, waduh saya jadi malu karena telah dengan tidak bertanggung jawab telah menggunakan istilah2 yang biasa saya pakai sehari hari diantara para balon udara

ucrut itu panggilan sayang buat balon cowo
kalau balon cewe : ucrit

:run:

komporminyak
10-01-2012, 01:30 PM
asal nanti pas suatu saat kita gathering di tahun entah bersama neng nerrisa ga pake bahasa balon aja :iamdead:

komporminyak
10-01-2012, 01:31 PM
btw, ucrut itu apa?
termasuk bahasa balon juga?

gw juga mau tanya tapi ga tega.. ::hihi::

porcupine
10-01-2012, 01:34 PM
fiuh....gw kira ucrut itu apaan ::ngakak2::

komporminyak
10-01-2012, 01:38 PM
fiuh....gw kira ucrut itu apaan ::ngakak2::
lega banget ya.. dah tahu definisinya? ::ungg::





::ngakak2::::ngakak2::

nerissa
10-01-2012, 01:41 PM
amanda lu kira apose om artinya?

komporminyak
10-01-2012, 01:42 PM
memangnya lu kira apa om artinya?

OMG OMG OMG, gw kok bisa baca bahasanya neng nerissa yah? ::ngakak2::

porcupine
10-01-2012, 01:48 PM
^ weh kokom mantep ;D
gw aja sempet bingung Neng Nissa nulis apaan ::hihi::

ucrut itu gw kira sesuatu yg jelek, kaya woii dasar ucrut lu!
kaya gitu lah... ;D

nerissa
10-01-2012, 01:48 PM
kocak lu Kom ::ngakak2::

komporminyak
10-01-2012, 02:05 PM
lagi donk nerr..
keluarin semua jurus bahasa2 balon koleksimu ::hihi::

komporminyak
10-01-2012, 02:06 PM
:iamdead:

baca siggy gw ama baca postingan gw sebagai TS di sini kok bertolak belakang ya stylenya ::grrr::
::ngakak2::::ngakak2::

Porcelain Doll
10-01-2012, 04:09 PM
g juga bisa ngerti tulisan nerissa tanpa liat kamus, kok...
kan tinggal diterka dikit2 ;D

bukannya ga ada petunjuk sama sekali sih :P

Yuki
10-01-2012, 06:24 PM
Akika = Aku
Begindang = Begitu
Cucok = Cocok
Eike = Aku
Ember = Emang
Gilingan = G1la
Jayus = joke-garing
Lambreta = Lambat
Lekong = Laki-laki
Maharani = Mahal
Tinta = Tidak
Lesbi = lesbong
Banci = bences
nepsong = nafsu

yg ini sih saya udah pada tahu

Ray Surya
10-01-2012, 06:32 PM
balon opo artine?
maho?

etca
10-01-2012, 06:48 PM
Balon = banci salon ;D

itsreza
10-01-2012, 08:40 PM
pencerahan...
kini ku mulai mengerti apa yang selama ini dituliskan oleh nerissa

etca
10-01-2012, 08:51 PM
@reza,
dibaca, dihapalin, trus dipraktekin di Taman Lawang
makkknyuzzz tuh ::hihi::

itsreza
10-01-2012, 08:55 PM
isi taman lawang dengan lapangan banteng beda ya?

etca
10-01-2012, 09:18 PM
eh iya jadi keinget Lapangan Banteng ada penghuni gituan juga yah...

kawan pernah lewat sana malam2,
trus kacanya sengaja turunin dikit. Godain. cowo vs cowo (balon)
eh dia lupa kalau ga ngelock pintu mobil
alhasil terjadi adegan tarik menarik pintu :lololol:

---------- Post added at 09:18 PM ---------- Previous post was at 09:18 PM ----------

eh iya jadi keinget Lapangan Banteng ada penghuni gituan juga yah...

kawan pernah lewat sana malam2,
trus kacanya sengaja turunin dikit. Godain. cowo vs cowo (balon)
eh dia lupa kalau ga ngelock pintu mobil
alhasil terjadi adegan tarik menarik pintu :lololol:

Ray Surya
10-01-2012, 09:20 PM
ohhh, jadi ingat bismen

Yuki
10-01-2012, 09:47 PM
emang model ginian dipake ama yg gituan ya?

...perasaan cuman buat bercandaan aja deh, waktu kuliah suka denger

nerissa
11-01-2012, 03:23 PM
g juga bisa ngerti tulisan nerissa tanpa liat kamus, kok...
kan tinggal diterka dikit2 ;D

bukannya ga ada petunjuk sama sekali sih :P

waduh..diary ababilku di baca neng popo..ahaha..jadi mayu:iamdead:

ancuur
08-07-2013, 06:51 PM
http://1.bp.blogspot.com/-db-YQKZg1QA/Tw6hctvyQOI/AAAAAAAAE9w/ag5PSzGcRDs/s400/waria-indonesia.jpg

Akika = Aku
Begindang = Begitu
Belalang = Beli
Belenjong = Belanja
Beranak Dalam Kubur = Berak
Cacamarica = Cari
Cucok = Cocok
Cumi = Cium
Capcus = Pergi
Diana = Dia
Endaaaaaaaaaang = Enak
Eike = Aku
Ember = Emang
Gilingan = G1la
Hamidah = Hamil
Hima Layang = Hilang
Jali-Jali = Jalan-Jalan
Jayus = joke-garing
Jijay Markijay = Jijik
Kanua = Kamu
Kawilarang = kimpoi
Kesindaaaang = Kesini
Kemindang = Kemana
Kencana = Kencing
Kepelong = Kepala
Kesandro = Kesana
Krejong = Kerja
Lambreta = Lambat
Lapangan Bola = Lapar
Lekong = Laki-laki
Maharani = Mahal
Makarena = Makan
Maluku = Malu
Mandole = Mandi
Mataram = Mati
Mawar = Mau
Merekah = Marah
Metong = Mati
Minangan = Minum
Motorola = Motor
Mukadima = Muka
Mursida = Murah
Nanda = Nanti
Naspro = Nasi
Organ = Orang
Organ Tunggal = Orang Tua
Pere = Perempuan
Pertiwi = Perut
Piur = Pergi
Rambutan = Rambut
Sastra = Satu
Sekong = Sakit
Sepong = Siapa
Sirkuit = Sedikit
Soraya Perucha = Sakit Perut
Tinta = Tidak
Titi DJ = Hati-hati di jalan
EGPCC= emang gw pikirin cuih cuih...
SDMB=sori dori mori bow
Akikah lapangan bola = aku lapar bo'
LUPUS = Lupain Pacar Utamakan Selingkuh
panasonic = panas
pecongan = pacaran


Ngomomg2 tentang bahasa bencong. Kata BENCONG itu dibentuk dari kata BANCI yang disisipi bunyi
dan ditambah akhiran ONG. Huruf vokal pada suku kata pertama diganti dengan huruf E. Huruf vokal
pada suku kata kedua diganti dengan ONG.

Misalnya:
Makan - mekong
Sakit - sekong
Laki - lekong
Lesbi - lesbong
Mana - menong

pokoknya serba NONG

Ada juga waria/bences yang kemudian ngeganti tambahan ONG dengan ES sehingga bentuk katanya menjadi:

Banci - bences
Laki - lekes

note: :nunjuk: sambel terasi (http://alzagemuruh.blogspot.com/2012/01/kamus-lengkap-bahasa-bencong.html)

lily
09-07-2013, 09:48 AM
om ancuur , Omesh yang ganteng itu suka bilang bahasa bencong lo , masa sih dia bencong ? :nangis2:


http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/Ananda-Omesh-.jpg

etca
09-07-2013, 10:41 AM
saya merger yak om,
sudah pernah ada sebelumnya di thread bahasa Balon ;D

opera
09-07-2013, 12:28 PM
Nama KTP Maulana
Tapi panggil aja akika Mona
Kapster tercucok di salon demplon
Cepak atau sasak, semua akika gasak
Meni pedi setengah jam langsung jadi

Suatu pagi ya boo
Dateng Ga diundang (jelangkung kale)
Cewek wokee , muka blasteran gado-gado indo menado
Minta pesyel spesyial Sama akika

Begitu dideketin, fiuhhhh… Wangi si nyong2
Menyerbu napas, bikin akika balik lagi jadi lekong
Kayaknya ini cintrong pertama, ini Ga ngomong lebay

Soalnya ini juga pertama kali akika bisa nepsong Sama yg bukan lekong.
Akika takut terlambreta langsung aja akika nyelonong.

Suara di lekong2in: “ehemmm… Nama gue maulana disini aja gw pake nama Mona..”

Sicewe wokee ngelirik genit…

“…. masak yey Ga kenal akika siy boo.. Akika Susi alias susanto temen mangkal yey Dulu di Taman lawang..”

Akika cm bisa bengong.. Ternyata masih aja lontong ketemu lontong.. Hati akika makin sekong makin kosong

Bi4rain
09-07-2013, 12:33 PM
^bakat juga om pera ;D

PERMANDYAN
09-07-2013, 12:54 PM
kajaknja pernah beredar kamoesnja, kalaoe tidak salah diboeat oleh Debby Sahertian....

Bi4rain
09-07-2013, 01:00 PM
^iya bener om. klo ga salah awal keluar kamusnya si debby sahertian sih dia menamakannya kamus gaul
ga disangka kemudian hari kamusnya berganti fungsi.......

purba
24-11-2013, 12:16 AM
Ternyata waria cukup kreatif dalam menciptakan istilah-istilah baru yang akhirnya menjadi populer dalam pergaulan masyarakat sehari-hari. Berikut beberapa di antaranya:

rempong ~ repot
sirsak ~ sirik
yuk capcus ~ mari kita pergi
mawar tinta ~ mau kita
nyebong ~ melacur
ngeceng/mejeng ~ tampil di jalan
berapose ~ berapa
ember ~ memang
gilingan ~ gila
endang estaurina ~ enak
macan tutul ~ macet total ::ngakak2::
pelita hati ~pelit
maharani ~ mahal
titi dj (di je) ~ hati-hati di jalan
titi kamal ~ hati-hati sudah malam

ref: http://edsus.tempo.co/konten-berita/kecantikan/2013/11/23/531898/331/Ini-Bahasa-di-Kalangan-Waria

Selain kosa kata (dunia) waria, kita juga punya kosa kata prokem (dari dunia preman?), misalnya ogut (saya), doi (dia), sokin (sini). Tapi uniknya, kita juga punya kosa kata remaja (ABG), misalnya unyu-unyu (cute?), bokap (bapak), nyokap (ibu), bonyok (orang tua), cemungut (semangat?), miyapah (mengapa?). ::arg!::

:)

ancuur
24-11-2013, 12:30 AM
kyknya udah ada nih tritnya ::oops::

etca
24-11-2013, 01:52 AM
Kumerger yak om purba? ::bye::
tambah banyak noh kosakatanya yang bisa dipelajari ;D

ancuur
24-11-2013, 05:36 AM
haduh... bencong tambah banyak aja nih ::arg!::::doh:::iamdead:

eve
24-11-2013, 09:41 AM
Itu cemungut bukannya seharusnya pakai dh? Cemungudh?

BundaNa
24-11-2013, 03:51 PM
purba: miyapah bukannya demi apa ya? kan ciyusss? miapa? artinya serius? demi apa?

ndableg
24-11-2013, 04:00 PM
emang itu bhs bencong?

purba
24-11-2013, 11:13 PM
Sebenarnya menarik mengamati perkembangan bahasa dlm masyarakat. Kosa kata bahasa gaul, boleh dibilang, fusi dari kosa kata yg diperkenalkan oleh dunia waria, dunia preman, dan dunia abege. Yg menarik juga, munculnya kata "secara" yg penggunaannya jadi gak jelas. "Secara gue kan cewek. Gak panteslah nembak duluan." Ane jadi inget dgn komik smurf. Kalo gak salah, kata smurf dapat menyisip begitu saja dlm suatu kalimat, tanpa arti yg jelas (?).

BundaNa. Ya, ane baru ngeh. Miyapah ~ demi apa. Sepertinya, kosa kata abege tsb utk menunjukkan bahwa si penutur adalah seseorang yg cute (imut-imut)(?).

Mungkin sama juga dengan kosa kata waria, untuk menunjukkan ke-feminin-an. Sementara kosa kata preman utk menunjukkan ke-maskulin-an (?).

Oh ya ada lagi perkembangan berbahasa yg terbaru, vickisisasi. Ini akibat seorang Vicky yg berbahasa dengan penuh imbuhan "sisasi". Apakah ini utk menunjukkan penuturnya sebagai orang elite?

Yg menarik juga adalah gaya bahasa seperti diperlihatkan oleh Cinta Laura dan Agnes Monica? Ane sebut gaya bahasa gado-gado. Dalam satu kalimat bisa bercampur kosa kata bhs Indonesia dan bhs Inggris sekaligus. Mungkin ini untuk menunjukkan bahwa si penuturnya adalah orang yg sudah go international?

Yg gak kalah menariknya adalah gado-gado Timur Tengah. Sebuah gaya bahasa ahli surga. Laki-laki jadi ikhwan, perempuan jadi akhwat. Sepertinya sang penutur tidak rela atau merasa berdosa jika mengucapkan "laki-laki" atau "perempuan" (?).

::ngakak2::

eve
25-11-2013, 01:07 AM
Ahli surga ya? Hmmm... Menarik....

BundaNa
25-11-2013, 02:43 PM
gwe udah lama ga berkomunikasi dengan bahasa ahli surga om purba...lebih suka pake bahasa alay::ngakak2::

serendipity
14-02-2014, 12:55 PM
ada yang tau arti dari Keles atau keleus?
apakah ini berasal dari lagunya Linkin Park yang powerless? ::ungg::

et dah
15-02-2014, 03:29 PM
kaleeee...