PDA

View Full Version : Kerbau, Sapi, Lembu, Banteng dan kerabatnya



etca
29-05-2013, 11:06 AM
^ Beda nya Kebo ama Sapi apaan sih?

eh serius porcupine ga bisa bedain sapi?
tapi emang kebo albino karena putih sekilas jadi terkesan kek sapi.
padahal dilihat dari tanduknya kan gahar dan terlihat itu kerbau ;D


Pelajaran Taman Kanak Kanak
Perbedaan Kerbau dan Sapi


KERBAU

http://files.myopera.com/Deniesaceh/albums/3829032/kerbau_.gif

Meskipun kerbau berasal dari subfamilia yang sama dengan sapi, tapi kerbau berasal dari genus yang berbeda. Jika sapi berasal dari genus Bos, maka kerbau berasal dari genus Bubalus. Kerbau sendiri memiliki nama ilmiah Bubalus bubalis. Kerbau dapat hidup dengan efisien dalam masa-masa kekurangan pakan, yang menyebabkan hewan itu lebih tahan hidup jika dibandingkan dengan sapi.

Kerbau memiliki tanduk yang sangat besar, dengan ukuran rata-rata 1 m, jauh lebih besar dibanding tanduk sapi. Kerbau juga dikenal sebagai hewan yang sering menyerang walau tanpa diprovokasi. Ini menyebabkan kerbau masih menjadi hewan yang bisa berbahaya bagi manusia. Bobot kerbau dewasa dapat mencapai berat sekitar 300 kg hingga 600 kg. Kerbau liar dapat memiliki berat yang lebih lagi, kerbau liar betina dapat mencapai berat hingga 800 kg dan kerbau liar jantan dapat mencapai berat hingga 1200 kg. Berat rata-rata kerbau jantan adalah 900 kg dan tinggi rata-rata di bagian pundak kerbau adalah 1,7 m.

Klasifikasi kerbau sendiri masih belum pasti, namun ada beberapa yang mengelompokkan kerbau sebagai suatu spesies dengan tiga subspesies yaitu kerbau sungai (B. bubalis bubalis), kerbau rawa (B. bubalis carabanesis) dan kerbau liar (B. bubalis arnee). Kerbau rawa memiliki kromosom dengan jumlah 48 sementara kerbau sungai memiliki 50 kromosom. Kedua subspesies ini masih dapat dikawinkan dan menghasilkan keturunan. Namun mereka tidak dapat berkembang biak dengan sapi yang memiliki 60 kromosom.

Kerbau banyak dimanfatkan oleh manusia terutama untuk tenaganya yang biasa digunakan untuk menarik pedati. Kerbau juga sering digunakan untuk membajak sawah, karena mereka dapat bergerak di atas lumpur jauh lebih baik daripada sapi. Karena kadar lemak dari susu kerbau yang sangat tinggi, susu kerbau dapat menghasilkan produk olahan yang sangat lezat seperti keju Mozzarella dan Dadiah (sejenis yoghurt dari Minangkabau). Kulit kerbau juga sering digunakan sebagai bahan sepatu, wayang kulit dan helm sepeda motor. Sementara dagingnya kurang disukai karena kekerasannya.


SAPI
http://fapet.ugm.ac.id/home/foto_berita/726gambar_sapi_6.jpg
Perlu anda ketahui sebelumnya, semua binatang yang kita bahas dalam tulisan ini masuk ke dalam anggota familia Bovidae dan subfamilia Bovinae. Sapi yang memiliki nama binomial Bos taurus ini kadang juga disebut sebagai lembu di beberapa daerah di Indonesia. Jadi lembu dapat dikatakan sama dengan sapi, dan hanya merupakan istilah penyebutan lain bagi sapi.

Sapi dipelihara sebagai hewan ternak untuk dimanfaatkan terutama susu dan dagingnya sebagai bahan pangan. Di sejumlah tempat, sapi juga biasa dipakai untuk membantu bercocok tanam, seperti menarik gerobak atau bajak. Menariknya, sapi Bali yang paling banyak dimanfaatkan dagingnya di Indonesia, meski memiliki nama sapi, sebenarnya bukan lah sapi melainkan seekor banteng. Hal ini dikarenakan sapi Bali merupakan domestikasi dari banteng dan lebih memiliki ciri seekor banteng dibanding dengan seekor sapi.


PR :
1. Sebutkan perbedaan Sapi dan Lembu?
2. Sebutkan perbedaan Kerbau dengan Banteng
3. Apakah Sapi Perah
4. Apakah Sapi Albino
5. Apakah bedanya sapi dengan Yak
6. Sapi ternyata ada 17 macam, jabarkan ;D
::hihi::

Ternyata sapi Bali warnanya gelap hitam, pantas porcupine susah bedain ama Kerbau ::doh::

porcupine
29-05-2013, 11:16 AM
^Tuh kan bener..bukan salah gw Tca.. ::hihi::

anyway, di bali kebanyakan warna nya oranye loh..bukan item ato putih::ungg::

---------- Post Merged at 10:16 AM ----------

http://4.bp.blogspot.com/_KQ0sW8ZG8_I/R8Am8rLP9EI/AAAAAAAACBA/C2h6r1BBo4g/s400/Sapi%2BBali2.jpg

bagi gw, sapi itu yang ini...nah ini seberner nya sapi ato kebo??

Ronggolawe
29-05-2013, 11:30 AM
ya jelas Sapi Bro

etca
29-05-2013, 11:33 AM
bagi gw itu yang diposting porcupine = lembu .. ;D

Ronggolawe
29-05-2013, 11:36 AM
Ternyata sapi Bali warnanya gelap hitam, pantas porcupine susah bedain ama Kerbau
Kerbau jauh lebih gemuk dibandingkan sapi, dan
tanduk jauh lebih besar dan melingkar.

mbok jamu
29-05-2013, 11:46 AM
Masak sapi warna oranye. Memangnya jeruk. ;D

Ini Yak.

http://ts2.mm.bing.net/th?id=H.4854503788511445&pid=1.7&w=196&h=143&c=7&rs=1&url=http%3a%2f%2ftrue-wildlife.blogspot.com%2f2011%2f04%2fyak.html


Ini apa hayo? Banyak di kampung pak mbok.

http://ts2.mm.bing.net/th?id=H.4973354079553121&pid=1.7&w=172&h=138&c=7&rs=1&url=http%3a%2f%2fen.wikipedia.org%2fwiki%2fFile%3a Highland_Cattle_2.jpg

GiKu
29-05-2013, 11:46 AM
lihat di bagian leher bawah, pada sapi kulitnya melambai-lambai

kupo
29-05-2013, 11:50 AM
Ini apa hayo? Banyak di kampung pak mbok.

http://ts2.mm.bing.net/th?id=H.4973354079553121&pid=1.7&w=172&h=138&c=7&rs=1&url=http%3a%2f%2fen.wikipedia.org%2fwiki%2fFile%3a Highland_Cattle_2.jpg

ini sapi dikasi sampo metal ya? :D

Ronggolawe
29-05-2013, 11:56 AM
Sapi Mbo Jum :)

ancuur
29-05-2013, 02:55 PM
Dalam Porsi yang Tepat, Daging Sapi Bisa Sehatkan Jantung

http://www.infoternak.com/wp-content/uploads/2010/01/jenis-potongan-daging-sapi-2.jpeg

Daging merah berkontribusi menyebabkan penyakit jantung dan kanker. Produk daging merah ini paling banyak
adalah daging sapi. Namun dalam porsi yang seimbang, daging sapi tanpa lemak bisa menyehatkan juga seperti
halnya daging putih. Menu makanan DASH atau Dietary Approaches to Stop Hypertension telah direkomendasikan
oleh American Heart Association untuk menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung. Orang2
yang mematuhi menu DASH dianjurkan untuk memakan daging ikan dan unggas, tetapi menjauhi daging sapi.

"Menu DASH saat ini merupakan standar emas untuk rekomendasi menu makan saat ini. Menu DASH menekankan
memakan protein nabati, unggas, ikan, dan sejumlah kecil daging tanpa lemak. Konsumen sering menafsirkan bahwa
daging merah sangat dibatasi untuk menu yang sehat," kata Michael Roussell, konsultan nutrisi dan lulusan PhD dari
Penn State seperti dilansir Health24.com

http://trihatmaningsih.files.wordpress.com/2010/02/daging-sapi-foto-istimewa.jpg

Menu yang disebut-sebut sebagai menu sehat terdiri dari 12% lemak jenuh per hari dan 0,7 kg daging sapi. Menu
DASH terdiri dari 1 kg daging sapi, sedangkan menu BOLD memiliki 4 kg daging sapi per hari dan menu BOLD +
mengandung 5,4 kg daging sapi.

Penelitian yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition ini dimulai dengan 42 orang subjek yg semuanya
memiliki kadar low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat. Sebanyak 36 orang di antaranya menyelesaikan
penelitian dan semua subyek mempertahankan berat badannya sepanjang periode penelitian. Setiap peserta mengkonsumsi
empat menu selama lima minggu. Mereka diberi waktu satu atau dua minggu di antara setiap menu untuk memakan apapun
yang diinginkan. Sampel darah diambil pada awal dan akhir setiap periode penelitian. Subjek diurutkan secara acak untuk
menerapkan masing-masing pola makan.

Rata-rata peserta mengalami penurunan total kolesterol dan kolesterol LDL pada di tiga menu yang berbeda. Kolesterol
total menurun sekitar 4% untuk menu DASH dan BOLD, namun subjek pada menu BOLD + mengalami penurunan sekitar 5%
dari total kolesterol. Kolesterol LDL turun sekitar 5% pada menu BOLD, sekitar 4,5% pada menu BOLD +, dan hampir 6%
sedangkan pada menu DASH.

Penelitian menunjukkan bahwa jika kadar lemak jenuh dapat dikendalikan dan porsi daging sapi tanpa lemak bisa dipantau
maka daging sapi tanpa lemak boleh dimasukkan dalam menu jantung sehat dan memiliki hasil yang sama seperti dengan
daging putih dan ikan.

http://1.bp.blogspot.com/_gJD7h5_uvMI/TAUggqQLX-I/AAAAAAAABZY/ED1J6e9z25w/s640/DSC00750.JPG



ini bagian serius

tuscany
29-05-2013, 04:42 PM
Kabar bagus tuh bagi meat lovers seperti saya

kandalf
29-05-2013, 04:54 PM
^Tuh kan bener..bukan salah gw Tca.. ::hihi::

anyway, di bali kebanyakan warna nya oranye loh..bukan item ato putih::ungg::

---------- Post Merged at 10:16 AM ----------

http://4.bp.blogspot.com/_KQ0sW8ZG8_I/R8Am8rLP9EI/AAAAAAAACBA/C2h6r1BBo4g/s400/Sapi%2BBali2.jpg

bagi gw, sapi itu yang ini...nah ini seberner nya sapi ato kebo??

Itu sapi.


bagi gw itu yang diposting porcupine = lembu .. ;D

Itu sapi.
Tanya aja sama semua orang Bali. Jawabnya sama.. itu sapi.
Penjelasan ada di Um Ronggo.


Masak sapi warna oranye. Memangnya jeruk. ;D


Di Bali, Sapinya memang berwarna coklat cenderung jingga (oranye)


Btw,
lembu dan sapi itu sasa dan miwon.

http://kateglo.bahtera.org/?mod=dictionary&action=view&phrase=lembu

* sasa = sama saja
* miwon = sami mawon

ga_genah
29-05-2013, 05:03 PM
http://4.bp.blogspot.com/_KQ0sW8ZG8_I/R8Am8rLP9EI/AAAAAAAACBA/C2h6r1BBo4g/s400/Sapi%2BBali2.jpg

bagi gw, sapi itu yang ini...nah ini seberner nya sapi ato kebo??

itu banteng...

tambah bingung dah... ::elaugh::

porcupine
29-05-2013, 05:05 PM
Loh..jangan jangan disini banyak yang ngga pernah liat Sapi Bali yang warna oranye?

kandalf
29-05-2013, 05:06 PM
itu banteng...

tambah bingung dah... ::elaugh::

Nggak dong.
Banteng = sapi liar, sapi hutan.

Itu kan sapi peliharaan.

AsLan
29-05-2013, 05:09 PM
kebo dagingnya lebih murah ya ?

yg biasa dijadiin sate padang itu daging sapi apa kebo ya ?

ndugu
29-05-2013, 05:11 PM
cupine: maksudnya brown kali. bukan orange ::elaugh::

mbok jamu
29-05-2013, 05:11 PM
Lho.. masak jalan-jalan ke Bali buat melihat sapi?

kandalf
29-05-2013, 05:13 PM
kebo dagingnya lebih murah ya ?

yg biasa dijadiin sate padang itu daging sapi apa kebo ya ?
lidah sapi.

---------- Post Merged at 06:13 PM ----------


Lho.. masak jalan-jalan ke Bali buat melihat sapi?

Percayalah, mBok.
Jalan2 di bali, malam2, di jalan, dengan kecepatan rata2 60 km per jam,
kalau bertemu sapi-sapi Bali di tengah jalan adalah momen istimewa tersendiri.

porcupine
29-05-2013, 05:21 PM
cupine: maksudnya brown kali. bukan orange ::elaugh::

foto nya ngga terlalu akurat tuh warna nya
warna bulu nya cederung ke oranye kok...

ga_genah
29-05-2013, 05:24 PM
Lho.. masak jalan-jalan ke Bali buat melihat sapi?
ga pa2 mbok.. kan sekalian kenalan, sapa tau bisa di ajak jalan2 :mrgreen:


Nggak dong.
Banteng = sapi liar, sapi hutan.

Itu kan sapi peliharaan.
:luck: santai boz... ::elaugh::

Sapi, Lembu, dan Banteng
SAPI hendaknya dipisahkan antara LEMBU dan BANTENG. Lembu adalah berwarna putih, yang bisa diperah susunya, merupakan/ dipercaya sebagai pelinggihan Ida Bhatara Siwa disebut Lembu Nandhini.

Sedangkan Banteng tidak bisa/ biasa diperah susunya untuk diminum manusia. Lembu banyak ada di India dan di Jawa, sedangkan di Bali adalah banteng.

Ketika Maha Rsi Markandeya datang ke Bali, beliau membawa beberapa Lembu dan sampai sekarang keturunannya dikeramatkan di Pura Gunung Raung, desa Taro, Tegallalang, Gianyar.

Lembu itu ‘mesengker’ di dalam Pura, tidak boleh keluar Pura, dan penduduk setiap hari ngayah memberi makanan rumput.

Bila ada upacara-upacara besar di Besakih dan Batur, lembu suci itu dituntun untuk ‘mapurwa daksina’ di dalam Pura Besakih dan Batur. Lembu itu tidak pernah dipotong.

Banteng yang berwarna hitam atau merah kecoklatan, tidak disakralkan sebagai pelinggihan Bhatara Siwa. Jadi yang digunakan untuk caru, belulangnya untuk wayang, gelungan tupeng, membajak sawah, dagangan, dan lain lain adalah BANTENG, bukan LEMBU.

Karena berwarna merah, sesuai dengan warna Bhatara Brahma, maka dalam pecaruan bayang-bayang banteng ada di Daksina.

Sumber: Lontar Widhi Tattwa.

http://stitidharma.org/sapi-lembu-dan-banteng/

ul.malik
29-05-2013, 05:25 PM
Nggak dong.
Banteng = sapi liar, sapi hutan.

Itu kan sapi peliharaan.

lho banteng itu sama dengan sapi toh. ::doh::

---------- Post Merged at 05:25 PM ----------

ah udah dijawab um GG, makasih om ::maap::

kandalf
29-05-2013, 05:33 PM
Ini kayaknya istilah2 agak terbalik2 yah..

Di keluarga gue,
banteng itu sapi jantan. Jadi memang gak bisa diperah.

Tapi tadi cek di KBBI, banteng itu sapi hutan atau sapi liar.
Hayyah

Apa berarti sapi-nya Bali itu asalnya dari banteng ya?

Lagipula, banteng itu bahasa latinnya bos javanicus

Gambar dari wiki (sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Banteng )


http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/0/02/Bos_javanicus_javanicus.jpg



http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/f/f9/Banteng_Domesticated_Bali_Bull.PNG



http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/5/56/Balinese_cow.JPG



http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/3f/Banteng_at_Alas_Purwo.jpg

ga_genah
29-05-2013, 05:41 PM
Apa berarti sapi-nya Bali itu asalnya dari banteng ya?
Lagipula, banteng itu bahasa latinnya bos javanicus


yup...
sapi bali bahasa latinnya ya bos javanicus

---------- Post Merged at 05:41 PM ----------

ternyata ada tambahannya ::elaugh::
sapi bali = Bos Javanicus f. domestica

kandalf
29-05-2013, 05:42 PM
Kalau yang warna putih itu lembu.
Kalau yang warna coklat agak jingga itu banteng (betina?)

Trus kalau yang putih-hitam itu apa namanya?

GiKu
29-05-2013, 06:00 PM
yg kelir hitam-putih = sapi holstein (Friesian Holstein)

BundaNa
29-05-2013, 06:27 PM
enakan mana dagingnya, sapi putih atau sapi coklat?

mbok jamu
29-05-2013, 06:39 PM
Kalau begitu nanti kalau ke Bali lagi ada agenda malam-malam melihat sapi. ;D

Ronggolawe
29-05-2013, 08:08 PM
Percayalah, mBok.
Jalan2 di bali, malam2, di jalan, dengan kecepatan rata2 60 km per jam,
kalau bertemu sapi-sapi Bali di tengah jalan adalah momen istimewa tersendiri.
sekedar info
2 teman SMP gw mati kecelakan dimalam sehabis
Ebtanas, karena menabrak Kerbau yang melintas di
jalan raya, sementara 3 orang lainnya luka parah,
dan 1 orang koma 2minggu :)

ancuur
29-05-2013, 08:42 PM
http://multimedia.deptan.go.id/vidiscript/uploads/Sapi-Bali-Jantan.jpg

pasti pada belom tau... suatu kenyataan sapi bali pake stocking loh liat :jempol:
gue pernah nerangin sama tourist jepang, abis itu para turis langsung pada foto
sama sapi bali.. sesuatu banget yak's.. mulanya gue kira bercanda.. ee serius ::doh::

note: ini info dari para guide di bali :ngopi:

cherryerichan
29-05-2013, 10:21 PM
buat apaan pake stoking?bali dingin yak?qiqiqi

Yuki
29-05-2013, 10:50 PM
somehow this thread is quite funny

ga_genah
30-05-2013, 12:21 PM
Kalau yang warna putih itu lembu.
Kalau yang warna coklat agak jingga itu banteng (betina?)

Trus kalau yang putih-hitam itu apa namanya?
ya sapi... ::elaugh::


2. Salah satu dari sedkit bangsa sapi di dunia yang warna kaki bagian bawah dan daerah seputar pantatnya berwarna putih

Warna sapi Bali sangat unik dan menarik. Baik sapi jantan mapun sapi betina memiliki warna putih di kaki bagian paling bawah (seperti kaos kaki putih) dan bagian pantatnya, sedangkan warna bagian tubuh lainnya adalah merah bata (betina) dan merah kehitaman (jantan). Pemunculan pola warna seperti ini dikontrol oleh gen pengatur pola warna yang hanya terdapat pada sapi Bali.

3. Satu-satunya sapi domestik yang warna jantan dan betinanya sama pada saat lahir tapi berbeda pada saat dewasa kelamin

Pada saat lahir sampai menjelang dewasa kelamin, sapi Bali jantan dan betina memiliki pola warna dan warna yang sama, yaitu merah bata dengan bagian kaki bawah dan daerah sekitar pantat yang berwarna putih. Setelah memasuki masa dewasa kelamin, sapi jantan berubah warnanya menjadi merah kehitaman dengan ujung kaki dan pantat tetap berwarna putih. Perubahan warna ini disebabkan oleh mulai aktifnya hormon jantan. Dalam istilah genetika fenomena ini dikenal sebagai ”sexual dimorphism” yaitu suatu keadaan dimana kita dapat membedakan dengan jelas antara jantan dengan betina karena adanya perbedaan yang mencolok, baik dari segi warna maupun ukurannya.

http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/60276/BAB%20II%20Tinjauan%20Pustaka.pdf




Kalau begitu nanti kalau ke Bali lagi ada agenda malam-malam melihat sapi. ;D

harus itu mbok, jalan disekitar garuda wisnu kencana pasti bisa lihat sapi yang banyak
nginapnya di sekitar uluwatu aja mbok ::elaugh::



buat apaan pake stoking?bali dingin yak?qiqiqi
dingin sekali kalo di puncak gunung agung ::elaugh::

:run:

noodles maniac
30-05-2013, 02:19 PM
PR :
1. Sebutkan perbedaan Sapi dan Lembu?
2. Sebutkan perbedaan Kerbau dengan Banteng
3. Apakah Sapi Perah
4. Apakah Sapi Albino
5. Apakah bedanya sapi dengan Yak
6. Sapi ternyata ada 17 macam, jabarkan ;D
::hihi::

Ternyata sapi Bali warnanya gelap hitam, pantas porcupine susah bedain ama Kerbau ::doh::

Ehm.... kayaknya gw gak yakin bisa menjawab PR yang dikasih ke etca ::nangis::

Landak geser dikit dong duduknya ;D

porcupine
30-05-2013, 02:32 PM
Landak geser dikit dong duduknya ;D

Lu tau sendiri gw lebarnya kayak gimana :ngopi:
ini pake 2 bangku aja masih kurang Del ::doh::

mbok jamu
30-05-2013, 09:26 PM
harus itu mbok, jalan disekitar garuda wisnu kencana pasti bisa lihat sapi yang banyak
nginapnya di sekitar uluwatu aja mbok ::elaugh::

Mbok kira sapinya nginap di Uluwatu ::hihi::


BTW, ternyata persoalan sapi ini cukup complicated ya?

mbok jamu
20-12-2013, 10:08 PM
Loh..jangan jangan disini banyak yang ngga pernah liat Sapi Bali yang warna oranye?

Yay.. barusan mbok lihat sapi oranye Bali. :senang:

AsLan
20-12-2013, 10:37 PM
Sapi bali itu yg bokongnya putih kan ?

mbok jamu
20-12-2013, 11:02 PM
Iya, yang tadi mbok lihat warna oranye dengan bokong putih. Pak supir sampai geli, kenapa lihat sapi girang banget yak. ;D

noodles maniac
21-12-2013, 05:17 AM
...dan setelah baca artikelnya dari ga_genah dan gambar-gambarnya kandalf gw makin bingung ::doh:: :kesal:

sapi, lembu, banteng, kerbau http://emoticoner.com/files/emoticons/onion-head/woa-onion-head-emoticon.gif?1292862526

ga_genah
22-12-2013, 12:53 AM
Yay.. barusan mbok lihat sapi oranye Bali. :senang:

lho, mbok jamu di bali?
gimana rasanya setelah bisa ketemu dengan artis bali berstoking putih? pasti langsung nyari tanda-tangannya ya mbok? ::hihi::

etca
22-12-2013, 04:21 AM
Eh sapi oranye di bali d dae mananya?
Kok kemarin ga liat yak?
Perasaan cuma liat anjeng liar ama monyet liar doang ;D

mbok jamu
22-12-2013, 11:09 AM
Iya, GG. Mbok sampe Bali Jumat malem. Sekarang sudah di airport lagi, mau ke Bandung lihat kakak.

Next time kita kopdaran ya :luck:

Sapi nya ndak mau mbok ajak selfie. ::hihi::

etca
22-12-2013, 07:50 PM
GG mah wiken ini ude mencelat keluar pulo Bali mbok
jadi jg ga bisa gathering ;D
#jubirnya GG ::hihi::

ga_genah
24-12-2013, 12:46 AM
wokeh mbok jamu....
skrg dah di bali lagi tca... ::hihi::