Results 1 to 14 of 14

Thread: mata juling

  1. #1
    pelanggan setia red>,<hair's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    kanatakara
    Posts
    2,824

    mata juling

    tanya dong, ada tetangga yg punya mata yg juling, kadang kasian klo liat dia lg naik sepeda buat kerja, takut klo ketabrak ato gmn
    1. juling itu kelainan ato penyakit?
    2. mata juling itu penyebabnya apa y?
    3. apa itu akan menurun ke anak2nya?
    4. isa d obati g?


    terimakasih sebelumnya n mohon maaf klo ada yg tidak berkenan ttg bahasannya

    Anugurihiitusomi

  2. #2
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,752
    Apa itu Mata Juling?

    Mata juling atau strabismus adalah kondisi dimana mata tidak sejajar satu dengan lainnya; contohnya satu mata tampak melihat lurus sedangkan mata lainnya tampak melihat kearah lain. Kondisi ini dapat terjadi pada usia manapun. Mata yang juling dapat mengarah ke dalam (konvergen), keluar (divergen), atau satu mata lebih tinggi dari mata lainnya. Strabismus dapat menyebabkan penurunan binocular atau penglihatan stereo (3D), dan strabismus pada anak dapat berkembang menjadi mata malas (ambliopia).


    Apa penyebab Mata Juling?

    Mata juling paling sering disebabkan oleh ketidakseimbangan otak dalam mengkoordinasikan mata. Dapat juga disebabkan oleh ukuran kacamata abnormal (contohnya hiperopia tinggi atau miopia tinggi), atau apapun yang menghalangi pandangan satu mata (contohnya katarak anak atau kelainan mata lainnya). Kadang kala, dapat juga diakibatkan oleh ketidaknormalan saraf yang membentuk otot mata atau ketidaknormalan otot mata atau jaringan sekelilingnya dalam soket mata.


    Apa jenis pengobatan yang tersedia untuk Mata Juling?

    Pengobatan bervariasi tergantung dari tipe mata juling yang ada. Pada beberapa kasus, pengobatan non-medis (contohnya penggunaan kacamata dan latihan fusi) lebih sesuai, sedangkan pada kasus lainnya diperlukan operasi dini.

    Karena mata juling terkadang berhubungan dengan masalah otak atau masalah mata lain yang lebih buruk, hal pertama yang dokter anda akan lakukan adalah pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan bahwa tidak terdapat masalah-masalah lain tersebut.

    Prinsip pengobatan kemudian untuk:

    1. Mencoba untuk mengoptimalkan penglihatan kedua mata dan memberikan anak kacamata yang sesuai,
    2. Mengobati masalah ambliopia (mata malas) yang mendasarinya,
    3. Pengobatan non-bedah seperti plester mata, latihan fusi atau konvergen untuk mengajari anak
    bagaimana menggunakan kedua mata bersamaan, dan,
    4. Melakukan operasi untuk mengembalikan kesejajaran mata, jika perlu.



    sumber : http://www.snec.com.sg


    ---------- Post Merged at 10:35 AM ----------

    kalo dari yang saya baca di google ,

    terdapat beberapa jalan strabismus diturunkan pada anak, yang tidak semuanya relevan pada kasus suami dan istri.

    Ada yang diturunkan melalui kelainan gen dalam mitokondria, yang artinya hanya diturunkan dari jalur ibu. Ada yang diturunkan secara autosomal recessive yang artinya Anda tidak memiliki kemungkinan untuk menurunkannya pada anak karena Anda sendiri normal.

    Disamping juga ada yang diturunkan secara autosomal dominan yang artinya terdapat kemungkinan 50% diturunkan pada anak jika salah satu pasangan membawa kelainan gen yang menimbulkannya.
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  3. #3
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Mata juling harus diobati sejak dini.

    Yang paling umum, mata juling terjadi karena ada salah satu mata yg "malas", anak ini lebih sering menggunakan salah satu mata daripada mata yg lainnya.
    Kalau terdeteksi dari dini, maka dokter akan memberikan penutup mata pada mata yg "rajin" agar memaksa mata yg malas untuk aktif.

    Setelah kedua mata aktif dan berkoordinasi dengan baik, julingnya sembuh.

    Tapi kalau mata "malas" dibiarkan sampai anak cukup besar, akan sulit disembuhkan atau tak tersembuhkan lagi.

  4. #4
    pelanggan tetap jojox's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Jekardah
    Posts
    1,169
    itu kalo dah dewasa, umur 20 th ke atas, isa dibenerin?

    ada temu cewek eksotis, bohay, 11-12 kek Farah Quinn, tapi yha itu....hmm sedikit tertantang salah satu matanya.
    Any views or opinions presented above are solely those of the author. Thus the author may disclaim accuracy on warranties and liabilities they may cause including loss of intellectual properties, economical benefit, and coordinated mental responses.

  5. #5
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    kayaknya udah gak bisa deh...

    ---------- Post Merged at 11:59 PM ----------

    eh ada dokter yg bilang bisa:

    http://health.detik.com/read/2012/09/28/115736/2042694/763/tak-ada-kata-terlambat-juling-bisa-sembuh-meski-sudah-dewasa

  6. #6
    pelanggan setia red>,<hair's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    kanatakara
    Posts
    2,824
    tetangga tu uda bokap2 ... paling umur ampir 50an
    gw salut ajah dia isa naek sepeda d jalan gede
    padahal buat salaman -klo acara halal bihalal d kampung- dia cuman diam sambil ngangsurin tangan k arah kanan sambil nunggu reaksi orang lain
    klo yg 1nya malah ama orang lain d cap sombong karena g mau salaman trus ntar ada yg kasi tau klo matanya agak bermasalah

    Anugurihiitusomi

  7. #7
    pelanggan tetap jojox's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Jekardah
    Posts
    1,169
    yoi, awkward jg rasanya,

    mau fokus ke mata yang mana. ini perlu inisiatif dari yg punya. kita cuman bisa tunggu dan ...reaksi.
    Any views or opinions presented above are solely those of the author. Thus the author may disclaim accuracy on warranties and liabilities they may cause including loss of intellectual properties, economical benefit, and coordinated mental responses.

  8. #8
    Dulu waktu smp ada kawan satu kelas juling juga.tiap ngomong selalu bikin penasaran n selalu mikir"mata yg mana ya yang ngeliatin saya"

  9. #9
    pelanggan sejati ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    7,644
    anak tetanggaku juga ada yang begitu, jadi dikasi kacamata khusus. masih kecil sih, ga tau nantinya gimana. temenku juga ada satu yang begitu, kalo dia sih udah dewasa ya, umur 40an, ga tau caranya gimana. saya ga bakal sadar kalo dia punya masalah lazy eye, ternyata dia bisa ngatur matanya supaya keliatan biasa, tapi itu suatu effort yang dilakukan dengan sadar. menarik juga.

  10. #10
    pelanggan setia choodee's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Posts
    2,988
    Operasi sinus ngefek juga ya katanya, bisa bikin juling. Teman gw itu mata satunya ga sejajar dengan mata lainnya, katanya itu gara2 dia abis operasi sinus.

  11. #11
    pelanggan setia ul.malik's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Location
    C.G.H City
    Posts
    2,594
    Quote Originally Posted by red>,<hair View Post
    tetangga tu uda bokap2 ... paling umur ampir 50an
    gw salut ajah dia isa naek sepeda d jalan gede
    padahal buat salaman -klo acara halal bihalal d kampung- dia cuman diam sambil ngangsurin tangan k arah kanan sambil nunggu reaksi orang lain
    klo yg 1nya malah ama orang lain d cap sombong karena g mau salaman trus ntar ada yg kasi tau klo matanya agak bermasalah
    kalo orang yang juling penglihatannya jadi gimana sih.
    kabur? berbayang?

  12. #12
    pelanggan setia red>,<hair's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    kanatakara
    Posts
    2,824
    penglihatannya bergeser karena kedua mata tidak tertuju pada benda yang sama.

    Anugurihiitusomi

  13. #13
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,752
    Dulu mata saya juling , karena stroke...

    Selama juling , penglihatan saya jadi double , berbayang. Jadi susah banget membedakan mana real mana fake...

    Jadi saya ga bisa jalan sendiri , nyetir mobil , dan melakukan apa - apa sendiri.

    Kecuali satu mata saya yang juling ditutup.

    Akhirnya sebulan kemudian , mata saya normal , karena mujizat Tuhan.

    Karena waktu itu 3 dokter syaraf udah memvonis mata saya akan terus juling.
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  14. #14
    hahaha jangan sampai ya amit amit dehb

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •