Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 20 of 31

Thread: Cara Menyeduh Kopi

  1. #1
    pelanggan tetap Neptunus's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Posts
    1,811
    Mentioned
    20 Post(s)

    Cara Menyeduh Kopi

    Kemaren diceritain ama temen yg maniak kopi . Dia punya cara khusus dlm menyeduh kopi. Klo Kopi kesukaannya dia (Kapal Api), caranya dgn memasukkan bubuk kopi ke air rebusan yg pas mendidih. Kecilin apinya. Jangan diaduk, biarkan bubuk kopinya itu muter ngikutin arah air yg lg ngegolak. Itu bertujuan biar ampas2nya misah. Setelah itu pas menuangkan ke gelas, jangan sampe kopi seduhannya itu kena bibir gelas. Tujuannya meminimalisir ampas yg nempel di gelas dan biar udaranya masuk (ini jg gw bingung maksudnya udara masuk gimana ). Ampas2nya bkl ngeganjel ke sela2 gigi klo nuangnya ga bener.

    Diceritain juga klo tiap kopi itu beda cara nyeduhnya, biar rasanya keluar. Nah para kopmay adakah yg biasa menyeduh kopi dengan cara2 tertentu? Gimana sih cara menyeduh jenis2 kopi lain biar rasanya mantab?
    Markitsher, mari kita share

  2. #2
    Chief Cook GiKu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,784
    Mentioned
    282 Post(s)
    menurut gw,
    kalo emang kopinya enak, dituang air panas dengan posisi apapun tetap enak rasanya

    youli punya temen sepertinya laku-lajak
    sama kayak orang ngerokok, ada yg bungkusnya diketok2 dulu
    trus batangnya digulung-gulung pake telapak tangan
    abis itu ujungnya dipelintir sampe nguncup

  3. #3
    pelanggan tetap Neptunus's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Posts
    1,811
    Mentioned
    20 Post(s)
    laku-lajak itu apa om?

  4. #4
    pelanggan tetap Neptunus's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Posts
    1,811
    Mentioned
    20 Post(s)
    ini sebenernya gw nunggu postingan2 para maniak kopi. tapi kog ga dateng2

  5. #5
    pelanggan youngblue's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    393
    Mentioned
    0 Post(s)
    sebenarnya cara menyeduh kopi agar aromanya keluar adalah dengan 2 syarat , di kasih tekanan air pada bubuk kopi agar minyak kopi keluar , temperatur ideal untuk kopi adalah 90-95 drajat .
    kalau gue amatin cara menyeduh ini terlalu beresiko aroma dari kopi akan terbawa uap air, sehingga aroma kopi yg kita nikmatin sudah terbawa angin saat di rebus.

    bagi-bagi cara menyeduh (brewing) kopi :

    1.Drip Method (Kopi Tetes):
    kopi di taruh di saringan kemudian di guyur air panas , metode ini banyak di temuin di kedai-kedai kopi di medan dan metode ini sangatlah terkenal.

    2. Instant Coffee (Kopi Instan):
    kalau metode ini ane rasa paling populer tinggal buka kemasan alumunium foil siram air panas jadilah kopinya.

    3.Espresso:
    metode ini adalah dengan memberi tekanan pada kopi saat di saring , ada 2 jenis alat espresso manual dan otomatis , kalau manual dengan cara seperti pompa di tekan secara manual atau dengan mesin espresso , mesin espressopun ada beberapa jenis ada yang full otomatis dari biji sampai kopi siap saji di kerjakan satu alat termasuk grinder biji kopinya. ada juga mesin espresso dengan grinder kopi terpisah.

    4.Vacuum (shiphon):
    Air dipanaskan hingga mendidih di dalam teko gelas. Di atas teko tersebut diletakkan bejana gelas berisi kopi bubuk. Air yang panas akan naik ke bejana gelas berisi kopi bubuk, aduk sebentar kira-kira satu menit. Di bejana gelas ini kopi telah siap disajikan namun masih terdapat ampas kopi. Nah, ketika suhu teko gelas di bagian bawah telah mendingin, air kopi di bejana gelas akan turun ke bawah (karena gravitasi dan perbedaan tekanan). Ampas kopi akan tetap tertinggal di atas karena atas kertas saring. Kopi kemudian siap disajikan!

    5.cold brew /Cold Water Method (Metode Air Dingin):
    Kopi bubuk dicampur dengan air di dalam sebuah wadah besar, lalu dibiarkan di suhu ruang selama 10 hingga 12 jam. Kopi bubuk yang telah meresap kemudian disaring sehingga menghasilkan konsentrat kopi yang biasanya dilarutkan ke air atau susu. Kopi ini dapat disajikan panas, dengan es batu, atau dicampur dengan es dan bahan-bahan lain seperti coklat.
    cara menyeduh kopi ini sangat cocok untuk orang-orang yg sabar lae.......

    6.French Press:
    alatnya berupa gelas dengan penyaringan yang di tekan kebawah ,masukkan kopi bubuk ke dalam wadah French Press, kemudian tuang air panas dan aduk. Tunggu selama beberapa menit sampai air panas bercampur dengan bubuk kopi dan menghasilkan larutan pekat yang kaya akan cita rasa kopi. Lalu tekan tutup French Press untuk menyaring ampas kopi.

    7.Neapolitan Flip disebut juga Reversible Drip Pot atau versi lainnya vietnam drip:
    yaitu alat penyaringan kopi dari cangkir stenlis di letakkan di atas cangkir atau teko pembuat kopi, cangkir yang bawah diisi dengan air dan dipanaskan sampai mendidih. Kemudian alat ini dipindahkan dari kompor dan dibalik. Air kemudian akan mengalir melalui saringan dan kopi bubuk, lalu menetes ke cangkir kopi bagian bawah (yang semula berada di atas).

    8.Single Serve Coffee Machine , capcule caffee maker:
    Mesin ini cocok untuk mereka yang suka dengan hal-hal praktis. Ngga perlu ribet ngitung takaran kopi bubuk karena kopi bubuknya sudah dikemas di dalam sebuah kemasan (capsule) yang sesuai dengan takaran untuk membuat secangkir kopi. Cukup masukkan kemasan tersebut ke dalam mesin kopi dan didihkan seperti cara memakai mesin Espresso.

    banyak sih varian lain cara brewing kopi ,... tapi cukup ini dulu lah , kalau mau lihat alatnya bisa di cari dan di tanyakan sama mbah google yo.........

  6. The Following 4 Users Say Thank You to youngblue For This Useful Post:

    etca (20-09-2012),Neptunus (27-09-2012),RAP (20-09-2012),sumpe gw klonengan (28-09-2012)

  7. #6
    Barista deddy's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Mahakam
    Posts
    2,250
    Mentioned
    14 Post(s)
    cara simpel dan nikmat, aduk kopi searah jarum jam minimal 30 adukan, usahakan air yg barusan mendidih, bukan air panas dari tremos (bikin perut kembung) ... .rasakan nikmatnya
    GARUDA DI DADAKU

  8. #7
    pelanggan youngblue's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    393
    Mentioned
    0 Post(s)
    aduk kopi searah jarum jam minimal 30 adukan
    perlu di jampi-jampi dulu atau di tiup-tiup tidak kopinya ?

  9. #8
    pelanggan
    Join Date
    Sep 2012
    Posts
    151
    Mentioned
    0 Post(s)
    wah ada caranya juga ya Kop
    makasi ya Kop buat infona ?'

  10. #9
    pelanggan tetap ga_genah's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    1,574
    Mentioned
    57 Post(s)
    biasanya
    masukan kopi dan gula dalam gelas
    air yag baru mendidih langsung di tuang dalam gelas yg ada kopinya
    kalo ga, masukan kopi dalam gelas, tuang air yang baru menddih dan masukan susu kental manis

  11. #10
    pelanggan setia Bi4rain's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    Neverland
    Posts
    2,362
    Mentioned
    84 Post(s)
    kop youngblue:

    ternyata yg di kedai kopi daerah sumatra itu namanya drip method, pernah lihat langsung juga dan rasanya memang enak. Bubuk kopi yg dipakai sama aja dengan pemilik kedai kopi, tapi klo seduh sendiri kadang suka ada rasa asam pada kopi, kenapa itu yah?
    Ada cara yg bagus ga buat seduh kopi bubuk tanpa membuatnya terasa asam? maklum selama ini cuma penikmat, klo seduhnya ga pake teknik cuma joget kuda Gangnam
    A kid at heart

  12. #11
    pelanggan youngblue's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    393
    Mentioned
    0 Post(s)
    lae Bi4rain , syarat bikin kopi medan mah cuma cara nyeduhnya pakai teknik drip dengan saringan kain (bisa di beli di pasar tradisional di medan) dan airnya harus panas mendidih 90-95 drajat , tapi perlu di ingat kalau bubuk kopi ideal hanya untuk pemakaian 3 hari selebihnya akan terkontaminasi bau-bau sekelilingnya , kalau di kedai kopi mah jarang stock kopi berlebih , mereka sudah perkirakan konsumsi kopi untuk 3 hari jadi pasti segar kopinya , tapi perlu di ingat kopi bubuk di medan banyak yg bukan berasal dari kopi murni , kebanyakan di campur jagung 50:50 .

  13. #12
    pelanggan setia Bi4rain's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    Neverland
    Posts
    2,362
    Mentioned
    84 Post(s)
    ^oh..hm *manggut*
    klo kopi asli pasti lebih nikmat yak, secara yg campuran jagung itu aja udah bikin ketagihan hehehe
    A kid at heart

  14. #13
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,133
    Mentioned
    219 Post(s)
    ada tutorialnya berupa gambar atau video ga?
    aku ga gitu suka ngopi, tapi tahu sendirilah, biasanya tetap bakal bersentuhan dengan kopi, paling ngga kalau ada tamu.
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  15. #14
    pelanggan youngblue's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    393
    Mentioned
    0 Post(s)
    ada tutorialnya berupa gambar atau video ga?
    aku ga gitu suka ngopi, tapi tahu sendirilah, biasanya tetap bakal bersentuhan dengan kopi, paling ngga kalau ada tamu.
    kalau mau sambil kongkow-kongkow sama kawan-kawan di gasebo taman belakang ruma atau kalau pas liburan di villa ane rekomendasikan pakai alat syphon caffee soal harga relatif ekonomis sekitar 450rb utk yg kecil dan 650rb utk yg besar .
    kalau untuk di bawa-bawa cari kompornya yg berbahan parafin jadi agak mudah ngebawanya , kalau di rumah mah ane pakai pemanas dengan tabung gas kalengan, ada sebagian orang pakai sepirtus untuk memasak tapi ane nggak tahu di mana jual sepirtus di sekitar rumah.

    ini videonya :

  16. The Following User Says Thank You to youngblue For This Useful Post:

    Neptunus (27-09-2012)

  17. #15
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,133
    Mentioned
    219 Post(s)
    yang normal2 aja ada ga
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  18. #16
    pelanggan youngblue's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    393
    Mentioned
    0 Post(s)


    ini chan cara vietnam coffee drip

  19. The Following User Says Thank You to youngblue For This Useful Post:

    Neptunus (27-09-2012)

  20. #17
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,133
    Mentioned
    219 Post(s)
    sabar banget ya bikin kopinya
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  21. #18
    Chief Cook GiKu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,784
    Mentioned
    282 Post(s)
    tamu gw keburu pulang

  22. #19
    pelanggan youngblue's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    393
    Mentioned
    0 Post(s)
    kasih kopi sacet instan aja lae biar cepat bikin kopinya....

  23. #20
    pelanggan setia Bi4rain's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    Neverland
    Posts
    2,362
    Mentioned
    84 Post(s)
    ^Kop, bikinin tuak dong
    A kid at heart

Page 1 of 2 12 LastLast

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •