Page 3 of 3 FirstFirst 123
Results 41 to 59 of 59

Thread: Anak Susah Makan

  1. #41
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    Quote Originally Posted by RAP View Post
    @bundana
    senangnya bisa manggil seseoran bunda.....
    heheheh sama2 Bunda ya kita

    makasih ya atas sharingnya tentang alergi...jadi nambah pengetahuan

    ---------- Post Merged at 09:33 AM ----------

    Quote Originally Posted by ndugu View Post
    Iya tuh, saya juga mo komen tadi. 14 taon kok uda 174 cm. gile juga anak2 jaman skarang, tinggi gede ya.
    *nasib manusia pendek*
    ya wajar, jaman sekarang ortu udah sadar gizi, jadi pertumbuhan anak2nya pada bagus2

  2. #42
    pelanggan tetap RAP's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    Jakarta
    Posts
    920
    Maklum aku juga alergian...makanya anak-anakku semuanya alergi
    yang bikin repot alerginya beda-beda...tapi jadi nambah pengetahuan juga sih...

    Goresan itu kaya bekas garukan...jadi kaya pake jarum pentul digores...halus banget...malah ngak ada bekas goresannya
    Mekanismenya...
    pertama tama konsul dulu kedokter Hugo itu....ditanya keluhannya apa aja
    trus dari pembicaraan dikasih rujukan tes wajib apa aja yg harus kita dapat
    trus ke lab...kemudian di gores...ditetes n dibuletin bekas scratch nya sampai...10 kali, terdiri dari tes untuk debu, seafood, bulu binatang, tungau dll
    trus nunggu 10-15 menit untuk liat reaksinya nanti diliat kalo dari situ ada yg bengkak n gatel banget...ditetes lagi tergantung kecenderungan alerginya dimana...
    contoh seafood... berarti tambah lagi untuk jenis jenis seafood n seterusnya
    kalo udah selesai kita konsul lagi ke dokter n dikasih catatan bahwa anak kita alerginya apa...pantangannya apa...
    kemudian perlu obat apa...n terapi apa...
    Anakku yang pertama perlu balik lagi 3 buylan kemudian..karena kondisinya sudah parah...
    Buat para ortu....kalo anaknya sering mimisan...hati2 ya....kalo dokter tht paling bilang pembuluh darah anak kita dihidung tipis tapi kalo di NUH hasilnya beda loh...bukan karena alergi tapi sensitif...kalo ngak cepet ditangani bisa merembet ke otak sianak...disini aku diomelin ma dokternya gara2 ngak care katanya
    Anakku yg kedua ngak terlalu parah cuma dikasih catatan doang apa alerginya n apa pantangannya...trus dibilang ngak perlu datang lagi

    BTW bagi yg minat ke NUH wajib appoitment dulu ya...kalo ngak bisa2 gagal periksanya....jadwal dokternya suka full karena mereka juga ngajar di NUS

  3. #43
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    eh bukannya di surabaya juga tehkniknya sama dengan yg dijelaskan oleh Mbak RAP...temenku test alergi juga begitu, digores2 kulitnya...bentar kutanya dia test alergi dimana ya, lily

  4. #44
    pelanggan tetap RAP's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    Jakarta
    Posts
    920
    ^
    Setauku sekarang di indonesia udah banyak yang nerapin cara goresan....
    Jaman aku dulu sekitar 6 tahun yg lalu belum ada

    @lily@ndugu@bundana

    anak sekarang emang tinggi2 padahal anakku ngak doyan minum susu...sejak umur 1 thn..ngak minum susu lagi, ngak doyan olah raga...cuma jari2nya aja..., ngak minum suplemen untuk nambah tinggi badan...jadi......jangan percaya sama iklan ya...
    dia cuma makan 4 sehat doang...
    Punya anak tinggi ada seneng n ngaknya juga..senengnya memperbaiki keturunan...ngak senengnya nyari sepatu susah
    sekarang aja udh nomor 44....gimana nanti...
    mana disekolahnya wajib hitam lagi...no 44 modelnya lumayan banyak tapi yg warna hitam legam dikit banget...alhasil belinya yg buat basket

    kebayangkan kalo anakku yg gede gendong adiknya yang kecil...? kaya bapa n anak...untung mukanya masih culun

  5. #45
    pelanggan sejati ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    7,649
    wah, menarik amat cara test alerginya
    bayanganku selama ini test alergi tuh menyiksa, ternyata cukup painless ya
    dan saya juga selalu penasaran bagaimana dokter menentukan alergen
    rupanya sistematis banget

  6. #46
    pelanggan setia Bi4rain's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    Neverland
    Posts
    2,534
    Quote Originally Posted by lily View Post
    ^^
    ehm terus sekarang gimana testimonial dari kamu sebagai pengguna Scott's ???

    anak saya udah saya cobain semua jenis vitamin , dari yang umum dijual sampe yang racikan dokter , ga mempan...
    sehat-sehat aja kok

    dulu aku susah makan sih, begitu pulang sekolah cuma makan nasi sama kerupuk sama sambal abc
    nasinya kudu kering, en ga suka ada kuah-kuah gitu

    normally klo ada murid gw yg keluhannya susah makan (umur 4-5tahun) gw ga terlalu permasalahkan karena nafsu makan anak pasti berkembang, asal mereka tetap makan kok.
    tapi klo keluhannya banyak alergi gini...waduh binun juga.
    banyak bunda dan panda yg lebih berpengalaman disini..
    A kid at heart

  7. #47
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,752
    @RAP : nah... Saya pas kecil sering banget mimisan... Dan alergi debu tingkat tinggi. Cuma karena keluarga saya dokter , mereka lebih milih mengatasi sendiri. Ga di check secara detail. Dan pas dibawa ke dokter THT , diagnosa nya : tulang idung saya miring , saking sering ngucek idung , trus dilurusin sampe saya nangis teriak - teriak. Pengalaman mengerikan... Tapi pas saya udah gede , mungkin rajin olahraga ya , udah ga pernah mimisan lagi , tapi alergi debu tetap sampe sekarang...

    @BundaNa : ditunggu ya Bunda Lumayan kalo di Surabaya , hehe...

    Dipikir - pikir benernya caranya sama ya , cuma dulu disuntik , sekarang digores... Sakitnya beda jauh...

  8. #48
    pelanggan
    Join Date
    Sep 2011
    Posts
    134
    kalau keluarga saya terbiasa untuk tidak melarang melarang anak kalau makan apapun, selagi itu gak berbahaya.. terkadang sy juga gasuka kalo liat anak kecil selalu di protect sama ibunya secara berlebihan, alhasil dia jadi susah makan gituh, saking malesnya krn terlalu diprotect.. ya emang si beda antara anak yg agak modern sama anak yg tinggal diperkampungan.. tapi terbukti, anak kampung yg notabennya tdk terlalu diprotect oleh oirg tuanya lebih sehat dan kebal akan banyak p[enyakit.. 'mungkin krn jarang periksa juga'

    hehe, ya gutu deh, sy juga sdkt bingung sama apa yg saya tulis, ya tapi nyatanya emng kaya gini.. :d #cmiiw
    you'll never be lonely, if you learn to befriend yourself

  9. #49
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    @lily: aduh lupse, baru ketemu orangnya malah ngomongin yg lain di surabaya ada siloam kan ya?

    @elhakim: saya juga tipe membebaskan makan sama anak2 kecuali snack garingan macam TARO ato chiki, anak2 sudah terbukti langsung ISPA kalo makan snack macam gini. Daripada gwe tekor biaya nebulasi dan bolak-baliknya jauh bener, mending gwe larang yg mengandung MSG kelewatan dah

  10. #50
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,036
    Quote Originally Posted by elhakim View Post
    kalau keluarga saya terbiasa untuk tidak melarang melarang anak kalau makan apapun, selagi itu gak berbahaya.. terkadang sy juga gasuka kalo liat anak kecil selalu di protect sama ibunya secara berlebihan, alhasil dia jadi susah makan gituh, saking malesnya krn terlalu diprotect.. ya emang si beda antara anak yg agak modern sama anak yg tinggal diperkampungan.. tapi terbukti, anak kampung yg notabennya tdk terlalu diprotect oleh oirg tuanya lebih sehat dan kebal akan banyak p[enyakit.. 'mungkin krn jarang periksa juga'

    hehe, ya gutu deh, sy juga sdkt bingung sama apa yg saya tulis, ya tapi nyatanya emng kaya gini.. :d #cmiiw
    orang tua saya juga termasuk yang tidak melarang anaknya makan apapun,
    kalau dipikir2 beruntung juga,
    masa kecil kami tumbuh dan berkembang pada jaman makanan snack dalam kemasan tidak segila ini banyaknya.
    kakakkakak saya makan apapun ga ada masalah. ada beberapa yang alergi tapi tak pernah separah saya.
    *ini yang sering kali membuat saya iri waktu itu.

    beda dengan saya, apa daya ketika memakan sesuatu tubuh saya "menolak",
    masih mending kalau "cuma" bentol-bentol.
    lha larinya ke asma akut, dan kalau parah tubuh saya bisa membiru.
    itu sering terjadi di usia kurang dari 4 tahun.

    saya waktu itu mengalami tes alergi yang katanya menyakitkan itu.
    tapi kalau dipikir2 sekarang udah lupa rasanya
    yang jelas di punggung disuntik sekian banyak macam suntikan.

    saya dulu juga susah makan, *kata ortu sih*
    untungnya pengasuh dan ortu telateennnnnn nyuapin, sekali makan bisa satu jam lebih.
    itu pas saya belum sekolah ya.

    bersyukur punya ortu yang telaten merawat saya dan
    punya komitmen keras thd kedisplinan demi daur hidup yang teratur.
    seiring berjalannya waktu kondisi saya menjadi fit, alergi jarang menyerang lagi.
    kecuali kalau pas kondisi lagi drop, seringnya bisa kepicu alerginya.

  11. #51
    wah, kalo baca2 tulisan org2 di atas,
    aq hrs bersyukur ya krn anakqu bukan tipe susah makan dan gak alergi thd apapun.
    ibu mertua sering cerita soal hubby ketika msh kecil
    yng tyt susaaaaaah makan dan kurus kering
    juga suka2 sakit2an sejak di dlm kandungan
    dan punya asma, alergi sm seafood (udang) dan debu
    juga gampang capek

    dulu beliau sampe mengiming2i pemomong anaknya
    dengan bonus gaji untuk setiap kenaikan BBnya.
    setelah baca tulisan2 di atas,
    baru kebayang susahnya

    untung putriqu masih nurun dr bundanya
    yg secara fisik lebih kuat
    tp, seneng juga baca thread ini
    jd dpt info bagus soal alergi
    siapa tau nanti berguna
    Four tines is a fork. Three tines is a trident. One is for eating, one is for ruling the seven seas.

  12. #52
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    masing2 anak punya tipe sendiri2 dalam hal makan kog, now...

    Naomi termasuk tipe yang gak butuh jajanan dan minuman, jadi kalo gak diingetin minum ya gak bakal minum, kalo makan emang kubiarin sampe dia bilang laper baru kukasih, konsekuensinya, gak ketemu jajanan dulu. Puasa ini sengaja kusuruh latihan puasa, buat dia mengerti bahwa dia harus bersyukur ketika lapar masih ada makanan yang dimakan, sedang yang lain belum tentu...lebih menghargai apa yg diberikan ortunya...

    Kalau Nadhira, dia sih apa aja doyan dan pasti minta, malah gak kenal kata kenyang

  13. #53
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,752
    @BundaNa : ada Bun , Siloam di Surabaya , disana ya ?

    kalo saya sih dari kecil , juga dibebasin ortu saya mo makan apa aja... sehari - hari saya di rumah ama mbak , saya suka beli ote - ote di warung yang agak jauh dari rumah , trus suka makan kerupuk putih itu sehari bisa 20 kerupuk , trus suka banget makan indomie goreng... waktu kecil , saya suka banget makan

    untung sekarang ga semua dimakan

    perasaan dulu kok saya ga gampang sakit kayak sekarang ya... sekarang gampang pilek dll , apa pengaruh bertambah usia ya sigh...

    oiya belakangan Owen makan sehari 2 kali , cuma ya tetep milih - milih... ini ga mau itu ga mau... tapi abis sih akhirnya , soalnya yang dia ga mau , saya umpetin dalem nasi
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  14. #54
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,544
    kalau aku sih yang penting anaknya ga lemes, tetap aktif
    kalau soal BB, wah ga bisa berharap banyak. yang penting sehat
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  15. #55
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    @lily: iya di siloam kata temen

    gini lho, anak kita itu kan bukan karung beras yg bobotnya mesti naik tiap arinya...ya minimal seons masak sih ga naik bobotnya...indikasi anak sehat kan banyak. Tingginya juga berpengaruh, gigi geligi, rambut bercahaya, kulit sehat, aktif dan selalu ingin tahu.

    Kalo ada yg picky eat, alternatifnya dicampur sama yg dia suka, kayak naomi, gak suka sama tahu goreng biasa...ya diakalin, dibacem, dibikin omelet tahu, perkedel tahu...sop tahu, ya luamayn deh, dia doyan

  16. #56
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,752
    iya bun , udah saya akalin kok , gimana caranya dia mau makan , dan belakangan udah mau sih...

    saya kasi madu , trus kayanya nafsu makan nambah...

    tadi makan nasi ama cream soup...
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  17. #57
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Quote Originally Posted by BundaNa View Post
    @lily: aduh lupse, baru ketemu orangnya malah ngomongin yg lain di surabaya ada siloam kan ya?

    @elhakim: saya juga tipe membebaskan makan sama anak2 kecuali snack garingan macam TARO ato chiki, anak2 sudah terbukti langsung ISPA kalo makan snack macam gini. Daripada gwe tekor biaya nebulasi dan bolak-baliknya jauh bener, mending gwe larang yg mengandung MSG kelewatan dah
    kayaknya yg bikin ispa itu bukan MSG, tapi lebih mungkin minyak dan pewarna kuning (Tartrazine, atau yellow CL).

    Tartrazine appears to cause the most allergic and intolerance reactions of all the azo dyes, particularly among asthmatics and those with an aspirin intolerance.[5] Symptoms from tartrazine sensitivity can occur by either ingestion or cutaneous exposure to a substance containing tartrazine.[citation needed] Symptoms appear after periods of time ranging from minutes to 6 to 14 hours.[6]
    A variety of immunologic responses have been attributed to tartrazine ingestion, including anxiety, migraine [7], clinical depression, blurred vision, itching, general weakness, heatwaves, feeling of suffocation, purple skin patches, and sleep disturbance.[8]
    Certain people who are exposed to the dye experience symptoms of tartrazine sensitivity even at extremely small doses, some for periods up to 72 hours after exposure.[citation needed] In children, asthma attacks and hives have been claimed, as well as supposed links to thyroid tumors, chromosomal damage, and hyperactivity.[9][10]
    The mechanism of sensitivity is obscure and has been called pseudoallergic. The prevalence of tartrazine intolerance is estimated at roughly 360,000 Americans affected, less than 0.12% of the general population.[11] According to the FDA, tartrazine causes hives in fewer than 1 in 10,000 people, or 0.01%.[12]
    A 1994 study at the University of Melbourne suggested that children previously identified as hyperactive may exhibit an increase in irritability, restlessness, and sleep disturbance after ingesting tartrazine.
    Kalo gw perhatiin, pewarna kuning ini sangat populer diberbagai macam makanan/minuman mulai dari minuman sari buah dalam kemasan, chicken nugget, snack, saos, mie instant dsb.

    Pewarna2 lain juga punya efeknya sendiri2, tapi kayaknya warna kuning paling jamak dipakai diberbagai jenis makanan jadi.
    bagi yg asma atau sering bermasalah dengan infeksi saluran nafas bagian atas, perhatikan pewarna ini.

  18. #58
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    wah thx Slan, dapet masukan baru...eh tapi kalo masalahnya di pewarna, kenapa dia bisa makan jelly ya?

  19. #59
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    mungkin beda jenis pewarnanya, ada banyak sekali varian pewarna kuning.

Page 3 of 3 FirstFirst 123

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •