Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 20 of 59

Thread: Anak Susah Makan

  1. #1
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,752

    Anak Susah Makan

    Panda dan Bunda...

    please share ya...

    saya kan punya anak usia 4 taon... dia susah banget makannya... kalo ga mau ya ga mau... bahkan nugget aja , dia ga suka... dia cuma suka cookies... semua cookies dia suka...

    dan untuk mengatur menu makanan , pilihan saya juga terbatas. karena dia alergi banyak makanan (alergi keturunan dari saya)...

    dia alergi semua yang berasal dari sapi , ayam , ikan... jadi makan telor aja bisa batuk pilek...

    so far , kalo udah bingung , saya cuma kasi dia kue lapis Surabaya (spiku) ato lapis legit...

    sampe sekarang , juga masi minum susu soya (Nutrilon soya)...

    gimana ya cara membuat anak rajin makan ? saya udah coba vitamin supaya anak doyan makan , mempan sehari doang... beesoknya udah ga ngefek...

    soal menu , saya udah variasi , mulai dari rasa sampe model , saya sampe pesen catering bento tiap hari , supaya dia interest makan...

    please share ya Panda dan Bunda soal buah hati kalian dan kebiasaan makannya... thanks
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  2. #2
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    wah repot, alerginya banyak. daging sapi alergi ga ya? naomi jg agak picky eater, jd diakalin dibiarin laper br makan

  3. #3
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,752
    bun Naomi minum susu sampe umur berapa ?

    maunya sih saya ga beli susu lagi , supaya mau makan , tapi kalo ntar ga mau makan , gimana dong

    soalnya pas kemaren masuk sekolah , gurunya bilang , "lo Owen kok makin langsing ?"
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  4. #4
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    sukanya anak apa, itu jd reward kalo dia mau habiskan makannya, ato singkirkan semua favoritnya mpe dia mau makanannya

  5. #5
    makin langsing itu bukan berarti kurang gizi ya bund
    soalnya aq pernah khawatir kayak gitu
    karena Ara waktu masih ASI kan genduut
    begitu udah sufor dan mpasi, beratnya gak naik banyak
    dan cenderung "langsing"
    tapi kata dokternya gakpapa, emang begitu perkembangannya
    selama masih doyan makan 3 kali sehari
    dan proses tumbuh kembangnya gak oke
    berarti dia emang normal


    mungkin harus dipaksa laper bund
    kurangin susu
    karena, emang ada batasan jumlah susu yang diminum
    kalo kebanyakan, biasanya, anak jadi susah makan

    kalo laper, dia pasti mau makan
    Four tines is a fork. Three tines is a trident. One is for eating, one is for ruling the seven seas.

  6. #6
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,752
    @BundaNa : suka maen game Angry Birds...

    btw anak makan itu normalnya berapa lama sih bun ?


    @Nowitzki : jujur nih... saya kesel banget tiap ketemu tante saya , then dia selalu bandingin Owen ama cucu dia yang ndut... dia selalu bilang badan Owen kayak anak 3 taon... padahal saya udah berjuang banget supaya anak saya mo makan

    mau spiku OK saya bellin , mau cookies ayo... mau beli teh Sosro juga boleh... demi ada yang masuk ke perutnya...
    Last edited by lily; 18-07-2012 at 11:01 PM.
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  7. #7
    untuk usia di atas 1 tahun, konsumsi dua gelas atau 500-600 cc susu sehari cukup memenuhi kebutuhan gizinya saat ini.

    sumber: http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/T...001/001/1797/3



    tapi emang susah ya bund, sama anak yang susah makan,
    udah konsultasi ke dokter anak? siapa tahu diberi masukan
    atau ke ahli gizi aja bund...
    Four tines is a fork. Three tines is a trident. One is for eating, one is for ruling the seven seas.

  8. #8
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    keponakan di rumah kalau lagi susah makan, biasanya
    dikasih susu formula atau dibiarkan makan apa aja
    sampai dia minta makan sendiri karena lapar. usianya
    baru dua tahun. kalau disuapi oleh pengasuh makannya
    cepat sekali, sekitar 10 menit selesai, dan sangat lahap
    tapi kalau disuapi oleh nenek, kakeknya atau saya, bisa 1 jam
    lamanya. pengasuhnya pulang langsung bobotnya turun
    2 kg

  9. #9
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    naomi jg slim kog, tapi masih makan sehari 3x plus susu minimal sehari 1x. kalo udah es krim ato biskusit, ga ada susu

  10. #10
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,752
    @BundaNa : Haduh... Owen makan sekali sehari , susu 2 kali...

    Kalo disuapin makan 3 jam , sampe pegel semua... Tapi saya selalu bilang makan harus abis.

    @Nowitzki : pernah konsultasi ke dokter anak , dikasi vitamin racikan. Mempan sehari doang Untungnya sih Owen tinggi... Tapi kurus...

    @itsreza : dia kebiasaan ama pengasuh nya ya , sampe bobot turun... Kalo mo makan , masi mending sih...

    Za , besok saya klik thanks ya... Ini pake mobile
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  11. #11
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    jangan maksa anak supaya makan, biarin aja anaknya orang lain pada gendut2...
    kalo jaman dulu, waktu jaman penjajahan... anak gendut lambang kemakmuran, anaknya gendut ortunya bangga.

  12. #12
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    @lily ngga, justru kebiasaan oleh nenek & kakeknya dari lahir sampai sebelum
    umur dua tahun tanpa pengasuh. tapi memang pengasuhnya yang kemarin
    itu biasa mengurus anak kecil. jadi kegiatan makan, mandi, main, dan lainnya
    terlihat mudah. kalau bobot sih, memang keponakan saya lebih besar dan tinggi
    dari anak-anak seumurnya

  13. #13
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    ly, coba gini: sehari makan 3x, tiap makan takarannya: 5 sdm nasi, sayur + lauk, makan maksimal 20 menit, dulu naomi gt

  14. #14
    pelanggan tetap Alip's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Posts
    1,635
    Sharing dikit ya Bunda Lily,
    Anak makan dan tidur sesuai dengan dorongan yang ada dalam diri mereka, yaitu lapar dan ngantuk... Jika mereka tidak merasakan itu, ya tentunya susah makan dan tidur.

    Si kakak dulu tergolong yang sulit sekali makannya, meskipun secara berat badan masih dibilang normal, tapi ibunya suka kebat-kebit kalau anaknya cepat kenyang. Beberapa kali dikasih vitamin atau yang kata dokter 'penambah nafsu makan', cuma bertahan beberapa hari, sudah itu balik lagi susah makan.

    Ya akhirnya bapaknya turun tangan... eng...ing...eng...
    Ini resep ayah saya sendiri yang kena diterapkan ke saya dulu. Prinsipnya anak itu harus dibuat capek dan lapar, caranya ya diajak beraktivitas.
    Jadilah si kakak saya ajak kejar-kejaran keliling komplek, halang rintang, panjat pohon, gulat, naik sepeda, dan macam-macam. Pokoknya saya sampe selalu terlambat ke kantor Kalau hari sabtu atau minggu, bapaknya yang kecapekan duluan...

    Hasilnya, si kakak sendiri yang bolak-balik minta makan dan selalu nambah... pun tidur siangnya tidak pernah terlewat. Habis makan siang dia langsung naik ke kasur, kadang sampai harus kita seret dulu ke kamar mandi supaya dia gosok gigi.

    Sekarang dia sudah mau masuk SD dan aktivitasnya sudah stabil... pola makannya juga sudah menetap.

    Adiknya yang cewek ternyata by nature memang aktif, tidak seperti kakaknya. Kadang sampai ibunya kewalahan ngejar dia ke sana-sini... dan makannya luar biasa banyak. Jadi bapaknya bisa tenang di kantor...
    "Mille millions de mille milliards de mille sabords!"

  15. #15
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    kalo makan sehari 1x itu sih kasian anak. tp makan kan ga hrs nasi, bisa diganti mie, spagheti, roti, plus lauk deh

    ---------- Post Merged at 06:29 AM ----------

    @om alip: ini anaknya lily kyknya picky eater n ada alergi jd emg repot. kalo bs makanan favoritnya singkirkan dulu

  16. #16
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Quote Originally Posted by Alip View Post
    Sharing dikit ya Bunda Lily,
    Anak makan dan tidur sesuai dengan dorongan yang ada dalam diri mereka, yaitu lapar dan ngantuk... Jika mereka tidak merasakan itu, ya tentunya susah makan dan tidur.

    Si kakak dulu tergolong yang sulit sekali makannya, meskipun secara berat badan masih dibilang normal, tapi ibunya suka kebat-kebit kalau anaknya cepat kenyang. Beberapa kali dikasih vitamin atau yang kata dokter 'penambah nafsu makan', cuma bertahan beberapa hari, sudah itu balik lagi susah makan.

    Ya akhirnya bapaknya turun tangan... eng...ing...eng...
    Ini resep ayah saya sendiri yang kena diterapkan ke saya dulu. Prinsipnya anak itu harus dibuat capek dan lapar, caranya ya diajak beraktivitas.
    Jadilah si kakak saya ajak kejar-kejaran keliling komplek, halang rintang, panjat pohon, gulat, naik sepeda, dan macam-macam. Pokoknya saya sampe selalu terlambat ke kantor Kalau hari sabtu atau minggu, bapaknya yang kecapekan duluan...

    Hasilnya, si kakak sendiri yang bolak-balik minta makan dan selalu nambah... pun tidur siangnya tidak pernah terlewat. Habis makan siang dia langsung naik ke kasur, kadang sampai harus kita seret dulu ke kamar mandi supaya dia gosok gigi.

    Sekarang dia sudah mau masuk SD dan aktivitasnya sudah stabil... pola makannya juga sudah menetap.

    Adiknya yang cewek ternyata by nature memang aktif, tidak seperti kakaknya. Kadang sampai ibunya kewalahan ngejar dia ke sana-sini... dan makannya luar biasa banyak. Jadi bapaknya bisa tenang di kantor...
    nah ini gw setuju banget.

  17. #17
    pelanggan sejati ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    7,649
    Setuju dengan cara alip.
    Saya menggunakan cara (or rather, konsep) yang sama Saat mengajar kucingku pipis pake toilet duduk.

    Tapi Kalo banyak alergi, susah juga. Agak ngerumitin. Coba identifikasi makanan2 yang nanti bisa dipake buat pengganti maupun reward (not necessarily snacks).

    Temenku dulu Ada yg picky eater Banget juga waktu kecil. Tiap hari dibikinin sup kaldu Ayam (bukan instan ya), buat Asupan gizi. Begitu pikiran ortunya.
    Last edited by ndugu; 19-07-2012 at 11:04 AM.

  18. #18
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,752
    @om Aslan : iya om... makacih om Aslan

    @itsreza : dulu saya pake baby sitter juga , pas masi baby , tapi tetep saya yang kasi makan... Kasian pas baby , makan sambil nangis - nangis... Emang ga suka makan kali ya... thanks za

    @BundaNa : nah bun , ini saya coba sih... ini lagi waktunya makan , abis pulang skul , sambil gunting tempel makacih bunda Na

    @om Alip : anak saya aktif om , tapi ya gitu dia prefer susu daripada makan... dia suka minum air...

    berarti emang saya harus keluar lebih banyak tenaga kali ya , ajakin lari - larian dll hahahaha...

    thanks om Alip

    @ndugu : nahhh pas baby mulai makan , saya rajin buatin kaldu ayam tuh , taunya alergi , merah semua... sekarang sih ga pernah buat begituan... soalnya udah coba dari kaldu salmon sampe kaldu sapi , alergi... kalo sapi paling mending sih , dia grok - grok , tapi ga separah yang laen... thanks ndugu
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  19. #19
    pelanggan setia Bi4rain's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    Neverland
    Posts
    2,534
    Udah pernah nyoba multivitamin yg bisa nambah nafsu makan ga? itu kan rasanya manis, jadi biasanya anak-anak suka. Klo dulu saya dikasih scott's emulsion minyak ikan gitu buat nambah bobot en kesehatan juga.

    klo keluhannya anak terlalu kurus bisa kasih Herbalife kayak milkshake gitu sehabis makan.
    A kid at heart

  20. #20
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,752
    ^^
    ehm terus sekarang gimana testimonial dari kamu sebagai pengguna Scott's ???

    anak saya udah saya cobain semua jenis vitamin , dari yang umum dijual sampe yang racikan dokter , ga mempan...
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

Page 1 of 3 123 LastLast

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •