Page 3 of 3 FirstFirst 123
Results 41 to 52 of 52

Thread: Kalian tau istilah Sanguine, Koleris, dll ?

  1. #41
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    cenderungan saya saat ini plegmatik melankolis,
    beberapa tes sebelumnya selalu plegmatik koleris

  2. #42
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    6,347
    orang plegmatis emang ga punya target jelas....

  3. #43
    pelanggan tetap Serenade's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    943
    Dari pengakuan Etca di sini aku ngerasa Etca adalah contoh Supine ...
    Supine kalo dikasi tes biasa jd bingung sama hasilnya ... krn tes yg ada skrg kebanyakan ga memperhitungkan Supine.

    Bagaimana Supine itu sebenarnya aku jg krg jelas. Tapi Supine itu gabungan antara sanguin yg periang dan melankolis yg peka dan baik hati.

    ---------- Post added at 01:46 PM ---------- Previous post was at 01:43 PM ----------

    Oh, ya manusia itu unik .... penggolongan model gini cuma membantu kita utk mengerti sedikit kecenderungan yg kita miliki. ....

  4. #44
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    yoi, masing2 manusia unik, tdk sama satu sm lain. p'golongan ini hanya utk memudahkan dlm b'tindak saja

  5. #45
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    6,347
    @seren: bukannya emang ada ya watak percampuran gitu...diantara 4 golongan?
    memangnya yg baru ditemukan itu cuma Supine doang? gimana dengan yg lain2?
    koleris-plegmatis misalnya..

  6. #46
    pelanggan tetap Serenade's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    943
    Quote Originally Posted by Porcelain Doll View Post
    @seren: bukannya emang ada ya watak percampuran gitu...diantara 4 golongan?
    memangnya yg baru ditemukan itu cuma Supine doang? gimana dengan yg lain2?
    koleris-plegmatis misalnya..
    Gini... yg benar adalah ... setiap org itu campuran yg unik antara Sangunis, Plegmatis, Choleris dan Melankolis ... tinggal perpaduan dominannya ke arah mana.

    Menurut teori yg lama:
    Dominan Sangunis ga mungkin pny subdominan Melankolis ... yg satu periang tp yg satu lagi cenderung sedih.
    Padahal ketika tes, mereka ngrasa ga ada yg bener ... pilihan manapun ga cocok, tapi terpaksa milih dari sekian pilihan.
    Nah, akhirnya, diputuskanlah ada satu karakter lagi yg muncul, yaitu Supine.
    Supine memiliki karakter di luar ke-4 yg ada. Sepertinya campuran, tapi sebenarnya bukan.

    Sebenarnya pembagian karakter jadi 4/5 ini terlalu sederhana. IMHO
    Aku lebih suka yg dikembangkan oleh Myer-Briggs krn di dalam teorinya, terkandung perkembangan karakter.
    Kira2 umur sekian, karakter ini yg berkembang, kemudian setelah umur sekian, terjadi perubahan, umur sekian berubah lagi.

  7. #47
    pelanggan tetap ga_genah's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    1,650
    Quote Originally Posted by gogon View Post
    "Sanguine" dan "Koleris" gw gak tau.
    kalo "dll" gw tau: dan lain-lain
    sama..

  8. #48
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,039
    hmmm diduga masuk golongin supine nih?
    padahal ada karakter di luar sanguinis dan melankolis loh..
    emang sih ada yang terwakili di supine tsb.
    namun.... .
    ada sifat koleris yang sangat2 tipikal dengan gw .
    ada sifat plegmatis yang juga sangat2 dominan. tanya aja ama yang tementemen nyata gw
    sekarang sih, saya lebih menggunakan logika.
    saat ini sata berada di mana, di lingkungan mana. dan saya musti bagaimana baiknya


    makanya bingung kalau digolong2kan seperti itu, binun menentukan saya yang mana

  9. #49
    pelanggan tetap Serenade's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    943
    Kan paduan, Etca dan teorinya emang ga sempurna

    Contohnya aku aja deh .... aku dominan melankolis, tapi ga teliti blas.
    Subdominan keduaku choleris, tapi aku ga suka nyuruh2 orang dan milih jalan damai.

    Tapi, aku sangat mudah terharu, kalo bertekad sesuatu pasti ngotot, kalo diganggu yg prinsipil aku akan melawan mati2an.

  10. #50
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    eh gwe ga teliti tp lainnya memper melangkolis, tp jg hobi perintah2

  11. #51
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,544
    begitulah, tiap orang unik, dan penggolongan ini sebenarnya emang menyederhanakan banget, tapi ya gitu, ga bisa trus kita bakal persis 100% kaya yang digambarin.
    gw sendiri ada beberapa sifat melankolis dan plegmatis juga, walau emang ga banyak (dominan tetep koleris-sanguinis)
    dan ini membantu banget tiap kali gw bertemen ama orang yang dominan tipe tertentu, terutama yang gw musti hati2 ama yang dominan melankolis (apalagi kalau dia punya juga sifat2 kolerisnya, biasanya bentrok)
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  12. #52
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Betul2, gak ada orang yg sama.
    dan betul kita harus tau ilmu ini untuk mengantisipasi tindakan atau reaksi orang lain.

    Gw punya beberapa karyawan yg Koleris, karena gw tau mereka Koleris maka gw gak kaget waktu mereka berani ngomong ke gw dengan nada yg agak memerintah, misalnya minta supaya barang2 tertentu disediakan tepat waktu agar bisnis lancar.

    Gw juga gak heran kalo beberapa karyawan agak lemot dan kurang rajin, karena mereka itu plegmatis, tapi tipe karyawan macem ini bisa disuruh kerja2 yg rutin dan "membosankan".

    Karyawan yg sanguine sulit sekali di kontrol, mereka suka main hape saat kerja, becanda atau minta off untuk main dengan teman2nya, tapi mereka cocok untuk menghadapi customer.

    Lain lagi dengan karyawan yg melankolis, mereka cocok sekali ditaro di bagian produksi karena mereka teliti dan perfectionis.


    Kalo orang gak ngerti urusan beginian dan membolak balik posisi mereka, pasti banyak masalah yg akan terjadi.
    Last edited by AsLan; 05-05-2012 at 09:45 PM.

Page 3 of 3 FirstFirst 123

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •