Page 2 of 2 FirstFirst 12
Results 21 to 31 of 31

Thread: betulkah itu sejarah, atau cuma kebohongan?

  1. #21
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,544
    Itulah sebabnya gw ga suka sejarah * cari pembenaran
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  2. #22
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    saya ga pernah nonton film G30S/PKI sampai tamat, paling 30 menit awal
    jadi menyesal ga pernah nonton sebelum dilarang

  3. #23
    pelanggan setia beastmen85's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    The Dreamcloud
    Posts
    3,046
    Quote Originally Posted by etca View Post
    jadi bismen artis?


    kalau jawaban gw : relatif.
    kan salah satunya ada prasasti dll sebagai bukti sejarah..
    dan ada alasan dibalik sejarah dari bukti sejarah itu, dan jadinya "sejarahnya sejarah (itu apa?)"
    because, imagination is a part of reality-

  4. #24
    pelanggan setia hajime_saitoh's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Mataram Lombok NTB
    Posts
    2,004
    Quote Originally Posted by Ray Surya View Post
    apa lu yakin, sejarah2 yg ditulis di buku2 sekolah itu bener?
    apa lu yakin kisah sejarah2 yg ditulis di internet itu bener?


    contohnya,
    apa bener ki hajar dewantoro itu layak disebut bapak pendidikan, dan 2 mei pantas jadi hardiknas?
    apa bener, budi oetomo itu keren? layak dipakai sebagai peringatan harkitnas 20 mei?

    ada kalimat: "sejarah ditulis oleh si pemenang"
    hitler ditulis sangat jahat & busuk, karena dia kalah, klo hitler yg menang, sejarah akan ditulis menurut versi hitler.
    soeharto dulu menang, buku2 SD ditulis menurut versi soeharto, sbg jagoan hebat.

    apa lu akan mengajarkan sejarah (yg lu gak yakin klo sejarah tsb bener/salah) ke anak lu?
    sebentar dulu.. Ray lo ngopi ne pertanyaan darimana....?? wa pernah baca ne status di facebook lho.....

  5. #25
    Pakar Memematika Ray Surya's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    4,449
    itu status fb gw, ngopi dari trid ini
    R*y Sury* Ditunjuk Presiden SBY Jadi Menpora

  6. #26
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,350
    Quote Originally Posted by Ray Surya View Post
    bahkan ada buku yg bilang, RA kartini itu gak pernah berjuang apapun, & imam bonjol itu mencari keuntungan buat dirinya, bukan buat Indonesia.
    yup kalo yg imam bonjol gw pernah baca tapi biar bagaimanapun indo kan akhirnya merdeka dari jajahan bangsa lain walo rasanya sekarang "dijajah" ama '"bangsa" sendiri

    Quote Originally Posted by cha_n View Post
    Itulah sebabnya gw ga suka sejarah * cari pembenaran
    bukannya karna malas mbak

    Quote Originally Posted by itsreza View Post
    saya ga pernah nonton film G30S/PKI sampai tamat, paling 30 menit awal
    jadi menyesal ga pernah nonton sebelum dilarang
    ahh ga begitu bagus kok, bagusan ghost nya demi moore kemana mana

  7. #27
    juragan kopi noodles maniac's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Noodle Cafe
    Posts
    15,009
    Quote Originally Posted by aslan
    Orang yg tak mau belajar dari sejarah akan mengulanginya.
    Lah?? si mona aja bingung mo belajar sejarah yang versi mana

    G30S/PKI versi penulis jaman Soeharto apa versi Soebandrio?

    Hitler si rasis pembunuh massal Maha Kejam (Holocaust) atau Hitler si vegetarian, religius dan sadar Yahudi merupakan potensi ancaman terbesar dunia?

    Sepokat sama kirsh


    Quote Originally Posted by kirsh
    sejarah itu subjektif bung
    Bahkan wartawan senior alm. Rosihan Anwar pun mengatakan demikian
    Jika menurutmu hidup ini tidak menarik, maka buatlah hidupmu semenarik mungkin - Shinsaku Takasugi

    Impossible is nothing!

  8. #28
    pelanggan tetap Parameswara Li's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    天京
    Posts
    1,091

    Cool

    Quote Originally Posted by kirsh View Post
    sejarah itu subjektif bung
    Sejarah yang terlalu terburu-buru dibakukan memang subyektif. Maka sebuah peristiwa perlu diendapkan dulu selama beberapa waktu untuk agar bisa muncul penafsiran yang netral. Sejalan dengan berlalunya waktu maka biasanya orang memandang suatu peristiwa dengan lebih obyektif. Tentu saja makin jauh waktu sebuah penafsiran dengan peristiwa maka makin sedikit sumber-sumber yang dapat digunakan. Contohnya, 40 tahun dari sekarang pasti semua saksi mata yang berhubungan dengan peristiwa G30S sudah tidak ada.

  9. #29
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,900
    Makanya, baca sejarah jangan dari satu sumber. Semakin banyak yg berusaha menyelewengkan kebenaran sejarah, semakin asik. Lagian mana ada "HIS STORY" yg bener?? Ask her!

    Kerjaan manusia itu kan menutup2i yg bikin malu/aib, menonjol2i yg bikin bangga. Semakin berkuasa seseorang, semakin mampu menutupi aib dan menonjolkan kebagusannya.
    Last edited by ndableg; 03-05-2012 at 10:44 PM.

  10. #30
    juragan kopi noodles maniac's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Noodle Cafe
    Posts
    15,009
    Quote Originally Posted by ndableg
    Kerjaan manusia itu kan menutup2i yg bikin malu/aib, menonjol2i yg bikin bangga. Semakin berkuasa seseorang, semakin mampu menutupi aib dan menonjolkan kebagusannya.
    What the? Bukan justru sebaliknya yah?
    Jika menurutmu hidup ini tidak menarik, maka buatlah hidupmu semenarik mungkin - Shinsaku Takasugi

    Impossible is nothing!

  11. #31
    Pakar Memematika Ray Surya's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    4,449
    candi prambanan juga ada 2 versi sejarah
    R*y Sury* Ditunjuk Presiden SBY Jadi Menpora

Page 2 of 2 FirstFirst 12

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •