Results 1 to 20 of 20

Thread: Penyakit Alat Reproduksi Pria

  1. #1
    Barista Kingform's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    8,755
    Mentioned
    266 Post(s)

    Penyakit Alat Reproduksi Pria

    Waspada, Penyakit Ini Menyerang Testis Pria

    Testis merupakan organ reproduksi terpenting bagi pria. Di testis, proses pembentukan sel sperma dan pembentukan hormon testosteron diproduksi. Sehingga, kesehatan testis amat perlu diperhatikan demi mencegah berbagai penyakit yang tak diinginkan.

    Namun, ada kalanya bagi kaum adam untuk mengetahui beberapa penyakit yang mungkin dapat terjadi pada testis. Tertarik untuk tahu? Ikuti penjelasannya berikut, seperti dilansir melalui intimatemedicine, Selasa (20/3).

    Kista di sekitar skrotum
    Kista di sekitar skrotum (kantung kemaluan) dapat terjadi pada semua usia, tetapi paling sering terjadi pada pria berusia 40 tahun keatas. Ketika ukurannnya masih kecil, biasanya dokter tidak melakukan tindakan karena pertumbuhan kista tersebut dianggap tidak berbahaya. Namun, kista yang sudah besar justru lebih menyakitkan dan mengganggu, dan harus diangkat dengan operasi.

    Pria bisa merasakan adanya kista di sekitar skrotum testis saat meraba bagian tersebut. Kista ini seperti benjolan, rasa nyeri di testis dan pembuluh vena terasa tegang saat disentuh. Kista ini berisikan cairan jenih dan tidak berwarna.

    Hidrokel
    Istilah hidrokel berasal dari Yunani dan itu berarti kantong air. Penyakit ini terjadi berupa pembengkakan tanpa rasa sakit dari skrotum yang disebabkan pengumpalan cairan di sekitar testis. Hidrokel primer (alami) mulai terlihat sejak usia 2 tahun, sedangkan hidrokel sekunder kerap terjadi pada pria berusia 40 tahun keatas. Penyakit ini sungguh menyakitkan, dan biasanya timbul akibat adanya cedera, peradangan atau infeksi.

    Salah satu penyebab timbulnya penyakit ini adalah skrotum membesar, sehingga membuat penderitanya merasa memiliki testisnya berat. Karena mengganggu dan menyakitkan, dokter akan memompa cairan untuk dikeluarkan. Biasanya, pembesaran lebih sering terjadi pada bagian kanan.

    Orkitis
    Orkitis adalah peradangan pada kedua sisi testis, atau hanya satu sisi saja, sehingga menyebabkan pembengkakan, rasa nyeri dan demam. Orkitis dapat disebabkan oleh berbagai jenis bakteri dan virus. Jika disebabkan oleh virus, orkitis bisa disembuhkan dengan antibiotik.

    Gejalanya berupa pembengkakan testis, testis terasa berat, demam, sekresi ***** dan rasa sakit saat melakukan hubungan seks, kencing atau ejakulasi. Dalam kasus ekstrim, darah bisa keluar dari air mani. Mengobati orkitis bisa dilakukan dengan suntikan. Untuk pencegahan bisa menggunakan kondom karena penyakit ini bisa timbul karena melakukan hubungan seksual berisiko.

    Torsio testis
    Penyakit ini kerap terjadi pada anak laki-laki atau remaja, namun pria dewasa juga berisiko mengalaminya. Torsio testis terjadi akibat perkembangan abnormal dari funikulus spermatikus (selaput yang membungkus testis). Akibatnya testis mudah melintir atau berputar, sehingga akan menghentikan aliran darah ke testis.

    Untuk mengobatinya, dokter harus mengembalikan testis ke posisi semula untuk meminimalkan kerusakan lebih lanjut. Jika tak segera diatasi dapat menyebabkan kerusakan yang mengakibatkan testis rusak, sehingga harus diangkat. Beberapa penyebabnya, antara lain adalah perubahan suhu udara mendadak (seperti saat berenang), ketakutan, latihan yang berlebihan, batuk, atau celana yang terlalu ketat.

    saus


    "Maybe not all of our efforts will be rewarded. But without effort, you will get nothing"
    Takahashi Minami

    ------------------------------------------------------------------
    Thread paling Hot di l AKB48 Glossary l 48Fams l My Blog

  2. The Following User Says Thank You to Kingform For This Useful Post:

    Fere (21-03-2012)

  3. #2
    pelanggan tetap meliakh's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Surabaya
    Posts
    1,729
    Mentioned
    1 Post(s)
    kasih foto dong biar jelas.. btw buat yang cowo.. pernah ngalamin ini ga?
    Spoiler for dum dee dum... kinda disturbing:
    peehole sticking to the underwear like a suction cup

  4. #3
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    8,843
    Mentioned
    485 Post(s)
    Quote Originally Posted by Kingform View Post
    Hidrokel
    Istilah hidrokel berasal dari Yunani dan itu berarti kantong air. Penyakit ini terjadi berupa pembengkakan tanpa rasa sakit dari skrotum yang disebabkan pengumpalan cairan di sekitar testis. Hidrokel primer (alami) mulai terlihat sejak usia 2 tahun, sedangkan hidrokel sekunder kerap terjadi pada pria berusia 40 tahun keatas. Penyakit ini sungguh menyakitkan, dan biasanya timbul akibat adanya cedera, peradangan atau infeksi.

    Salah satu penyebab timbulnya penyakit ini adalah skrotum membesar, sehingga membuat penderitanya merasa memiliki testisnya berat. Karena mengganggu dan menyakitkan, dokter akan memompa cairan untuk dikeluarkan. Biasanya, pembesaran lebih sering terjadi pada bagian kanan.
    eh ternyata dede bayi juga bisa terkena yah?

    syerem , gw kutip dari sini

    Penyebab hidrokel pada bayi baru lahir adalah saluran tempat turunnya testis dari rongga perut ke dalam skrotum (kantong buah zakar) masih terbuka, padahal seharusnya sudah menutup sebelum bayi dilahirkan. Akibatnya, cairan selaput rongga perut mengalir melalui saluran tersebut dan terperangkap di dalam skrotum sehingga skrotum membengkak. Hidrokel yang umumnya berbentuk bulat, berbatas tegas dan kenyal ini bisa terjadi di salah satu atau kedua skrotum.

    sama ga yah? hidro yang di testis = hidrokel
    kalau di otak nama penyakitnya jadi hydrochepalus (penumpukan cairan dalam otak)

    err buat para pria2 kirakira ude pada tahu belum yah, kemungkinan penyakit ini
    gw sangka penyakitnya pria cuma turun berok doank
    simpel aja | Pohon-pohon itu telah ditanam di hati, agar riuh gaduh tak lagi mengaduh.

  5. #4

    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    237
    Mentioned
    8 Post(s)
    @meli: ntar kalo ditambah gambar, bakal jd tred yg disturbing banget

    dilemanya, tanpa gambar, tred ini juga bakal jadi "hoax" dan gak bisa dijadikan patokan kesehatan pribadi. tunggu barista di sini saja buat ngasih petuah
    There are three kinds of people in the world; those who can count, and those who can't,

  6. #5
    Pakar Memematika Ray Surya's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    4,527
    Mentioned
    13 Post(s)
    eh kok turun bero / ketedun/ hernia gak dicantumin?

    biasanya klo pas nge-gym, ngangkat beban berat diwajibkan pakai sabuk gede biar gak melorot ususnya ..



    ...
    *untung gw yakin gak ngambil kuliah kedokteran, ngeri juga ngebayangin penyakit2
    R*y Sury* Ditunjuk Presiden SBY Jadi Menpora

  7. #6
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    8,843
    Mentioned
    485 Post(s)
    Quote Originally Posted by Δx Δp ≥ ˝ ħ View Post
    @meli: ntar kalo ditambah gambar, bakal jd tred yg disturbing banget

    dilemanya, tanpa gambar, tred ini juga bakal jadi "hoax" dan gak bisa dijadikan patokan kesehatan pribadi. tunggu barista di sini saja buat ngasih petuah
    baristanya siapa yah?

    keknya gpp sih buat edukasi.. ini komen gw pribadi sih.
    boleh kan cha_n?
    *nanya ke chief barista langsung.

    BTT
    @Ray,
    turun berok itu sebenarnya apa sih?
    sekedar melorot ususnya doank,
    atau bisa ada berkaitan dengan alat reproduksi pria juga?

    gw suka rancu nih penyakitnya para pria
    cewe kalau pas lagi haid juga ga boleh angkat berat2 tuh katanya... .
    simpel aja | Pohon-pohon itu telah ditanam di hati, agar riuh gaduh tak lagi mengaduh.

  8. #7
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,669
    Mentioned
    151 Post(s)
    kalau edukasi gpp kali, dispoiler aja buat meminimalisasi

    lagian ini informatip, ga pake gambar kan jadina hoax

  9. #8
    pelanggan setia kandalf's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,071
    Mentioned
    214 Post(s)
    Yakin mau pakai gambar?
    Kalau gue mending cukup tau aja deh....

    serem tau kalau pakai gambar.
    Lomba peluk2an di Citos: 30 November 2013
    Lomba dorong2an di Candra Naya (dkt Glodok): 8 Desember 2013

  10. #9
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    10,798
    Mentioned
    182 Post(s)
    ini forum kesehatan, temanya juga edukasi

    Berdasarkan Peraturan Umum Kopimaya

    Perkecualian.
    Tidak menutup kemungkinan apabila dimaksudkan untuk layanan pendidikan
    atau memberikan informasi yang sehat
    maka muatan artikel / tulisan / gambar / foto / video / link tersebut diperkenankan.
    semoga cukup jelas

    eh iya tambahan, kalau gambarnya rada serem, silakan disembunyikan (hide) jadi orang bisa memilih untuk melihat atau tidak.
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  11. The Following User Says Thank You to cha_n For This Useful Post:

    kandalf (21-03-2012)

  12. #10
    pelanggan setia et dah's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Land Between Solar Systems
    Posts
    3,346
    Mentioned
    23 Post(s)
    turun bero

  13. #11
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Mentioned
    165 Post(s)
    Bayi laki2 yg baru lahir tidak punya testis di kantungnya, setelah beberapa hari testis baru turun dari perut ke kantung testis, kalau saluran ini tidak tertutup sempurna maka di suatu waktu bisa terjadi hernia,
    jadi tidak 100% benar bahwa mengangkat beban berat bisa menyebabkan hernia, pada pria normal yg saluran testisnya tertutup rapat tidak bisa turun berok meskipun mengangkat beban sangat berat.

    Membedakan Hernia dan Hidrokel
    Pada anak laki-laki, terkadang ditemui benjolan pada kantung kemaluan. Benjolan itu bisa berupa hernia, kemungkinan lain adalah hidrokel. Bagaimana membedakannya?

    Hidrokel adalah pengumpulan cairan di dalam kantung yang terletak di sekitar kantong kemaluan atau lipat paha, sedang hernia adalah masuknya lapisan perut (kadang-kadang disertai dengan isi perut, seperti usus) ke dalam kantong kemaluan atau lipat paha.

    Hal tersebut dapat terjadi oleh karena ada gangguan dalam pembentukan alat genetalia eksterna. Menilik cara pembentukan dan isi yang berbeda, maka pada umumnya hidrokel berbentuk bulat, berbatas tegas, kenyal dan karena isinya cairan bening maka bila ada sinar melalui benjolan, sinar itu dapat menembus benjoloan tersebut.

    Sedangkan hernia, pada umumnya berbentuk lonjong, tidak berbatas tegas, kenyal keras dan karena isinya lebih padat, maka tidak tembus bila disorot sinar. Pada umumnya, hernia merupakan benjolan yang hilang timbul.

    Pemijatan ke arah atas dapat menyebabkan isi benjolan tersebut pecah atau membengkak, sehingga menyebabkan keadaan berbahaya. Hernia di lipat paha pada umumnya memerlukan tindakan operasi. Biasanya, luka operasi itu akan sembuh dalam waktu beberapa hari saja.

  14. #12
    pelanggan setia Fere's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Depan RSJ-KM
    Posts
    5,747
    Mentioned
    263 Post(s)
    Quote Originally Posted by Kingform View Post
    Torsio testis

    ...ketakutan, latihan yang berlebihan, batuk, atau celana yang terlalu ketat.
    the changcuters mesti baca yang ini..


  15. #13
    pelanggan tetap purba's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    1,419
    Mentioned
    41 Post(s)
    Quote Originally Posted by cha_n View Post
    eh iya tambahan, kalau gambarnya rada serem, silakan disembunyikan (hide) jadi orang bisa memilih untuk melihat atau tidak.
    Kok serem? Emang kayak apa seh gambarnya? kayak kuntilanakkah (rambutnya panjang dan warnanya pucat), genderuwokah (rambutnya lebat dan warnanya kegelapan), atau tuyulkah (tidak berambut alias plontos)?

  16. #14
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    10,798
    Mentioned
    182 Post(s)
    hushhh purba malah bahas postinganku, bukan bahas threadnya
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  17. #15
    pelanggan tetap hajime_saitoh's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Mataram Lombok NTB
    Posts
    1,749
    Mentioned
    13 Post(s)
    wa pernah baca dimana gitu (lupa) katanya sunat pada pria mengurangi resiko terkena penyakit2 kelamin pada pria... apa benar en kenapa ya???

  18. #16
    pelanggan setia surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    4,524
    Mentioned
    218 Post(s)
    jadi serem gw jadi cowo
    @Kingforms: itu penyebabnya apa aja yah? PMS?

    Quote Originally Posted by hajime_saitoh View Post
    wa pernah baca dimana gitu (lupa) katanya sunat pada pria mengurangi resiko terkena penyakit2 kelamin pada pria... apa benar en kenapa ya???

    gw pernah baca di menhealth benar kalo ga salah nama penyakitnya genital warts atau (warps) ya? tapi kayaknya cuma itu

  19. #17
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    4,204
    Mentioned
    102 Post(s)
    Gw jadi pengen nyuci.. biar bersih... sampe sebersih2nya... gosoookk teruuusss....

  20. #18
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    10,798
    Mentioned
    182 Post(s)
    emang apa pengaruhnya bleg?
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  21. #19
    Barista Kingform's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    8,755
    Mentioned
    266 Post(s)
    Quote Originally Posted by hajime_saitoh View Post
    wa pernah baca dimana gitu (lupa) katanya sunat pada pria mengurangi resiko terkena penyakit2 kelamin pada pria... apa benar en kenapa ya???
    bener......soalnya kalo ga disunat kulupnya kan berpotensi menyimpan kotoran....
    bisa jadi sumber penyakit itu.......kecuali kalo rajin dibersihkan


    "Maybe not all of our efforts will be rewarded. But without effort, you will get nothing"
    Takahashi Minami

    ------------------------------------------------------------------
    Thread paling Hot di l AKB48 Glossary l 48Fams l My Blog

  22. #20
    pelanggan setia spears's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    6,733
    Mentioned
    114 Post(s)
    gw ngabsen aja deh ya disini. nggak tau mau komentar apa. disuruh cek thread ini soalnya sama adminna.
    ntar klo ada ilmu or curiosity baru deh komen


    love came down and rescue me, i am yours, i am forever yours

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •