Results 1 to 7 of 7

Thread: Macam-Macam Racikan Kopi

  1. #1
    Barista keremus's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    1,146
    Mentioned
    2 Post(s)

    Macam-Macam Racikan Kopi

    ESPRESSO

    Espresso dibuat dengan mesin brewing khusus. Bijih kopi diletakkan di dalam mesin kemudian air dialirkan dengan tekanan sangat tinggi. Akibatnya ekstrak kopi turut keluar bersama air. Hasilnya keluar dari lubang kecil pada bagian bawah mesin tersebut. Seluruh bijih kopi yang tersisa di dalam mesin harus dibuang dan diganti dengan yang baru jika ingin membuat kopi yang berikutnya.

    Trivia : mesin pembuat espresso tersebut pertama ditemukan oleh Luigi Bezzera dari Italia pada tahun 1901. Di Italia, espresso diminum dalam takaran kecil setelah makan siang atau malam.


    CAPPUCINO

    Cappuccino merupakan resep yang sangat populer. Kopi ini punya tiga komposisi utama : espresso, susu (steamed milk), dan foam. Cappuccino merupakan salah satu jenis hidangan kopi paling populer di dunia yang mempunyai ciri khas adanya foam setebal kurang lebih 2 cm pada bagian permukaan. Menurut Wikipedia, kopi ini adalah jenis yang paling sulit dihidangkan dengan benar.

    Trivia : orang Italia hanya minum cappuccino pada pagi hari, sebelum jam sebelas. Sementara di belahan dunia lain, cappuccino biasa diminum kapan saja.


    MACCHIATO

    Macchiato adalah espresso ditambah sangat sedikit susu yang tidak diaduk namun terkesan seperti ‘diendapkan’ di bagian atas espresso agar melapisinya (karena jumlahnya yang sedikit). Berbeda dengan cappuccino yang memang merupakan campuran espresso dan susu, pada macchiato susu berfungsi untuk melapisi espresso dari udara terbuka dengan takaran tipis.

    Trivia : selain sejumlah kecil steamed milk, kadang digunakan milk foam. Hal ini untuk menandai bahwa kopi tersebut mengandung susu. Macchiato ini punya nama lengkap espresso macchiato.

    CAFE LATTE

    Caffè Latte ditemukan bukan di Italia, adalah resep kopi yang populer di Amerika. Latte berasal dari bahasa Italia yang artinya susu. Jadi andai anda memesan latte di kafe-kafe Italia, anda akan mendapatkan segelas susu. Caffè latte (untuk membedakan dengan susu murni), terdiri atas sepertiga espresso dan dua per tiga susu, ditambah sedikit foam setebal 5-10 mm di atasnya.

    Trivia : minuman ini mungkin cukup disebut ‘kopi susu’ di Indonesia. Di Prancis, namanya café au lait, di Spanyol, namanya café con leche, dan di Portugal, namanya café com leite .


    LONG BLACK

    Long Black populer di Australia. Kopi ini adalah ‘espresso encer’, yang dibuat dengan cara menuangkan espresso di atas air panas. Air panasnya dulu, baru espresso. Urutan tersebut dimaksudkan supaya tidak merusak crema yang terdapat pada espresso. Hidangan kopi model ini banyak menggunakan bahan bijih kopi yang berasal dari Ethiopia (Arabica) dan Sumatera.

    Trivia : jika anda menaruh espresso dulu baru air panasnya, maka disebut cafe americano. Yang membedakan antara Long Black dan Americano adalah urutan penyajiannya.

    FRAPPUCINO

    Diciptakan oleh Coffee Connection di Boston, hak cipta frappuccino ini kemudian dibeli oleh Starbucks. Istilah frappuccino berasal dari kombinasi frappe dan cappuccino. Frappe merupakan istilah untuk milk shake yang kental.

    Trivia : varian frappuccino yang ada di Starbucks meliputi Java Chips, Caramel, Mocha, hingga Raspberry


    (sumber : http://wirawan.blogsome.com/2010/03/31/jenis-kopi/)
    ´There are two ways to conquer and enslave a nation. One is by the sword. The other is by debt´
    -John Adams-

  2. #2
    Barista pasingsingan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    2,395
    Mentioned
    42 Post(s)
    KOPI TUBRUK
    kopi ditumbuk secara tradisional (masih banyak butiran2 kasarnya)
    disedu,trus lansung diminum saat maseh panas, butiran2 kasarnya agak digigit
    dan diisap2, itulah nikmatnya tubrukan butiran kasar.

    KOPI KHOTOK
    kopi tumbuk tradisional, direbus bersama aer dan gula dalam rantang
    atau gerabah, sensasinya tak kalah hebohnya dng kopi racikan angkringan top manapun

    mbregegeg ugeg-ugeg hemel-hemel sak dulito

  3. #3
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,202
    Mentioned
    226 Post(s)
    Kopi yang ditambah jagung (biasanya di Jawa) itu namanya apa ya?
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  4. #4
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Mentioned
    165 Post(s)
    Crema adalah semacam lemak kopi yg berwarna emas, mengambang diatas permukaan.
    Crema ini hanya bisa muncul apabila kopi dibuat dengan mesin espresso yang bagus.



    nb: biasanya crema tidak akan setebal gambar diatas tapi hanya berupa lapisan tipis.

  5. #5
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Mentioned
    165 Post(s)
    Kopi tua (Aged Coffee)


    Pada jaman dahulu, kopi dikirim dari Asia ke eropa menggunakan kapal layar dan memakan waktu perjalanan hingga berbulan2.
    Namun orang Eropa merasa bahwa kopi yg disimpan dikapal selama berbulan2 itu ternyata lebih enak daripada kopi yg masih baru.

    Sejak saat itu dikenallah istilah Aged Coffee yaitu biji kopi yg sengaja disimpan selama berbulan2 bahkan bertahun2 sebelum akhirnya dikonsumsi.

    Namun yg jadi masalah adalah, jarang ada pedagang kopi yg bersedia menyimpan stok kopinya selama bertahun2, pedagang selalu ingin cashflow nya lancar. Maka Aged Coffee makin langka dan banyak dipalsukan atau dicampur.

    Indonesia punya sebuah sumber Aged Coffee yang bagus dan terkenal hingga manca negara yaitu Kopi Aroma dari Bandung, mereka menyimpan biji kopi hingga 8 tahun sebelum dipanggang, digiling dan dijual, jadi kalau ke Bandung jangan lupa belanja kopi Aroma, beli di K@skus juga banyak yg jual.

  6. #6
    pelanggan youngblue's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    393
    Mentioned
    0 Post(s)
    Crema adalah semacam lemak kopi yg berwarna emas, mengambang diatas permukaan.
    Crema ini hanya bisa muncul apabila kopi dibuat dengan mesin espresso yang bagus.
    koreksi sedikit wak .... minyak kopi keluar tidak harus dengan mesin yg bagus , secara manualpun buih dari minyak kopi bisa keluar dengan asalkan tahu tehnik dan prinsip kerjanya , minyak akan keluar dengan sempurna apabila terpenuhi syarat-syaratnya sebagai berikut , suhu air mendekati titik didih air ...yach sekitaran 90-95 drajat celsius lah , tekanan air harus cukup , sebenarnya tekanan air sangat tergantung dari halus atau kasarnya saat grinder biji kopi , makin kasar tekanan makin rendah dan hasil kopi cenderung terang pokoknya air yg melewati bubuk kopi akan cepat turun ...wes...ewes...ewes..bablas air e.., kalau grinder makin halus tekanan air akan semakin tinggi hasil kopi makin pekat.
    ha..ha...ha..ha kalau mau bikin alat espresso manual tak bagi kan sedikit ilmunya , pernah ngamat in tabung suntikan kalau di tekan air akan mancur sesuai kekutan tekanan nah dengan prinsip itu kita bisa bikin mesin espresso manual? ok prinsip kerjanya sama seperti itu caranya bikin piston dan tangkai seperti suntikan tapi dengan bahan besi stenlis untuk seal karet pakai yg berbahan seperti dodot bayi yg pasti harus food grade agar mudah saat menekan , bikinlah seperti pompa air manual hahahahahaha, nah di lubang keluarnya bikin tempat bubuk kopi dan saringan ,jadi dach mesin espresso manual , utk mengatur kekentalan kopi seperti di jelaskan di atas atau dengan jalan mengatur lama waktu pressure secara manul , makin banyak berlatih makin bisa ketemu komposisi yang tepat sesuai selera.

    ---------- Post Merged at 06:22 PM ----------

    ejak saat itu dikenallah istilah Aged Coffee yaitu biji kopi yg sengaja disimpan selama berbulan2 bahkan bertahun2 sebelum akhirnya dikonsumsi.
    sedikit penjelasan biar tidak salah persepsi tentang kopi yang lama di simpan , maksud lama di simpan di sini adalah kopi yang dalam bentuk green bean (biji kering belum di sangrai ) , sebenarnya prinsip kopi luak pun sama cuma fermentasinya berada di perut luak yg di sana di keluarkan enzim-enzim tertentu entahlah aku ndak tahu namanya , hasil kotoran luak katanya serasa seperti rasa kopi yg di simpan selama 7 tahun.
    kalau biji sangrai mampu bertahan tanpa merubah rasa paling tahan cuma 3 bulan itupun di usahakan jangan sampai terkontaminasi dengan udara lingkungan , jadi harus ddi taruh di tempat yang kedap misalnya plastik atau toples kaca, kalau biji kopi giling sebaiknya di pakai sesegera mungkin setelah di giling , kalasu saya mah di usahakan tidak lebih dari 3 hari.

  7. The Following User Says Thank You to youngblue For This Useful Post:

    Neptunus (19-09-2012)

  8. #7
    pelanggan
    Join Date
    Sep 2012
    Posts
    151
    Mentioned
    0 Post(s)
    wah kayaknya kopi kopi ini enak enak banget Kop

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •