Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 20 of 41

Thread: [PENGUMUMAN] Lomba Flash Fiction

  1. #1
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,036

    [PENGUMUMAN] Lomba Flash Fiction

    Alo alo alo

    Akhirnya yang ditunggu-tunggu datang juga.
    Maaf atas kesalahan teknis yang menyebabkan pengumuman lomba menjadi mundur.
    Sebelumnya kami ucapkan terimakasih yang sebesarbesarnya buat seluruh antusiasme para pelanggan kopimaya,
    untuk ikut berpartisipasi mengirimkan karya, ikut voting, juri yang sudah direpotkan,
    maupun pihak sponsor yang memberikan hadiah, ataupun yang sekedar baca2.


    Pada lomba Flash Fiction kali ini,
    Dengan sudah terkumpul 28 karya, akan ada 2 kriteria pemenang juara 1,
    The Most Reader's choice - 1 orang (Penilaian kuantitatif tertinggi total dari polling)
    The Most Judge's choice - 1 orang (Penilaian Kualitatis tertinggi dari para juri)



    HADIAH yang akan dibagikan
    • Setiap peserta akan diberikan 50 points
    • Juri akan mendapatkan 75 points
    • Juara 1 untuk kedua kriteria, mendapatkan 250 points + buku JATUH CINTA by Jevo Jett
    • Juara 2, untuk kriteria The Most Judge's choice, mendapatkan 150 points
    • Juara 3, untuk kriteria The Most Judge's choice, mendapatkan 100 points



    Juri pada lomba kali ini adalah :
    1. BundaNa
    2. Δx Δp ≥ ˝ ħ
    3. david faisal (dibatalkan karena kesibukan beliau)


    Segala keputusan tidak dapat diganggu gugat.

  2. #2

  3. #3
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,036
    The Most Reader's choice - 1 orang (Penilaian kuantitatif tertinggi total dari polling)


    Hasil Polling bisa dilihat di thread Mana Flash Fiction Pilihan kamu?
    Kedudukan sama 5 suara, untuk karya : Kopi Murah dan LAUNDRY

    Akan tetapi suara yang divoting oleh Δx Δp ≥ ˝ ħ harus gugur, karena Δx Δp ≥ ˝ ħ adalah juri.


    Maka kedudukan Final perolehan suara adalah :
    4 suara untuk Kopi Murah
    5 suara untuk LAUNDRY

    Jadi pemenang pertama adalah LAUNDRY - Kaine.

    Selamat untuk pemenang.

  4. #4
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,036
    The Most Judge's choice

    Kriteria Juri :
    1. jumlah kalimat < 200 kata
    2. kesesuaian tema: kopi/tahun baru
    3. unsur kejutan
    4. narasi yang ok
    5. disajikan dengan padat dan pesan yang jelas





    Komentar Para Juri


    Kopi Murah
    Sebuah cerita yang benar-benar mewakili secangkir kopi:
    singkat, sederhana, jauh dari kesan berlebih-lebihan, namun menyiapkan mesiu kegetiran yang mempertontonkan ironi yang menohok.
    Potret yang jujur dalam balutan sindiran yang asam dan membuat senyum simpul.


    Ratih dan Wulan
    What a surprise! Kejutan yang dihadirkan cerita ini bakal membuat pembaca yang tak waspada merasa dikhianati.
    Sayang dalam detail dan plot-line sedikit kedodoran.
    Cerita terlalu banyak menampung subplot, karakter yang tumplek, dan inti cerita yang agak buyar.
    Untuk sebuah FF, kisah ini terlalu “kembung”, masih bisa diringkas disana-sini
    (atau akan lebih bagus lagi jika dikembangkan menjadi sebuah cerpen utuh).
    Twist dan kesan bertele-tele menjadi mirip yin-yang, terjaga keseimbangan, sehingga poin lebih kurang mengigit.


    Bapakku Pencuri Kopi
    Ceritanya menyentuh, mengenai seorang anak yang terpaksa hidup keras karena kesalahan bapaknya.
    Kekurangannya hanya kurang irama cerita.
    Kurang meyakinkan untuk sebuah cerita yang FF.
    Setting dan penokohan masih serba nanggung. Namun ide dan ceritanya sangat baik dan orisinil.
    Sayang, judulnya sangat spoiler sekali.


    Ngantuk? Dikopi aja...
    This story make my day
    Singkat, segar, dan penulisnya mungkin perlu ikutan digampar
    agar sadar dan sering-sering bikin cerita seperti ini lagi. LOL
    Yup, ini FF banget. Singkat, padat dan mengena ke tema cerita.


    Undangan Malam Tahun Baru
    Kepanjangan, tapi masih ada kejutan dan juga ceritanya mengalir bagus.
    Terkesan sangat emosional bahkan personal, hehe
    Sederhana, lurus, mengalir bebas, sayang menghadapi berbagai jeram ketidakkoherenan yang cukup menganggu.
    Entah bagaimana caranya menyembunyikan mawar sambil bawa motor sehingga si “aku”
    hanya bisa melihat undangan tanpa melihat mawar. Dan hal mengganjal ini bukan satu-satunya.
    Cerita manis ini mestinya bisa lebih manis lagi.




    Sasaranku Kali Ini: Secangkir Kopi Luwak
    Jebakan Batman strikes again. Penuh kejutan, ceritanya keren.
    Andalan para peramu cerita FF adalah menghadirkan kejutan melalui balutan misteri,
    hal-hal supernatural ala the Sixth Sense, dan fabel personifikasi.
    Butuh kejelian dan ketelitian untuk bisa membungkus kejutan di akhir cerita
    agar pembaca tak bisa menebak dan mengalihkan perhatian.
    Dan kisah ini berhasil menjalankan misinya. Sayang judulnya memberi petunjuk para pembaca.


    Kembang Api
    Sama, penuh kejutan tapi ada sisi dramatiknya.
    Bagus, menjaga plot tapi tetap kerasa jiwa FFnya.
    Ending yang mencekam dan tidak diduga, cara bertutur yang apik,
    pembaca yang terjerat hanya bisa menggelepar. Sempurna.


    Kumulai Dengan Kopi
    Cerita ini hampir saja jatuh ke dalam lubang klise dimana roman picisan berada.
    Dan endingnya sanggup menjungkirbalikan apapun yang ada dan mengangkatnya menjadi sebuah cerita FF yang manis.
    Melancholy, in a good way.


    Bukan Kopi Luwak
    Pasti yang nulis cowok ya? Tanpa kelembutan sama sekali .
    Tragedi dalam balutan komedi. Segar! Satu cangkir kopi luwak untuk penulisnya!


    Warnet di Malam Taun Baru
    What did i just read?
    Saya gak bisa menangkap semangat humornya.
    Terlalu banyak detail yang vulgar dan jorok. Terlalu jorok.




    L dan R
    Untuk selera humornya yang mengagumkan,
    serta keberaniannya membangunkan naga penguasa forum yang tinggal nge-klik tombol “ban” dengan sekali tekan,
    penulis kisah ini pastilah memiliki keberanian setara kesatria abad pertengahan yang melawan para bajak laut.
    Salut atas keberaniannya.


    Tukang Becak Tahun Baru
    Sinetronesque. Nuff said.


    Pagi Itu.....
    Bersahaja. Terlalu bersahaja sampai-sampai tak memberikan ruang yang lebih lega bagi benak pembacanya.
    Namun rutinitas yang coba disampaikannnya sangat realistis.
    Dengan caranya yang aneh, kisah ini adalah potret yang jujur.


    Kopi Terakhir
    Sweet. Menghadirkan romantisme platonis tanpa kesan cengeng dan berlebihan.
    Dialog (dan monolog)nya ditata-apik.
    Hanya saja pembaca perlu lebih diyakinkan dengan settingan yang masih terlihat sekedar tempelan.


    Kopi Cinta di Paris
    Kisah ini seperti masakan India.
    Pembaca sudah kenyang hanya dengan mencium aromanya bahkan sebelum mencicipinya.
    Aroma rempah, santan kental, pewarna terang, dan bumbu-bumbu yang membuat tebal lidah.
    Terlalu mengenyangkan bagi kebanyakan orang,
    namun bagi orang yg sedikit sabar, bakal menemukan kelezatan yang menggugah.
    Dan endingnya adalah sebuah kejutan yang menyenangkan.
    Memberikan kesegaran pada lidah kaku sehingga menjadikan kisah ini tak bisa dilupakan begitu saja.




    Malam Tahun Baru yang Romantis
    Monolog tapi FFnya kerasa.
    Kekuatan utama sebuah karya FF adalah kejutan yang disembunyikan di bagian akhir.
    Kisah ini memberikannya, sayang masih kurang menggigit.


    Kenangan di Kedai Kopi
    Sekali lagi, kisah yang seharusnya memberikan kejutan harus “ternoda”
    karena judul yang membeberkan inti cerita.
    Monolognya juga terlalu kepanjangan dan mestinya bisa diringkas lebih bernas lagi.


    Laundry
    Satu juri mengatakan FFnya terasa. Efek kejutannya oke banget. Asik nih, suspen.
    Tapi juri satunya berargumen :
    Kisah misteri yang dicoba untuk dibangun, rasanya masih kurang greget—
    mungkin karena kisahnya yang terlalu singkat.
    Kronologis yang dihadirkan malah sama sekali merusak imajinasi pembacanya.
    Plus kunci misteri yang semestinya sudah bisa diterka sejak awal.


    Kopi Hangat
    Seharusnya kisah ini bisa di-cut sebelum paragraf terakhir
    agar tetap bisa menunjukan tajinya sebagai FF yang mengigit.
    Sayang karena terpikat dengan akhir yang ingin “so sweet”,
    maka unsur kejutan pun terpaksa digadaikan. Jadilah kisah yang cenderung biasa-biasa saja.


    Mati Barengan
    Terlalu panjang. Ini bukan dialog antara 4 tokoh, tapi monolog.
    Pembaca yang tak sabar bahkan mungkin sudah menskip kisah yang kedua
    untuk langsung loncat ke dua baris terakhir.




    Keajaiban Kopi, Secangkir Kopi Hangat
    Seperti dongeng yang sering ditemukan di majalah Bobo
    Perlu banyak perombakan besar-besaran agar kisah ini bisa dinikmati pembaca dewasa
    tanpa perlu merasa digurui untuk bisa mendapat pesan utamanya.


    Hadiah Terindah
    Tanpa perlu ada embel-embel “berdasarkan kisah nyata” di akhir cerita,
    kisah ini sudah begitu lincah dan realistis dalam menangkap “problem”.
    Terlepas dari segi teknis yang belum sempurna,
    kisah ini masih bisa dinikmati tanpa kebosanan dan mengajak pembacanya dalam perenungan mendalam.


    Secangkir Kopi, Untuk Berdua
    Ceritanya mengalir, menyentuh dan tetap ada efek kejutannya.
    Kisah tentang mereka yang kalah namun pantang menyerah,
    selalu menarik diangkat menjadi sebuah cerita.
    Kali ini ketegaran itu dihadirkan lewat sepasang suami istri yang nyaris kehilangan segalanya.
    Sederhana, sarat dengan pesan moral.


    Pagi
    Ceritanya mengalir, FFnya kerasa, ceritanya juga menyentuh dan mengalir dengan baik.
    Apa kata saya, sindrom the Sixth Sense bakal muncul di FF.
    Tapi selalu saja, pembaca yang tak waspada bakal ditipu besar-besaran. A nice one.


    Secangkir Kopi Pahit yang Malang
    Bak gambar gambar sketsa,
    kisah ini masih bisa diberi polesan dan pewarnaan yang lebih
    untuk bisa membuatnya lebih hidup dan bernyawa.




    Mesin Waktu
    Mesin waktu. Swiss. Sudah spoiler besar-besaran sejak judul dan kalimat pertama.
    Tak perlu waktu lama untuk bisa menangkap kejutan yg dicoba sembunyikan.


    Malam Terakhir
    Ceritanya mengalir, kejutannya juga ada.
    Meski serasa de javu. Mungkin gara-gara saya sudah membaca kisah dengan premis, penokohan,
    dan twist yg mirip banget dengan kisah ini sebelumnya ya?


    Romantic Purple
    Tipe kisah yang bakal digemari oleh mereka yang kesepian karena menimbulkan secercah harapan. Hehehe
    Kisah yang mengalir, sayang terkesan klise dan tak memberikan kejutan.

  5. #5
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,036
    Rekap skor FF

    1. Kopi Murah 10
    2. Kembang Api 8 + 8 = 16
    3. Pagi 8 + 7 = 15
    4. Sasaranku Kali Ini: Secangkir Kopi Luwak 7 + 10 = 17
    5. Kopi Cinta di Paris 6
    6. Kopi Terakhir 5 + 4 = 9
    7. Hadiah terindah 4
    8. Secangkir Kopi untuk Berdua 3 + 5 = 8
    9. Kumulai dengan Kopi 2
    10. Ngantuk? Dikopi Aja 1 + 9 = 10
    11. laundry 6
    12. Bapakku Pencuri Kopi 3
    13. Malam Tahun Baru Yang Romantis 2
    14. Undangan Malam Tahun Baru 1

    Skor berdasar urutan adalah
    1. Sasaranku Kali Ini: Secangkir Kopi Luwak 7 + 10 = 17
    2. Kembang Api 8 + 8 = 16
    3. Pagi 8 + 7 = 15


    Pemenang The Most Judge's choice :
    1. Sasaranku Kali Ini: Secangkir Kopi Luwak - Kingform (250 points + buku JATUH CINTA by Jevo Jett
    2. Kembang Api - Kaine (150 points)
    3. Pagi - Kaine (100 points)

    Selamat untuk para pemenang


    note :
    Buku JATUH CINTA by Jevo Jett
    akan diberikan setelah panitia mendapatkan kiriman buku dari pihak sponsor.
    Dan pihak panitia akan menghubungi pemenang.

    Sekali lagi terimakasih yang sebesarbesarnya untuk para Kopiers.
    Sampai jumpa di Lomba atau Agenda berikutnya

  6. #6
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,036
    kopiluwaknya/reputasi sudah dikirim yah
    untuk semua peserta, juri dan pemenang

  7. #7
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    keren, selamat untuk kingform & kaine.
    kaine borong trophy

  8. #8
    beneran ga nyangka bisa menang.......


    "Maybe not all of our efforts will be rewarded. But without effort, you will get nothing"
    Takahashi Minami

    ------------------------------------------------------------------
    Thread paling Hot di l AKB48 Glossary l 48Fams l My Blog

  9. #9
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    saya gak nyangka kaine pinter b'cerita lho.
    well 2 ff cupine juri suka, sayang harus gugur

  10. #10
    Baru sempet baca flash fictionnya, bagus bagus euy. Ternyata pada banyak anak KM bakat menulis.

  11. #11
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,544
    L dan R
    Untuk selera humornya yang mengagumkan,
    serta keberaniannya membangunkan naga penguasa forum yang tinggal nge-klik tombol “ban” dengan sekali tekan,
    penulis kisah ini pastilah memiliki keberanian setara kesatria abad pertengahan yang melawan para bajak laut.
    Salut atas keberaniannya.
    karena sesama chief cook ga mungkin saling nge-ban
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  12. #12
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    chan: sebenernya ceritamu segar lho, sayang keluar dari tema

  13. #13
    Harusnya yang digunting itu Kopi.

  14. #14
    Barista deddy's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Mahakam
    Posts
    2,250
    Selamat buat yang menang.... Ternyata jago jago juga bercerita yak..... Congrat.....
    GARUDA DI DADAKU

  15. #15
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,544
    Quote Originally Posted by BundaNa View Post
    chan: sebenernya ceritamu segar lho, sayang keluar dari tema
    iya, aku baru inget pas udah kekirim hahahaha....
    tapi gpp emang niat iseng2 kok

    yang kopi terakhir ga nggerti soal mengolah setting yang bagus, ajarin donggg
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  16. #16
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,544
    oh iya, selamat ya bagi pemenang, sangat bangga juga sama member KM, ga nyangka pada punya bakat terpendam.... sukaaaaa
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  17. #17
    pelanggan setia Kaine's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    3,419
    congrats to Kingform

    buat para juri : great review. brasa nrima kritik dari profesional yang Laundry itu emang saya akui, idenya setengah mateng ..untung bisa menang di Readers Choice

  18. #18
    gogon's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    earth
    Posts
    4,845
    selamat untuk pemenang: Kaine & Kingform
    wow, another 2K
    keren nih ada hadiah bentuk fisiknya
    so terima kasih buat jevo jett.
    Oh iya makasih juga utk dewan juri dan etca yg repot2 ngurusin event FF ini.
    Sekalian deh ucapan terima kasih juga buat peserta lain yg meramaikan dan para voters yang menentukan.

  19. #19
    Barista Nharura's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Di Hatimu
    Posts
    5,072
    wahhh selamat bagi pemenang...

    Kingform dan Kaine,, keceee dehh...^_*

    buat yang lain,, yang udah ikutan juga kece2.. pada pinter bikin cerita,, nih klw banyakan dikit,, bisa di bikin antologi anak2 KM neh,,ekekek

    sipp.. selamat buat semuanya

    Makasih buat Juri2nya,, ada dikasih kesan2nya juga kalinya yahh,,sip.. terengkyuuu ^^
    Penulis Sastra, Penyayang Hewan, PNS biasa

    "Sedekah Aja "

    Sastra - > Dear Diary Inspirasi

    Kucing - > Semua Tentang Kucing

    PNS - > Sukses Mengabdi Pada Negara

  20. #20
    Pakar Memematika Ray Surya's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    4,449
    lumayan nambah cendol
    R*y Sury* Ditunjuk Presiden SBY Jadi Menpora

Page 1 of 3 123 LastLast

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •