Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 20 of 44

Thread: Lucunya kebebasan beragama di dunia

  1. #1
    pelanggan setia gembel's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    perbatasan
    Posts
    2,068

    Lucunya kebebasan beragama di dunia

    Indonesia[pemerintah] sebagai jumlah umat islam terbesar dituntut untuk menghormati kebebasan beragama. Setiap agama bebas untuk melaksanakan ajaran agamanya masing-masing tanpa adanya larangan. Kebebasan beragama merupakan HAM setiap manusia yang harus dijunjung tinggi.

    Saya sangat setuju sekali.

    Tapi di belahan dunia lain [Eropa & AS] sangat berlawanan sekali. Umat islam masih belum bisa menjalankan agamanya dengan bebas karena masyarakatnya [yang katanya pendukung HAM] melarang dan bahkan bertindak kekerasan terhadap umat islam.

    Ada apa ini? kenapa di Eropa dan AS umat islam tidak boleh bebas menjalankan agamanya dengan tenang?

    Perbedaan itu anugrah, damai itu indah. Atas nama HAM seharusnya negara2x Eropa dan AS menghormati keyakinan setiap manusia.
    belajar nge-blog di ferylife.blogspot.com

  2. #2
    pelanggan tetap PERMANDYAN's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    denpasar - bali
    Posts
    1,788
    Permandyan pernah menonton di tivi, metro dengan acara voa indonesia, sering liput umat islam yang ada di sana (amerika), teristimewa pada saat bulan puasa, itu sering diputar...
    jadi dengan postingan yang diatas kok bertolak belakang....(?)
    (maaf)

    Jadi kebebasan yang bagaimana....(?)
    seperti yang punya kita (?), yang nota bene sering kita menonton di berita televisi yang masih adanya diskriminasi.. oleh beberapa pihak bahkan peraturan daerah(?)


    permandyan tidak menutup mata, mana yang sering di ekspos itulah yang kita ketahui....
    baik buruk tergantung mana yang paling sering di ekspos....


  3. #3
    pelanggan setia gembel's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    perbatasan
    Posts
    2,068
    belajar nge-blog di ferylife.blogspot.com

  4. #4
    pelanggan setia gembel's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    perbatasan
    Posts
    2,068
    dor

    http://www.antaranews.com/berita/126...-larang-jilbab

    kok ishaputra kgk nongol ya.

    Mana nih pendukung HAM. Masyarakat Barat yang mendukung HAM pada keblinger ekekekekekekek...
    belajar nge-blog di ferylife.blogspot.com

  5. #5
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    kan menurut versi si aktivis HAM antah berntah sono, jilbab itu merupakan pelanggaran HAM *mbuhHAMyangmanadilanggar*

    Gak usah protes mbel, kan sono suka pake standart ganda...sama lah sama yang lain (termasup saya)...kalau gak sepaham ya disikat hihihihihi

    Darmo mana neh, sepi euy...apakah warung sebelah sudah ramai? Purba makanya digiring hihihihi

    um permadyan: kalu ritual macem sholat, puasa kek gitu aman memang dibiarin sama orang HAM sono, tapi nek udah masalah jilbab, atribut, jadinya disiksa juga

  6. #6
    pelanggan setia gembel's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    perbatasan
    Posts
    2,068
    ooo jadi orang barat sering melakukan standar ganda bagi umat islam ya bu..ckckckckck...

    ini toh sifat sesungguhnya bangsa yang menjunjung tinggi HAM...
    belajar nge-blog di ferylife.blogspot.com

  7. #7
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,893
    Quote Originally Posted by gembel View Post
    Tapi di belahan dunia lain [Eropa & AS] sangat berlawanan sekali. Umat islam masih belum bisa menjalankan agamanya dengan bebas karena masyarakatnya [yang katanya pendukung HAM] melarang dan bahkan bertindak kekerasan terhadap umat islam.
    Ga juga lah mbel. Di sini ada banyak mesjid. Bahkan jumlahnya bisa menyaingi gereja. Hanya saja bangunan2 mesjid di belanda ga bisa NYOMBONG. Artinya besar, megah, tinggi, pake pengeras suara. Kadang2 kita ga bisa tau kalo bangunan itu adalah mesjid karena bentuknya kek appartemen biasa. Dan membangun mesjid, atao apapun musti pake ijin jelas.

    Kalo ada oknum2 bertindak kekerasan ato diskriminasi thd orang islam, yah... biasa toh.. apa muslim indo ga ada yg begitu?
    Last edited by ndableg; 10-03-2011 at 01:45 AM.

  8. #8
    pelanggan tetap Asum's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    1,212
    Apa tidak sebaiknya topik ini masuk di Prilaku Umat ?
    أَلَا سَأَلُوا إِذْ لَمْ يَعْلَمُوا ؟ فَإِنَّمَا شَفَاءُ الْعِيِّ السَّؤَالُ
    ”Mengapa mereka tidak bertanya jika tidak mengerti ? Sesungguhnya obat dari kebodohan adalah bertanya” (Sunan Abu Dawud no.336)

  9. #9
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,015
    Quote Originally Posted by Asum View Post
    Apa tidak sebaiknya topik ini masuk di Prilaku Umat ?
    Terimakasih infonya. Thread sudah dipindahkan ke Prilaku Umat.

  10. #10
    sebaiknya setiap umat manusia berkewajiban untuk introspeksi terhadap lingkup paling kecil yaitu dirinya sampai lingkup paling besar yaitu pemahaman atas keyakinannya .....yang harus diimplementasikan dalam keseharian dimanapun dan kapanpun ...
    Beruntunglah kita yang merasa tidak mempunyai apa-apa, karena kita tidak akan kehilangan apa-apa.........Eling lan Waspodo

  11. #11
    Salam kenal pak Satmata ,
    Dalam introspeksi diri thdp pemahman keyakinan agamanya setiap diri umat (yg beragama) terpikulkan kewajiban kewajiban antara lain untuk "menyelamatkan domba yg hilang/tersesat" , "amar makruf nahyi munkar" , "mengentaskan dukha umat" yg itu berada diluar diri kita.
    Memang itu kembali kepada "diri" (termasuk kelompok bahkan negara) masing masing dalam mengimplementasikannya dilapangan.

    Ada yg bersikap seperti ajaran agamanya , silahkan anda dengan keyakinan anda , saya dengan keimanan saya , ini sangat sesuai dengan tatanilai masyarakat dimananpun dan menjamin kehidupan kebebasan beragama .

    Namun menjadi repot kalau agamanya punya doktrin untuk mencari domba yg tersesat/hilang , sementara yg dianggap "domba hilang atau tersesat itu" domba domba yg berada diluar kandang mereka atau belum ber stempel cap mereka , meskipun domba domba itu sudah ada cap lain atau tanda lain atau bahkan berada dikandang lain !
    Nah celakanya mengenai "cap" atau tanda tanda itu , dg berbagai alasan berusaha untuk dihilangkan , termasuk kampanye penghapusan kolom "agama" dalam KTP selain pelarangan jilbab. Atau yg lebih anyar kalai ndak salah di German atau salah satu negara Eropa , sedang giat mengkampanyekan bahwa salah satu agam besar di dunia (Islam) di declare sebagai bukan agama !

    Memang jadi lucu atau lelucon kalau justru negara negara yg mengembar gemborkan :
    Article 18.
    * Everyone has the right to freedom of thought, conscience and religion; this right includes freedom to change his religion or belief, and freedom, either alone or in community with others and in public or private, to manifest his religion or belief in teaching, practice, worship and observance.
    SILAHKAN LIHAT DISINI
    menjadi negara yg masyarakatnya melanggar artikel itu

    Memang menyedihkan mas Satmata. Intorspeksi memang sarana agar kita lebih arief , namun kearifan ini suka "malu malu" manakala bersirobok dengan syahwat syahwat lain sperti kekuasaan , seperiority , keangkuhan , kepentingan pribadi/kelompok ketersinggungan ego dll dll dll

    Jadi meskipun manusia sudah sampai ke bulan dan sebentar lagi ke Mars , tapi hukum purba masih tetep dipegang "siapa kuat, berkuasa /menang".

    nDonyo pancen werno werno kahanane mas Sat , mergo pancen wis tuwo !
    Last edited by Dadap serep; 12-03-2011 at 09:06 AM.
    ADEM_AYEM_TENTREM

  12. #12
    Sdr Gembel, analisis anda itu mentah dan lemah. Informasi yang anda peroleh itu JELAS SEPIHAK dan telah diframing. Lagipula, maksud anda melontarkan topik ini apa? Anda ingin mengkritik konsep HAM, atau mengkritik pelanggaran HAM yang dilakukan oleh orang barat?

    Kalau anda mau mengkritik konsep HAM, adalah tidak tepat dengan mengajukan fakta pelanggaran HAM di barat.

    Kalau anda ingin mengkritik pelanggaran HAM yang terjadi di barat, maka bagaimana dengan pelanggaran HAM mengatasnamakan ajaran Islam yang kerap terjadi di timur tengah?

    Perlu diakui, pelanggaran HAM di barat (yang menjunjung HAM) jelas ada. Tidak ada peradaban yang bersih dari dosa. Tapi jika ditimbang-timbang, kebebasan beragama di barat jauh lebih baik daripada di timur tengah.

    Tarek Fatah, seorang Muslim liberal asal Kanada pernah bilang dalam sebuah diskusi di Utan Kayu: “Jika ada negara yang bisa dikatakan surga bagi umat Muslim, maka negara itu adalah Kanada”. Silakan anda ngobrol dengan Tarek Fatah di Facebooknya.

    Tapi di belahan dunia lain [Eropa & AS] sangat berlawanan sekali. Umat islam masih belum bisa menjalankan agamanya dengan bebas karena masyarakatnya [yang katanya pendukung HAM] melarang dan bahkan bertindak kekerasan terhadap umat islam.
    “Tindak kekerasan pada umat Islam”, jelas ada. Tapi permasalahannya harus jelas: Apakah itu semata tindakan kriminal atau diskriminasi dari orang-per-orang (oknum), atau negara?

    Seorang pemuda rasis Jerman menusuk Marwa Sherbini, seorang perempuan Muslim asal Mesir. Pemuda tersebut langsung diproses hukum dan dipenjara. Permasalahan kelar.

    Bahwa pemuda tersebut rasis, YA. Rasisme dan sikap anti agama lain memang ada di mana-mana. Orang-orang barat yang maju, satu-dua orang ada saja yang masih rasis; baik itu anti Islam, anti Jews, dan sebagainya.

    Apakah sikap pemuda tersebut menggambarkan sikap barat umumnya terhadap umat Islam? Jika YA, maka logikanya tentu negara-negara Eropa telah melarang imigran Muslim untuk terus membajiri Eropa tiap tahunnya.

    Anda harus tahu, bahwa markas besar Hizbut Tahrir, organisasi Islam fasis yang bercita-cita mendirikan khilafah, yang ditentang di banyak negara di timur tengah, bermarkas besar justru di London.

    Pasca bom London, pemerintah Inggris memang sempat mengawasi dengan ketat organisasi ini. Karena memang organisasi ini terkenal dengan ceramahnya yang keras dan cenderung bernuansa kebencian (baca buku “The Islamist” karangan Ed Husain). Tapi tidak sampai membubarkan.

    Di timur tengah, eksistensi Hizbut Tahrir dilarang. Jelas ini melanggar HAM orang untuk berserikat. Apa pendapat anda?

    Di Kanada, kota Calgary adalah salah satu kota besar. Beberapa waktu lalu kota ini memilih walikotanya yang adalah seorang Muslim, namanya Naheed Nenshi. Padahal mayoritas warganya non-Muslim.

    http://www.theglobeandmail.com/news/...rticle1762765/

    Di Indonesia, Kapolres Cirebon Ajun Komisaris Edison Sitoru didemo massa hanya karena non-Muslim. Apa pendapat anda?

    Pernah di suatu acara TV tentang agama Islam, diliput kisah seorang Polisi Wanita di Australia yang adalah Muslimah dan berjilbab! Apa pendapat anda?

    Ada apa ini? kenapa di Eropa dan AS umat islam tidak boleh bebas menjalankan agamanya dengan tenang?
    Informasi dari mana ini? Jutaan imigran Muslim membanjiri Eropa tiap tahunnya. Kalau tidak bebas beribadah, kenapa mereka betah?

    PM Turki Rechep Erdogan, semenjak menjabat jadi perdana menteri “terpaksa” mengungsikan anak dan isterinya yang perempuan ke Amerika Serikat, agar mereka bisa bebas pakai jilbab. Karena di Turki ada larangan bahwa isteri dan anak pejabat pemerintahan tidak boleh mengenakan jilbab.

    Coba baca ini:
    http://www.buzzle.com/articles/faree...on-turkey.html

    "Prime Minister Recep Tayyip Erdogan's daughters felt similarly and went to Indiana University, where they had the freedom to wear whatever they wanted—unlike in Turkey".

    Di Belanda, adzan dilarang. Tapi bukan karena pemerintah Belanda anti-Islam, melainkan murni urusan ketertiban. Lonceng gereja pun dilarang. Dubes Belanda untuk Indonesia, Nikolaos van Dam pernah mengklarifikasi soal ini dalam sebuah artikel di Koran Tempo.

    Tetapi di propaganda-propaganda Islam kelas bawah, soal adzan ini “diframing”. Ustad yang niatannya memprovokasi masyarakat agar benci terhadap barat, menyajikan fakta hanya sampai “di Belanda, adzan dilarang”, dan kemudian membangun opini publik bahwa Belanda itu anti-Islam dan mari kita membenci Belanda (baca: kafir barat).

  13. #13
    kan menurut versi si aktivis HAM antah berntah sono, jilbab itu merupakan pelanggaran HAM *mbuhHAMyangmanadilanggar*


    Maksudnya, dianggap pengguna jilbab melanggar HAM ?

    Sepengetahuan saya, jika di Perancis, penggunaan jilbab dilarang
    di ruang-ruang publik dan instansi2 kenegaraan karena dianggap
    melanggar prinsip sekularisme (laicite) yang diterapkan di negara
    tersebut.

    Pun berlaku untuk simbol-simbol agama lain seperti sorban kaum
    Sikh dan salib besar. Dalam logika sekularisme di sana, simbol2
    agama di ruang publik itu mengganggu dan pada derajat tertentu
    dirasakan mengintimidasi.

    catatan sekadar : Saya pernah bikin paper soal sekularisme Perancis
    karena tema ini merupakan minat khusus saya. Masalah paling me-
    narik di sana adalah bagaimana ketegangan kaum Muslim untuk
    diterima sebagai warganegara Perancis sekaligus tetap menjalankan
    tradisi agama Islam
    ´There are two ways to conquer and enslave a nation. One is by the sword. The other is by debt´
    -John Adams-

  14. #14
    Jadi meskipun manusia sudah sampai ke bulan dan sebentar lagi ke Mars , tapi hukum purba masih tetep dipegang "siapa kuat, berkuasa /menang".
    Memang iya. Dan itu diidap oleh penganut agama atau entitas apa
    saja ketika mereka mayoritas. Dalam aspek ini, lebih baik berurusan
    dengan orang2 atheis atau orang2 beragama tapi lebih mengurus
    kebaikan universal ketimbang menghitung-hitung populasi umat
    ´There are two ways to conquer and enslave a nation. One is by the sword. The other is by debt´
    -John Adams-

  15. #15
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,893
    Quote Originally Posted by ishaputra View Post
    Tarek Fatah, seorang Muslim liberal asal Kanada pernah bilang dalam sebuah diskusi di Utan Kayu: “Jika ada negara yang bisa dikatakan surga bagi umat Muslim, maka negara itu adalah Kanada”. Silakan anda ngobrol dengan Tarek Fatah di Facebooknya.
    Tapi jilbab dibanned tuh..

    “Tindak kekerasan pada umat Islam”, jelas ada. Tapi permasalahannya harus jelas: Apakah itu semata tindakan kriminal atau diskriminasi dari orang-per-orang (oknum), atau negara?

    Seorang pemuda rasis Jerman menusuk Marwa Sherbini, seorang perempuan Muslim asal Mesir. Pemuda tersebut langsung diproses hukum dan dipenjara. Permasalahan kelar.

    Bahwa pemuda tersebut rasis, YA. Rasisme dan sikap anti agama lain memang ada di mana-mana. Orang-orang barat yang maju, satu-dua orang ada saja yang masih rasis; baik itu anti Islam, anti Jews, dan sebagainya.

    Apakah sikap pemuda tersebut menggambarkan sikap barat umumnya terhadap umat Islam? Jika YA, maka logikanya tentu negara-negara Eropa telah melarang imigran Muslim untuk terus membajiri Eropa tiap tahunnya.
    Kalo negara membebaskan tuntutan thd pembunuhan dan pelecehan tsb tentunya negara juga rasis...
    Dan masalah imigran adalah dikarenakan negara2 eropa tsb dulu telah MENJAJAH negara2 arab tsb. Jadi wajar aja kalo mereka TERPAKSA menerima orang2 yg dulu mereka jajah.

    Anda harus tahu, bahwa markas besar Hizbut Tahrir, organisasi Islam fasis yang bercita-cita mendirikan khilafah, yang ditentang di banyak negara di timur tengah, bermarkas besar justru di London.

    Pasca bom London, pemerintah Inggris memang sempat mengawasi dengan ketat organisasi ini. Karena memang organisasi ini terkenal dengan ceramahnya yang keras dan cenderung bernuansa kebencian (baca buku “The Islamist” karangan Ed Husain). Tapi tidak sampai membubarkan.
    Karena apa ndul? Ternyata pemerintah inggris menyayangi mereka..
    Dan inggris pula lah yg bertanggung jawab atas pembentukan2 pemerintahan boneka di arab. Apa itu mandate?

    Di timur tengah, eksistensi Hizbut Tahrir dilarang. Jelas ini melanggar HAM orang untuk berserikat. Apa pendapat anda?
    Karena organisasi ini membahayakan pemerintah/otoritas yg berkuasa.

    Di Kanada, kota Calgary adalah salah satu kota besar. Beberapa waktu lalu kota ini memilih walikotanya yang adalah seorang Muslim, namanya Naheed Nenshi. Padahal mayoritas warganya non-Muslim.

    http://www.theglobeandmail.com/news/...rticle1762765/

    Di Indonesia, Kapolres Cirebon Ajun Komisaris Edison Sitoru didemo massa hanya karena non-Muslim. Apa pendapat anda?

    Pernah di suatu acara TV tentang agama Islam, diliput kisah seorang Polisi Wanita di Australia yang adalah Muslimah dan berjilbab! Apa pendapat anda?
    Sama di rotterdam jg muslim arab ndul.. Amerika malah presidennya digossipin muslim.
    Kenapa ndul? kita liat saja nanti...

    Informasi dari mana ini? Jutaan imigran Muslim membanjiri Eropa tiap tahunnya. Kalau tidak bebas beribadah, kenapa mereka betah?
    Ya harus bebas lah ndul.. kalo enggak orang eropa nelen ludahnya sendiri.. gengsi dooooooong...

    Tetapi di propaganda-propaganda Islam kelas bawah, soal adzan ini “diframing”. Ustad yang niatannya memprovokasi masyarakat agar benci terhadap barat, menyajikan fakta hanya sampai “di Belanda, adzan dilarang”, dan kemudian membangun opini publik bahwa Belanda itu anti-Islam dan mari kita membenci Belanda (baca: kafir barat).
    Ndak ada itu muslim menuntut azan dibebaskan. Kalo pun ada belon tentu didukung sesama yg non muslim. Tapi nyata kalo ada pemimpin partai belanda yg benci dan anti muslim, ga usah pake propaganda2 segala..

  16. #16
    pelanggan setia gembel's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    perbatasan
    Posts
    2,068
    @mbah isa: lemah bagemana? jelas faktanya ada.
    belajar nge-blog di ferylife.blogspot.com

  17. #17
    Quote Originally Posted by gembel View Post
    @mbah isa: lemah bagemana? jelas faktanya ada.
    Soal "fakta", silakan baca komentar saya di atas dengan seksama. Sudah saya jelaskan semua. Saya tidak habis pikir kok anda malah menjawabnya hanya dengan komentar sebaris?

  18. #18
    pelanggan setia gembel's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    perbatasan
    Posts
    2,068
    Quote Originally Posted by ishaputra View Post
    Soal "fakta", silakan baca komentar saya di atas dengan seksama. Sudah saya jelaskan semua. Saya tidak habis pikir kok anda malah menjawabnya hanya dengan komentar sebaris?
    maaf mbah, tapi apakah kutipan sumber data anda itu berasal dari media yang netral?
    belajar nge-blog di ferylife.blogspot.com

  19. #19
    Quote Originally Posted by gembel View Post
    maaf mbah, tapi apakah kutipan sumber data anda itu berasal dari media yang netral?
    Kalau bicara NETRAL, maka apa maksud "media yang netral" itu? Apakah link yang anda beri yakni:

    http://www.voa-islam.com/news/islami...aum-mayoritas/
    http://www.muslimdaily.net/berita/lo...uat-di-amerika
    http://www.antaranews.com/berita/126...-larang-jilbab

    Adalah media yang NETRAL?

    Atau dalam pengertian anda, apakah media itu baru dianggap NETRAL kalau berkesesuaian dengan yang diingini umat Muslim saja?

  20. #20
    pelanggan setia gembel's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    perbatasan
    Posts
    2,068
    Saya tidak percaya dengan media barat. Tapi untuk lebih jelasnya bisa kita tanyakan ke rekan2x KM yang tinggal di luar negeri. Apakah media barat memberitakan secara berimbang tentang Islam?

    Mbah Ndableg barangkali bisa jawab.
    belajar nge-blog di ferylife.blogspot.com

Page 1 of 3 123 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •