Results 1 to 16 of 16

Thread: Pergeseran/perubahan Makna Kata

  1. #1
    gogon's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    earth
    Posts
    4,808
    Mentioned
    63 Post(s)

    Pergeseran/perubahan Makna Kata

    Kumpulan Pergeseran/perubahan Makna Kata akibat penggunaan untuk hal lain

    dahulu, jika orang menyebut kata "jupiter", apa yg terbayang dalam benak kita?
    yak, betul: planet terbesar dalam tata surya
    kini, jupiter bisa berarti lain: motor bebek dari produsen Yamaha.


    Kijang :
    1. hewan mamalia berkaki empat, bertanduk kecil, larinya cepat
    2. mobil sejuta umat dari Toyota.
    untung saja "Kuda" tidak terlalu identik dengan mitsubishi Kuda.

    silakan tambahin (pasti banyak), dan beri pendapat kamu.

    Kalo pendapat saya pribadi, rada miris karena khawatir generasi mendatang tidak familiar dengan arti/makna aslinya.

  2. #2
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Buitenzorg
    Posts
    4,570
    Mentioned
    96 Post(s)
    Insya Allah?

    arti sebenarnya kan "Jika Allah menghendaki", digunakan apabila hendak melakukan sesuatu, dan jika tidak ada halangan yang berarti, mau tidak mau harus dilakukan

    namun penggunaannya di negeri ini kebanyakan malah jadi lain, Insya Allah digunakan untuk menunjukkan suatu keengganan luar biasa ketika disuruh melakukan sesuatu, yg bilang Insya Allah itu sudah pasti 99% dia tidak akan melakukannya, dengan kata lain, menolak dengan cara halus
    REVEALED MOON KINGDOM'S PAST SECRET IN ONE YEAR.
    MOON PRIDE


  3. #3
    Chief Cook GiKu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,651
    Mentioned
    276 Post(s)
    nambahin

    bebek
    semprong
    teralis (kemaren temen gw bilang mau ke tukang gigi, mau pasang teralis)

  4. #4
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Buitenzorg
    Posts
    4,570
    Mentioned
    96 Post(s)
    semprong itu kue panjang kaya pipa yg gampang banget ancur itu kan?

    perubahan maknanya gimana?
    REVEALED MOON KINGDOM'S PAST SECRET IN ONE YEAR.
    MOON PRIDE


  5. #5
    Chief Cook GiKu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,651
    Mentioned
    276 Post(s)
    ^
    nah itu
    semprong ini kaca berbentuk silinder untuk lampu minyak

    Spoiler for ini lampunya:




    Spoiler for ini semprongnya:




    Spoiler for tampilan kumplit:


    Last edited by GiKu; 28-12-2011 at 11:14 AM.

  6. #6
    gogon's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    earth
    Posts
    4,808
    Mentioned
    63 Post(s)
    ababil
    aslinya: nama burung pembawa batu dari neraka
    sekarang jadi abg labil. Masih booming sih dan sepertinya akan bertahan lama.

  7. #7
    Chief Cook GiKu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,651
    Mentioned
    276 Post(s)
    setelah lepas tengah malam, konserpun selesai dan para burung pembawa batu dari neraka pulang ke rumah masing-masing

  8. #8
    pelanggan tetap meliakh's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Surabaya
    Posts
    1,755
    Mentioned
    1 Post(s)
    gay

    then: happy
    now: homosexual men

  9. #9
    gogon's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    earth
    Posts
    4,808
    Mentioned
    63 Post(s)
    fiesta
    party/festival.

    skrg jadi merk k*ndom, sosis, event bank mandiri

  10. #10
    pelanggan setia ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    6,826
    Mentioned
    195 Post(s)
    narsis
    dulu: http://id.wikipedia.org/wiki/Narsisisme
    skarang: mejeng dikit uda narsis

    autis:
    dulu: kondisi gangguan mental
    skarang: cuek

  11. #11
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,185
    Mentioned
    265 Post(s)
    eksploitasi
    dulu: pengusahaan; pendayagunaan
    sekarang: pemanfaatan untuk keuntungan sendiri; pengisapan; pemerasan atas diri orang lain merupakan tindakan yg tidak terpuji;

    dan definisi sekarang udah masuk KBBI

  12. #12
    Barista pasingsingan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    2,380
    Mentioned
    40 Post(s)
    @reza:

    maknanya jadi berkonotasi negatif yak
    mbregegeg ugeg-ugeg hemel-hemel sak dulito

  13. #13
    pelanggan setia ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    6,826
    Mentioned
    195 Post(s)
    Reza + pasing: Tapi pengertianku dari kata exploit (dalam bahasa inggris), memang berkonotasi negatif loh. Dan artinya seperti definisi keduanya reza.

  14. #14
    gogon's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    earth
    Posts
    4,808
    Mentioned
    63 Post(s)
    iya dari pertama kudenger juga exploitasi itu negatif melulu makna nya


    tambahin:

    lucu
    dulu: sesuatu yang bisa membuat kita tertawa, atau minimal tersenyum
    skrg cewe cakep juga dibilang cewe lucu

    A: "eh tuh cewe lucu banget"
    B: "emangnya dia kayak Omas, atau mpok nori? "
    A:



    secara
    dulu: dengan cara
    sekarang: karena/soalnya/padahal/ apa aja deh kyknya setiap awal kalimat bisa pake kata "secara"

  15. #15
    pelanggan setia Ronggolawe's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    4,889
    Mentioned
    101 Post(s)
    Quote Originally Posted by gogon View Post
    ababil
    aslinya: nama burung pembawa batu dari neraka
    sekarang jadi abg labil. Masih booming sih dan sepertinya akan bertahan lama.
    ababil bukannya burung yang berbondong-bondong?

  16. #16
    Chief Cook GiKu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,651
    Mentioned
    276 Post(s)
    berondong

    Berondong Jagung atau popcorn adalah jenis jagung yang meletup dari kernel dan mengembang ketika dipanaskan.

    Berondong juga bisa dipakai untuk isitilah menembak secara bertubi-tubi.

    Istilah berondong mulai digunakan oleh kalangan kaum waria (wanita-pria/shemale) yang bekerja di salon kecantikan untuk pelanggan cowok yang masih muda dan tampak “kinyis-kinyis”.

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •