Page 1 of 7 123 ... LastLast
Results 1 to 20 of 137

Thread: [LOMBA] Flash Fiction

  1. #1
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,035

    Lightbulb [LOMBA] Flash Fiction

    LOMBA FLASH FICTION


    Apakah FLASH FICTION?
    Flash fiction adalah karya fiksi yang sangat singkat, bahkan lebih ringkas daripada cerita pendek.
    Walaupun tidak ada ukuran jelas tentang berapa ukuran maksimal sebuah flash fiction,
    umumnya karya ini lebih pendek dari 1000 atau 2000 kata. Rata-rata flash fiction memiliki antara 250 dan 1000 kata.
    Sebagai perbandingan, ukuran cerita pendek berkisar antara 2.000 dan 20.000 kata.
    Rata-rata panjangnya antara 3.000 dan 10.000 kata.(dikutip dari wikipedia)

    Terkhusus untuk kopimaya, kita akan membuat mekanisme sendiri


    TEMA :
    Kopi atau Tahun Baru
    (boleh memilih salah satu dari tema atau keduanya)


    PERSYARATAN PESERTA
    Terbuka untuk semua member kopimaya - Chief Cook, Chief Barista, Barista, Pelanggan -.
    Kecuali yang menjadi juri dalam lomba ini.


    PERIODE KOMPETISI
    12 Desember 2011 – 12 Januari 2011


    PERIODE POLLING
    13 Januari 2011 – 20 Januari 2012
    Pada masa polling, peserta dilarang kampanye agar karyanya dipilih


    PERSYARATAN dan MEKANISME
    1. Cerpen adalah karya asli dan belum pernah diperlombakan sebelumnya dan belum pernah dipublikasikan di media apapun.
    2. Isi karya tidak mengandung unsur SARA, pornografi atau personal attack.
    3. Panjang cerpen 20 – 200 kata.
    4. Genre Flash Fiction bebas, boleh humor, misteri, dll.
    5. Jika ide dari kisah rakyat/hikayat/legenda, maka tulisannya harus disadur ke dalam bahasa sendiri.
    6. Peserta boleh mengirim lebih dari 1 (satu) naskah.
    7. Naskah dikirimkan melalui PM ke etca
    8. Polling akan diadakan dengan nama pengarang anonim agar user memberikan voting penilaiannya berdasarkan kualitas karya. Tidak dipengaruhi oleh nama pengarang.
    9. Juri dalam lomba ini pun juga tidak mengetahui siapa pengarang dari masing-masing karya, jadi hasil penilaian akan betul-betul obyektif.



    KRITERIA PEMENANG
    The Most Judge's choice - 1 orang (Penilaian Kualitatis tertinggi dari para juri)
    The Most Reader's choice - 1 orang (Penilaian kuantitatif tertinggi total dari polling)


    HADIAH PEMENANG
    Setiap peserta akan diberikan 50 points
    Pemenang akan mendapatkan 250 points
    Juri akan mendapatkan 75 points


    PENGUMUMAN PEMENANG
    Pemenang akan diumumkan pada hari Kamis 22 Januari 2012.
    Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

  2. #2
    Ca, kalau flash fiction yg ala twitter yg cuma separagraf dua paragraf boleh gak?
    you can also find me here

  3. #3
    pelanggan setia bradon heat's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    ~Yooniverse~ xD
    Posts
    5,057
    ini kayak ujian essay bahasa indonesia euy

    ----------------------------------------------------------------------------

    Jika ide dari kisah rakyat/hikayat/legenda, maka tulisannya harus disadur ke dalam bahasa sendiri.
    isi cerita boleh apa aja ??? bukan ori juga bisa ??

    dengan
    Kopi atau Tahun Baru
    apakah ada legenda / cerita rakyat dengan tema itu

    ---------------------------------------------------------------
    BEYOND GENIUS !!!!!!!!


  4. #4
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,035
    Quote Originally Posted by Δx Δp ≥ 05 ħ View Post
    Ca, kalau flash fiction yg ala twitter yg cuma separagraf dua paragraf boleh gak?
    setidaknya 20 kalimat. Subyek, predikat, obyek, keterangan pada tiap kalimatnya
    j/k

    ---------- Post added at 07:01 PM ---------- Previous post was at 06:56 PM ----------

    Quote Originally Posted by bradon heat View Post
    ini kayak ujian essay bahasa indonesia euy
    Waktu kuliah gw ga ada makul bahasa Indonesia
    Quote Originally Posted by bradon heat View Post
    isi cerita boleh apa aja ??? bukan ori juga bisa ??
    Mau ala jepun atau korea bole ko.
    Mau masukin tokoh Yoona juga bole
    Quote Originally Posted by bradon heat View Post
    apakah ada legenda / cerita rakyat dengan tema itu
    Menatap nanar pada yang usul statemen d atas.

    j/k

    kali aja ada versi gubahan menjadi kancil nyolong kopi

  5. #5
    pelanggan setia Kaine's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    3,419
    orisinalitas nomer satu dong, brad ...

  6. #6
    gogon's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    earth
    Posts
    4,845
    buat yg bingung kyk gimana sih Flash Fiction itu, berikut gw kasi satu contohnya (googling, bukan ngarang)




    contoh flash fiction


    Zamrud, Bukan Mirah Delima, Sayang.
    “Oh, indahnya! Ini untukku?” Mataku berbinar-binar saat suamiku menunjukkan sebentuk cincin emas berhiaskan mirah delima.
    “Tentu saja.” Sahutnya sambil tersenyum. Diraihnya jemariku. Namun ketika cincin itu tidak muat di jari manisku, bahkan tidak muat di semua jari walau kelingking sekalipun, ia mulai mengernyitkan dahi.
    “Padahal aku memesannya khusus untukmu.” katanya, heran. “Kau suka mirah delima, kan.? Aku sih tidak.”
    Aku terperangah. Lima tahun yang lalu, suamiku membelikanku zamrud karena tahu itu favoritku. Kali ini, ia memberiku mirah delima, kupikir itu batu favoritnya.
    Kuteliti cincin itu. Ukurannya kecil sekali. Di dalamnya tergrafir tulisan “Wenny”.
    Namaku Rina.
    contoh2 lainnya

  7. #7
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,035
    thx Gon, buwat samplenya..

    ayooo ikutannn donkk temanteman......

  8. #8
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,350
    jadi kesimpulannya mesti karya kita, apa boleh plagiat? tentu dgn asumsi dimodifikasi dikit?

  9. #9
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,035
    Makin ori, makin dalam nilai plus donkk

  10. #10
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,350
    ok deh, i am in

  11. #11
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,035
    @pak Sur,
    Sip Sip


    Wokeh ude ada dua karya masuk..

  12. #12

  13. #13
    pelanggan setia porcupine's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Bintan
    Posts
    4,132
    yah..baru liat kalo ada temanya

    kerjain ulang deh
    ~Radio Kopimaya~

  14. #14
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,035
    Quote Originally Posted by gogon View Post
    pelan-pelan sudah menampakkan progress yang menjanjikan
    iye gon,
    tapi yang satu dibatalin :
    Quote Originally Posted by xxx
    Quote Originally Posted by etca
    ok sip sip...
    *ngebayangin tiap hari dapat 1 PM Flash Fiction dari kamu
    Ca,,ternyata ada temanya ya
    yg tadi di cancel aja yah
    gw bikin ulang kalo gitu

    gw tadi cengo juga pas baca,
    mana kopi n tahun barunya yah?

    jadi sodara2 dan kawan2 semua...
    Lomba Flash Fiction ini pake Tema yah..
    Temanya Tahun Baru atau Kopi..


    Quote Originally Posted by porcupine View Post
    yah..baru liat kalo ada temanya

    kerjain ulang deh
    okie dokieee..

  15. #15
    Barista Nharura's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Di Hatimu
    Posts
    5,072
    asyikkk... ikutann ahh... tapi masih dirapiin dikit... soalnya gak konsen klw lagi meler gini idung bikin cerita,,haha .. terakhirnya tanggal 22 january.. sipppp..... biar nambah kopi luwaknyee... hihihi>.<

    btw thanks buat Gogon.... informasinya dua jempol^^
    Penulis Sastra, Penyayang Hewan, PNS biasa

    "Sedekah Aja "

    Sastra - > Dear Diary Inspirasi

    Kucing - > Semua Tentang Kucing

    PNS - > Sukses Mengabdi Pada Negara

  16. #16
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    neh contoh yang namanya cerita yang udah sering beredar, tapi musti disadur ke kata2 sendiri

    Spoiler for cerita saduran:

    Tidak Boleh!

    Percakapan antara ibu dan anaknya yang begitu hangat, alias penuh dengan argumentasi. Si anak ingin sekali menutup auratnya, tetapi si ibu tetap ngotot tidak memperbolehkan.

    "Ibu, aku ingin jadi muslimah sejati. Menutup aurat dengan benar," rengek si anak.

    "Tidak, jangan lakukan," ibunya menjawab dengan tegas.

    Tetapi si anak tidak pantang menyerah. "Ini perintah agama, Bu."

    "Tidak, Ibu bilang tidak, ya tidak."

    Si anak mulai memerah matanya, menahan tangis. "Ibu tega, ibu menghalagi keinginanku."

    "Tidak, Saiful! Sampia mati Ibu tidak akan mengijinkanmu mengenakan kamu pakai jilbab!"


    atau yang ini

    Spoiler for another cerita umum yang beredar:
    di taman yang indah, suatu sore, dua manusia duduk bersisian. Pemandangan yang sungguh romantis, di tengah guguran daun-daun.

    Di Sebuah Taman

    "Wan, aku sungguh sayang padamu," kata salah seorang dari mereka kepada laki-laki yang bernama Iwan itu.

    "Ya....uhmmm," si Iwan terbata-bata ingin menjawab tanpa menyakiti hati yang mengajaknya bercakap-cakap itu.

    "Kamu pasti tahu, aku rela mati untuk mendapatkan cintamu," desak lawan bicaranya.

    "Masalahnya, Viktor, aku bukan yaoi," jawab Iwan tegas.


    ini cerita yang waktu gue masih aktip di lapak tulis menulis dan dapet juara harapan, masuk dalam antologi cerita B***f** Biarkan aku mencintaimu dalam diam.

    Spoiler for for drama:
    Siang di Kantin Sudut Bandara

    Aku bertemu dia lagi, setelah sekian lama kami tak lagi bersua. Masih wajah yang sama, masih senyum yang sama. Kami berpapasan di depan kantin bandara Ngurah Rai. Dia baru saja keluar dari pintu kedatangan, dan aku baru saja keluar dari counter tempatku bermarkas.

    Dia tersenyum, namanya Adinda. Perempuan yang pernah mengisi hatiku bertahun-tahun yang lalu. Tetapi kemudian tega meninggalkanku, demi seorang laki-laki yang dia anggap lebih mapan dibandingkan diriku.

    "Hai, Raka. Lama tak bertemu, ya," sapanya. Ternyata dia masih mengenaliku. Aku tersenyum menjawab sapaannya.

    Lima belas menit kemudian, kami sudah duduk berhadapan di kantin sudut bandara.

    Dari bibirnya, kemudian mengalir cerita yang memilukan. Bahwa hidupnya, tak sehebat yang dia bayangkan sebelumnya. Laki-laki yang dia harapkan membawanya dalam kebahagiaan malah sering menyiksanya lahir dan bathin. Belum lagi, setelah pulang dari Jepang, tempat lelaki itu bekerja sebelumnya, dia tak mau lagi bekerja. Belum lagi keluarga suaminya yang memperlakukannya seperti sampah.

    Tuhan, sungguh tragis nasibnya kini.

    "Sungguh Raka, kini aku menyesali keputusanku meninggalkanmu kemarin," bisiknya sendu, menatapku dengan penuh pengharapan.

    Aku langsung berdiri. "Maaf, aku ada janji makan siang dengan istriku. Have a good day, Adinda."



    btw, itu nanti kupm kamu ya ca, buat masuk lomba?

  17. #17
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,035
    Quote Originally Posted by BundaNa View Post
    btw, itu nanti kupm kamu ya ca, buat masuk lomba?
    didiskualifikasi dunk.. ude kadung tahu yang lainnya
    *gw juga itutan yah... juri kan ga tahu karya siapa itu
    j/k

  18. #18
    pelanggan setia porcupine's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Bintan
    Posts
    4,132
    iya, etca ikutan aja..
    biar tambah rame
    kan bisa ngincer piala most reader choice
    ~Radio Kopimaya~

  19. #19
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    Quote Originally Posted by etca View Post
    didiskualifikasi dunk.. ude kadung tahu yang lainnya
    *gw juga itutan yah... juri kan ga tahu karya siapa itu
    j/k

    saya ikutan yang itu ah, padahal sudah dipublikasikan semua

  20. #20
    pelanggan setia bradon heat's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    ~Yooniverse~ xD
    Posts
    5,057
    masih blm lepas dengan stigma "mengarang=ujian essay"
    BEYOND GENIUS !!!!!!!!


Page 1 of 7 123 ... LastLast

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •