Results 1 to 14 of 14

Thread: Resep Masakan Yang Cocok Buat Para Orang Tua

  1. #1
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    5,623
    Mentioned
    125 Post(s)

    Resep Masakan Yang Cocok Buat Para Orang Tua

    sebenernya g baru aja belajar dan praktek masak semingguan ini
    udah sukses bikin 2 menu, sapo tahu dan shabu shabu
    tapi sekarang bingung mikirin kira2 resep apa yg cocok lagi buat dicobain, dengan syarat:

    1. bumbunya ga rumit, karena g baru aja belajar masak
    2. cocok buat dimakan para ortu yg notabene punya beragam penyakit darah tinggi, asam urat, jantung dll
    3. menarik juga buat dimakan oleh orang2 yg masih muda (mungkin bisa diakalin dari bumbu kali ya???)

    trus g mau tanya:

    1. sayur atau bahan apa aja yg terlarang buat diolah untuk pengidap asam urat, darah tinggi, kolesterol
    2. minyak wijen dan saus tiram terlarang ga ya buat pengidap penyakit di atas?

    tolong dong para suhu di sini, bagi2 resep praktisnya ke g

  2. #2
    pelanggan
    Join Date
    Nov 2011
    Posts
    81
    Mentioned
    0 Post(s)
    haiii porceeemasakan buat orang tua dan orang muda pada dasarnya sama, prinsipnya kudu sehat. Jangan biasakan banyak garam/gula, secukupnya aja asal masakan kita gak hambar. Kurangi atau kalo bisa tinggalkan nasi, jadikan sayur/buah/ikan sebagai makanan utama kita. NEVER USE MSG/PENYEDAP2 buatan!! gunakan rempah rempah penyedap alami makanya kalo lagi masak jangan pelit make bawang putih, bawang merah dkk nya. minyak wijen gak terlalu pengaruh ke rasa, dia pengaruhnya ke aroma. jangan pilih saus tiram yang MSG nya seabrek. inget prinsip ada harga ada rupa.

  3. #3
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    5,623
    Mentioned
    125 Post(s)
    oh..jadi saus tiramnya mesti hati2 ya?
    soal penyedap, g masak2 kemaren emang ga pernah pake MSG lagi...udah diajarin sama ortu buat menghindari penyedap buatan
    gantinya, di bumbu masakan ditambahin ulekan ebi atau teri...jadinya enak loh

    ada yg bisa sumbang resep sehat praktis dan enak lainnya ga?

  4. #4
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    9,223
    Mentioned
    560 Post(s)
    tergantung selera sih non,
    ama seberapa ketat/displin mereka menjaga asupan makan mereka.

    tahu bacem yang dikuah (ga pake digoreng)
    yang lain2 ya masak sop, pecel/urap, pare, terong, aneka sayur tumis, sayur asem.

    yang aneka persantanan, pake santan encer. jangan yang kentel nanti cari penyakit.
    *emang sih rasanya jadi kurang greget. tapi demi menjaga kesehatan ortu
    misalnya sayur lodeh, sayur jipan, sayur nangka

    mogamoga gw ga salah sebut nama sayur, maklum ga bisa masakkk gw
    simpel aja | Pohon-pohon itu telah ditanam di hati, agar riuh gaduh tak lagi mengaduh.

  5. #5
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Mentioned
    165 Post(s)
    kalo menurut gw, pemanis buatan atau bahan2 additif lainnya itu aman buat orang tua karena efek buruknya jangka pnjang...
    justru orang muda dan anak2 yg harus berusaha menghindarinya karena umur mereka masih panjang.

  6. #6
    pelanggan
    Join Date
    Nov 2011
    Posts
    81
    Mentioned
    0 Post(s)
    Quote Originally Posted by etca View Post
    tergantung selera sih non,
    ama seberapa ketat/displin mereka menjaga asupan makan mereka.

    tahu bacem yang dikuah (ga pake digoreng)
    yang lain2 ya masak sop, pecel/urap, pare, terong, aneka sayur tumis, sayur asem.

    yang aneka persantanan, pake santan encer. jangan yang kentel nanti cari penyakit.
    *emang sih rasanya jadi kurang greget. tapi demi menjaga kesehatan ortu
    misalnya sayur lodeh, sayur jipan, sayur nangka

    mogamoga gw ga salah sebut nama sayur, maklum ga bisa masakkk gw
    ohhhh ya ampyuuuun chifkok etca, lodeh n nangka itu bersantan full

    lebih aman bening/sop,salad, sayur asem, tumis boleh dengan sedikit minyak.

    ---------- Post added at 08:45 PM ---------- Previous post was at 08:43 PM ----------

    Quote Originally Posted by AsLan View Post
    kalo menurut gw, pemanis buatan atau bahan2 additif lainnya itu aman buat orang tua karena efek buruknya jangka pnjang...
    justru orang muda dan anak2 yg harus berusaha menghindarinya karena umur mereka masih panjang.
    MKSUTTTTNYAAAAH kerna orang tua lebih berumur jadi umurnya gak panjang lage gituu?????
    nih ya, coba dilogikan...orang tua metabolisme tubuhnya gak sebagus orang muda, kekuatan tubuh mereka gak sebagus anak anak muda, so seharusnya asupan makanan mereka justru harus lebih aman/sehat dari orang muda...
    kalo loe jutru nganjurin orang orang tua lebih sembarangan itu sama artinya ngedoain mereka cepet pindah alam

    ---------- Post added at 08:47 PM ---------- Previous post was at 08:45 PM ----------

    Porceee, aku saranin gabung ke fan pagenya Wied Harry di Facebook, doi ahli nutrisi, suka bagi resep sehat
    buku bukunya juga bisa didapet di toko buku

  7. #7
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    5,623
    Mentioned
    125 Post(s)
    wah..makasih banget buat sarannya
    nanti g coba gabung ke sana

    btw bisa minta link langsungnya ke pages yg dimaksud ga?
    g cari2 kok cuma nyasar ke makanan bayi
    Last edited by Porcelain Doll; 28-11-2011 at 02:04 PM.

  8. #8
    Barista Nharura's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Di Hatimu
    Posts
    4,980
    Mentioned
    29 Post(s)
    oia... kalau dirumah, sering masakin bapak,, bubur menado... tapi jangan bayam,, sayur sawi dan labu kuning aja, di bikin.. tapi jangan pake garam (karena gak baik buat hipertensi), jangan pake gula juga, gak baik buat diabetes... kalau mau beli garam khusus hipertensi seperti di tiansi atau apotek2,, kalau diabetes,, coba pake gula tripicana... biasanya bubur menado,, paling enak di makan sama beliau,, Ikannya ikan rebus aja, misalnya Ikan Tongkol ya di rebus...^^

    sering juga bikinin sop ,, tapi sop-nya nihil garam,, tapi bayangin wortel, kentangnya aja.. dan ayam rebus...
    Ikhlas itu Gimana sih? Kata orang Bijak, Ikhlas itu seperti saat Kita membuang -maaf- BAB ke Toilet, khan kita gak nengok-nengok lagi si itu dikeluarin, trus kita gak merasa menyesal mengeluarkannya. Nah itulah Ikhlas. Trus Gimana kalau Ikhlas dalam bersedekah? Ya gak usah dingat-ingat, pokoknya keluarin aja, trus lupakan deh. Semoga Kita bisa menuju Makhluk Ikhlas di sisi Allah. Amin

  9. #9
    pelanggan sejati Urzu 7's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Posts
    7,940
    Mentioned
    24 Post(s)
    Kasih sop sayur aja tiap hari

  10. #10
    pelanggan setia kandalf's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,265
    Mentioned
    258 Post(s)
    Baru aja ngomong 'jangan banyak garam' tetapi udah didahului oleh balado_kentang.
    Kalau masakan untuk ayahku malah tidak boleh gorengan. Jadi dipanggang.
    Lomba peluk2an di Citos: 30 November 2013
    Lomba dorong2an di Candra Naya (dkt Glodok): 8 Desember 2013

  11. #11
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    5,623
    Mentioned
    125 Post(s)
    Quote Originally Posted by Nharura View Post
    oia... kalau dirumah, sering masakin bapak,, bubur menado... tapi jangan bayam,, sayur sawi dan labu kuning aja, di bikin.. tapi jangan pake garam (karena gak baik buat hipertensi), jangan pake gula juga, gak baik buat diabetes... kalau mau beli garam khusus hipertensi seperti di tiansi atau apotek2,, kalau diabetes,, coba pake gula tripicana... biasanya bubur menado,, paling enak di makan sama beliau,, Ikannya ikan rebus aja, misalnya Ikan Tongkol ya di rebus...^^

    sering juga bikinin sop ,, tapi sop-nya nihil garam,, tapi bayangin wortel, kentangnya aja.. dan ayam rebus...
    tropicana katanya kan ga bagus soalnya terbuat dari sakarin, mending equal aja

    bubur manado di rumah termasuk sering bikin terutama buat sabtu pagi, cuma karena bukan g yg masak, jadi ga bisa nge-track bumbunya yang dimasukin apa aja
    bayam masih ada tuh g liat, sama jagung manis

    agak terbantu dengan buku resep khusus buat penderita diabetes dan lain2

    @urzu dan kandalf: thanks sarannya
    sop sayur hampir ada tiap hari, cuma gorengan kaya tempe atau tahu juga ngikut
    gimana ya...

  12. #12
    Chief Cook GiKu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,750
    Mentioned
    281 Post(s)
    coba dikonsultasikan ke ahli gizi, nanti ahli gizi akan memberikan daftar makanan yg aman/dikurangi/dihindari sesuai dengan kondisi kesehatan orang tua
    yg kita pikir baik belum tentu baik untuk organ tubuh orang yg sudah tua

    fungsi2 lambung, pankreas, liver, ginjal sudah mulai menurun

  13. #13
    dokter RSJ - KM ancuur's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Location
    RSJ - KM Jabatan:____ Dokter Jiwa
    Posts
    15,694
    Mentioned
    402 Post(s)
    6 Makanan Bergizi Untuk Kulit
    supaya kulit orang tua itu gak cepet keriput

    Mempunyai kulit yang mulus dan bersih adalah idaman setiap manusia, baik lelaki maupun wanita. Berbagai perawatan mulai dari tradisional hingga modern dilakukan, mulai dari yang murah hingga yang paling mahal.

    Memperoleh kulit yang sehat tidaklah melalui perawatan, tetapi juga dapat diperoleh dari berbagai makanan yang dikonsumsi. Ada berbagai makanan sehat bergizi yang sangat baik untuk kulit, anda harus mengkonsumsi makanan ini sebagai tindakan pencegahan alternative dalam cara merawat wajah dan cara menghilangkan jerawat. Enam makanan bergizi untuk kulit yaitu:
    1. Jeruk. Buah ini mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan produksi kolagen yang dapat mengurangi kerutan dan mengcegah terjadi penuaan pada kulit. Selain itu melambatkan produksi melanin yang dapat membuat kulit menjadi lebih gelap.

    2. Sayuran berwarna merah dan hijau. Bayam, wortel, brokoli, dan kawan-kawannya mengandung banyak beta-carotene yang berfungsi sebagai antioksidan untuk kulit. Selain mencegah kerusakan sel, beta-carotene juga akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang berguna untuk memerangi jerawat, memproduksi sel kulit baru, dan membuat warna kulit terlihat cerah dan muda. Akan lebih baik jika vitamin A kita dapatkan langsung dari makanan dan bukan dari suplemen vitamin, karena kelebihan vitamin A justru dapat mengganggu kesehatan kita.

    3. Ikan. Daging ikan seperti tuna, sarden dan salmon mengandung banyak protein yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari dan berbagai macam polusi. Selain itu, protein membantu memproduksi sel dan juga membuat kulit lebih terlihat bercahaya.
      Alpukat.Alpukat adalah sumber vitamin E. Ia berguna untuk menghambat penuaan dan membersihkan kulit dari segala noda seperti bekas jerawat, flek hitam, dan masalah lain. Mengonsumsi alpukat secara teratur juga akan mencegah kulit menjadi kendur seiring bertambahnya usia.

    4. Gandum. Mengkonsumsi gandum sangat baik untuk tubuh karena memproduksi biotin yang dapat mengatasi kulit menjadi kering dan terlihat kusam.

    5. Minyak zaitun. Gunakan minyak zaitun dalam setiap masakan anda, ini karena mengandung asam lemak yang dapat membuat kulit lebih sehat dan bercahaya.


    Kalau tidak ingin kulit keriput, silahkan untuk memasukan enam makanan bergizi untuk kulit kedalam daftar menu..

  14. #14
    pelanggan sejati Urzu 7's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Posts
    7,940
    Mentioned
    24 Post(s)
    ^ yg 4 sama 5 ga wajib om

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •