Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 20 of 59

Thread: negosiasi

  1. #1
    Pakar Memematika Ray Surya's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    4,449

    negosiasi

    misal kejadian gini, lu pengen beli sebuah meja
    trus lu nanya ke penjual, dia bilang harganya Rp 700 ribu.
    trus lu nawar, bilang Rp 300 ribu aja...

    lalu si penjual bilang: "klo ada yg harga Rp. 300 ribu, bawa sini 12 biji, gw beli semua..!"

    menurut lu kelakuan si penjual itu gimana?

    menurut gw sih ******** banget, klo gak mau ditawar kan dia bisa bilang atau ngasih keterangan "harga pas"
    atau klo dia mau nurunin kan bisa aja dia nurunin dikit atau dikit2, namanya juga nego.
    R*y Sury* Ditunjuk Presiden SBY Jadi Menpora

  2. #2
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Buitenzorg
    Posts
    6,353
    bisa lihat dari ekspresinya, jika maksudnya cuman sekedar bercanda ya tidak jadi masalah

    tapi jika kesannya angkuh ini nih yg biasanya mengetes kesabaran

    sudah, balik badan aja, tinggalin
    ELPHELT VALENTINE'S MARIONETTE.

  3. #3
    Strategi dagang tu gan. Biar konsumen percaya kalo di tempat lain harganya juga segitu.
    Biarpun gak mesti sampe nyebutin kek gitu. Lha dia yang jual kok malah balik nawar yah???

    Tapi... mending tanya di toko sebelah aja dulu gan.
    Buat ngecek aja, manatau harganya bisa lbh murah.

    btw, ini beli apaan si gan?

  4. #4
    pelanggan setia heihachiro's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    little nong
    Posts
    2,581
    nawarnya terlalu afgan kali, masa dari 700 ditawar jadi 300, wajar aja yang jual sewot

  5. #5
    Pakar Memematika Ray Surya's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    4,449
    Quote Originally Posted by Yuki View Post
    bisa lihat dari ekspresinya, jika maksudnya cuman sekedar bercanda ya tidak jadi masalah

    tapi jika kesannya angkuh ini nih yg biasanya mengetes kesabaran

    sudah, balik badan aja, tinggalin
    becandaan gak lucu kali, orang suasana mau transaksi kan lagi serius.
    misal barangnya unik, jarang ditemuin atau gak tau lagi mana yg jual, gimana?
    Quote Originally Posted by nick naylor View Post
    Strategi dagang tu gan. Biar konsumen percaya kalo di tempat lain harganya juga segitu.
    Biarpun gak mesti sampe nyebutin kek gitu. Lha dia yang jual kok malah balik nawar yah???

    Tapi... mending tanya di toko sebelah aja dulu gan.
    Buat ngecek aja, manatau harganya bisa lbh murah.

    btw, ini beli apaan si gan?
    lu udah teliti baca post 1 belum?
    lagian misal meja yg dia jual itu unik, jarang atau gak tau lagi mana yg jual
    Quote Originally Posted by heihachiro View Post
    nawarnya terlalu afgan kali, masa dari 700 ditawar jadi 300, wajar aja yang jual sewot
    ilmu nawar itu gimana gan? setau gw, di Malioboro nawar itu harus 1/3 harga. jadi mana tau tempat tsb juga pakai strategi malioboro jogja??
    orang2 kakilima sana suka ngasal bikin harga.
    R*y Sury* Ditunjuk Presiden SBY Jadi Menpora

  6. #6
    pelanggan setia heihachiro's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    little nong
    Posts
    2,581
    yee, nawar ala M'boro dipake di semua tempat
    kalo toko bukan kakilima ga bisa lah ditawar gitu
    lapak kakilima juga ga semuanya bisa semena-mena langsung todong 1/3 gitu
    normalnya sih 2/3, kalo yg jual rada ga masalah bisa dimulai dari 1/2 harga

  7. #7
    Pakar Memematika Ray Surya's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    4,449
    gak di semua tempat lah.
    ane cuma heran, kok ada orang yg bisa jawab kyk penjual tadi. apa dia gak diajari sopan santun.
    soal nawar mulai dari angka berapa itu kan tergantung sikon. namanya aja negosiasi.


    lu sakit ati gak dijawab macam jawaban penjual tadi?
    R*y Sury* Ditunjuk Presiden SBY Jadi Menpora

  8. #8
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Buitenzorg
    Posts
    6,353
    ray sudah ngebet banget pengan beli barang itu?

    kalo saya sih sudah gak akan ditawar lagi, secara saya memang gak pinter nawar
    ELPHELT VALENTINE'S MARIONETTE.

  9. #9
    pelanggan setia Kaine's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    3,419
    Quote Originally Posted by heihachiro View Post
    nawarnya terlalu afgan kali, masa dari 700 ditawar jadi 300, wajar aja yang jual sewot
    This.Klo ampe ngomong gitu brarti emang nawarnya keterlaluan.

  10. #10
    menurut gw
    itulah klo pedagang yng belum tersentuh pelatihan
    to be a good seller or service exellence kale yak
    makanya, gaya komunikasinya maseh ketus abis.

    pdhl, meski maksudnya sama = tidak ngasih/keberatan
    klo disampaikan dng gaya bahasa/ungkapan yng berbeda
    dampaknya thd customer jg akan jauh beda lho
    mbregegeg ugeg-ugeg hemel-hemel sak dulito

  11. #11
    Pakar Memematika Ray Surya's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    4,449
    Quote Originally Posted by Kaine View Post
    This.Klo ampe ngomong gitu brarti emang nawarnya keterlaluan.
    tapi kan nawar itu bukan bermaksud nyakitin, sedangkan jawaban tadi emang berniat nyakitin

    Quote Originally Posted by pasingsingan View Post
    menurut gw
    itulah klo pedagang yng belum tersentuh pelatihan
    to be a good seller or service exellence kale yak
    makanya, gaya komunikasinya maseh ketus abis.

    pdhl, meski maksudnya sama = tidak ngasih/keberatan
    klo disampaikan dng gaya bahasa/ungkapan yng berbeda
    dampaknya thd customer jg akan jauh beda lho
    berarti bener, klo jawaban tadi emang tidak enak didenger...
    R*y Sury* Ditunjuk Presiden SBY Jadi Menpora

  12. #12
    pelanggan setia Kaine's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    3,419
    Quote Originally Posted by Ray Surya View Post
    tapi kan nawar itu bukan bermaksud nyakitin, sedangkan jawaban tadi emang berniat nyakitin
    Tergantung besaran nawarnya.make sense gak.Customer juga mesti dikasi kepelatihan to be a good customer.. Biar tau cara nawar yang baik gimana.

  13. #13
    Pakar Memematika Ray Surya's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    4,449
    Quote Originally Posted by Kaine View Post
    Tergantung besaran nawarnya.make sense gak.Customer juga mesti dikasi kepelatihan to be a good customer.. Biar tau cara nawar yang baik gimana.
    itukan gak bisa dipatok.
    kondisi jualan kan macem2,
    ada dept store,
    ada kq5,
    ada tukang ikan,
    ada kolektor,
    ada toko yg hampir tutup (karena bangkrut),
    ada yg jual rugi,
    ada yg buru2 butuh duit,
    ada mobil yg habis celaka,
    ada barang bagus tapi ada goresan....
    bahkan kq5 malioboro dgn Solo aja bisa beda padahal sama2 kq5.

    gimana matoknya cara nawar, shg bisa dipelajari??
    R*y Sury* Ditunjuk Presiden SBY Jadi Menpora

  14. #14
    pelanggan setia Kaine's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    3,419
    makanya use your common sense lah...

    Pelajarin dulu barang yg lu mo beli, gimana sikonnya..Harga pasarannya. Biar ga ditipu seller, juga ga nyari gara2 dengan seenaknya nawar ga kira-kira, yang ujung2nya dihardik penjual, langsung pundung..

  15. #15
    Pakar Memematika Ray Surya's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    4,449
    pundung artinya apa?

    klo sikap penjual nyakitin gitu kan, malah dia yg rugi? barang gak keluar2
    R*y Sury* Ditunjuk Presiden SBY Jadi Menpora

  16. #16
    pelanggan setia Kaine's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    3,419
    pundung kaya lu gitu...langsung curhat bikin trit

    Ga laku hari itu, bukan brarti ga bakal laku selamanya.

  17. #17
    pelanggan setia heihachiro's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    little nong
    Posts
    2,581
    pundung = mutung

    eniwei, kalo saya sih biasa aja digituin, wong jarang pake nawar2 kalo beli
    kalopun nawar biasanya cuma dapet turun dikit biar dipas-pasin kembaliannya

  18. #18
    Pakar Memematika Ray Surya's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    4,449
    gak curhat, gw nanya, bener gak sih sikap penjual tsb nyakitin? soalnya menurut gw gak sopan.
    makanya gw tanya soal penilaian kalian soal sikap penjual tsb.

    klo ternyata sopan, brarti bisa gw contoh, soalnya gw juga pedagang
    R*y Sury* Ditunjuk Presiden SBY Jadi Menpora

  19. #19
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    Setuju dengan Kaine, coba cari informasi dan tawarlah dengan wajar. Tawar menawar ala Malioboro ga bisa diterapkan di semua tempat. Jawaban penjual terkesan angkuh, tapi menurut saya, menawar harga barang melebihi 50% dari harga awal itu memang keterlaluan. Penetapan harga adalah adalah hak dari penjual, penjual yang baik akan memberikan informasi kepada calon pembeli apakah harga yang ditetapkan harga tetap atau terbuka terhadap opsi tawar menawar.

    Inti dari negosiasi adalah informasi terhadap objek dari negosiasi dan cara bernegosiasi. Informasi bisa didapat dengan cara riset harga pasar. Kalau memang barang tersebut unik, lihat seberapa unik, cari referensi harga di tempat lain lewat internet atau jalan ke toko lain jika berbelanja secara offline. Jika harga yang dipasang penjual relatif sama dengan penjual lain, berarti harga yang penjual tersebut gunakan adalah harga kompetitif dan ketika menawar barang tersebut tidak bisa membuat perbedaan terlalu besar. Lain dengan barang yang umum bisa didapatkan dan diketahui margin penjualannya besar, apalagi jika tertulis bisa menawar/negosiasi, bisa dicoba menawar sampai 50% dari harga. Harga untuk Collectibles lebih unik lagi karena faktor harga sangat dipengaruhi persepsi dari penjual dan pembeli, tidak pernah ada kata terlalu mahal atau murah dalam penjualan collectibles, karena ketika si penjual atau pembeli menghargai barang yang dijualnya nilainya akan sangat tinggi dan sebaliknya jika tidak dihargai maka harganya akan menjadi sangat rendah. Penjual besar cenderung lebih terbuka terhadap tawar menawar dibandingkan seller kecil karena mempertimbangkan arus kas dan keadaan stoknya.

    Jika media komunikasi antara penjual dan pembeli bersifat langsung, menggunakan kata-kata yang santun dalam bertransaksi sangat dianjurkan. Jika tidak ingin menyinggung hati seller, tanyakan terlebih dahulu sebelum menawar, berapa harga terendah yang dia bisa berikan. Setelah dia menjawab, baru ajukan penawaran, harga akan turun naik, dan pada akhirnya penjual dan pembeli akan bersepakat untuk sepakat ataupun sepakat untuk tidak bersepakat.

    Sekian pendapat dari saya.

  20. #20
    pelanggan setia heihachiro's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    little nong
    Posts
    2,581
    Quote Originally Posted by Ray Surya View Post
    gak curhat, gw nanya, bener gak sih sikap penjual tsb nyakitin? soalnya menurut gw gak sopan.
    makanya gw tanya soal penilaian kalian soal sikap penjual tsb.

    klo ternyata sopan, brarti bisa gw contoh, soalnya gw juga pedagang
    IMO, nyakitin ga nyakitin tergantung intonasinya juga
    kalo dengan nada becanda ato semi nyindir ya gapapa kali
    tapi kalo pake nada sengak ya paling2 didoain ga laku ama customernya

Page 1 of 3 123 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •