Page 1 of 4 123 ... LastLast
Results 1 to 20 of 62

Thread: Menu Sahur dan Buka Puasa

  1. #1
    juragan kopi noodles maniac's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Noodle Cafe
    Posts
    14,372
    Mentioned
    441 Post(s)

    Menu Sahur dan Buka Puasa

    Sahur,
    Saya termasuk yang jarang dan males sahur
    tapi ya karena sunnahnya harus sahur, ya saya cukup minum air putih, kurma dan biskuit. Jarang bisa makan nasi atau makanan berat lainnya, soalnya gak berselera malah rasanya mual mau muntah

    Buka puasa,
    Menu yang paling sering es teh sama lontong, sama gorengan

    Oh ya, saya juga termasuk yang gak bisa tuh begitu beduk maghrib lansung makan nasi atau makanan berat, harus dijedain dulu. Biasanya habis sholat tarawih sekitar jam 20.30-21.00 an baru bisa makan berat

    Gimana dengan kalian? apa menu sahur dan buka puasa kalian?
    Jika menurutmu hidup ini tidak menarik, maka buatlah hidupmu semenarik mungkin - Shinsaku Takasugi

    Impossible is nothing!

  2. #2
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Verbotenes Spiel
    Posts
    6,221
    Mentioned
    194 Post(s)
    Perlu diingat sahur itu hukumnya sunah ya bukan wajib

    Walaupun begitu saya selalu berusaha untuk sahur supaya badan tetap fit, setidaknya bagi saya. Efeknya tiap orang tentu berbeda-beda

    Sahur pertama tadi makan nasi sambel kentang, lalu minum sirup orange
    I will lay you to rest in a cool bed of ice.

  3. #3
    juragan kopi noodles maniac's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Noodle Cafe
    Posts
    14,372
    Mentioned
    441 Post(s)
    Betul @Yuki
    Cuma ya entah kenapa untuk sahur itu malesnya minta ampun, sama kayak disuruh sholat sunnah tahajud
    #malahcurhat
    Jika menurutmu hidup ini tidak menarik, maka buatlah hidupmu semenarik mungkin - Shinsaku Takasugi

    Impossible is nothing!

  4. #4
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Verbotenes Spiel
    Posts
    6,221
    Mentioned
    194 Post(s)
    lagi tidur terus harus bangun dan harus makan, jelas saja males, saya juga males sebenarnya

    tapi mau gimana lagi, kalo saya gak sahur malah makin kelimpungan nantinya



    sebenarnya begini ya yg dimaksud dengan sahur itu: makan di waktu setelah berbuka puasa dan sebelum imsak, itu sahur namanya. Jadi yg namanya sahur mau jam 8 malam kek, mau jam 9, jam 10 kek mau jam 2 kek atau jam 4 kek tidak masalah

    hanya saja memang ada hadis sahih yg menjelaskan bahwa pahala sahur yg terbesar adalah apabila sahur tsb dilaksanakan sedekat mungkin dengan imsak
    I will lay you to rest in a cool bed of ice.

  5. #5
    juragan kopi noodles maniac's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Noodle Cafe
    Posts
    14,372
    Mentioned
    441 Post(s)
    @Yuki

    Buka puasa hari ini pingin martabak telor, tapi pasti ngantri
    Last edited by noodles maniac; 17-05-2018 at 04:07 PM.
    Jika menurutmu hidup ini tidak menarik, maka buatlah hidupmu semenarik mungkin - Shinsaku Takasugi

    Impossible is nothing!

  6. #6
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    6,292
    Mentioned
    154 Post(s)
    disini, ada tradisi sahur pertama pasti pake indomie + telur
    cuma kemaren telurnya diganti rendang

    buka puasa sekarang menghindari banget gorengan...bikin eneg...kalopun terpaksa...cukup satu aja
    minum teh juga dikurangi, soalnya menghilangkan jatah minum air putih
    lagi panas2nya nih sekarang, butuh air banyak

    semalem karena lagi ada yg ultah, menunya uduk sama ayam goreng berkah
    tapi pas buka cuma air putih sama kurma sih....45 menit kemudian langsung makan berat dan berhenti cemil2 setelahnya

    agak susah ya ngatur makan ini itu kalo pas puasa, makanya jatah cemilan dan minum macem2 dikurangi
    ngatur jatah makan buah aja membingungkan....dimakan setelah buka dan sebelum makan besar kayanya lebih pas
    Popo Nest

  7. #7
    juragan kopi noodles maniac's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Noodle Cafe
    Posts
    14,372
    Mentioned
    441 Post(s)
    Quote Originally Posted by noodles maniac View Post
    @Yuki

    Buka puasa hari ini pingin martabak telor, tapi pasti ngantri
    Hari ke-1
    Buka puasa,
    Gagal beli martabak telor karena dah mepet buka puasa, akhirnya random beli apa aja sekenanya. Dapetlah gorengan. Makin endud lah saya

    Hari ke-2
    Sahur,
    Bikin strategi baru, bangun jam 3 baru jam 4 an coba makan nudel goreng+telor. Minumnya cukup air putih aja. Gak mau yang manis-manis atau mcem-macem, biasamya pasca sahur malah bikin mulut asem. It works, gak mual. Kayaknya harus dijedain, kalo bangun tidur jangan langsung makan
    Last edited by noodles maniac; 19-05-2018 at 05:30 AM.
    Jika menurutmu hidup ini tidak menarik, maka buatlah hidupmu semenarik mungkin - Shinsaku Takasugi

    Impossible is nothing!

  8. #8
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Verbotenes Spiel
    Posts
    6,221
    Mentioned
    194 Post(s)
    menu buka 1
    teh hangat, sirup orange, nasi, sate ayam, sup, kerupuk, permen stroberi, teh ichi ocha dan opak dilanjutkan dengan es buah, permen stroberi

    menu sahur 2
    mie goreng, nasi, sosis goreng, telur dadar, yuzu
    I will lay you to rest in a cool bed of ice.

  9. #9
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    10,845
    Mentioned
    748 Post(s)
    thread yang hanya boleh dibuka saat usai sahur dan buka puasa,
    menggoda soalnya

    hari pertama, saya jadi berasa ikutan puasa karena sarapan jam 4 subuh

  10. #10
    juragan kopi noodles maniac's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Noodle Cafe
    Posts
    14,372
    Mentioned
    441 Post(s)
    Hari ke-2
    Buka puasa,
    Dapetlah itu lontong+gorengan, cuma mehong bener lontong harganya 3,000

    Hari ke-3
    Sahur,
    Sodara dateng bawain martabak telor habis tarawih. Alhamdulillah rezeki anak.sholeh. Tau aja saya lagi ngidam. Sahurlah saya pake martabak telor minumnya air putih hangat saja
    Jika menurutmu hidup ini tidak menarik, maka buatlah hidupmu semenarik mungkin - Shinsaku Takasugi

    Impossible is nothing!

  11. #11
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Verbotenes Spiel
    Posts
    6,221
    Mentioned
    194 Post(s)
    lontongnya gede? Kalo gede ya mungkin wajar harga segitu

    menu buka 2
    nasi, udang saus telur asin, ayam goreng, gado-gado, es krim

    menu sahur 3
    nasi, ayam goreng, telur dadar, es krim
    I will lay you to rest in a cool bed of ice.

  12. #12
    juragan kopi noodles maniac's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Noodle Cafe
    Posts
    14,372
    Mentioned
    441 Post(s)
    Ukurannya beda dikit sama lontong yang harganya 1,500 an
    Jika menurutmu hidup ini tidak menarik, maka buatlah hidupmu semenarik mungkin - Shinsaku Takasugi

    Impossible is nothing!

  13. #13
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    10,845
    Mentioned
    748 Post(s)
    Lontong oncom?
    Itu makanan khas betawi kah?
    Soalnya lihat di pinggir jalan n sodara juga ada yang jualan.
    Perasaan di Jateng kaga ada begituan.
    Atau sayanya yg jarang jajan yak?
    Posted via Mobile Device

  14. #14
    pelanggan setia
    Join Date
    May 2011
    Posts
    4,783
    Mentioned
    182 Post(s)
    Wah baiklah kan kuingat satu-satu menu sahur dan buka.

    Hari 1
    Sahur: Whole wheat tortilla wrap isi mascarpone cheese, pepaya
    Buka: Japanese salad dan detox juice

    Hari 2
    Sahur: Steamboat
    Buka: Green tea botol, gorengan dua, roti walnut dikit
    Makan malam: Tenderloin abuba dan red riding hood

    Hari 3
    Sahur: Fruit salad dan detox juice
    Buka: Jus timun, kurma, lemon dan roti walnut
    Makan malam: Black rice, bawal bakar, terong balado

    Banyak salad dan detox juice yak hihihi. Itu sisa katering minggu ini. Minggu depan enggak lagi.
    There is no comfort under the grow zone, and there is no grow under the comfort zone.

    Everyone wants happiness, no one wants pain.

    But you can't make a rainbow without a little rain.

  15. #15
    juragan kopi noodles maniac's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Noodle Cafe
    Posts
    14,372
    Mentioned
    441 Post(s)
    Quote Originally Posted by etca View Post
    Lontong oncom?
    Itu makanan khas betawi kah?
    Soalnya lihat di pinggir jalan n sodara juga ada yang jualan.
    Perasaan di Jateng kaga ada begituan.
    Atau sayanya yg jarang jajan yak?
    Posted via Mobile Device
    Iya biasanya ada dua, lontong isi oncom sama lontong isi kentang+wortel. Lontong isi oncom gak betawi aja, sunda pun ada kok. Kalo jateng adanya lontong tanpa isi, kayak yang dipake sama tukang sate itu, satu lagi namanya arem-arem. Arem-arem mirip lontong isi kentang+wortel, malah ada yang isi daging giling, tapi arem-arem pake santen makanya makan itu bisa bikin mblenger

    - - - Updated - - -

    Hari ke-3
    Buka puasa,
    Lontong+gorengan again, minumnya es kelapa

    Hari ke-4
    Sahur,
    Gak nafsu makan apa-apa, minum air putih anget aja

    Sampe hari ke-4 puasa ini saya sukses gak makan nasi
    Mudah-mudahan perut buncit bisa kempes pes pes pes
    Jika menurutmu hidup ini tidak menarik, maka buatlah hidupmu semenarik mungkin - Shinsaku Takasugi

    Impossible is nothing!

  16. #16
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Verbotenes Spiel
    Posts
    6,221
    Mentioned
    194 Post(s)
    menu buka 3 dan menu sahur 4 sama-sama McD, ayam spicy dan kentang goreng

    alhasil perut panas dan.............begitulah saya sudah memprediksikan ini bakal terjadi, jadi kayanya saya kapok makan McD 2 kali berturut-turut, lain kali cukup yg buka saja
    I will lay you to rest in a cool bed of ice.

  17. #17
    juragan kopi noodles maniac's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Noodle Cafe
    Posts
    14,372
    Mentioned
    441 Post(s)
    Hari ke-4
    Buka puasa,
    Lontong+gorengan again, minumnya es sirop marjan rasa pisang susu
    Sebelom tarawih sempet makan nasi, pake ampela ati, sambel ijo. Akhirnya ketrmu nasi

    Hari ke-5,
    Sahur,
    3 butir kurma+air putih
    Jika menurutmu hidup ini tidak menarik, maka buatlah hidupmu semenarik mungkin - Shinsaku Takasugi

    Impossible is nothing!

  18. #18
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Verbotenes Spiel
    Posts
    6,221
    Mentioned
    194 Post(s)
    eeuuhhh ketemu lagi permirsa bersama saya di sini...



    menu buka 4, kemarin sate ayam lagi dan martabak telor

    untuk menu sahur 5, makanan padang, ayam goreng dan perkedel lalu makan kolak waluh....



    sekian, hoaahhhmmmm.....
    I will lay you to rest in a cool bed of ice.

  19. #19
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    6,292
    Mentioned
    154 Post(s)
    hari minggu kemarin buka bersama keluarga

    bukanya makan tahu goreng 1, jamur tepung, es kelapa muda
    makan malemnya dapet nasi box + empal + lalap + sambel + tahu tempe goreng plus nambah ayam krispi

    sahur...bangun kepagian, jadi minum es kopi...langsung kleyengan (kayanya menghindari kopi selama bulan puasa ini), langsung bikin ramen korea
    habis itu, minum milo....

    bukanya tadi pake kurma 1, martabak 1, singkong goreng 1, air putih
    pra makan malem : pepaya
    makan malem minta dibikinin nasi goreng + telur + ayam serundeng + nugget 2, minumnya air putih lagi
    Popo Nest

  20. #20
    juragan kopi noodles maniac's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Noodle Cafe
    Posts
    14,372
    Mentioned
    441 Post(s)
    Hari ke-5
    Buka puasa
    Gorengan, lontongnya kehabisan, telat belinya dah menjelang buka
    Makan malamnya nasi putih+kerupuk udang aja

    Hari ke-6
    Sahur pake air putih aja
    Jika menurutmu hidup ini tidak menarik, maka buatlah hidupmu semenarik mungkin - Shinsaku Takasugi

    Impossible is nothing!

Page 1 of 4 123 ... LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •