Results 1 to 8 of 8

Thread: Racun kalajengking

  1. #1
    pelanggan tetap mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    1,800
    Mentioned
    50 Post(s)

    Racun kalajengking





    “Kalau mau kaya raya, jual lah racun Kalajengking,” begitulah saran Presiden Joko Widodo yang disampaikan dalam pidato kenegaraannya saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2018 Senin (30/4) pekan lalu. Publik pun tersentak heboh setelah pidato Presiden tersebut, pro dan kotra seketika muncul baik di dunia maya dan dunia nyata, dan bahkan tak sedikit mendapat tanggapan dari para petinggi negara. Pidato ini mengingatkan kita akan kesalahan pidato kenegaraan sebelumnya, ketika Jokowi salah menyebut kota kelahiran Bung Karno.

    “Apa komoditas yang paling mahal di dunia? Emas? Bukan. Ada fakta menarik dari info yang saya baca, komoditas paling mahal adalah racun kalajengking harganya USD10,5 juta atau Rp145 miliar per liter,” ujar Jokowi yang disambut seloroh tawa Bupati dan Wali Kota seluruh Indonesia.

    Benarkah demikian? Salah satu pedagang kalajengking, Bryan Arifianto mengatakan kepada Tirto, bahwa apa yang dikatakan Jokowi sebagian benar, sebab, katanya, “cuma jenis tertentu saja yang benar-benar mahal.”

    Dikutip dari National Geographic Kalajengking adalah anggota kelas Arachnida dan berhubungan erat dengan laba-laba, tungau dan kutu. Mereka biasanya hidup di padang pasir, tapi mereka juga tinggal di hutan seperti di Brazil, British Columbia, North Carolina, dan bahkan pegunungan Himalaya.



    Ada hampir 2.000 spesies kalajengking, tetapi hanya 30 sampai 40 species yang memiliki racun yang cukup kuat untuk membunuh orang. Banyak jenis racun secara efektif dirancang untuk gaya hidup. Kalajengking umumnya memakan serangga, tetapi ketika makanan langka, kalajengking mempunyai kebolehan menakjubkan untuk memperlambat metabolisme. Ini memungkinkan beberapa spesies menggunakan sedikit oksigen dan hidup sebagai serangga tunggal.

    Dengan menurunkan metabolisme, kalajengking memiliki kemampuan bertahan hidup dan keterampilan seperti ini memungkinkan kalajengking untuk tinggal di beberapa lingkungan berat. Tapi ada satu hal yang membuat kalajengking sulit hidup. Mereka yang hidup dengan menggali tanah, bila tanah gembur tidak tersedia, kalajengking mungkin tidak mampu bertahan.

    Sekitar delapan tahun yang lalu, situs BBC pernah memuat tulisan dengan judul “Scorpion sting heart bypass aid”. Di situ tertulis bahwa racun kalajengking dari Amerika Tengah terbukti efektif dalam mencegah komplikasi. Peneliti dari University of Leeds menemukan bahwa racun margatoxin yang terdapat pada kalajengking jenis kulit kayu, memiliki kekuatan minimal 100 kali lebih kuat dibanding senyawa lain untuk mencegah kegagalan cangkok vena.

    Hasil penelitian terkait manfaat racun kalajengking ini sudah diterbitkan secara daring dalam jurnal Cardiovascular Research. Ketua Peneliti, Profesor Beech, menjelaskan cara kerja racun kalajengking di tubuh pasien gagal jantung. Racun akan menekan respons alami pembuluh darah terhadap cedera, sehingga menjaga pembuluh darah tetap bersih. Mereka terkejut melihat efektivitas racun kalajengking ini. Dan hanya butuh sedikit molekul untuk mendapatkan efeknya.



    MPR: Jokowi Semestinya Serius Supaya Rakyat Tak Salah Kaprah

    Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid turut berkomentar soal pernyataan Presiden Jokowi tentang racun Kalajengking. Menurutnya karena banyak masyarakat yang kerap berbisnis dengan memanfaatkan Kalajengking.

    “Ya itu satu isu yang dipicu oleh pidato pak Jokowi ya, tapi kan banyak kemudian yang menyiapkan ada sate kalajengking, ada juga yang minyak kalajengking, untuk mengobati panu kudis dan kurap. Harganya satu botol 25 ribu,” katanya di Gedung DPR, Jumat (4/5).

    Namun, semestinya pernyataan Jokowi dilakukan dengan serius. Sebab hal itu bisa memicu semangat kepala daerah untuk memberdayakan Kalajengking. Menurutnya, jika itu diinstruksikan secara serius bisa bermanfaat untuk kekayaan dan pendapatan daerah.

    “Pidato pak Jokowi itu diartikan sebagai beliau membuka wawasan kepala kepala daerah untuk menghadirkan alternatif untuk bisa memunculkan kemampuan dalam menghadirkan mungkin kekayaan untuk bisa mencukupi pendapat asli daerahnya mungkin dengan kalajengking,” ucap Hidayat.

    “Tapi sayangnya pak Jokowi kemarin tidak memperintahkan, kalau itu serius kan harusnya memerintahkan saya perintahkan kepala kepala daerah memungkinkan untuk berternak kalajengking baru itu menjadi program daerah kan itu juga bisa bagus, tapi sayangnya beliau hanya kemarin berwacana,” imbuhnya.



    DPR: Ngapain Selama ini Bangun Infrastruktur, Kenapa Tidak dari Awal Bisnis Kalajengking!

    Sebelumnya Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo yang meminta masyarakat mencari racun kalajengking jika mau kaya. Menurut Fadli, ucapan Jokowi itu menyedihkan dan menyamakannya dengan sampah.

    “Saya pikir pernyataan presiden ini sangat menyedihkan ya. Karena pernyataan ini seperti garbage in, garbage out. Kalau masuk sampah, keluar sampah,” kata Fadli di Gedung DPR, Kamis (3/5).

    Fadli menilai, ucapan Jokowi itu sebagai pernyataan yang kurang bertanggung jawab. Padahal, menurut dia, selama ini Jokowi lebih menggembar-gemborkan pembangunan infrastruktur. “Lantas selama ini ngapain kita melakukan pembangunan infrastruktur, mau divestasi Freeport yang itu merupakan tambang emas. Kenapa tidak dari awal saja kemudian suruh orang beternak kalajengking,” kata Fadli.

    Dia pun mempertanyakan maksud Jokowi soal racun kalajengking namun belum pernah melaksanakannya. “Kenapa juga Presiden enggak melakukan itu duluan supaya memberi contoh dan teladan beternak kalajengking,” ucap dia.Kemudian, Fadli menganggap ucapan Jokowi itu sesuatu yang melampaui imajinasi. Dia bahkan meminta pernyataan Jokowi itu diusut.

    Pidato Jokowi ternyata juga mendapat tanggapan dari mantan dosen filsafat Universitas Indonesia (UI) Rocky Gerung. Menurutnya kalajengking sangat sulit untuk diternak. Sebab, kalanjengking binatang yang hidup beradaptasi langsung dengan alam.

    “Iya kalau si kalajengking mau diternak enggak maslah kan? Masalahnya kalanjengking enggak mau diternak. Kalanjengking adalah binatang yang bisa hidup berdaptasi langsung dengan alam,” kata Rocky, Rabu (2/5).

    Rocky juga mempertanyakan, pihak Istana yang membuat teks pidato mantan Gubernur DKI Jakarta itu. “Tanya siapa yang bikin teks itu? Kan ide itu bisa datang dari lingkungan Istana. Mungkin lingkungannya enggak paham tuh anatomi kalanjengking atau jenis racun pada kalanjengking,” pungkas dia.



    PDIP: Jangan Nyinyir, Jokowi Mencontohkan Sumber Ekonomi Kerakyatan!

    Menanggapi berbagai macam komentar negatif, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menghormati komentar di masyarakat yang terkesan nyinyir tersebut. Namun, Hasto menilai bahwa apa yang disampaikan Jokowi adalah contoh tentang sumber daya ekonomi kerakyatan yang bisa dikelola. “Ada ternak ayam buras, ternak lele dan berbagai hal yang ditawarkan pemerintah,” ujar Hasto saat dikonfirmasi, Kamis (3/5).

    Dalam hal ini, lanjut Hasto, Jokowi memahami persoalan-persoalan mendasar terhadap sesuatu yang bisa dikerjakan oleh rakyat.
    Saat disinggung soal racun kalajengking yang berbahaya jika dikembangkan menjadi bisnis, Hasto menilai local wisdom di Indonesia sudah pernah ada.

    “Kalau kita nonton wayang ada minyak kalajengking, buat obat-obatan itu bagus juga. Saya juga pernah pakai minyak kalajengking,” katanya.

    Meski disebut Jokowi harga racunnya yang bisa meraup keuntungan, Hasto menganggap hal itu bagian dari pengembangan bisnis yang bisa diteliti lebih lanjut. “Kan diversifikasi terhadap produk itu banyak, tentunya yang disampaikan Pak Jokowi juga disertai komitmen pemerintah untuk mengembangkan penelitian dari situ,” pungkasnya.

    cekidot
    sumber : kaskus + youtube



    - - - Updated - - -

    setelah ikan tongkol, kodok dan kecebong sekarang giliran kalajengking

    presiden kita ini benar2 luar biasa

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  2. The Following User Says Thank You to mobyokuzan For This Useful Post:

    surjadi05 (12-05-2018)

  3. #2
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Verbotenes Spiel
    Posts
    6,203
    Mentioned
    192 Post(s)
    Kalo saya jadi jokowi, saya akan mengakhiri pernyataan tsb dengan kalimat: dan racun kalajengking bisa membunuh.
    I WILL LAY YOU TO REST IN A COOL BED OF ICE .

  4. #3
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    10,813
    Mentioned
    747 Post(s)
    Ambil sisi positifnya banyak orang yang belum tahu sisi lain dari manfaat racun kalajengking
    Kalau jualan sesuatu yang belum pasaran kan biasa dianggap sesuatu yang 'aneh'

    Masyarakat Indonesia memang juwara banget ya kalau soal nyinyir..

  5. #4
    pelanggan tetap thin.king's Avatar
    Join Date
    Jun 2013
    Posts
    798
    Mentioned
    59 Post(s)
    kalau gw ga salah baca pidato lengkapnya, rentetan kalimat soal racun kalajengking ini cuma premis buat menyampaikan tentang betapa berharganya waktu, lebih berharga dari komoditas paling mahal di dunia ini. trus kenapa pada fokus ke premisnya, ga ada yg fokus ke inti yang disampaikan.
    Posted via Mobile Device

  6. The Following User Says Thank You to thin.king For This Useful Post:

    ndableg (15-05-2018)

  7. #5
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,852
    Mentioned
    161 Post(s)
    masalahnya indon demen bgt OOT.. Susah ngambil hikmah.. mangkanya terbelakang dalam segala hal..
    Cuma mas raja kurus aja yg ngarti mgk..

  8. #6
    pelanggan tetap mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    1,800
    Mentioned
    50 Post(s)
    Quote Originally Posted by thin.king View Post
    kalau gw ga salah baca pidato lengkapnya, rentetan kalimat soal racun kalajengking ini cuma premis buat menyampaikan tentang betapa berharganya waktu, lebih berharga dari komoditas paling mahal di dunia ini. trus kenapa pada fokus ke premisnya, ga ada yg fokus ke inti yang disampaikan.
    Posted via Mobile Device
    yap, gw tau
    kalo diperhatikan lebih seksama memang ada presepsi menjelaskan betapa berharganya waktu...tapi namanya netizen, walopun mrk tahu inti pidatonya seperti apa, tetap aja diplesetin dan dibuat bahan nyinyiran, seperti ga tau aja jokowi itu kan target bully mereka.

    nah berarti dgn membuat thread ini gw ikut membully jokowi dong !?

    SO WHAT...jika memang dia pantas di bully yah knp ngga, selama banyak rakyat yg ga puas dan kecewa terhadap kinerja pemerintahan yah selama itu pula dia akan panen bullyan (sebab akibat)

    gimana bisa ambil hikmah dari omongannya lah wong janji janji kampanye aja blm terealisasi, imo image dia sdh terlalu buruk sbg publik speaking, jadi mau ngasih ceramah sebagus apapun ga teralu ngaruh banyak ke audience, mungkin hanya fans fanatiknya yg masih dengerin.
    lagian ga masalah toh, biar hal2 kecil kek gini jadi cambuk motivasi bagi rezim saat ini agar mereka terpacu utk bekerja lebih giatk, biar ga klemar klemer, dan ga plonga plongo.

    seperti kata pepatah


    - - - Updated - - -

    Quote Originally Posted by ndableg View Post
    masalahnya indon demen bgt OOT.. Susah ngambil hikmah.. mangkanya terbelakang dalam segala hal..
    Cuma mas raja kurus aja yg ngarti mgk..
    gimana ga mau terbelakang lah wong presidennya aja plonga plongo gitu

    hikmah yg bisa diambil dari presiden yg ga bisa nepatin janjinya, jawabannya gampang bong... ga perlu dicoblos lagi pas pemilu, jgn biarkan si cebong mencapai ambisinya utk lanjut 2 periode, itu hikmah yg tepat utk kondisi saat ini.

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  9. #7
    pelanggan tetap thin.king's Avatar
    Join Date
    Jun 2013
    Posts
    798
    Mentioned
    59 Post(s)
    ...SO WHAT...jika memang dia pantas di bully yah knp ngga, sela-a banya rakyat yg ga puas $an kece7a terha$ap kinerj! pemerintah!n yah selam! itu pu,a dia akan 0anen bu,l9an (sebab akibat)...

    wow wow wow..
    ga ada manusia yang pantas dibully. entah dia poros atau oposisi. dengan logika sebab banyak rakyat ga puas sama kinerjanya akibatnya dia pantas dibully. sorry, tapi di saya ga masuk logika kayak gini. gimana negara bisa maju kalau poros sama oposisi cuma saling bully dan mengganggap bullying itu hal yang pantas dilakukan terhadap individu atau kelompok.

    soal janji politik, ini terlalu overated seakan" hanya jokowi yang janji politiknya tidak ditepati. hampir tiap pilkada, walikota, gubernur, presiden" terdahulu juga banyak yang janji politiknya tidak ditepati toh sama saja. yang namanya politik ya gitu. that's why gw ga pernah masuk bilik suara, not even once.

    siapa yg udah terpilih ya dijalani saja. di Agama gw juga diharuskan taat kepada pemimpin. masalah kurang dan lebih ya dari dulu juga sama, korupsi dari jaman kapan ya sudah ada, kesenjangan oekonomi ya dari dulu, masalah WNA ya daridulu sudah ada, beda dari negara mananya aja. apabila ada hal baik yang terlaksana ya disyukuri, ada kurangnya ya dinasehati dengan cara yang benar.

    gimana bisa menasihati dengan benar apabila mengambil kesimpulan dari kalimat yang telah disampaikan aja ga bisa. kemudian membalasnya dengan bullyan dan mengganggap itu hal yang lumrah.
    Posted via Mobile Device

  10. #8
    pelanggan tetap mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    1,800
    Mentioned
    50 Post(s)
    ^kalo lu terlalu alergi dgn kata2 bullying, ga ada salahnya kalo diganti dgn kata yg lebih halus dikit, "KRITIK"...tapi intinya yah tetep sama aja, nyinyir krn ketidakmampuan.

    analoginya bisa ga lu ceramahin org betapa pentingnya arti kejujuran kalo lu sendiri adalah seorang penipu. orang mana mau percaya isi ceramah lu, mrk memnganggap omogan lu hanya sebatas angin lalu, tong kosong yg nyaring bunyinya.


    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •