Page 2 of 2 FirstFirst 12
Results 21 to 38 of 38

Thread: Indonesia bubar 2030??

  1. #21
    pelanggan Bambang's Avatar
    Join Date
    May 2017
    Location
    Indonesia - Saudi Arabia
    Posts
    311
    Mentioned
    14 Post(s)
    Quote Originally Posted by ndableg View Post
    Mgk yg namanya bubar ga selalu menyeramkan walaupun kl yg bubar nkri sptnya ga mungkin tenang2 saja.. Mgk kl dibayangkan kejadian bubarnya NKRI spt proses bersatunya eropa (EU), tentu asik2 aja.. Revolusi tanpa korban. Gw pikir2 sih asik jg kl indonesia bubar bisa semua dgn legowo melepaskan pengaruhnya dipelosok2 NKRI. Walaupun IMO, it's not possible.

    Yg kebayang dgn bubarnya Indonesia adalah justru krn ego NASIONALISME DAERAH.. Seperti khilafah ottoman, ataupun russia hancur karena nasionalisme di daerah.. Beda sama suriname yg merdeka aja musti didorong2 si penjajah.. karena rendahnya nasionalisme suriname, dan justru tingginya nasionalisme kebelandaan di suriname..
    And id like to see bisakah indonesia menjadi lebih baik kalau kembali menjadi negara serikat. Desentralisasi total kecuali dalam hal Fiskal, hubungan LN, Hukum, dan Hankam.

  2. #22
    pelanggan tetap mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    1,862
    Mentioned
    52 Post(s)
    kalo ngomongin bisa ga bisa yah kudu dicoba dulu baru ketauan, tapi masalahnya penduduk didalamnya siap kaga ?

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  3. #23
    pelanggan Bambang's Avatar
    Join Date
    May 2017
    Location
    Indonesia - Saudi Arabia
    Posts
    311
    Mentioned
    14 Post(s)
    Otonom penuh mungkin opsi paling bagus at least untuk papua.
    Jadi negara bagian papua.

  4. #24
    pelanggan tetap mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    1,862
    Mentioned
    52 Post(s)
    jokowi : "masa kaos bisa ganti presiden, yg bisa ganti presiden itu rakyat...masa kaos bisa ganti presiden, yah ga bisa"
    yah bener ga bisa pak, tapi yg pake kaosnya kan juga rakyat, yg bikin dan yg nyablon juga rakyat

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  5. #25
    pelanggan
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    385
    Mentioned
    40 Post(s)
    Quote Originally Posted by mbok jamu View Post
    BTW, novel fiksi sekelas Tom Clancy koq dijadikan studi akademik.

    Jadi bahan pidato di depan yang ndak sekolahan sepertinya sudah oke banget ya. Apalagi judul novel nya bahasa Inggelis cuy, sampai novel saja dianggap riset, buat nakut-nakutin yang ndak ngerti?


    Ndak malu ya sama Founding Fathers bangsa ini, para negarawan yang menjaga setiap tutur kata.

    Kesel mbok lihat Indonesia sekarang, ada yang sok bela-bela agama lah, teriak-teriak PKI lah. Seandainya mereka tau bagaimana mengerikannya Indonesia pada waktu itu. Mereka pikir mereka akan survive jika itu terjadi lagi, jika Indonesia kacau balau dan terpecah belah. Idiots.
    Sementara founding fathers zaman baheula, bertarung ide setelah membaca literatur2 yang memang layak dijadikan referensi. Ketika kuminis macam Tan Malaka dan sosialis macam Sutan Sjahrir beradu argumen dan intrik olitik, setelah membaca buku berpeti2.

    Founding fathers menjadikan sastra dan fiksi sebagai warna dalam pemikiran mereka. Lah om Wowo malah ngebuatnya jadi acuan utama. lieur.

    - - - Updated - - -

    Quote Originally Posted by Bambang View Post
    Kalau indonesia benar bubar, apakah ada negara yang mau menerima WNI yang tetiba jadi stateless person? Apakah kita bisa bertahan di masa transisi atau di masa pembentukan tatanan yang baru?
    Dari peristiwa sejarah, kondisi stateless person itu justru muncul atas keinginan si orang itu atau negara yang bersangkutan mencabut kewarganegaraannya. Ketika sebuah negara bubar, jarang terjadi penduduknya menjadi stateless person, karena selalu ada pihak yang langsung mengklaim sebagai pemerintahan yang sah, dan kemudian diakui oleh negara lain sebagai negara yang berdaulat.

    Yang lebih sering justru orang2 itu menjadi refugee, dan bukan stateless person.

    Kalau emang jadi bubar, pasti akan ada kekacauan politik dan hukum. Berbagai pihak mencoba untuk mengklaim siapa yang paling sah untuk meneruskan pemerintahan. Gue dan keluarga akan angkat kaki, paling tidak ke negara yang dekat, minimal free visa 30 hari, dan kemudian baru menentukan untuk pergi ke negara lain.

  6. #26
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,284
    Mentioned
    391 Post(s)
    Quote Originally Posted by Bambang View Post
    Otonom penuh mungkin opsi paling bagus at least untuk papua.
    Jadi negara bagian papua.
    Kalo jadi negara bagian papua bukan otonom penuh om tapi federasi
    Posted via Mobile Device
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  7. #27
    pelanggan Bambang's Avatar
    Join Date
    May 2017
    Location
    Indonesia - Saudi Arabia
    Posts
    311
    Mentioned
    14 Post(s)
    Saya ingin sih indonesia jadi negara federasi dan sekuler

    Sent from my Moto G (5) using Tapatalk

  8. #28
    pelanggan
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    385
    Mentioned
    40 Post(s)
    Dengan adanya undang-undang khusus untuk wilayah Aceh dan Papua, sebenarnya itu sudah cukup menunjukkan bahwa Indonesia sudah mengadopsi sedikit konsep dari negara federal. Gue inget kayanya Bung Hatta pernah merencanakan Indonesia menjadi federal, yang tidak sejalan dengan Soekarno.

    Akhirnya kita jadi mengadopsi sistem yang ngebuat pejabat publik harus fasih membedakan antara desentralisasi, dekonsentrasi, dan tugas pembantuan.

  9. #29
    pelanggan Bambang's Avatar
    Join Date
    May 2017
    Location
    Indonesia - Saudi Arabia
    Posts
    311
    Mentioned
    14 Post(s)
    Kalau bubar dan masih bisa milih, sampeyan-sampeyan milih ikut negara mana?

  10. #30
    Barista kupo's Avatar
    Join Date
    Dec 2012
    Location
    Jog Ja karta
    Posts
    3,847
    Mentioned
    453 Post(s)
    Quote Originally Posted by Bambang View Post
    Kalau bubar dan masih bisa milih, sampeyan-sampeyan milih ikut negara mana?
    ehm.. belom dipikir serius sih.. kemungkinan ikut negara kerajaan ngayogyokarto hadiningrat.. , ngga repot, nda usah pindah2 lagi

  11. #31
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,870
    Mentioned
    163 Post(s)
    Quote Originally Posted by mobyokuzan View Post
    yah bener ga bisa pak, tapi yg pake kaosnya kan juga rakyat, yg bikin dan yg nyablon juga rakyat
    Slogan ini sama halnya kayak purba ngata2in agama lu..
    Lu ga bisa bales ngata2in purba karena purba mengaku ga punya agama..
    Alhasil.. elu terima hinaan2 purba, tanpa bisa bales menghina anutannya..

    Ini sama saja apabila prabowo kampanye jangan pilih jokowi lagi.. tanpa perlu memperkenalkan program2 dia jadi presiden.. Yg makan omongannya adalah orang.... titik2..

    Ini sama saja jualan kecap bukan lagi dgn slogan "kecap no. 1", tapi diganti jadi.. "kecap lain ga enak!"

    Hayooo.. jangan mau dibodoh2in..

  12. #32
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,870
    Mentioned
    163 Post(s)
    Quote Originally Posted by Bambang View Post
    Kalau bubar dan masih bisa milih, sampeyan-sampeyan milih ikut negara mana?
    Bali united!

  13. #33
    pelanggan tetap mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    1,862
    Mentioned
    52 Post(s)
    Quote Originally Posted by ndableg View Post
    Slogan ini sama halnya kayak purba ngata2in agama lu..
    Lu ga bisa bales ngata2in purba karena purba mengaku ga punya agama..
    Alhasil.. elu terima hinaan2 purba, tanpa bisa bales menghina anutannya..

    Ini sama saja apabila prabowo kampanye jangan pilih jokowi lagi.. tanpa perlu memperkenalkan program2 dia jadi presiden.. Yg makan omongannya adalah orang.... titik2..

    Ini sama saja jualan kecap bukan lagi dgn slogan "kecap no. 1", tapi diganti jadi.. "kecap lain ga enak!"

    Hayooo.. jangan mau dibodoh2in..
    berarti menurut lu yg bodoh siapa nih bleg ? fansnya jokowi atau prabowo

    coba lebih bodoh mana, sdh tau janji2 kampanyenya ga terealisasi tapi masih tetep milih utk 2 periode, ataukah ganti presiden baru dgn kemungkinan adanya perubahan (bisa lebih baik/lebih buruk).

    silahkan digambling

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  14. #34
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,870
    Mentioned
    163 Post(s)
    Quote Originally Posted by mobyokuzan View Post
    berarti menurut lu yg bodoh siapa nih bleg ? fansnya jokowi atau prabowo

    coba lebih bodoh mana, sdh tau janji2 kampanyenya ga terealisasi tapi masih tetep milih utk 2 periode, ataukah ganti presiden baru dgn kemungkinan adanya perubahan (bisa lebih baik/lebih buruk).

    silahkan digambling
    Sapa yg kena php? elu kali..
    Gw mah bukan pilih gara2 janji.. janji2 mah ud sejak suharto jg janji..
    Liat niatnya..

  15. #35
    pelanggan tetap mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    1,862
    Mentioned
    52 Post(s)
    Quote Originally Posted by ndableg View Post
    Sapa yg kena php? elu kali..
    Gw mah bukan pilih gara2 janji.. janji2 mah ud sejak suharto jg janji..
    Liat niatnya..
    bukan gw yg di PHP bleg, tapi rakyat yg saat ini hidupnya makin susah krn blm mampu utk memenuhi

    kebutuhan sehari hari...

    niat memang penting bleg
    bila menjalankan niat tulus tapi tidak berbanding lurus dgn hasil yg dicapai yah mubazir kan ?
    parameter utk tau niatnya baik atau kaga yah bisa dilihat dari janji2nya.
    org bisa menilai apakah org ini niat, tolak ukurnya pasti dilihat dari seberapa banyak janji2 yg sdh terlaksana.


    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  16. #36
    pelanggan setia
    Join Date
    May 2011
    Posts
    4,793
    Mentioned
    182 Post(s)
    Antrian haji sekarang panjangnya minta ampun. Jalanan tambah macet karena mobilnya nambah tapi ruas jalannya tetap. Yang umroh dan wisata ke luar negeri makin banyak.

    Tentu saja ada yang tetap susah dari hari ke hari. Tapi ada juga yang merasa tetap susah meski pendapatan naik. Tetap pake gas subsidi padahal tinggal di rumah mewah.

    Kalo mau dibilang, pemerintah dan rakyat sama aja
    There is no comfort under the grow zone, and there is no grow under the comfort zone.

    Everyone wants happiness, no one wants pain.

    But you can't make a rainbow without a little rain.

  17. #37
    pelanggan tetap thin.king's Avatar
    Join Date
    Jun 2013
    Posts
    800
    Mentioned
    59 Post(s)
    Quote Originally Posted by tuscany View Post
    Antrian haji sekarang panjangnya minta ampun. Jalanan tambah macet karena mobilnya nambah tapi ruas jalannya tetap. Yang umroh dan wisata ke luar negeri makin banyak.

    Tentu saja ada yang tetap susah dari hari ke hari. Tapi ada juga yang merasa tetap susah meski pendapatan naik. Tetap pake gas subsidi padahal tinggal di rumah mewah.

    Kalo mau dibilang, pemerintah dan rakyat sama aja
    this.. dimana" orang bilang jaman sekarang tambah susah, listrik naik, dollar naik, sembako naik, dlsb.
    disisi lain tiap ada buka resto baru ramai pengunjung, promo baju" selalu ramai pembeli, travel umroh banyak dicari, pengunjung mall meningkat 3 kali lipat dari tahun sebelumnya. jadi ini sebenernya ekonominya emang makin susah atau masyarakatnya sendiri yg nyusahin diri.
    disclaimer : opini ini berdasarkan pengamatan di lingkungan sekitar dan perkembangan berita lokal.

    BTT masalah Indonesia bubar, keuntungan ada di daerah". jiwa kedaerahan masyarakat yang cukup tinggi bakal mengakui daerahnya masing", potensi konflik antar daerah mungkin cukup kecil karena secara geografis juga cukup sulit untuk mencaplok daerah" sekitar. tinggal gimana daerah bertahan secara ekonomi, sosial dan politik aj. beberapa mungkin berhasil beberapa mungkin gagal.
    Posted via Mobile Device

  18. #38
    pelanggan tetap mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    1,862
    Mentioned
    52 Post(s)
    itu karena lu melihat apa yg ingin lu lihat, kalo memang kesejahteraan masyarakat kita merata seharusnya ga perlu terjadi tragedi monas seperti yg barusan terjadi kapan hari,
    2 orang mati konyol sewaktu ngantri sembako di monas, seandainya mereka mampu dan ga hidup susah ngapain juga dibela2in sampe sebegitunya ngantri dorong2an.







    https://www.youtube.com/watch?v=OnVnM9Kdi08

    ini beberapa bukti potret kemiskinan indon saat ini

    coba liat ini biar melek mata kalian jgn pura2 merem liat fakta ginian

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

Page 2 of 2 FirstFirst 12

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •