Results 1 to 9 of 9

Thread: Masakan Yang Lama Prosesnya

  1. #1
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    10,960
    Mentioned
    767 Post(s)

    Masakan Yang Lama Prosesnya

    Kok saya takjub ya,
    dan langsung berasa gimanaaa gitu pas lihat prosesnya orang Korea bikin :
    fermented soybean paste (Doenjang: 된장) & soy sauce (Guk-ganjang: 국간장)

    perlu 1 tahun
    sampai berjamur pulak
    kayaknya ini sebagai bumbu dasar masakan orang Korea yah?



    kirakira masakan apalagi ya prosesnya lama?

  2. #2
    Barista cherryerichan's Avatar
    Join Date
    Apr 2012
    Posts
    3,213
    Mentioned
    219 Post(s)
    Jamurnya beracun nggak kalo sampe satu tahun?

    Kepikiran tape, kelamaan gak dimakan aja aja udah rame banget penghuninya.
    Posted via Mobile Device
    Good friends, good books, and a sleepy
    conscience: this is the ideal life.
    Mark Twain

  3. #3
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    10,960
    Mentioned
    767 Post(s)
    Quote Originally Posted by cherryerichan View Post
    Jamurnya beracun nggak kalo sampe satu tahun?

    Kepikiran tape, kelamaan gak dimakan aja aja udah rame banget penghuninya.
    jamurnya sih dibuang. kaga dimakan.

    airnya kan digaramin.
    jadi saya rasa ini bagian proses pengawetannya melalui proses penggaraman.

  4. #4
    pelanggan setia
    Join Date
    May 2011
    Posts
    4,839
    Mentioned
    184 Post(s)
    One century eggs itu sampe seabad gak bikinnya
    There is no comfort under the grow zone, and there is no grow under the comfort zone.

    Everyone wants happiness, no one wants pain.

    But you can't make a rainbow without a little rain.

  5. #5
    tsu's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    Rainbow Trout
    Posts
    5,365
    Mentioned
    330 Post(s)
    Keju
    Dendeng
    Rendang

  6. #6
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Buitenzorg
    Posts
    6,340
    Mentioned
    202 Post(s)
    satu tahun?

    kalo ada peserta masterchef nekad bikin menu ini bakal langsung didiskualifikasi
    ARATANARU ASOBI.

  7. #7
    pelanggan setia
    Join Date
    May 2011
    Posts
    4,839
    Mentioned
    184 Post(s)
    bikin bubur itu lama lho. supaya sampe berasnya lembek banget dan menyatu.
    There is no comfort under the grow zone, and there is no grow under the comfort zone.

    Everyone wants happiness, no one wants pain.

    But you can't make a rainbow without a little rain.

  8. #8
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    10,960
    Mentioned
    767 Post(s)
    saya kalau bikin bubur dari nasi, lebih hemat waktu
    baru sekali aja sih bikinnya pas ponaan sakit.

  9. #9
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    6,324
    Mentioned
    155 Post(s)
    Quote Originally Posted by etca View Post
    Kok saya takjub ya,
    dan langsung berasa gimanaaa gitu pas lihat prosesnya orang Korea bikin :
    fermented soybean paste (Doenjang: 된장) & soy sauce (Guk-ganjang: 국간장)

    perlu 1 tahun
    sampai berjamur pulak
    kayaknya ini sebagai bumbu dasar masakan orang Korea yah?



    kirakira masakan apalagi ya prosesnya lama?
    ini prinsipnya bukannya sama kaya orang bikin wine, atau kecap atau bahan dasar lain yg makin lama didiamkan, makin 'dalam' rasanya karena jamurnya
    kalo cuma 1 tahun berjamur bikin keracunan, gimana dengan wine atau keju yang usianya tahunan baru dikonsumsi
    Popo Nest

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •