Results 1 to 12 of 12

Thread: Masakan Yang Lama Prosesnya

  1. #1
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,026

    Masakan Yang Lama Prosesnya

    Kok saya takjub ya,
    dan langsung berasa gimanaaa gitu pas lihat prosesnya orang Korea bikin :
    fermented soybean paste (Doenjang: 된장) & soy sauce (Guk-ganjang: 국간장)

    perlu 1 tahun
    sampai berjamur pulak
    kayaknya ini sebagai bumbu dasar masakan orang Korea yah?



    kirakira masakan apalagi ya prosesnya lama?

  2. #2
    Jamurnya beracun nggak kalo sampe satu tahun?

    Kepikiran tape, kelamaan gak dimakan aja aja udah rame banget penghuninya.
    Posted via Mobile Device
    Good friends, good books, and a sleepy
    conscience: this is the ideal life.
    Mark Twain

  3. #3
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,026
    Quote Originally Posted by cherryerichan View Post
    Jamurnya beracun nggak kalo sampe satu tahun?

    Kepikiran tape, kelamaan gak dimakan aja aja udah rame banget penghuninya.
    jamurnya sih dibuang. kaga dimakan.

    airnya kan digaramin.
    jadi saya rasa ini bagian proses pengawetannya melalui proses penggaraman.

  4. #4
    pelanggan setia
    Join Date
    May 2011
    Posts
    4,872
    One century eggs itu sampe seabad gak bikinnya
    There is no comfort under the grow zone, and there is no grow under the comfort zone.

    Everyone wants happiness, no one wants pain.

    But you can't make a rainbow without a little rain.

  5. #5
    tsu's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    Rainbow Trout
    Posts
    5,365
    Keju
    Dendeng
    Rendang

  6. #6
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Buitenzorg
    Posts
    6,353
    satu tahun?

    kalo ada peserta masterchef nekad bikin menu ini bakal langsung didiskualifikasi
    ELPHELT VALENTINE'S MARIONETTE.

  7. #7
    pelanggan setia
    Join Date
    May 2011
    Posts
    4,872
    bikin bubur itu lama lho. supaya sampe berasnya lembek banget dan menyatu.
    There is no comfort under the grow zone, and there is no grow under the comfort zone.

    Everyone wants happiness, no one wants pain.

    But you can't make a rainbow without a little rain.

  8. #8
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,026
    saya kalau bikin bubur dari nasi, lebih hemat waktu
    baru sekali aja sih bikinnya pas ponaan sakit.

  9. #9
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    6,347
    Quote Originally Posted by etca View Post
    Kok saya takjub ya,
    dan langsung berasa gimanaaa gitu pas lihat prosesnya orang Korea bikin :
    fermented soybean paste (Doenjang: 된장) & soy sauce (Guk-ganjang: 국간장)

    perlu 1 tahun
    sampai berjamur pulak
    kayaknya ini sebagai bumbu dasar masakan orang Korea yah?



    kirakira masakan apalagi ya prosesnya lama?
    ini prinsipnya bukannya sama kaya orang bikin wine, atau kecap atau bahan dasar lain yg makin lama didiamkan, makin 'dalam' rasanya karena jamurnya
    kalo cuma 1 tahun berjamur bikin keracunan, gimana dengan wine atau keju yang usianya tahunan baru dikonsumsi
    Popo Nest

  10. #10
    coba-coba
    Join Date
    Oct 2017
    Location
    DKI Jakarta
    Posts
    12
    Pengen nyobain juga nih masak makanan korea. Tapi... ada alat masak khusus ga yah? soalnya kalo liat video-video bikin makanan korea suka ada alat masak atau wadah yang khusus kaya tukbegi mangkuk tanah buat bikin bibimbap

  11. #11
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    6,347
    mangkuk buat bibimbap itu ga khusus harus pake itu sih, pake mangkuk biasa juga bisa
    kan cuma naro nasi, atasnya pake tumisan sayur2an sama daging, saus dan wijen
    yg khusus nyari itu paling bahan dasarnya, kaya pasta kedelai, saus pedas sama kecap kedelai (beda dengan kecap hitam yang biasa kita pake ya)
    karena di kita ga ada, dan ga bisa diganti dengan bahan lain
    Popo Nest

  12. #12
    juragan kopi noodles maniac's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Noodle Cafe
    Posts
    14,926
    Berarti makanan ini kayak difermentasi gitu ya? ampe 1 tahunan
    Btw @etca dah nyobain belum?
    Jika menurutmu hidup ini tidak menarik, maka buatlah hidupmu semenarik mungkin - Shinsaku Takasugi

    Impossible is nothing!

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •